Carport Minimalis

Carport merupakan solusi tepat memarkirkan mobil agar terhindar dari paparan matahari, hujan, dan embun, khususnya bagi yang memiliki lahan terbatas sehingga tidak bisa membangun garasi. Apalagi, ada berbagai pilihan desain carport minimalis dengan kanopi menawan yang bisa jadi referensi.

Selain melindungi kendaraan dari cuaca ekstrim, carport model kantilever juga difungsikan sebagai penghubung antara bagian luar dan dalam rumah. Oleh sebab itulah, konsep dekorasi carport biasanya dibuat mengikuti desain eksterior rumah. Jadi, tampak matching dan eye catching.

Apa Perbedaan Carport dengan Garasi?

Meskipun carport dan garasi sama-sama memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan bagi kendaraan, terutama motor, namun keduanya memiliki perbedaan cukup mencolok. Dilansir dari KBBI, garasi disebut sebagai kandang mobil yang juga berfungsi untuk melindungi kendaraan.

Garasi berbentuk ruang penyimpanan tertutup dilengkapi lantai, dinding, serta langit-langit, oleh sebab itu dapat memberikan perlindungan lebih baik daripada carport. Hanya saja, untuk membangun garasi dibutuhkan lahan lebih luas.

Sedangkan carport merujuk pada bagian rumah yang dilengkapi dengan atap untuk melindungi dari terik matahari dan hujan. Carport memiliki karakteristik berupa penggunaan atap semi terbuka, dimana atap bisa dalam bentuk kantilever atau pergola dari berbagai macam material.

9 Desain Carport / Kanopi Minimalis

  1. Carport Model Garasi Semi Terbuka
Carport Model Garasi Semi Terbuka
gerhardtbraun.com

Carport dengan konsep setengah terbuka ini memiliki lantai dari material batu alam yang tampak serasi dipadukan dengan bangunan dinding berwarna natural. Dilengkapi kanopi baja ringan berwarna hitam elegan, carport garasi semi terbuka ini wajib masuk dalam list Anda.

  1. Carport dengan Lantai Beton Kanopi Baja Ringan
Carport dengan Lantai Beton Kanopi Baja Ringan
austinmonthly.com

Carport dari material beton kokoh dan tahan lama ini dapat menjadi alternatif solusi untuk carport terbuka Anda. Dilengkapi kanopi dari bahan baja ringan hitam, carport dengan pagar besi teralis ini akan membuat eksterior hunian Anda terlihat lebih apik dan eye catching.

  1. Carport Beton Minimalis Konsep Garasi Setengah Terbuka
Carport Beton Minimalis Konsep Garasi Setengah Terbuka
behance.net

Mengusung bahan beton sebagai carport pada bangunan garasi setengah terbuka, carport ini cocok diaplikasikan pada hunian minimalis modern Anda. Dipadukan kanopi beton dengan dinding bermotif kayu dilengkapi lampu sorot, carport akan tampak begitu klasik nan modern.

  1. Carport dengan Lantai Keramik Bergaya Klasik
Carport dengan Lantai Keramik Bergaya Klasik
hbk8.com

Beberapa jenis keramik lantai juga dapat dijadikan solusi untuk carport bergaya klasik dari dinding dan kanopi bahan kayu. Kombinasi dua warna cukup kontras, yakni putih elegan dan coklat natural akan memberikan sebuah nuansa klasik modern yang tampak memikat.

  1. Carport Model Grass Block Kanopi Kaca
Carport Model Grass Block Kanopi Kaca
famitei.mobi

Grass block bisa menjadi solusi lantai carport terbuka, teruma jika Anda merupakan pecinta lingkungan. Kombinasi block beton diisi kerikil dengan rerumputan hijau akan menghadirkan suasana fresh alami. Sementara penggunaan kanopi kaca akan memberikan kesan modern.

  1. Carport Model Beton Kanopi Kaca
Carport Model Beton Kanopi Kaca
teoconstruct.com

Hunian berdinding dusty pink sangat serasi dikombinasikan carport dari beton. Namun, kesan monoton dari penggunaan beton menjadi lebih kompleks dengan paduan kanopi dari bahan kaca transparan, sehingga menciptakan kesan minimalis modern yang sedap dipandang.

  1. Carport Simple Kanopi Kaca
Carport Simple Kanopi Kaca
pinterest.com

Memiliki budget terbatas bukanlah penghalang untuk memiliki carport cantik untuk proteksi kendaraan. Anda dapat memanfaatkan halaman tanah berumput sebagai lantai carport alami, dipadukan kanopi kaca rangka kayu akan membuat kendaraan tetap terlindung.

  1. Carport dengan Lantai Batu Alam Kanopi Kayu
Carport dengan Lantai Batu Alam Kanopi Kayu
homify.de

Jika memiliki halaman cukup luas, maka bisa mengaplikasikan carport dari batu alam dengan garasi konsep setengah terbuka berkanopi kayu. Perpaduan kedua material ini akan menciptakan nuansa klasik alami yang membuat hunian tampak semakin adem dan rapi.

  1. Carport dengan Lantai Beton Kanopi Baja Ringan Elegan
Carport dengan Lantai Beton Kanopi Baja Ringan Elegan
kamiyama-factory.jp

Carport dari cor beton memang tampak simple, namun jika dikombinasikan kanopi dari material aluminium dengan lapisan baja ringan berwarna hitam akan memberikan kesan minimalis elegan. Jadi, sangat matching dengan hunian bergaya minimalis modern Anda.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Carport

Ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan dalam proses desain carport, di antaranya adalah:

  • Letak carport harus memperhatikan sirkulasi kendaraan
  • Luas lahan harus lebih panjang dan lebih lebar setidaknya 1 meter dari diameter kendaraan
  • Pemilihan desain carport perlu dipertimbangkan dengan baik agar match dengan hunian
  • Posisi talang air harus direncanakan dengan benar supaya dapat mengalirkan curahan hujan
  • Material yang dipilih harus kuat, mudah dipasang, dan mudah dirawat
  • Pertimbangkan besar budget yang dimiliki untuk membangun carport

Referensi Material Lantai Carport Minim Perawatan

Lantai merupakan salah satu elemen paling penting yang harus diperhatikan saat hendak membangun carport. Terdapat beberapa material penutup lantai yang dijual di pasaran dengan keunggulan dan kelemahannya. Dalam memilih bahan, sebaiknya pilihlah yang mudah untuk dirawat.

Di bawah ini adalah beberapa material lantai carport yang dapat dijadikan sebagai referensi:

  • Semen Plesteran

Material dengan tampilan sederhana ini memiliki harga terjangkau dan proses pengerjaannya juga mudah. Anda cukup memberikan plesteran sebagai finishing di atas permukaan lantai. Setelah itu, berilah akses garis menggunakan sebuah alat khusus yang bernama trowel.

Umumnya lantai carport dari semen plesteran mengaplikasikan desain, seperti parit-parit kecil atau rumput dengan motif bergaris, dan kotak-kotak. Jadi, lantai tampak lebih cantik.

  • Semen Cetak

Bahan semen cetak terdiri atas campuran bahan pasir, koral kecil, dan semen. Lantai dari semen cetak bisa dalam bentuk lempengan maupun lembaran dengan ketebalan berkisar 3 cm – 5 cm. Proses cetak biasanya dilakukan pada tempat cor sebelum diaplikasikan.

  • Beton

Di pasaran tersedia dua jenis bahan beton untuk carport yang bisa dijadikan referensi, yakni beton cetak berbentuk padat (paving block), dan beton cetak dengan bagian tengah berongga (grass block) sehingga area kosong bisa tanami rumput.

  • Batu Alam

Selain cocok dipasang sebagai dinding untuk mendukung eksterior hunian, bahan batu alam juga umum digunakan sebagai lantai untuk carport. Biasanya jenis batu alam yang dipakai adalah batu kali lempeng dan andesit dengan karakteristik warna cenderung gelap.

Supaya lantai carport terlihat lebih menarik, Anda dapat memesan motif yang unik sesuai konsep kepada tukang taman. Selain itu, jangan lupa melapisi permukaan menggunakan coating secara rutin agar lantai tidak gampang terserang lumut dan jamur.

  • Koral Sikat

Bahan ini sebenarnya mirip semen cetak, hanya saja bagian permukaan koral sikat ditaburi dengan batu koral saat adonan semen setengah kering, lalu disikat dengan kawat. Lantai carport koral sikat membutuhkan perawatan khusus untuk mencegah tumbuhnya jamur.

  • Keramik

Hingga saat ini, material keramik bertekstur kasar khusus untuk area outdoor masih sangat diminati oleh pemilik carport. Keramik tersedia atas berbagai warna, tekstur, dan motif sangat variatif sehingga dijamin dapat membuat tampilan carport menjadi tampak menawan.

Beberapa desain carport beserta kanopi di atas dapat dijadikan pertimbangan bagi yang memiliki kendaraan, namun lahan tidak cukup luas, budget terbatas, atau bahkan mempunyai kendaraan lebih banyak dibandingkan kapasitas garasi. Dengan begitu, kendaraan bisa tetap terlindung.