Desain Ruang Tamu Minimalis

Sebagai tempat untuk menjamu orang yang berkunjung, Anda pasti menginginkan ruang tamu yang nyaman dan lebih lega. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menerapkan desain ruang tamu minimalis yang memiliki tata letak sederhana dan fungsional.

Tips Mewujudkan Ruang Tamu Minimalis

Mengapa dekorasi yang minimalis lebih disarankan? Seperti yang sudah disebutkan bahwa konsep ruangan yang minimalis merujuk pada dua hal yakni sederhana dan fungsional.

Ruang tamu yang dibuat sederhana tanpa memasukkan banyak ornamen dan warna akan lebih sejuk dipandang. Sedangkan ruang tamu yang fungsional hanya akan diisi oleh furnitur yang benar-benar dibutuhkan. Ruangan pun terlihat lebih luas dan tidak pengap.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat memiliki ruang tamu yang minimalis dengan memperhatikan tips berikut ini:

  1. Penggunaan Warna yang Lembut dan Bersih

Karakteristik yang kuat dari desain minimalis adalah pemilihan warna yang bernuansa lembut dan bersih. Contohnya yaitu warna putih, abu-abu, krem, dan kuning gading. Penggunaan warna tersebut bagus untuk menonjolkan kesan sederhana dan memberikan efek luas pada ruangan.

Anda dapat menerapkan warna putih pada keseluruhan dinding ruang tamu seperti gambar berikut:

Ruang Tamu Minimalis dengan Penggunaan Warna yang Lembut dan Bersih
theblondedaydreams.com

Warna putih memang kerap dipilih sebagai warna utama pada dekorasi minimalis, khususnya untuk dinding. Warna yang bersih dan segar ini mampu menciptakan suasana yang tenang sehingga Anda bisa mengobrol nyaman dengan para tamu.

Bagi Anda yang memiliki ruang tamu berukuran sempit, warna putih, krem dan kuning gading pun ideal untuk dipilih. Sebab, warna tersebut membuat ruangan tampak lebih lapang.

  1. Penggunaan Furnitur yang Esensial

Apabila ingin menciptakan ruang tamu minimalis maka pastikan untuk tidak berlebihan dalam memasukan furnitur. Cukup gunakan perabot yang memang Anda butuhkan selama beraktivitas di ruang tamu.

Contoh furnitur yang paling esensial untuk ruang tamu adalah meja dan kursi. Sesuaikan jumlah kursi dengan luas ruang tamu Anda. Namun, apabila ingin seminimal mungkin dalam menempatkan furnitur, maka satu sofa panjang saja sudah cukup untuk ruang tamu.

Anda dapat melihatnya pada gambar di bawah ini. Sofa panjang dan satu meja kecil yang portable terlihat serasi untuk dekor minimalis. Meja dapat dengan mudah dipindahkan apabila tidak sedang dipakai sehingga fungsi karpet bisa lebih dimaksimalkan sebagai area lesehan, misalnya.

Ruang Tamu Minimalis dengan Penggunaan Furnitur yang Esensial
somedaydesigns.co.uk
  1. Penggunaan Warna Monokrom

Alternatif lain untuk menciptakan suasana nyaman dan efek yang lebih lega adalah dengan mengaplikasikan warna monokrom. Konsep monokrom sangat umum dikaitkan dengan warna putih, hitam, dan abu-abu.

Warna-warna tersebut memang pilihan yang menarik untuk mewujudkan ruang minimalis. Coba Anda perhatikan gambar berikut:

Ruang Tamu Minimalis dengan Penggunaan Warna Monokrom
roomdsign.com

Perpaduan warna hitam dan putih pada bagian dinding membuat ruang tamu terkesan lebih luas. Tidak hanya itu, tampilan ruang tamu Anda akan terlihat unik. Hitam dan putih merupakan kombinasi yang saling melengkapi dan menyenangkan untuk dipandang.

Baca Juga:  Hiasan Dinding Kayu

Anda dapat mengaplikasikan warna monokrom untuk ruang tamu bergaya minimalis yang formal maupun informal. Sebab, monokrom ideal dimainkan untuk berbagai kebutuhan penggunaan ruangan.

  1. Penambahan Unsur Alam

Ruang tamu yang mengusung konsep minimalis tidak berarti membatasi Anda untuk berkreasi, lho. Penambahan hiasan tetap bisa dipertimbangkan, hanya saja tanaman menjadi alternatif yang lebih baik.

Tanaman sangat mendukung dekor minimalis yang menonjolkan tampilan polos. Unsur alam tersebut akan membuat ruang tamu Anda tampak lebih hidup, tenang dan menarik. Berbeda halnya dengan hiasan bermotif ramai yang kurang kalem saat dilihat.

Ruang Tamu Minimalis dengan Penambahan Unsur Alam
popandscott.com

Bagaimana perasaan Anda saat melihat dekor ruang tamu tersebut? Terasa begitu segar dan nyaman, bukan? Perpaduan antara dinding putih polos dengan hijaunya tanaman hidup memang tidak berlebihan.

Kuncinya, Anda harus pintar dalam memilih spot tanaman. Bagian pojok ruangan cocok untuk tanaman berukuran besar.

Alternatif lain, Anda bisa meletakkan tanaman di atas meja agar terlihat lebih menonjol. Sedangkan tanaman yang berukuran kecil akan terlihat bagus untuk diletakkan sebagai pengganti vas bunga. Berikut gambaran peletakannya:

Ruang Tamu Minimalis dengan Tanaman Hijau
cocolapinedesign.com
  1. Penggunaan Jendela Kaca yang Besar

Ruang tamu minimalis identik dengan jendela kaca yang berukuran besar. Tujuannya untuk mengoptimalkan sinar matahari sebagai pencahayaan alami bagi ruangan. Dengan begitu, ruang tamu terlihat terang dan tidak pengap.

Nilai estetika yang ditimbulkan juga lebih menonjol. Sebab, ruangan beserta furnitur di dalamnya yang terkena cahaya matahari tampak lebih cantik.

Ruang Tamu Minimalis dengan Penggunaan Jendela Kaca yang Besar
nextluxury.com

Terlihat jelas kalau ruang tamu tersebut lebih cantik, bukan? Adanya jendela yang besar memaksimalkan cahaya yang masuk sehingga Anda tidak membutuhkan penerangan tambahan.

Selain itu, jendela kaca yang lebar dapat menunjukan pemandangan di luar ruang tamu. Pilihan yang menarik apabila Anda ingin memadukan konsep minimalis yang menyatu dengan alam.

Anda bisa menempatkan taman outdoor tepat di sisi dekat jendela ruang tamu. Dengan begitu, pemandangan hijau yang alami dapat tersaji ketika jendela dibuka. Tidak perlu lagi hiasan dinding maupun ornamen pada ruangan karena sudah tergantikan oleh panorama sekitar.

  1. Pengurangan Sekat Ruangan

Karakteristik lain dari dekorasi minimalis adalah membiarkan ruangan saling terhubung tanpa adanya penyekat apapun. Tujuannya untuk mengoptimalkan fungsi setiap sisi sehingga tidak ada yang terbuang.

Selain itu, ruangan juga terlihat lebih luas untuk dihuni. Anda dapat memperhatikan gambar berikut:

Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sekat Ruangan
ames-interiors-blog.com

Ruang tamu tersebut didesain terhubung dengan ruangan lain sehingga tampak lebih luas. Dalam desain minimalis, dinding pembatas hanya mempersempit ruangan dan mengurangi fungsinya.

Baca Juga:  Hiasan Meja Kerja

Pada gambar tersebut, Anda dapat menggeser sofa ke bagian belakang atau menambah kursi apabila jumlah tamu cukup banyak. Jika ada dinding pembatas tentu saja hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Apa Saja Jenis Aksesoris yang Sesuai untuk Dipajang?

Penambahan aksesoris untuk ruang tamu minimalis dapat memperindah ruangan asalkan tidak berlebihan. Sebaiknya, aksesoris yang dimasukan juga memiliki manfaat yang menunjang fungsi ruang tamu Anda.

Berikut beberapa aksesoris yang bisa dipertimbangkan untuk dimasukan:

  1. Karpet

Kehadiran karpet dalam ruang tamu terbilang sangat berguna. Karpet dapat melindungi lantai dari goresan yang ditimbulkan oleh furnitur yang diletakkan di permukaannya. Dengan begitu, lantai lebih awet, bersih dan indah.

Manfaat lain adalah karpet dapat dijadikan sebagai alternatif tempat duduk. Misalnya, kursi Anda tidak cukup untuk jumlah teman-teman yang datang, maka karpet dapat dijadikan tempat lesehan.

Karpet juga memiliki berbagai motif dan warna yang menarik. Anda dapat menjadikan karpet sebagai hiasan dengan meletakkannya di lantai ruang tamu.

Coba lihat gambar berikut:

Ruang Tamu Minimalis dengan Konsep Industrial
theblondedaydreams.com

Karpet tampak sangat menyatu dengan ruang tamu bergaya minimalis tersebut. Motifnya pun unik sehingga ruangan tampak lebih cantik. Apabila ada tamu yang ingin duduk lesehan, Anda dapat menggeser kursi tanpa lengan tersebut sehingga area karpet lebih lapang.

  1. Lampu

Jenis aksesoris lain yang multifungsi adalah lampu duduk. Kehadiran benda tersebut di ruang tamu dapat dijadikan sebagai hiasan pojok ruangan pada siang hari. Sedangkan pada malam hari dapat Anda nyalakan sebagai penerang.

Ruang Tamu Minimalis dengan Lukisan dan Lampu Hias
abinainteriors.com

Selain lampu duduk, jenis lampu gantung juga pilihan yang bagus untuk ruangan minimalis. Contohnya seperti ini:

Ruang Tamu Minimalis dengan Lampu Gantung Bulat
theeverygirl.com
  1. Rak

Rak bisa Anda pertimbangkan untuk diletakkan di ruang tamu asalkan memang dibutuhkan. Keberadaan rak bisa berguna untuk menyimpan TV remote, DVD player, stick game, perangkat jaringan WiFi maupun benda lain sehingga tidak berantakan.

Intinya, apabila Anda ingin menggunakan rak maka pastikan rak tersebut memiliki kegunaan yang jelas. Rak bukan hanya pajangan karena konsep minimalis menghindari penggunaan benda yang tidak dipakai.

  1. Hiasan Dinding

Jika menurut Anda dinding ruang tamu terlalu sepi, maka penambahan hiasan dinding bisa jadi solusi. Tidak perlu banyak, jumlahnya cukup satu atau dua saja dengan motif yang biasa.

Contohnya sebagai berikut:

Ruang Tamu Minimalis dengan Hiasan Dinding Simple
id.pinterest.com/claudiagutierrezinteriorismo

Hiasan dinding tersebut menggunakan bingkai putih polos yang menyatu dengan warna dinding. Lukisannya pun sangat sederhana namun nilai artistiknya masih terasa.

Konsep ruang tamu minimalis banyak diterapkan oleh masyarakat di era modern ini. Sebab, ruangan yang terlihat sederhana, lega dan bersih lebih memberikan kesan yang menenangkan. Selain itu, Anda dapat memaksimalkan fungsi luas ruangan dan menghemat pembelian furnitur.