Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Mempunyai ruang kerja pribadi di rumah membantu Anda untuk tetap bisa melakukan pekerjaan dengan baik tanpa harus datang ke kantor. Dengan menggabungkan konsep modern masa kini, Anda dapat ciptakan ruang kerja di rumah minimalis yang pastinya terlihat menarik dan juga nyaman ditempati.

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus ukuran ruang kerja untuk di rumah. Namun, pastikan jika ruangan tersebut sudah memenuhi keinginan Anda dan dapat mengoptimalkan kinerja saat bekerja, serta disediakannya kebutuhan-kebutuhan untuk menunjang pekerjaan layaknya berada di kantor.

Rekomendasi Penggunaan Warna untuk Ruang Kerja Minimalis

Pada dasarnya, konsep minimalis mengutamakan efisiensi desain yang tidak menggunakan warna yang berlebihan. Konsep ini cocok untuk Anda yang ingin mempunyai ruang kerja di rumah minimalis. Jika masih bingung dalam memilih warna apa yang sesuai, berikut ini rekomendasinya untuk Anda.

  1. Ruang Kerja Nuansa Navy-Brown
Ruang Kerja Nuansa Navy Brown
lonny.com
Ruang Kerja Nuansa Navy Brown Letter L
vivadecora.com.br

Warna biru dongker (navy) memberikan kesan berkelas dan tangguh. Biasanya, penggunaan warna navy sering dipadukan dengan warna monokrom seperti hitam dan putih. Namun, apakah pernah terpikirkan oleh Anda jika warna navy dikombinasikan dengan furniture kayu berwarna coklat.

Anda dapat melihatnya pada foto di atas. Penggunaan material kayu pada kursi,lantai, rak buku, hingga dinding begitu serasi dengan warna navy yang maskulin. Menggunakan warna-warna ini menjadikan ruangan Anda terlihat nyaman dipandang.

  1. Ruang Kerja Nuansa Broken White
Ruang Kerja Nuansa Broken White dengan Rak Besi
amazon.com
Ruang Kerja Nuansa Broken White dengan Rak Hiasan Lampu
cristianabertolucci.com.br

Jika Anda menginginkan warna ruangan dengan nuansa putih, Anda bisa menerapkannya seperti pada foto-foto ini. Penggunaan broken white memberikan sentuhan warna putih pada ruangan Anda, akan tetapi ada sedikit aksen warna abu-abu yang samar dan tidak begitu mendominasi.

Penggunaan warna broken white sangat netral karena termasuk ke dalam jenis monokrom, sehingga dapat dikombinasikan dengan berbagai macam warna. Penggunaan material marmer dan kayu juga semakin mempercantik tampilan ruang kerja Anda, terlebih lagi jika ditambah hiasan tanaman.

  1. Ruang Kerja Nuansa Beige Green Olive
Ruang Kerja Nyansa Beige Green Olive
officesnapshots.com

Sebenarnya, untuk menggunakan warna green olive sedikit membutuhkan trik karena cukup sulit untuk mengkombinasikannya. Namun, ternyata, green olive pada ruangan kerja dapat dipadukan dengan warna beige yang cenderung netral.

Baca Juga:  Lampu Meja Belajar

Lihat pada foto di atas, meskipun warna green olive pada kursi cukup menonjol, akan tetapi tidak begitu mendominasi warna-warna lainnya di ruangan tersebut. Penggunaan warna beige untuk rak dan dinding berpadu sempurna dengan lantai marmer berwarna putih.

  1. Ruang Kerja Semi-Industrial
Ruang Kerja Semi Industrial
pinterest.com

Penerapan konsep industrial memberikan kesan seperti proses pengerjaannya belum terselesaikan (unfinished) karena memang didesain seperti itu. Dominasi penggunaan warna abu-abu begitu menonjol karena hampir keseluruhan warna menerapkan warna ini.

Namun, Anda bisa melakukan kreasi dengan menerapkan desain semi-industrial, yakni dengan memberikan sentuhan alami berupa penggunaan furniture berbahan dasar kayu atau rotan. Pada foto di atas, kombinasi antara dua konsep tersebut begitu unik.

Referensi Konsep Ruang Kerja Minimalis

Siapa bilang jika ruang kerja di rumah minimalis sekedar sebuah ruangan biasa? Nyatanya, Anda bisa menerapkan konsep supaya terlihat lebih menarik tanpa mengurangi fungsinya sebagai tempat bekerja. Membutuhkan referensi? Tenang saja, di bawah ini terdapat referensi terbaik untuk Anda.

  • Konsep Ruang Kerja Kubikal

Menerapkan konsep ruang kerja kubikal mengikuti desain konvensional yang paling sering ditemukan di perkantoran. Ciri khasnya adalah setiap meja diberikan sekat berupa papan, sehingga membentuk seperti sebuah kotak (kubik).

Jika diaplikasikan pada ruangan kerja Anda, sebenarnya cocok-cocok saja. Namun, dibutuhkan space yang sedikit lebih luas untuk penempatan sekatnya, sehingga Anda harus memperhatikan apakah ukuran ruangan di rumah cukup untuk menerapkan konsep kubikal.

  • Konsep Ruang Kerja Terbuka

Biasanya, konsep seperti ini paling sering ditemukan di perusahaan startup yang mengedepankan fleksibilitas ruang kerja tanpa pemberian sekat.Penerapan konsep seperti ini cocok untuk Anda yang mempunyai keterbatasan ukuran ruangan pada rumah untuk dijadikan tempat bekerja.

  • Konsep Ruang Kerja Kombinasi

Jika Anda ingin mengedepankan fleksibilitas dan tetap mempertahankan privasi, konsep kombinasi jawabannya. Anda bisa memberikan sekat, akan tetapi tidak di berbagai sisi ruangan dan biarkan sebagian sisi lainnya terbuka.

Tips Desain Ruangan Kerja

Menerapkan sebuah desain untuk ruangan kerja memang tidak dapat sembarangan. Selain memakan banyak waktu, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak jika salah dalam mendesainnya. Untuk itu, berikut ini terdapat tips desain ruang kerja di rumah minimalis supaya terlihat apik!

  • Lokasi

Jika ingin menciptakan ruangan kerja di rumah, usahakan untuk mencari lokasi yang tidak sering dilalui oleh banyak orang. Pilih ruangan yang berada di sudut rumah, sehingga meminimalisir suara bising atau orang lalu lalang dekat ruang kerja Anda.

  • Penggunaan Furniture

Usahakan menggunakan furniture yang dibutuhkan saja. Tujuan utama Anda adalah untuk menyediakan space khusus bekerja, sehingga jika ditambahkan berbagai macam furniture, selain menjadikannya lebih sempit, kenyamanan Anda di ruangan tersebut akan semakin berkurang.

  • Penyediaan Peralatan Kerja

Pastikan Anda menyediakan peralatan kerja yang sekiranya mudah dijangkau ketika beraktivitas nantinya. Misalnya saja jika membutuhkan laptop dan buku catatan, sediakan di meja kerja Anda, sehingga mudah untuk dicari dan digunakan.

  • Penambahan Sentuhan Personal

Meskipun Anda mengutamakan konsep minimalis pada ruangan kerja, jangan lupa berikan sentuhan personal. Misalnya saja, Anda dapat menambahkan foto atau poster band favorit di beberapa sisi ruangan

Ruang kerja di rumah minimalis memang tidak hanya menjadi tren modern yang sedang digemari oleh masyarakat Indonesia. Lebih dari itu, konsep minimalis mampu memaksimalkan sebuah ruangan tanpa penggunaan warna dan furniture yang berlebihan, akan tetapi tetap indah untuk dipandang.