Desain Rumah ala Korea

Popularitas desain rumah ala Korea semakin digemari seiring perkembangan budaya K-Pop yang terus mendunia. Semakin banyak yang menggemari Korean Pop ternyata bukan hanya berimbas pada industri hiburan Korea, tetapi juga kebudayaan Korea Selatan secara keseluruhan.

Salah satu yang turut menjadi kegemaran adalah konsep rumah Korea. Berbagai kalangan terutama para pecinta K-Pop tentu tak asing lagi dengan pola desain rumah-rumah di Korea. Lengkap dengan tampilannya yang hangat dan menarik seperti yang terlihat di drama atau film Korea pada umumnya.

Ciri Gaya Rumah Korea

Rumah ala Korea Modern Minimalis
homify.co.kr

Tentunya ada ciri khas tersendiri yang membuat gaya rumah ala Korea memiliki perbedaan dibanding dengan gaya rumah lainnya. Berikut ini beberapa hal yang menjadi ciri khas dari rumah ala Korea:

  1. Pencahayaannya Terang dengan Nuansa Ruangan Lembut

Desain interior khas rumah-rumah Korea adalah penggunaan unsur pencahayaan yang terang. Namun, untuk mengimbangi kondisi terang tersebut agar lebih nyaman maka ruangan di desain dengan nuansa lembut.

Untuk mendapatkan kondisi ini, Anda bisa menyiasati dengan menggunakan sistem pencahayaan sentral.

Gunakan 1 kap lampu utama di bagian tengah ruangan agar cahaya lampu mampu menerangi seluruh ruangan. Cara tersebut juga bisa menjadi salah satu cara agar kondisi di dalam ruangan tidak terlalu silau.

  1. Memaksimalkan Pencahayaan Alami
Rumah ala Korea dengan Pencahayaan Alami Maksimal
05studio.kr

Jika di malam hari pencahayaan mengandalkan lampu kap yang menjadi sentral, berbeda dengan kondisi siang hari. Rumah di Korea biasanya dibangun dengan jendela-jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan di siang hari.

Terlebih untuk yang tinggal di apartemen, konsep ini tentu sudah sangat akrab diterapkan. Interior rumah bisa tampak lebih indah jika ruangan sering mendapat pencahayaan alami yang mencukupi.

  1. Menggunakan Furniture dan Lantai Kayu
Rumah ala Korea Tradisional dengan Furniture dan Lantai Kayu
architizer.com

Satu hal yang menjadi khas rumah ala Korea salah satunya adalah penggunaan lantai serta furniture kayu. Hal ini sangat sesuai jika dikaitkan dengan ciri pertama yang menyatakan bahwa desain rumah Korea mengedepankan nuansa hangat.

Kenyamanan di dalam rumah bisa diperoleh dari suasana hangat karena keberadaan lantai dan furniture kayu. Apalagi jika mengingat musim di Korea yang cepat mengalami perubahan, saat salju turun suasana nyaman dan hangat di dalam rumah tentu menjadi dambaan tersendiri.

Untuk membuat suasana semakin nyaman, pemilihan warna furniture juga harus menjadi perhatian. Hunian di Korea pada umumnya memilih menggunakan warna furniture maupun lantai kayu yang cerah.

Rumah ala Korea dengan Perpaduan Kayu dan Tembok Batu
designboom.com
  1. Mengedepankan Konsep Open Plan
Baca Juga:  Paving Block

Rumah di Korea memiliki konsep open plan atau bagian antara ruangan yang minim sekat. Konsep ini bukan hanya membuat tampilan desain rumah-rumah di Korea tampak lebih otentik, tapi juga mengedepankan fungsi.

Dengan menerapkan konsep hunian ini, rumah yang dibangun di lahan yang mungil juga tetap memiliki ruangan yang nyaman. Untuk membuat suasana di dalam rumah tampak lebih nyaman, keberadaan aksesoris atau berbagai barang yang kurang memiliki fungsi juga diminimalisir.

  1. Paduan Warna Sederhana
Rumah ala Korea dengan Space Terbuka untuk Bersantai
wallpaper.com

Sering diterapkan sebagai pilihan konsep hunian minimalis, desain rumah ala Korea memang memiliki padanan warna yang sederhana. Baik dari warna cat dinding hingga dari pemilihan warna furniture yang digunakan di dalam rumah.

Warna-warna netral dan cenderung minimalis paling banyak digunakan pada konsep hunian ala negeri ginseng ini, yaitu seperti warna putih, abu-abu, coklat muda, krem, ataupun peach. Pilihan warna-warna tersebut juga membuat rumah Korea terkesan lebih menarik dan modern.

  1. Lantai Kayu Sebagai Lokasi Sentra Segala Kegiatan di Rumah
Rumah ala Korea dengan Konsep Lantai Kayu Gaya Modern
homedsgn.com

Seperti masyarakat Jepang yang kerap melakukan segala aktivitas di rumah dengan mode lesehan, begitu pula masyarakat Korea. Maka tak heran jika keberadaan lantai kayu memiliki peran yang esensial dalam penerapan desain hunian khas Korea.

Selain lantai, Anda bisa melengkapi kebutuhan untuk membuat kegiatan yang dilakukan lebih nyaman. Seperti penggunaan meja lipat, karpet, maupun berbagai benda lainnya yang bisa menambah kenyamanan kegiatan Anda dan keluarga.

  1. Adanya Rak Buku dengan Desain Menarik

Masyarakat Korea dikenal sebagai salah satu masyarakat dunia dengan minat baca yang tinggi. Tak heran jika keberadaan rak buku bisa dikatakan sebagai hal yang wajib ada di tiap rumah.

Bukan hanya sebatas tempat menyimpan buku, rak buku juga memiliki peran untuk meningkatkan estetika ruangan. Desain rak buku yang menarik bahkan cenderung eye catching membuat nuansa di dalam rumah Korea lebih menarik.

Gaya Rumah Korea

Seperti konsep hunian lainnya, desain rumah asli Korea juga mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Jika dahulu hanya ada konsep hunian Korea yang kental dengan unsur budaya, saat ini ada banyak pengembangan desain untuk mewujudkan rumah Korea dengan versi terbaik.

Pembangunan rumah Korea saat ini bisa disesuaikan dengan pengaruh daerah maupun kondisi kepribadian setiap individu.

Secara umum, sekarang Anda bisa menemukan 2 pilihan konsep utama dari desain rumah ala Korea. Yaitu rumah dengan konsep minimalis yang cenderung modern dan ada juga rumah semi tradisional.

  1. Konsep Rumah Korea Modern
Rumah ala Korea Modern
wallpaper.com

Gaya rumah Korea yang modern cenderung berfokus pada pemenuhan pencahayaan yang dibutuhkan dalam rumah. Penggunaan lantai kayu dan furniture kayu di dalamnya masih cukup dominan.

Hanya saja pada bagian luarnya material yang digunakan bisa beragam, bukan hanya fokus pada penggunaan material kayu.

  1. Desain Rumah Korea Minimalis
Rumah ala Korea Mewah Minimalis
hypebeast.com

Konsep rumah ala Korea yang saat ini populer adalah tema modern yang cenderung mengusung desain minimalis. Model rumah inilah yang saat ini semakin banyak menjadi daya tarik bagi para pecinta desain hunian ala Korea.

Mengedepankan konsep open plan dan pencahayaan yang cukup dengan adanya jendela-jendela yang cukup banyak. Perpaduan antara warna-warna netral dengan lantai dan furniture kayu di dalamnya membuat konsep ini semakin disukai.

Bentuk rumah yang minimalis juga cocok dengan kondisi ketersediaan lahan yang saat ini semakin berkurang. Luas bangunan bisa disesuaikan dengan kondisi ketersediaan tanah letak rumah tersebut dibangun.

  1. Desain Rumah Korea Semi Tradisional
Rumah ala Korea Semi Tradisional
airbnb.com

Selain gaya hunian yang cenderung mengedepankan konsep modern minimalis, Anda juga masih bisa menemukan rumah korea semi tradisional. Perpaduan antara konsep hunian modern dengan budaya Korea yang kental membuat tampilan bangunannya tampak unik.

Penggunaan material kayu untuk mewujudkan konsep hunian semi tradisional ala Korea ini cukup dominan. Nuansa alami dan hangat sangat terasa pada penerapan konsep rumah ini.

Tips Membangun Desain Rumah Ala Korea

Rumah ala Korea Full Kayu
phmkorea.com

Untuk membangun dan mewujudkan desain rumah khas Korea sesuai harapan Anda, tentu dibutuhkan cara yang tepat. Agar bisa terwujud sesuai harapan, ketahui beberapa tips pentingnya dan jangan lupa untuk diterapkan.

  • Pastikan untuk mengedepankan konsep open plan.
  • Terapkan desain interior dengan tema minimalis.
  • Gunakan furniture yang multifungsi.
  • Gunakan warna yang cenderung netral, soft, dan terkesan natural.
  • Ada dominasi penggunaan material kayu di dalam rumah.
  • Mengedepankan konsep lesehan, peranan lantai kayu yang berkualitas sangat penting.
  • Pastikan mendapat pencahayaan yang optimal.

Dengan menerapkan berbagai tips ini, akan lebih mudah bagi Anda mewujudkan hunian sesuai desain rumah khas Korea yang nyaman, namun tetap memiliki nilai estetik yang tinggi. Bagaimana? Sudah siap membangun rumah dengan desain ala Korea?