10 Fasad Rumah Tingkat Minimalis

Lahan terbatas atau kecil bukan halangan untuk memiliki rumah yang nyaman dengan jumlah ruang sesuai kebutuhan, karena kamu bisa mengaplikasikan konsep rumah tingkat minimalis. Desain ini cocok untuk kamu yang menyukai tampilan sederhana tapi tetap keren di saat yang sama.

Sesuai namanya, desain rumah minimalis lebih mengutamakan fungsionalitas daripada detail yang tidak penting agar hanya terlihat mewah. Fasad rumah minimalis umumnya memiliki bentuk tegas geometris dan dindingnya tidak banyak memiliki dekorasi. Kadang, unsur alam seperti kayu juga digunakan pada fasad.

1. Fasad Rumah Minimalis Atap Segitiga

Fasad Rumah Minimalis Atap Segitiga
emporioarchitect.com

Atap segitiga bisa membuat ilusi rumah minimalis lebih tinggi jika dilihat dari luar, dan di bagian dalam bisa membuat ruang lebih sejuk serta tidak terasa sesak. Agar terasa makin luas, perbanyak material kaca transparan untuk pintu dan jendela.

Gunakan pintu geser untuk akses ke area balkon agar tidak memakan banyak ruang. Lalu biarkan cat putih polos memenuhi dinding rumah ini untuk membuat ilusi terang dan besar. Jika tidak ada lagi sisa lahan untuk membuat garasi mobil, maka hilangkan teras dan buat menjadi carport.

2. Rumah Tingkat Bentuk Kubus

Rumah Tingkat Bentuk Kubus
https://id.pinterest.com/quangwilliam212

Jika ingin tampilan fasad super kekinian, maka hilangkan atap rumah dan buat menjadi flat / datar, alias tanpa genteng. Rumah tingkat minimalis modern bentuk kubus seperti ini sedang sangat tren di kawasan kota dan cocok untuk area perumahan yang biasanya memiliki lahan terbatas.

Konsep desain ini adalah membuat bangunan seperti dua kubus yang ditumpuk, yang bisa kamu tambahkan aksen tanaman rambat untuk membuat tampilan lebih segar. Pilih warna putih bersih untuk cat dinding bagian luar, dan untuk kesan warm bisa tambahkan material alam seperti kayu dan batu.

3. Desain 3 Kubus untuk Rumah Tingkat Minimalis

Desain 3 Kubus untuk Rumah Tingkat Minimalis
kientructrangkim.com

Lahan super sempit sekalipun bisa kamu sulap menjadi hunian yang nyaman dengan konsep tiga tingkat. Kamu bisa buat bentuk kubus dengan warna dominan putih untuk dinding luar. Agar tidak terlalu hambar, kamu bisa tambahkan tekstur di bagian dinding misalnya bentuk garis warna hitam.

Kamu bisa kombinasikan juga dengan material kaca, besi, dan aksen tanaman hijau untuk mempercantik fasad. Hindari memilih pintu dan jendela kayu jika fasad rumah sudah ramai seperti foto di atas karena bisa membuat tampilan yang sesak. Sebagai gantinya, pilih jendela dan pintu kaca untuk membuat ilusi terang.

4. Rumah Tingkat Minimalis Kecil dengan Rooftop

Rumah Tingkat Minimalis Kecil dengan Rooftop
https://id.pinterest.com/trandangnd96

Ingin memiliki rooftop di rumah kecil? Bisa kok. Caranya dengan membuat rumah tiga tingkat dan jadikan lantai ketiga sebagai rooftop. Agar aktivitas santai di rooftop bisa nyaman dan aman, sekaligus membuat furniture tetap awet, kamu bisa tambahkan atap untuk menghalau sinar matahari dan air hujan.

Kamu bisa usung tema black and white untuk fasad ini, yaitu dengan memilih cat dinding warna putih dan gunakan hitam sebagai warna list seperti pada jendela, pintu, dan railing balkon. Supaya makin asri, hias balkon dengan tanaman hijau tanpa bunga.

5. Rumah Tingkat Minimalis Modern Bernuansa Hangat

Rumah Tingkat Minimalis Modern Bernuansa Hangat
bldgstudio.ca

Jika warna putih terlalu membosankan atau hambar untuk kamu, maka pilih warna eksterior yang out of the box seperti hitam. Agar terhindar dari kesan suram atau gothic, kamu bisa gunakan unsur kayu yang bisa memberikan kesan hangat.

Kamu bisa gunakan bentuk kubus untuk model bangunan, dan buat tanpa atap untuk memberikan kesan modern kekinian. Sedikit unsur batu alam juga bisa membuat tampilan rumah ini lebih homey. Berhubung tema kali ini gelap, kamu bisa pilih kaca jendela dan pintu berwarna hitam juga.

6. Rumah Tingkat Minimalis Asri

Rumah Tingkat Minimalis Asri
behance.net

Apakah kamu pecinta nuansa tropis? Maka kamu bisa buat fasad bertema tropikal dengan menambahkan tanaman hijau di bagian balkon dan lebih banyak lagi tanaman di area halaman depan. Agar warna hijau dari tanaman semakin terpancar, pilih cat dinding warna putih bersih dan buat dinding tanpa tekstur.

Padukan warna ini dengan jendela kaca besar untuk ilusi rumah yang terang dan kesan luas di dalam ruang. Jangan lupa pasang tirai di bagian jendela dalam untuk menghalau sinar matahari dan menambah privasi.

7. Desain Fasad Futuristik dengan Atap Zig Zag

Desain Fasad Futuristik dengan Atap Zig Zag
https://id.pinterest.com/gris_0820

Foto rumah tingkat minimalis yang satu ini terlihat futuristik karena bagian atapnya seperti zig zag. Total ada tiga atap dan ketiganya dilapisi material kayu yang menambah kesan hangat, apalagi dengan tambahan lampu LED yang membuatnya semakin terasa homey saat alami.

Material alami kayu akan semakin bersinar ketika dipadukan dengan dinding putih polos, dan terlihat modern jika ada material kaca pada pintu dan jendela. Sebagai pemanis, tambahkan tanaman berdaun hijau di dalam pot warna putih agar senada dengan warna tembok.

8. Rumah 2 Lantai Minimalis Cantik

Rumah 2 Lantai Minimalis Cantik
pinterest.com

Salah satu cara terbaik untuk membuat rumah minimalis terlihat besar memang dengan menggunakan material kaca. Bukan hanya pada jendela dan pintu, kamu bisa aplikasikan juga pada dinding.

Keuntungan lainnya adalah bagian indoor akan terasa lebih lapang karena bisa mendapat banyak sinar matahari, dan bersamaan dengan ini juga lebih hemat biaya listrik.

Kamu bisa gunakan bentuk kubus untuk rumah dua lantai, lalu buat salah satu sisi agak masuk ke dalam, misalnya di sebelah kanan. Hal yang sama bisa kamu terapkan pada lantai dua dan bagian menjorok ini bisa menjadi balkon.

9. Rumah 2 Lantai Minimalis Atap Dak

Rumah 2 Lantai Minimalis Atap Dak
https://id.pinterest.com/kasentjuarez

Selain membuat fasad rumah lebih kekinian, atap dak beton juga dikenal tahan cuaca sehingga bisa awet. Selain itu, atap dak tanpa genteng juga lebih aman saat ada angin kencang karena tidak ada kemungkinan genteng yang terbang karena angin.

Fasad rumah ini mirip seperti foto sebelumnya, yaitu sisi kanan di lantai bawah dan atas sama-sama dibuat masuk ke dalam. Bagian ini bisa menjadi balkon di lantai atas, dan bisa dijadikan teras pada lantai dasar. Jika tidak ingin desain yang rumit, buat tembok polos tanpa tekstur dan satu warna saja misalnya putih.

10. Desain Rumah Tingkat Industrial Minimalis

Desain Rumah Tingkat Industrial Minimalis
https://id.pinterest.com/esantana2452

Industrial termasuk salah satu gaya arsitektur yang unik dan cocok dengan konsep minimalis. Meski tanpa bata ekspos, tapi rumah tiga lantai ini tetap terlihat bergaya industrial karena temboknya memiliki tekstur dan berwarna cream. Ditambah, atap di lantai tiga menggunakan genteng.

Ada juga material besi warna hitam khas rumah industrial. Warna pintu garasi juga hitam yang senada dengan besi tapi kontras dengan tembok.

Jika melihat berbagai contoh rumah tingkat minimalis di atas, bentuk bangunan kubus adalah yang paling banyak digunakan. Meski begitu, pilihan desain fasad ada banyak dan bisa disesuaikan dengan selera. Kamu bisa memilih gaya industrial, modern minimalis dengan atap dak, atau tema tropis yang asri.