Rumah Tropis Modern Minimalis

Mendesain rumah di negara beriklim tropis mempunyai tantangan tersendiri. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam merancang rumah tropis adalah memastikan kalau rumah memiliki cukup ventilasi. Di Indonesia, umumnya konsep desain yang diaplikasikan adalah open plan layout.

Bangunan untuk iklim tropis didesain khusus sesuai dengan iklim dan cuaca. Dengan kata lain, elemen dan bentuk rumah menyesuaikan dengan kondisi alam tropis. Di era modern ini, ada banyak sekali pilihan desain hunian tropis yang dapat dijadikan referensi untuk rumah idaman Anda.

Inspirasi Desain Rumah Tropis Minimalis Modern 1 & 2 Lantai

  1. Rumah Tropis 2 Lantai Aksen Tanaman Rambat
Rumah Tropis 2 Lantai Aksen Tanaman Rambat
homestolove.com.au

Dominasi cat berwarna putih pada dinding dan tangga berlantai 2 akan menciptakan kesan luas dan bersih, namun tambahan tanaman rambat dan gantung di lantai atas akan menghadirkan nuansa asri dan sejuk. Apalagi jika bagian langit-langit mengaplikasikan plafon kayu.

  1. Rumah Tropis Tampak Asri dengan Jalan Setapak dan Taman Mini
Rumah Tropis Tampak Asri dengan Jalan Setapak dan Taman Mini
homeworlddesign.com

Supaya hunian tidak terlihat begitu monoton, Anda dapat menerapkan aksen jalan setapak dari lantai bermotif kayu dengan taman mini yang berisi tanaman tropis. Dengan begitu, hunian minimalis Anda akan terasa lebih sejuk dan nyaman karena terdapat tanaman hijau.

  1. Rumah Tropis dengan Rak Tanaman Rambat di Lorong Open Space
Rumah Tropis dengan Rak Tanaman Rambat di Lorong Open Space
ginggaanbai.com

Memanfaatkan halaman samping sebagai lorong open space beratap kaca bisa menjadi solusi tempat bersantai terbaik. Anda dapat mengaplikasikan sofa lembut dengan sisi lain ruang terdapat sebuah rak tanaman bonsai untuk menghadirkan nuansa asri di hunian minimalis Anda.

  1. Rumah Tropis dengan Taman Dalam Rumah
Rumah Tropis dengan Taman Dalam Rumah
imgur.com

Indoor garden merupakan favorit masyarakat di daerah tropis. Menghadirkan taman di dalam rumah beratapkan kaca bisa membuat suasana hunian menjadi lebih fresh dan alami. Konsep ini dapat diaplikasikan pada hunian di area perkotaan, sehingga penghuni bisa selalu merasa rileks.

  1. Rumah Tropis dengan Taman Minimalis dalam Rumah Beratap Terbuka
Rumah Tropis dengan Taman Minimalis dalam Rumah Beratap Terbuka
snazzylittlethings.com

Untuk mendapatkan asupan udara segar setiap hari, maka bisa menghadirkan taman minimalis beratap terbuka dalam rumah. Aplikasi kursi santai dan meja kopi dikelilingi tanaman hijau bertema minimalis akan membuat suasana bersantai di rumah menjadi semakin menyenangkan.

  1. Rumah Tropis Desain Vintage Asri
Rumah Tropis Desain Vintage Asri
decoholic.org

Menerapkan desain interior vintage klasik bisa menjadi pilihan tepat untuk hunian di negara beriklim tropis. Aplikasi furniture kayu dan benda dekoratif yang dipadukan penggunaan jendela kaca besar dengan taman di area luar akan menghadirkan kesan asri menyegarkan.

  1. Rumah Tropis Hunian Klasik Dikombinasikan Dinding Full Tempered Glass
Rumah Tropis Hunian Klasik Dikombinasikan Dinding Full Tempered Glass
thedesignfiles.net

Rumah berplafon kayu dengan furniture klasik senada memang sudah menjadi favorit masyarakat tropis. Dikombinasikan dinding kaca penuh dengan taman minimalis asri yang tampak terpampang jelas, maka rumah bukan hanya terasa nyaman, namun juga aman.

  1. Rumah Tropis dengan Taman Minimalis dan Air Mancur Mini
Rumah Tropis dengan Taman Minimalis dan Air Mancur Mini
home-designing.com

Teras berukuran lebar berlantai keramik akan terlihat matching dengan bagian taman minimalis, dimana area tengahnya dilapisi lantai marmer hitam sehingga terlihat modern dan elegan. Aplikasi pagar terali besi pada teras akan membuat suasana di dalam rumah terasa adem. Ditambah dengan adanya taman dan air mancur mini membuat suasana semakin sejuk.

  1. Rumah Tropis Modern Berdinding Kaca Tema Plantations
Rumah Tropis Modern Berdinding Kaca Tema Plantations
design-milk.com

Rumah beratap keramik putih dengan dominasi warna-warna klasik dipadukan dinding kaca berukuran luas akan membuat hunian terlihat lebih lapang. Sedangkan penggunaan tema plantations aksen tanaman hijau akan membuat rumah menjadi lebih sejuk namun elegan.

Kelebihan dan Kekurangan Desain Hunian Tropis

Desain hunian tropis merupakan jawaban terbaik, dimana bentuk bangunan dirancang khusus terhadap kondisi iklim di daerah tropis. Meskipun begitu, desain bangunan tropis juga memiliki kelebihan serta kekurangan yang harus diketahui sebelum Anda memutuskan membangunnya.

Kelebihan:

  • Jika disiasati secara tepat, desain tropis akan menciptakan hunian sehat. Aplikasi ventilasi yang benar akan membuat cahaya dan udara dapat terserap secara maksimal. Keberadaan taman juga akan menciptakan kesan natural sehingga karbondioksida terserap baik.
  • Desain hunian tropis cenderung mampu mengolah landscape tanaman menggunakan berbagai jenis vegetasi. Jadi, rumah tampak lebih melekat dengan alam yang alami.                                     
  • Desain natural tropis juga sangat fungsional, karena dapat beradaptasi dengan perubahan iklim di Indonesia yang panas, serta memiliki kelembaban dan curah hujan tinggi.
  • Harga material untuk desain tropis cenderung relatif murah apabila dibandingkan material untuk rancangan desain subtropis, seperti Victorian misalnya.                                                              
  • Karena dapat menghadirkan sinar matahari serta udara maksimal, maka dapat mengurangi penggunaan energi. Jadi, tidak perlu menggunakan AC dan menyalakan lampu setiap waktu.
  • Membangun hunian tropis berlantai 2 merupakan salah satu cara mengakomodasi mitigasi bencana. Hal ini mengingat Indonesia termasuk dalam area ring of fire.

Kekurangan:

  • Nilai properti cenderung lebih rendah.
  • Vegetasi dalam hunian akan membuat rumah desain tropis menjadi cepat berdebu dan kotor.
  • Membutuhkan perawatan maksimal

Tips Membangun Hunian Tropis

Ingin hunian tropis terasa lebih nyaman? Beberapa tips di bawah ini bisa Anda jadikan panduan:

Suasana sejuk dalam hunian bisa dihadirkan dengan menerapkan atap bervolume tinggi dan luas. Atap tinggi akan membuat hunian terasa lebih adem dan lapang sehingga Anda merasa betah beraktivitas di dalam rumah, khususnya di masa pandemi seperti sekarang.

  • Menentukan Orientasi Bangunan

Sebaiknya bangunan rumah didirikan menghadap arah ke selatan atau utara. Hindari orientasi bangunan mengarah ke timur dan barat supaya tidak silau terpapar cahaya matahari yang membuat udara dalam rumah terasa kering, terutama pada pagi dan sore hari.

  • Mengatur Ventilasi Udara

Pada saat membangun hunian penempatan sirkulasi udara adalah salah satu hal paling penting, terutama pada rumah di kawasan tropis. Supaya rumah terasa sejuk, Anda bisa mengaplikasikan desain ventilasi menyilang supaya sirkulasi udara alami terjaga baik.

  • Mengaplikasikan Konsep Open Space

Iklim tropis memiliki tingkat kelembaban udara tinggi. Untuk mengatasinya, maka bisa menerapkan desain open space pada hunian. Selain menambah kesan estetik dan modern, desain terbuka juga berfungsi mengatur sirkulasi udara sehingga rumah terasa nyaman.

  • Pilih Material Bangunan

Pemilihan bahan bangunan di negara tropis harus disesuaikan dengan iklim. Sebaiknya pilih material yang tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Misalnya, gunakan batu-bata sebagai dinding rumah, kusen PVC anti air dan rayap, dan sebagainya.

  • Mengatur Penataan Taman

Suasana tropis sangat identik dengan keberadaan taman yang asri dan rindang. Mengaplikasikan taman akan membuat lingkungan hunian terasa lebih sejuk dan segar. Meskipun begitu, pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi tropis, seperti palem, dsb.

  • Memilih Furniture Dekoratif yang Tepat

Perabot yang akan diaplikasikan di dalam hunian juga perlu diperhatikan dengan seksama. Pilihlah furniture sesuai dengan desain interior rumah dan konsep seperti apa yang hendak dihadirkan. Di samping itu, jangan lupa memperhatikan material furniture yang ingin dibeli.

Iklim di Indonesia memiliki karakter curah hujan dan kelembaban tinggi, serta suhu hangat sepanjang tahun. Hal tersebut pula yang membuat desain rumah tropis begitu diminati karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Apalagi, ada ragam pilihan desain modern yang bisa dijadikan pertimbangan.