Desain Dapur Minimalis

Konsep dapur minimalis yang sederhana namun indah akan membuat ruangan menjadi lebih nyaman, lapang, dan enak dilihat. Furnitur dan peralatan dapur yang tidak berlebihan dapat menghemat waktu Anda saat merapikan. Tidak ada lagi rasa kesal karena dapur yang berantakan.

Apa Saja Tips untuk Mewujudkan Dapur Minimalis?

Dapur bergaya minimalis menghasilkan tampilan ruang masak yang polos dan fungsional. Perabot yang ada memiliki kegunaan sehingga tidak hanya sebagai pajangan. Begitu juga dengan peralatan dapur yang jenisnya sesuai kebutuhan sehingga tidak menumpuk.

Anda dapat menerapkan tips berikut demi dapur dambaan yang berkonsep minimalis:

  1. Gunakan Putih sebagai Warna yang Mendominasi

Konsep minimalis sangat identik dengan warna putih. Alasannya, putih mendukung tampilan bersih, sederhana dan elegan yang diusung oleh konsep tersebut. Salah satu contohnya ada pada gambar di bawah.

Dapur dengan dominan warna putih terlihat lebih polos dan luwes, bukan? Dapur juga terkesan ringan dengan tidak memainkan banyak warna. Selain itu, tampilan modern sukses dihadirkan pada dapur bergaya minimalis tersebut dengan sentuhan warna hitam.

Dapur Minimalis dengan Warna Dominan Putih
stylebyemilyhenderson.com

Warna putih juga memberikan kesan yang lapang. Pilihan yang cocok apabila Anda memiliki dapur yang sempit. Kesan luas juga bisa Anda dapatkan dari warna krem, kuning gading, dan rangkaian warna pastel.

  1. Maksimalkan Luas Setiap Sudut Ruangan

Perlu diketahui bahwa faktor fungsional menjadi prioritas dari dapur minimalis. Caranya adalah dengan memaksimalkan ruangan yang dipilih untuk dapur.

Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Gunakan rak gantung serbaguna untuk menyimpan peralatan masak, wadah bumbu masak, lap, dan peralatan dapur elektronik yang ringan.

Dengan begitu, meja dapur tidak dipenuhi oleh banyak barang sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk tujuan lain secara leluasa.

Selanjutnya, manfaatkan juga dinding bagian atas dengan memasang rak tempel sampai mentok ke langit-langit rak tersebut yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan peralatan dapur, beberapa barang pecah belah, maupun stok makanan instan.

  1. Manfaatkan Perabot yang Multifungsi

Dapur yang bergaya minimalis harus menggunakan perabot yang hemat tempat namun fungsinya maksimal. Contohnya pada gambar berikut:

Dapur Minimalis dengan Perabot Multifungsi
id.pinterest.com/arsoclothes

Dapur tersebut memakai meja dan rak yang bisa kegunaannya banyak. Ada wastafel, kompor, lemari penyimpanan, laci penyimpanan, kulkas mini, dan oven. Hanya dalam satu sudut dapur, Anda sudah bisa melakukan banyak hal dengan cepat. Praktis sekali, bukan?

  1. Lebih Baik Gunakan Single Wastafel

Apabila Anda memiliki dapur yang tidak terlalu luas, maka single wastafel adalah pilihan terbaik. Sebab, model tersebut tidak memakan banyak tempat seperti double wastafel.

Bagian lain pada meja dapat Anda manfaatkan untuk hal lain. Single wastafel juga membuat tampilan dapur terlihat lebih sederhana dan rapi. Tidak ada piring maupun gelas yang tertumpuk padahal sudah kering setelah dicuci.

Area di sekitar wastafel pun lebih kering sebab gerabah langsung dilap dan ditaruh di tempatnya setelah Anda cuci. Alasan lain, model single wastafel lebih cocok dimasukan ke dapur bergaya minimalis seperti pada gambar berikut:

Dapur Minimalis dengan Hiasan Tanaman Hijau
babybumpsandmombuns.com
  1. Maksimalkan Pencahayaan

Tahukah Anda kalau konsep minimalis identik dengan jendela yang lebar? Tidak terkecuali untuk dapur minimalis yang memang membutuhkan sirkulasi udara yang lancar.

Sesempit apapun dapur Anda, usahakan untuk meluangkan sisi tertentu sebagai jendela. Selain sirkulasi yang baik, dapur juga akan mendapat pencahayaan alami yang cukup.

Perpaduan antara dinding putih dan cahaya matahari membuat dapur berkonsep minimalis Anda lebih bersih dan terang. Anda bisa melihat buktinya dalam gambar di bawah ini:

Dapur Minimalis dengan Hiasan Lampu Gantung
apartmenttherapy.com

Dapur tersebut terlihat lega dan nyaman, kan? Jendela yang ditempatkan pada dua sisi dinding memang pilihan yang tepat untuk mendukung konsep minimalis pada ruang masak di rumah.

  1. Lebih Baik Tidak Pasang Pintu

Tips selanjutnya untuk menciptakan dapur bergaya minimalis adalah hilangkan pintu. Biarkan dapur Anda berdiri tanpa sekat sehingga terhubung dengan ruangan lain di rumah.

Kelebihannya adalah dapur tidak pengap karena sirkulasi udaranya bagus, tampak lebih luas, dan akses keluar-masuk pun lebih mudah. Maka dari itu, desain dapur tanpa pintu sangat direkomendasikan untuk ruangan yang sempit.

Perabot yang Cocok untuk Dapur Minimalis Dambaan

Ada begitu banyak perabot menarik yang sebenarnya boleh-boleh saja Anda masukan ke dapur. Namun, perlu diingat bahwa konsep minimalis hanya menggunakan sesuatu yang benar-benar digunakan.

Maka dari itu, cukup perabot dapur esensial saja yang Anda pilih untuk mengisi ruang masak di rumah. Berikut jenis furnitur yang perlu Anda perhatikan:

  1. Kursi Bar

Trend model kursi bar untuk dapur memang tidak pernah sepi peminat. Kehadiran kursi tersebut memberikan sentuhan modern sekaligus praktis. Anda dapat memindahkan kursi dengan mudah dan membalik kursi di atas meja apabila sedang tidak dipakai.

Salah satu model yang menarik adalah backless stool bar seperti pada gambar berikut:

Dapur Minimalis dengan Kursi Bar
decorotation.com

Kursi tanpa sandaran punggung tersebut terlihat kekinian namun tetap klasik karena sentuhan kayu. Pilihan yang bagus untuk disandingkan dengan meja putih polos sehingga dapur tampak lebih elegan.

Model kursi bar selanjutnya adalah kursi yang dilengkapi dengan sandaran punggung. Sandarannya dibuat pendek sehingga tampak unik sekaligus stylish. Pilihan yang ideal untuk dapur bergaya minimalis yang kekinian.

Dapur Minimalis dengan Kursi Bar dan Nuansa Hitam
cedarandmoss.com
  1. Meja Marmer

Selain digunakan untuk lantai, batu marmer juga cocok sebagai pelapis meja dapur. Tampilan meja marmer membuat dapur Anda tampak mewah dan modern. Buktinya terlihat pada gambar berikut:

Dapur Minimalis dengan Meja Marmer
pier1.com

Meja dengan motif unik tersebut sekaligus menjadi dekorasi yang mempercantik dapur. Kelebihan lain dari meja marmer yakni tahan panas dan air. Hanya saja, Anda harus berhati-hati dengan benda berujung tajam karena meja marmer gampang tergores.

Memadukannya dengan kursi bar hitam seperti pada gambar memang keputusan yang tepat. Tampilan monokrom yang dihasilkan sangat mendukung konsep minimalis yang diterapkan.

  1. Meja Granit

Jenis material lain yang biasa digunakan untuk meja dapur minimalis adalah granit. Sama halnya marmer, batu granit juga memberikan sentuhan mewah pada dapur. Meja yang terbuat dari granit lebih tahan lama dan kokoh. Variasi warna dan motifnya pun sangat beragam.

Dapur Minimalis dengan Meja Granit
delightfull.eu

Pada gambar tersebut, meja granit yang disandingkan dengan kursi bar kayu terlihat serasi. Kombinasi material granit dan kayu memang populer sehingga patut Anda aplikasikan pada dapur. Tidak hanya mewah, ruang masak buatan Anda juga akan tampak lebih elegan.

  1. Lampu Gantung

Meja bar yang ditempatkan di dapur bergaya minimalis memang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat makan, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan kegiatan lain.

Selain kursi bar, tidak lengkap rasanya apabila Anda tidak mengikutkan lampu gantung. Tidak hanya sebagai penerang, lampu gantung juga berperan sebagai dekorasi ruangan karena banyaknya model cantik yang tersedia.

Dapur Minimalis dengan Hiasan Lampu Gantung Gold
nordiskakok.se

Pada gambar terlihat lampu gantung yang memiliki bentuk unik. Tampilannya terkesan mewah sehingga cocok dipadukan dengan desain meja dapur yang modern.

Rasanya, tidak perlu lagi ada dekorasi lain karena lampu gantung tersebut sudah cukup untuk menyulap ruangan menjadi lebih menarik.

Bagi Anda yang menyukai sentuhan alam pada dapur, maka model lampu gantung dari anyaman bambu merupakan pilihan terbaik. Bentuk penutup lampunya sekilas menyerupai tudung saji dan keranjang.

Terlihat unik dan serasi berpadu dengan elemen kayu yang dihadirkan pada bagian langit-langit dapur.

Dapur Minimalis dengan Hiasan Lampu Kayu Unik
thelifestyledcoshop.com
  1. Rak Minimalis

Kegunaan rak pada dapur minimalis memang sangat penting karena sebagai tempat penyimpanan gerabah dan perabot dapur lainnya. Namun, tidak disarankan untuk memasang rak terlalu besar maupun terlalu banyak sebab akan memakan tempat.

Pilihlah rak yang berukuran sedang dan memiliki model yang sederhana. Contohnya pada gambar di bawah ini:

Dapur Minimalis dengan Kursi Besi Kotak
burkedecor.com

Pada bagian bawah, model rak yang dipakai memiliki ruang yang cukup besar untuk memuat banyak barang. Rak tersebut juga tidak hanya berisi ruang penyimpanan tetapi juga oven sehingga serbaguna.

  1. Rak Tempel

Model rak tempel begitu ideal untuk dapur berkonsep minimalis. Rak tempel memaksimalkan fungsi dinding sebagai tempat penyimpanan dengan sangat baik.

Seperti pada gambar, model rak tempel yang tidak memiliki sekat memang lebih memuat banyak. Anda dapat meletakkan bumbu-bumbu dapur, barang pecah belah bahkan jam duduk. Dengan begitu, Anda dapat menghemat area meja dan dapur pun terlihat rapi.

Dapur Minimalis dengan Kursi Kayu Tinggi
allsortsof.com

Membuat dapur dengan konsep minimalis memang sangat menarik. Anda dapat menghemat budget untuk membeli perabot sekaligus menghemat tenaga untuk membersihkan dapur. Tampilan dapur yang minimalis yang bersih dan ringkas juga lebih nyaman untuk ditempati dan dilihat.