9 Ide Desain Dapur Sederhana dan Unik

Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah. Tidak harus mewah, dapur sederhana dan unik kalau ditata dengan baik maka akan membuat pemiliknya memasak dengan penuh kebahagiaan. Memasak dengan perasaan yang bahagia membuat citarasa makanan menjadi lebih enak.

Manfaat dapur di rumah pada masa sekarang ini bukan lagi hanya sebagai tempat memasak saja. Dapur juga sering didesain sekalian dengan meja makan, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat ngobrol sambil menikmati makanan.

Desain dapur minimalis justru lebih disukai oleh orang-orang modern saat ini, yang cenderung tidak ingin ribet. Cukup menambahkan beberapa perabotan dan aksesoris saja, maka dapur minimalis dan sederhana sudah bisa menjadi satu ruangan yang menyenangkan.

Pasangan muda di perkotaan hanya membutuhkan dapur kecil sebagai tempat memasak. Desain dapur yang sederhana tapi unik tidak memerlukan ukuran yang besar, cukup hanya dengan 3×3 meter saja.

Berikut ini adalah beberapa ide dapur rumah sederhana dan unik.

1. Dapur Minimalis Broken White

Dapur Minimalis Broken White
decoholic.org

Pilhan pertama adalah konsep dapur minimalis yang sederhana dan unik dengan warna dominan broken white. Warna yang netral tersebut dapat dipadukan dengan beberapa kitchen set berunsur kayu, sehingga menjadikannya lebih harmonis.

Broken white menjadi warna dari semua barang yang ada di dapur, termasuk juga cat tembok yang serupa. Begitu juga dengan lampu gantung yang menjadi sumber penerangan dapur, dipilih warna yang sama. Untuk mempercantik dapur tambahkan karpet dan vas besar berisi tanaman hias.

2. Dapur dengan Meja Makan Sederhana

Dapur dengan Meja Makan Sederhana
housebeautiful.com

Sekarang ini, fungsi dapur di rumah tidak hanya sebatas sebagai tempat masak saja tetapi juga tempat untuk makan. Oleh sebab itu, ide untuk meletakkan satu meja makan panjang sederhana di dapur adalah sesuatu yang brilian.

Agar tidak terlalu memakan space yang ada, pilih kursi sederhana yang desainnya mirip dengan bangku warung. Agar semakin cantik, pilih warna-warna senada antara meja makan, kitchen set dan perabotan dapur.

Jangan lupa untuk memasang lampu gantung sebagai penerangan, terutama di malam hari. Lampu gantung bisa diletakkan tepat di atas meja makan atau tempat lain yang dapat menerangi seluruh ruangan.

3. Dapur dengan Jendela Besar

Dapur dengan Jendela Besar
hackrea.com

Dapur adalah tempat yang panas, demikian kata chef-chef yang biasa kerja di kitchen hotel dan resto besar. Baik dalam arti kiasan ataupun arti yang sebenarnya, dapur memang memiliki hawa yang lebih panas daripada tempat lainnya pada suatu rumah.

Untuk mengurangi hawa panas pada dapur, bisa dipasangkan jendela ukuran besar. Jendela tersebut bermanfaat sebagai media sirkulasi udara, juga bisa dijadikan bagian dari dekorasi. Selain itu, adanya jendela akan membuat dapur selalu mendapatkan cahaya matahari.

Pasang meja makan sederhana di dapur dan posisikan kursi menghadap ke jendela. Penataan seperti ini akan menambah rasa bahagia ketika makan, karena bisa sekalian melihat pemandangan di luar jendela.

4. Dapur Minimalis dengan Unsur Kayu

Dapur Minimalis dengan Unsur Kayu
earlysettler.com.au

Bagi pecinta dapur dengan unsur alam, kayu bisa dijadikan pilihan. Dapur ini mengambil kayu sebagai unsur utamanya, mulai dari kitchen set, meja makan bahkan lantainya. Bagi sebagian orang, kayu dianggap memiliki efek menenangkan.

Sebagai pelengkap kesan natural, dapat juga dipasangkan beberapa keranjang dari rotan sebagai wadah makanan atapun tempat untuk menyimpan peralatan dapur. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketahui bagaimana cara membersikan peralatan dari kayu dengan benar.

5. Dapur Minimalis Bentuk U

Dapur Minimalis Bentuk U
designrshub.com

Kebanyakan perumahan di kota-kota besar tidak memiliki ukuran yang terlalu luas. Oleh sebab itu, mengakali dapur dengan bentuk U bisa menjadi cara untuk menghemat lahan. Dapur sederhana dan unik bentuk U tetap tampil cantik dengan pemilihan perabotan yang tepat.

Agar terlihat lebih luas, pilih warna-warna cerah atau netral seperti putih untuk mendominasi dapur. Jangan meletakkan banyak perabotan dan barang di dapur supaya tidak membuat dapur terlihat penuh. Tata perabotan dengan rapi agar leluasa untuk bergerak.

6. Dapur Minimalis Vintage

Dapur Minimalis Vintage
arquitetoemcasa.com.br

Mempertahankan sesuatu yang terkesan kuno kadang malah menjadi keindahan tersendiri. Begitu juga saat membuat konsep dan desain dapur minimalis. Tidak perlu bermewah-mewah, dapur cantik yang mengusung model lama justru bisa menjadi pusat perhatian.

Dapur dengan satu kicthen set, kompor, oven dan wastafel dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Desain dapur minimalis dan sederhana makin ditegaskan dengan pemasangan lampu model lama juga.

7. Dapur Minimalis Industrial

Dapur Minimalis Industrial
casadevalentina.com.br

Konsep industrial rasanya juga cocok diterapkan saat membuat desain dapur sederhana dan unik. Unsur logam dapat dijadikan pilihan untuk mengisi dapur industrial tersebut. Perabotan dan peralatan dapur yang terbuat dari logam memberikan kesan tegas dan pemberani.

Desain dapur minimalis dengan konsep industrial seperti ini juga pas kalau digunakan untuk resto ataupun kafe. Tanpa perlu banyak aksesoris tambahan, semua unsur logam pada perabotan sudah cukup membuat tampilan dapur memiliki kesan maskulin.

8. Dapur dengan Tanaman Artificial

Dapur dengan Tanaman Artificial
youtu.be

Ingin dapur terlihat lebih asri tapi tidak ingin repot mengurus tanaman? Solusinya adalah menggunakan tanaman buatan atau artificial plant untuk menghiasi dapur. Pasang beberapa tanaman buatan di sudut-sudut dapur agar membuat suasananya terasa lebih asri.

Tumbuhan artificial tersebut memang tidak perlu dirawat layaknya tanaman asli, tapi tetap harus rajin dibersihkan. Cuci tanaman secara rutin agar debu dan kotoran yang menempel bisa hilang dan tidak mengganggu pernapasan.

9. Dapur Unik Dalmation

Dapur Unik Dalmation
sweeten.com

Dapur bukan hanya tempat yang menyenangkan bagi para ibu saja, tetapi juga anak-anak karena mereka bisa mencicipi makanan apa saja. Kalau ada anak kecil di rumah, membuat dapur unik dan lucu rasanya layak dicoba.

Konsep yang dibuat tidak perlu ribet, cukup mengusung tema dalmation saja. Dapur dengan konsep warna seperti karakter anjing dalmation akan lebih menyenangkan untuk anak-anak. Dapur seperti ini juga terlihat lebih ceria dan lucu tentunya.

Gunakan warna yang sama pada bagian lantai keramik dan tembok dapur. Kalau ada,  bisa juga membeli perabotan yang bertema dalmation untuk dipasang di dapur. Dijamin, anak-anak akan suka ketika mereka menikmati makanannya di dapur.

Ide dapur sederhana dan unik sedang banyak dicari oleh kaum urban, terutama mereka yang hidup di perkotaan. Lahan yang tidak terlalu luas, dapat dimaksimalkan penggunaannya dengan pemilihan desain dapur minimalis sederhana dan unik yang tepat.