11 Variasi Motif Keramik Teras Rumah Minimalis: Variasi Ukuran, Perkiraan Harga & Tips Memilih

Teras rumah adalah tempat favorit sekaligus ruang pertama untuk dikunjungi para tamu maupun pemilik orang. Oleh sebab itu, tampilan teras menarik dengan dekorasi cantik begitu diminati. Salah satu unsur yang dapat mendukung keindahan tersebut adalah mengaplikasikan lantai keramik teras.

Pemilihan keramik dengan warna dan motif yang sesuai konsep eksterior bangunan akan menambah kesan artistik pada hunian Anda. Selain pada lantai, keramik juga cocok kalau dipasang sebagai dinding rumah. Dengan syarat, warna serta corak yang dipadukan harus tetap matching.

Keramik Teras Rumah Minimalis

  1. Keramik Teras Motif Batu Alam Berwarna Candy
Keramik Teras Motif Batu Alam Berwarna Candy
woodscape.com

Penggunaan warna-warna soft namun artistik pada keramik akan membuat teras menjadi lebih cantik. Kesan alami semakin terasa dengan aplikasi bunga-bunga pada area tepian teras. Dipadukan dinding batu-bata, kesan alami bakal terasa kuat pada teras hunian Anda.

  1. Keramik Teras Motif Pola Persegi Vertikal & Horizontal
Keramik Teras Motif Pola Persegi Vertikal & Horizontal
flooringinc.com

Keramik kayu bentuk persegi yang disusun secara vertikal dan horizontal memang akan menciptakan kesan klasik sangat tegas. Pemilihan warna coklat gelap terlihat elegan dipadukan dengan set furniture kayu berwarna lebih muda, sehingga tampak ngeblend.

  1. Keramik Teras Motif Batu Alam
Keramik Teras Motif Batu Alam
homedepot.com

Pada teras minimalis di lantai dua, Anda dapat mengaplikasikan keramik motif batu alam dengan karakteristik garis tipis halus sehingga menciptakan kesan alami. Dikombinasikan pintu kaca hitam, maka akan menimbulkan nuansa minimalis modern yang kuat.

  1. Keramik Teras Motif Kayu Klasik
Keramik Teras Motif Kayu Klasik
wayfair.com

Keramik motif serat kayu alami berbentuk persegi panjang ini dijamin akan membuat teras tampak klasik. Kesan menenangkan dan natural dari penggunaan keramik bermotif kayu bisa dipadukan furniture dengan berbagai warna dan model agar kelihatan semakin apik.

  1. Keramik Teras Timbul Motif Batu Alam
Keramik Teras Timbul Motif Batu Alam
danapacificlandscape.com

Mengusung tekstur timbul seperti 3D, keramik dengan motif batu alam warna-warni ini akan membuat nuansa saat menapaki teras terasa berbeda. Selain itu, keramik ini juga terasa lebih dingin sehingga sangat nyaman apabila Anda berjalan dengan kaki telanjang.

  1. Keramik Teras Motif Hitam Bertekstur
Keramik Teras Motif Hitam Bertekstur
concretoestampado.pe

Keramik hitam tanpa pola dengan tekstur timbul memang sekilas terlihat biasa saja. Namun, jika dikombinasikan furniture berwarna kontras akan menghadirkan kesan minimalis modern. Jadi, pasti terlihat sangat apik kalau diterapkan pada hunian dengan teras berukuran mungil.

  1. Keramik Teras Motif Batu Alam Unfinishing
Keramik Teras Motif Batu Alam Unfinishing
builddirect.com

Hunian bergaya klasik dengan aplikasi genteng berwarna bata terlihat matching kalau dipadukan penggunaan keramik bermotif batu alam tanpa finishing. Jadi, tekstur lantai tampak tidak rata, namun hal tersebutlah yang justru menjadi daya tarik dan nilai artistiknya.

  1. Keramik Teras Motif Klasik Monokrom
Keramik Teras Motif Klasik Monokrom
stylebyemilyhenderson.com

Teras dengan aplikasi keramik motif klasik monokrom yang mengusung desain kompleks terlihat match dikombinasikan penggunaan set meja kayu dan kursi rotan. Pola klasik hitam putih akan menciptakan kesan tradisional berpadu minimalis modern yang indah.

  1. Keramik Teras Pola Batik Minimalis
Keramik Teras Pola Batik Minimalis
bali-interiors.com

Untuk menghadirkan kesan vintage dan klasik pada teras hunian Anda, penggunaan keramik berpola batik minimalis hitam putih dengan dikombinasikan sebuah meja kayu unfinishing, serta kursi putih, dan hiasan piring antik akan mempertegas nuansa vintage pada teras.

  1. Keramik Teras Motif Simetris
Keramik Teras Motif Simetris
lonny.com

Keramik dengan pola simetris ini umumnya menggunakan pavers dari material tanah liat, sehingga teksturnya lebih tebal dibandingkan keramik biasa. Keramik berpola simetris abu-abu dan putih sangat cocok apabila dikombinasikan dengan furniture berwarna senada.

  1. Keramik Teras Pola Bola Bola Unik
Keramik Teras Pola Bola Bola Unik
theeffortlesschic.com

Keramik lantai dengan pola bola-bola berwarna biru tosca tampak terlihat elegan dipadukan glass door berkusen hitam. Untuk mempertahankan kesan antik dan unik dari kombinasi pola keramik dan furniture, sebaiknya pilihlah perabot berwarna netral, seperti hitam dan putih.

Variasi Ukuran & Perkiraan Harga Keramik untuk Teras

Selain terdiri atas berbagai macam ukuran, model, dan motif, keramik lantai untuk teras juga dibanderol dengan harga cukup variatif. Dengan mengetahui kisaran harga jualnya, maka akan lebih mudah dalam mempersiapkan anggaran sehingga bisa membeli keramik yang diinginkan.

Berikut ini adalah referensi ukuran dan harga keramik lantai teras:

SpesifikasiTeksturUkuranHarga
Keramik Motif KeratonGlossy40 cm x 40 cmRp. 61.500 per dus
Keramik Motif MaroccoGlossy40 cm x 40 cmRp. 55.500 per dus
Keramik Serat JerukMedium Doff40 cm x 40 cmRp. 60.500 per dus
Keramik KIA Maroko DecoDoff40 cm x 40 cmRp. 77.900 per dus
Keramik KIA AlheraGlossy40 cm x 40 cmRp. 62.900 per dus
Keramik KIA Enigma TerracottaDoff40 cm x 40 cmRp. 81.900 per dus
Keramik Abu 3DDoff40 cm x 40 cmRp. 66.900 per dus
Keramik Batu Coral CeramicaDoff40 cm x 40 cmRp. 42.900 per dus

Referensi harga keramik untuk dinding teras:

SpesifikasiTeksturUkuranHarga
Motif Anyam 3DDoff20 cm x 40 cmRp. 71.000 per dus
Motif GarisGlossy25 cm x 40 cmRp. 67.500 per dus
Motif BatikGlossy25 cm x 40 cmRp. 64.600 per dus
Motif Batu AlamDoff25 cm x 40 cmRp. 69.900 per dus
Motif Batu Bata / BrickDoff25 cm x 50 cmRp. 68.000 per dus
Motif FlinstoneDoff25 cm x 40 cmRp. 70.500 per dus
Motif MozaikDoff30 cm x 60 cmRp. 80.500 per dus

Tips Memilih Keramik untuk Lantai Teras & Dinding Teras

Dalam memilih keramik untuk dipasang pada lantai dan dinding teras, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan Corak atau Motif Keramik

Seperti diketahui, saat ini ada banyak sekali corak atau motif keramik yang dijual di pasaran. Anda harus bisa memilih motif yang terlihat fit dengan konsep teras. Untuk menciptakan kesan alami, maka pemilihan keramik bercorak batu alam sangat direkomendasikan.

  • Pertimbangkan Warna Keramik

Kombinasi warna-warna bold atau cerah akan menciptakan nuansa lebih fresh pada teras. Namun, penggunaan warna juga sebaiknya disesuaikan dengan konsep yang hendak Anda bangun. Misalnya ingin mewujudkan desain klasik, maka pilihlah keramik bermotif serat kayu.

Selain itu, pemilihan warna juga harus mempertimbangkan dengan kombinasi furniture yang akan diletakkan pada teras. Dengan begitu, perpaduannya terlihat matching dan ngeblend.

  • Perhatikan Tekstur Keramik

Apabila keramik akan diaplikasikan pada lantai teras, sebaiknya pilih material bertekstur kasar. Mengingat teras merupakan area semi terbuka dan terkena cipratan hujan serta sinar matahari langsung secara konsisten sehingga keramik dengan tekstur licin tidak disarankan.

Pemilihan keramik dengan permukaan kasar bertujuan untuk meminimalisir terjadinya resiko, seperti terpeleset dan jatuh pada saat kondisi lantai sedang basah.

  • Memilih Ukuran Keramik

Dimensi keramik harus disesuaikan dengan luas lahan yang akan digunakan untuk membuat teras. Apabila ukuran lahan cukup luas, maka bisa mengaplikasikan keramik dimensi 40 cm x 40 cm atau 60 cm x 60 cm. Hal ini dilakukan guna memudahkan proses pemasangan.

Sedangkan pada teras berukuran mungil, keramik berukuran 30 cm x 30 cm  bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghadirkan kesan lebih lapang pada teras. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan luas bidang teras sebelum memutuskan membeli keramik.

Ada berbagai pilihan keramik teras yang bisa diaplikasikan pada lantai maupun dinding untuk dijadikan sebagai solusi mempercantik. Pasalnya, memiliki teras yang terlihat indah dan nyaman tentu merupakan dambaan setiap pemilik rumah. Sehingga kegiatan di teras menjadi semakin seru.