Dapur Rumah Terbuka Minimalis

Di era modern ini, memiliki rumah yang biasa-biasa saja rasanya sudah ketinggalan zaman. Bagi Anda yang ingin terlihat out of the box, Anda dapat menggunakan konsep dapur rumah terbuka minimalis. Kehadiran dapur ini membuat Anda bisa memasak makanan sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Pengertian Dapur Rumah Terbuka

Pasti Anda tengah bertanya-tanya, apa sebenarnya dapur rumah terbuka itu? Sama seperti namanya, jenis dapur ini umumnya diletakkan di tempat yang terbuka, seperti dekat teras atau taman rumah. Berbeda dari jenis dapur biasa yang berada di dalam ruangan minim pencahayaan, konsep dapur ini menghadirkan pencahayaan alami dan udara segar.

Dengan memiliki dapur terbuka, Anda akan lebih nyaman saat memasak atau menyiapkan makanan. Selain membuat Anda lebih nyaman, dapur ini juga menambah nilai estetika dan memiliki daya tarik tersendiri

Referensi Desain Model Dapur Terbuka Minimalis

Dapur terbuka modelnya tidak hanya itu-itu saja, loh! Anda dapat menggunakan kreativitas dan imajinasi dalam menyusun konsep desainnya. Jika Anda belum memiliki gambaran, berikut ini referensi model dapur rumah terbuka minimalis:

  1. Dapur Terbuka Model Kayu Modern
Dapur Terbuka Model Kayu Modern dengan Meja Bar
diyoutdoor.selbermachendeko.com
Dapur Terbuka Model Kayu Modern dengan Meja Kursi Panjang
interiorzine.com

Model dapur terbuka yang pertama didominasi oleh material kayu. Biasanya, kayu akan diaplikasikan pada bagian langit-langit atau dinding dapur. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa perabotan sederhana dengan warna senada.

Konsep dapur rumah terbuka yang satu ini akan menghadirkan kesan mewah dan modern. Di sekitar ruangan dapur, Anda bisa menambahkan tanaman hijau agar suasana lebih teduh dan asri.

  1. Dapur Terbuka Menghadap Taman
Dapur Terbuka Menghadap Taman
archdaily.com

Menyantap makanan sambil melihat hamparan rumput hijau pasti akan sangat memanjakan mata Anda. Pada dasarnya, konsep dapur yang satu ini juga menggunakan material kayu pada bagian langit-langitnya.

Akan tetapi, perabotan dan perlengkapan dapur yang ada sengaja dibuat kontras agar kesannya lebih homey.

Desain interior model dapur terbuka ini bisa dikatakan sangat sederhana. Agar suasana kekeluargaan lebih terasa, Anda dapat mengganti meja makan dengan meja bundar berwarna netral, seperti coklat, hitam, atau putih.

  1. Dapur Terbuka dengan Tirai Bambu
Dapur Terbuka dengan Tirai Bambu
therecipeproject.com

Desain dapur yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari dapur terbuka minimalis lainnya. Akan tetapi, model dapur terbuka ini memiliki tirai bambu yang berfungsi sebagai sekat pemisah antara taman belakang dan dapur.

Jika Anda sedang ingin menikmati udara segar, Anda dapat membuka tirainya. Sebaliknya, jika Anda ingin makan dengan tenang dan penuh privasi,  Anda dapat menutup tirai bambu. Selain itu, tirai bambu juga bertujuan untuk mengantisipasi cuaca hujan.

  1. Dapur dengan Atap Semi Terbuka
Dapur dengan Atap Semi Terbuka
deck.selbermachendeko.com

Sama seperti namanya, model dapur ini memiliki atap semi terbuka. Artinya, bagian atap pada dapur ini memiliki celah-celah sebagai tempat masuknya cahaya dan pertukaran udara. Akan tetapi, bagian samping dapur model ini dibiarkan terbuka seutuhnya.

Bila Anda takut dapur kemasukan air saat turun hujan, maka Anda bisa menambahkan terpal tembus pandang pada bagian atasnya. Dengan demikian, dapur Anda akan bebas dari air hujan, tapi cahaya tetap bisa masuk ke dalamnya.

  1. Dapur Terbuka Sederhana
Dapur Terbuka Sederhana
homestolove.com.au

Model dapur rumah terbuka minimalis selanjutnya adalah dapur sederhana dengan look bersih dan rapi. Dapur ini biasanya menggunakan satu atau dua warna yang senada untuk menampilkan kesan seimbang.

Desain dapur terbuka yang satu ini mampu menghadirkan kesan simple dan menekankan gaya minimalis. Selain itu, kesan casual juga dapat terpancar jika pemilihan dan peletakan perabotannya tepat.

  1. Dapur Terbuka Mungil
Dapur Terbuka Mungil
historiasdecasa.com.br

Model dapur yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah minimalis yang tidak terlalu luas. Bila dilihat dari desainnya, pasti Anda sudah dapat menebak kalau dapur ini umumnya digunakan pada rumah tipe 36/60.

  1. Dapur Terbuka yang Menyatu dengan Teras
Dapur Terbuka yang Menyatu dengan Teras
arkpad.com.br
Dapur Terbuka yang Menyatu dengan Teras dan Meja di Taman
banidea.com
Dapur Terbuka yang Menyatu dengan Teras Bebatuan
okchicas.com

Ketujuh, ada model dapur terbuka yang menyatu dengan teras. Konsep utama dari desain ini adalah memasak ditemani dengan tumbuhan hijau yang asri. Model taman yang satu ini membuat Anda bisa merasakan pengalaman seperti menyantap makanan di tengah hutan kota.

Bila Anda tidak memiliki taman yang rindang, Anda dapat menggunakan bebatuan dan jalan setapak. Selain menambah estetika, model dapur yang satu ini sangat berguna bagi kesehatan mental Anda. Dapur ini dapat menjadi sarana refreshing atau sumber inspirasi bagi Anda yang sedang penat, loh!

  1. Dapur Semi Terbuka
Dapur Semi Terbuka
apartmenttherapy.com
Dapur Semi Terbuka Sekat Kaca
planete-deco.fr

Tadi, Anda sudah melihat model dapur rumah yang atapnya semi terbuka. Kali ini, Anda akan melihat model dapur minimalis yang secara keseluruhan benar-benar berkonsep semi terbuka.

Berbeda dari dapur terbuka lainnya, dapur yang satu ini menggunakan pintu geser berbahan kaca. Kehadiran pintu geser akan memudahkan Anda dalam memasak. Bila Anda tidak terlalu suka bau masakan yang menyengat, Anda dapat membuka pintu agar terjadi pertukaran udara.

Kelebihan dan Kekurangan Dapur Terbuka

Meskipun tengah trend di kalangan masyarakat, tapi Anda jangan langsung mengikutinya tanpa tahu seluk beluknya. Maka dari itu, Anda perlu menyimak  beberapa kelebihan dan kekurangan dapur rumah terbuka minimalis.

Kelebihan Dapur Rumah Terbuka

Setiap jenis dapur pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan jenis dapur yang satu ini. Berikut beberapa kelebihan dapur terbuka:

  • Ruang gerak jauh lebih luas
  • Sirkulasi udara lebih lancar
  • Lebih praktis, modern, dan nyaman
  • Suasana kekeluargaan akan lebih terasa
  • Memudahkan komunikasi antar anggota keluarga

Kekurangan Dapur Rumah Terbuka

Meskipun sudah lebih modern, nyatanya konsep dapur rumah terbuka masih memiliki beberapa kekurangan. Adapun, kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Desain dapur yang sangat terbuka beresiko tinggi terhadap hama atau bakteri
  • Aroma masakan yang menyengat mudah menyebar ke seluruh ruangan
  • Perawatannya lebih sulit
  • Resiko dapur kotor jauh lebih besar

Tips Membangun Dapur Rumah Terbuka

Setelah melihat beberapa model dapur rumah terbuka minimalis, kini Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam pembuatannya. Jika tidak dibuat dengan maksimal, dapur dapat kehilangan fungsi aslinya.

Meskipun dapur terbuka umumnya mengacu pada nilai estetika, tapi nilai fungsional tetap harus menjadi prioritas utama. Berikut beberapa tips membangun dapur rumah terbuka agar hasilnya memuaskan:

  • Cari referensi konsep dapur dan kenali pola memasak Anda. Bila Anda tipe orang yang gemar memasak, maka pilihlah konsep dapur yang mampu memuat banyak peralatan memasak.
  • Sesuaikan konsep dapur dengan selera dan kebutuhan Anda
  • Perhatikan lokasi pembangunan dapur. Ada banyak sekali tempat dalam rumah yang dapat dijadikan sebagai lokasi pembangunan, seperti teras, taman, atau dekat garasi
  • Pilih material yang tepat dan cocok dengan konsep yang dipilih. Perhatikan pula kualitas dari material yang akan Anda gunakan
  • Pilih perabotan yang berguna, bermutu, dan berkualitas untuk melengkapi dapur terbuka Anda
  • Rawat dan bersihkan dapur terbuka secara berkala. Layaknya dapur pada umumnya, sebaiknya bersihkan dapur terbuka setiap hari

Itulah berbagai inspirasi desain, kelebihan kekurangan dan tips untuk membangun dapur rumah terbuka. Bagaimana sudah tertarik untuk upgrade model dapur rumah Anda dengan konsep dapur terbuka?