Paving Block: Tekstur, Ukuran & Kisaran Harga

Memiliki halaman cantik sudah tentu menjadi dambaan semua orang. Salah satu cara untuk mewujudkan halaman apik dan bernilai estetik adalah dengan memasang paving block. Selain itu, penggunaan paving juga berfungsi sebagai pelapis tanah agar teksturnya lebih rata dan stabil.

Saat ini, terdapat berbagai macam jenis dan tekstur paving tersedia di pasaran, mulai dari paving 3D, conblock, grass block, hingga stone block. Jadi, konsumen dapat menyesuaikan pilihan tekstur dengan selera, dan seperti apa konsep outdoor yang ingin diterapkan untuk memperindah eksterior.

Paving Block Abu-Abu
paramountpaving.co.uk

Inspirasi Tekstur Paving Block

  1. Paving Block Model Bricks
Paving Block Model Bricks
simplypaving.com

Paving berbentuk batu-bata bukan hanya akan membuat halaman tampak lebih bersih dan luas, namun juga mempercantik area sekitar rumah. Supaya kesan alami dan klasik semakin tegas, maka bisa tambahkan tanaman daun maupun bunga dengan pot bermotif kayu.

  1. Paving Block Model Bricks Abu-Abu
Paving Block Model Bricks Abu Abu
pavingstonesdirect.co.uk

Untuk menciptakan nuansa minimalis modern, paving berwarna abu-abu dengan kombinasi tone lebih cerah bisa menjadi pilihan terbaik. Dipadukan dengan space taman mini berlapis kerikil, maka akan sukses menghilangkan kesan monoton pada eksterior bangunan.

  1. Paving Block Model Belah Ketupat
Paving Block Model Belah Ketupat
phoenixpaver.com

Hadir dalam bentuk tekstur belah ketupat dengan 2 variasi ukuran yang ditata selang-seling, paving berwarna dark grey dan light grey ini akan memberikan kesan mewah minimalis. Sementara itu, space lain dapat ditanami rumput hijau untuk menambah nuansa segar.

  1. Grass Block Batu Bata
Grass Block Batu Bata
sureset.co.uk

Halaman akan terlihat lebih fresh dan natural dengan mengaplikasikan paving jenis grasss block berbentuk batu-bata. Susunan bricks berwarna putih dipadukan rerumputan hijau ini dijamin akan memberikan kesan menenangkan dan eye catching saat dipandang.

  1. Paving Block Model Stone Block Persegi
Paving Block Model Stone Block Persegi
ebay.com

Selain grass block, stone block dengan model persegi dipadukan batuan kali untuk menutupi area kosong dapat difungsikan sebagai tempat jalan kendaraan. Sedangkan area lain bisa mengaplikasikan rumput hijau yang akan memberikan kesan segar dan asri pada rumah.

  1. Paving Block Model Batu Candi
Paving Block Model Batu Candi
greydock.com

Hadir dalam tekstur batu candi yang ditata berbentuk lingkaran, paving berbentuk kubus two tone kombinasi abu muda dan abu tua ini akan menghadirkan nuansa artistik di halam rumah. Anda bisa menambahkan aksen kursi dari paving untuk dijadikan tempat nongkrong asyik.

  1. Paving Block Tekstur Diagonal
Paving Block Tekstur Diagonal
materialgirlsblog.com

Paving berbentuk diagonal dengan 2 warna dijamin akan membuat halaman terlihat lebih keren. Permainan susunan warna paving memberikan kesan unik. Supaya tidak tampak membosankan, aplikasikan lantai marmer dengan pot bunga dekoratif di sisi lain halaman.

Referensi Harga Paving Berdasarkan Ukuran

Paving Block Ukuran Panjang Pendek
pinterest.com/big_kurawa

Harga paving bukan hanya dipengaruhi oleh komponen tipe dan jenisnya, namun juga ukuran yang disajikan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli paving, sebaiknya sudah memiliki acuan harga serta ukuran agar tidak salah dalam membeli dan mempersiapkan budget.

Di bawah ini adalah referensi harga paving di pasaran:

Paving BlockTipeHarga Per Meter
Bata 10 cmK300Rp. 171.000
Bata 8 cmK300Rp. 126.000
Bata 6 cmK300Rp. 111.000
Segi Enam 8 cmK300Rp. 136.000
Segi Enam 6 cmK300Rp. 126.000
Trihex 8 cmK300Rp. 136.000
Trihex 6 cmK300Rp. 126.000
Ubin Full 8 cmK300Rp. 146.000
Ubin Full 6 cmK300Rp. 136.000
Ubin Set 6 cmK300Rp. 136.000
Tahu 8 cmK300Rp. 146.000
Tahu 6 cmK300Rp. 136.000
Topi UskupK300Rp. 30.000
Cacing 8 cmK300Rp. 126.000
Cacing 6 cmK300Rp. 136.000
ConblockTipeHarga Per M2
Cacing 8 cmK400Rp. 151.000
Cacing 6 cmK400Rp. 136.000
Trihex 8 cmK400Rp. 151.000
Trihex 6 cmK400Rp. 136.000
Hexagon 8 cmK400Rp. 151.000
Hexagon 6 cmK400Rp. 136.000
Bata 10 cmK400Rp. 196.000
Bata 8 cmK400Rp. 141.000
Bata 6 cmK400Rp. 126.000
KonblokTipeHarga Per Meter
Bata 10 cmK500Rp. 216.500
Bata 8 cmK500Rp. 161.500
Bata 6 cmK500Rp. 141.500
Paving Block Merah Kombinasi
diy.com

Tips Memasang Paving Bagus & Rapi

Paving Block Warna Coklat Kemerahan
turnaboutdrives.co.uk

Jika bermaksud memasang paving sendiri, maka perlu mengetahui panduan pemasangan paving agar hasilnya bagus dan rapi. Secara umum proses pasang paving hampir sama dengan mengaplikasikan keramik lantai. Hanya, pemasangan paving membutuhkan peralatan lebih beragam.

Berikut ini adalah beberapa tips memasang paving untuk dijadikan panduan:

  • Mempersiapkan Bahan Material dan Peralatan

Untuk mendukung pekerjaan, maka Anda membutuhkan beberapa peralatan khusus, seperti stamper kuda, cangkul, jidar, alat potong paving, dsb. Selain itu, siapkan terlebih dahulu material yang dibutuhkan, antara lain kepingan paving, kanstin beton, pasir, dan abu batu.

  • Memeriksa Kondisi Tanah

Sebelum memasang kepingan-kepingan paving, sebaiknya cek terlebih dahulu bagaimana kondisi tanah di pekarangan rumah. Sebab permukaan tanah dengan tekstur tidak rata dapat mengakibatkan paving ambles. Jadi, padatkan dulu lubang dengan stamper kuda.

  • Membersihkan Lahan

Selanjutnya, bersihkan area pekarangan dari rumput liar dan sampah serta dedaunan yang berserakan. Pasalnya, paving yang diaplikasikan pada lahan kotor tidak bisa menempel dengan benar dan mengakibatkan block mudah bergeser dari posisinya semula.

  • Memilih Jenis Paving

Selain mempertimbangkan tekstur dan desain yang ingin dipilih, perhatikan juga fungsi serta keunggulan dari setiap jenis paving. Untuk mendapatkan paving berkualitas tinggi, maka pilihlah yang memiliki tekstur tebar sehingga mampu menopang bobot lebih berat.

  • Membuat Lapisan

Siapkan tanah sebagai lapisan pertama dalam proses pemasangan paving, sebab permukaan tanah yang rata saja tidak cukup menjaga kestabilan posisi paving nantinya. Karenanya, beri lapisan tambahan dengan tanam merah atau abu batu hingga padat.

  • Memasang Kanstin Beton

Kanstin adalah kepingan beton yang dipasang di sisi-sisi paving. Material kanstin berfungsi untuk mengunci paving sehingga tidak mudah bergeser. Pemasangan kanstin menyesuaikan dengan pola paving yang telah dipilih sebelumnya.

  • Pasang Kepingan Paving

Setelah kanstin dipasang, selanjutnya mulailah dengan memasang kepingan paving dengan teknik maju ke depan, sambil menginjak paving yang sudah terpasang supaya menempel di tanah lapisan. Jika ada space tersisa, maka bisa ditutup dengan paving cutter.

Jadi, untuk area yang tidak bisa dijangkau menggunakan paving utuh, maka bisa Anda potong menggunakan alat pemotong khusus dan sesuaikan ukuran lebar dengan celah. Hal ini dimaksudkan agar paving dapat terkunci sempurna di kanstin.

  • Mengisi Joint Filler

Tahap berikutnya adalah mengisi joint filler. Jadi, setelah semua paving terpasang rapi, Anda tinggal mengisi celah yang berada di antara paving menggunakan abu batu supaya tampak lebih rata. Kemudian, padatkan struktur paving dengan stamper kuda.

  • Membersihkan Paving

Langkah terakhir dalam proses pemasangan paving adalah membersihkan bagian permukaan dari material abu batu. Meskipun abu batu tidak memiliki tekstur licin, namun jika bervolume bisa menyebabkan terjadinya selip pada ban mobil.

Paving Block Gradasi
paramountpaving.co.uk

Untuk tahapan pemasangan paving block jenis grass brick, sebenarnya caranya hampir sama dengan memasang paving beton. Hanya saja, Anda harus menanam rumput di area tengah kepingan beton. Selain itu, pastikan kalau tanah lapisan yang digunakan memiliki tingkat kesuburan tinggi.