8 Inspirasi Pagar Rumah Klasik

Pagar rumah menjadi bagian pertama yang dilihat orang, karenanya harus dibuat dengan perhitungan yang matang. Model pagar rumah klasik yang sifatnya everlasting banyak dipilih orang untuk huniannya, karena bisa tidak pernah ketinggalan zaman.

Pagar rumah dengan model klasik memang kesannya jadul, tetapi selalu cocok dipakai pada era kapanpun. Selain itu, sesuatu yang klasik bernilai mahal dan elegan, sehingga juga akan mempengaruhi kesan orang terhadap rumah didalamnya.

Kebanyakan pagar rumah yang mengusung tema klasik memang terbuat dari material besi. Keuntungan pagar dari besi yaitu kokoh, kuat dan tahan cuaca. Meskipun begitu, bukan berarti pagar klasik tidak boleh dibuat menggunakan material lainnya, seperti kayu misalnya.

Daripada penasaran, sebaiknya langsung lihat saja macam-macam model pagar rumah klasik berikut ini.

1. Pagar Ukiran Terbuka

Pagar Ukiran Terbuka
https://id.pinterest.com/rudyrustiana

Pagar rumah dari besi dengan aksen ukiran menjadi pilihan tepat bagi mereka yang suka dengan keindahan. Membiarkan pagar besi terbuka tanpa dilapisi kayu, fiber dan lainnya, menandakan pribadi yang hangat dari pemilik rumah.

Ukiran adalah karya seni yang klasik dan sangat indah jika disematkan pada pagar besi. Sebagai harmonisasi, railing dari bahan dan motif serupa dapat dipasangkan pada bagian balkon lantai dua rumah.

2. Pagar Lipat Ukiran Tinggi

Pagar Lipat Ukiran Tinggi
pinterest.com

Sama-sama mengusung motif ukir pada pagar rumah klasik, tetapi bedanya ada pada ukurannya. Pagar rumah yang dibuat dengan model tinggi menambah kesan gagah pada hunian. Pagar rumah tinggi juga dirasa lebih aman karena sulit untuk dilompati oleh manusia.

Model pagar lipat juga lebih praktis, karena bisa dibuka sesuai dengan kebutuhan tanpa harus bersusah payah mendorongnya. Apalagi pagar yang dibuat dari besi biasanya berat, sehingga kalau harus mendorongnya memerlukan energi besar.

Pagar dengan model lipat juga lebih ramah untuk anak-anak maupun orang tua, yang notabene tenaganya tidak sebesar orang dewasa pada umumnya. Jika di rumah ada anggota keluarga yang masih berusia anak-anak ataupun lansia, pagar lipat adalah pilihan terbaik.

3. Pagar Klasik Simpel

Pagar Klasik Simpel
https://id.pinterest.com/lexandarchitect

Klasik adalah sederhana tapi elegan. Begitu juga dengan model pagar bernuansa klasik untuk rumah. Tidak harus menggunakan model yang rumit dan aksen yang bermacam-macam, pagar klasik bisa didapatkan hanya dari besi yang didesain dengan gaya simpel.

Nyatanya, meskipun sederhana dan simpel, pagar rumah seperti ini malah semakin menonjolkan kemewahan rumah yang ada didalamnya. Pagar yang tidak terlalu tinggi, membuat orang leluasa memandang keindahan rumah pada bagian dalamnya.

4. Pagar Klasik Old Fashion

Pagar Klasik Old Fashion
https://id.pinterest.com/cassidyedison1

Beberapa orang mengartikan klasik dengan kuno, begitu juga tentang model pagar. Sesuatu yang kuno nyatanya tidak selamanya buruk. Pagar besi model lama, jadul atau old fashion tetap sedap dipandang mata.

Sekalipun kuno, pagar rumah seperti ini tetap bagus dipasangkan dengan rumah bertingkat dan mewah. Terlebih lagi, pagar rumah besi model lama tidak memerlukan perawatan yang ribet dan tahan pada cuaca apapun.

5. Pagar Besi Gaya Eropa

Pagar Besi Gaya Eropa
https://id.pinterest.com/laithe78

Gagahnya pagar istana Buckingham bisa menjadi inspirasi yang bagus. Pagar rumah klasik bergaya Eropa rata-rata memang dibuat dengan ukuran yang tinggi. Sedangkan untuk model dan aksennya tinggal disesuaikan saja dengan desain huniannya.

Pagar klasik gaya Eropa tidak pernah lekang oleh perkembangan zaman dan sudah banyak ditiru oleh masyarakat di berbagai negara. Pagar model Eropa ini makin harmonis dengan railing serupa pada balkon yang langsung menghadap ke depan.

6. Pagar Klasik Minimalis Warna Putih

Pagar Klasik Minimalis Warna Putih
https://id.pinterest.com/wofik

Pagar besi tidak selalu menggunakan warna hitam atau emas, tetapi juga bisa dicat dengan warna putih. Warna putih membuat rumah terlihat lebih cerah dan ramah bagi orang lain yang lewat didepannya. Selain itu, warna putih identik dengan kecerian dan kehangatan.

Warna putih sangat bagus jika disematkan pada pagar yang terbuat dari bahan besi tempa. Hanya saja yang perlu diingat, pagar dengan warna putih harus rajin dibersihkan supaya tidak terlihat kusam.

Silahkan memilih pagar klasik warna putih untuk rumah kalau memang memiliki banyak waktu untuk membersihkannya secara rutin. Jangan biarkan penampilan pagar rumah menjadi buruk akibat banyaknya kotoran yang menempel dan tidak dibersihkan.

7. Pagar Klasik Mewah

Pagar Klasik Mewah
asiaarsitek.com

Pagar rumah klasik mewah akan semakin menegaskan status sosial dari pemilik rumah. Material besi yang tebal pada pagar sudah menunjukkan bahwa harganya pasti mahal. Kokohnya besi juga menunjukkan bahwa penghuni rumah bukan orang sembarangan.

Pagar besi yang mewah tersebut cocok dipadukan dengan bangunan rumah yang tinggi dan gagah. Rumah bertingkat nan megah milik penghuni rumah akan terlihat semakin mewah dan mahal dengan memasang pagar klasik dari besi tebal.

8. Pagar Besi Ala Eropa dengan Ukiran

Pagar Besi Ala Eropa dengan Ukiran
myarso.com

Pagar besi dengan gaya Eropa yang modelnya bermacam-macam dapat dipadukan dengan nilai-nilai kearifan lokal. Ciri dari pagar rumah ala Eropa adalah desainnya yang tinggi dan biasanya tidak perlu dilapisi dengan penutup.

Memadukan pagar besi tinggi ala Eropa dengan aksen ukiran-ukiran khas Indonesia, sepertinya ide yang sangat cerdas dan brilian. Sedangkan untuk ukuran lebarnya pagar, silahkan disesuaikan dengan luasnya bangunan rumah.

Pagar rumah klasik ala Eropa seperti ini makin cantik dipadukan dengan hunian bergaya arsitektur benua biru tersebut, misalnya rumah bergaya Belanda ataupun Mediterania. Cat warna hitam pada pagar membuat rumah terlihat lebih gagah.

Pagar rumah klasik yang umumnya terbuat dari bahan besi memang seperti tidak pernah ketinggalan zaman. Begitu juga dengan model dan desainnya, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah semuanya bagus untuk dipasangkan bersama hunian mewah Anda.