Inspirasi Desain Dapur Dibawah Tangga, Efisien Tempat!

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan keterbatasan lahan, diperlukan desain yang efisien untuk memaksimalkan setiap ruangan rumah Anda. Tentunya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat sekaligus memaksimalkan ruang dengan efisien. Salah satunya adalah dengan membuat desain dapur dibawah tangga.

Kemungkinan Anda sudah pernah mendengar cara untuk menghemat ruangan pada rumah dengan menyatukan ruangan dalam satu area. Atau, dengan memajang cermin-cermin besar agar rumah terkesan lebih luas lagi. Namun, kali ini Anda akan disuguhkan cara menghemat ruangan dengan membuat dapur di bawah tangga rumah Anda.

Dapur Minimalis dibawah Tangga
houzz.com
Desain Dapur Clean dibawah Tangga
houzz.com
Desain Tangga Simple dibawah Tangga
artizaninteriors.co.uk

Umumnya, dapur memang memerlukan ruangan tersendiri di dalam rumah. Akan tetapi, Anda juga bisa membuat dapur dengan konsep yang satu ini. Tentunya, untuk memanfaatkan ruang yang tidak terpakai sekaligus bisa untuk menghemat ruang. Untuk lebih jelasnya, mari simak inspirasi desain dapur dibawah tangga berikut ini!

Inspirasi Desain Dapur Dibawah Tangga

Desain Dapur Dibawah Tangga Serba Putih
remodelista.com

Inspirasi desain dapur bawah tangga yang pertama yaitu dapur minimalis yang serba putih. Konsep yang satu ini sangat cocok untuk dapur di bawah tangga rumah Anda. Konsepnya yang minimalis dan pilihan warnanya yang simple, menjadikan desain ini sangat cocok sebagai desain dapur dibawah tangga.

Anda bisa memanfaatkan ruang bawah tangga untuk dijadikan tempat menyimpan bumbu-bumbu dapur dan peralatan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menyelipkan wastafel dan beberapa laci tambahan. Penggunaan warna yang serba putih pada dapur memberikan kesan yang bersih dan luas.

Desain Dapur Dibawah Tangga dengan Meja Marmer
hello-hello.fr

Inspirasi desain dapur bawah tangga yang kedua adalah desain dapur meja marmer. Marmer merupakan salah satu bahan material terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai meja dapur. Hal ini karena marmer memiliki karakteristik yang kuat. Selain membuat meja berumur lebih lama, meja dapur juga terkesan lebih cantik.

Agar lebih menghemat tempat, Anda bisa memasang rak-rak kecil pada dinding. Selain itu, Anda juga bisa menaruh peralatan masak dengan aman pada lemari di bawah meja marmer. Tentunya, Anda pun bisa menambahkan lampu gantung supaya dapur terlihat lebih estetik lagi.

Desain Dapur Dibawah Tangga Sederhana
carlaaston.com

Inspirasi desain dapur bawah tangga yang ketiga yaitu desain dapur sederhana dengan nuansa yang etnik. Nah, Anda bisa membuat dapur yang sederhana menjadi bernuansa etnik seperti desain dapur di atas. Nuansa etnik akan membuat ruangan terasa lebih adem dan tenang.

Di sisi lain, Anda bisa menyimpan beberapa perabotan di bawah tangga. Seperti lampu, rak, bumbu dapur, dan sejenisnya. Tambahkan pula dekorasi ruangan agar dapur tidak terkesan monoton.

Desain Dapur Dibawah Tangga Konsep Industrial
onekindesign.com

Berikutnya adalah desain dapur bawah tangga dengan konsep industrial. Untuk menghemat ruang pada rumah, konsep dapur bawah tangga seperti gambar di atas juga sangat indah. Desain industrial menggunakan warna-warna dasar sehingga terkesan lebih kalem.

Selain itu, untuk peralatan dapur Anda bisa menggunakan material yang serba besi ataupun alumunium. Konsep industrial ini menerapkan estetika serta fungsi praktis dari penggunaan dan penyimpanan barang dapur. Sangat menarik bukan?

Desain Dapur Dibawah Tangga dengan Perabot Aluminium
idealhome.co.uk

Luas rumah yang tidak besar atau sempit, mungkin membuat Anda harus memutar otak ketika ingin memaksimalkan ruangan. Nah, desain dapur bawah tangga yang mungil kali ini mungkin bisa menjadi solusi Anda. Seperti yang tampak pada gambar di atas.

Meskipun dengan ruang yang sempit, Anda tetap masih bisa memanfaatkannya sebagai area dapur mini. Anda cukup gunakan meja yang memanjang dengan lebar yang kecil, serta lemari di bawah meja. Gunanya untuk menyimpan kebutuhan dan peralatan dapur. Kemudian, sisanya bisa Anda gunakan untuk tempat lemari es.

Desain Dapur Dibawah Tangga dengan Meja Letter L
onekindesign.com

Inspirasi desain dapur bawah tangga di atas merupakan desain dapur meja letter L. Memaksimalkan ruang dengan konsep desain dapur bawah tangga seperti gambar di atas adalah pilihan yang cerdas. Apalagi bila Anda menggunakan meja dapur leter L yang bisa mengisi sudut ruangan bawah tangga.

Selain itu, meja dapur juga bisa disandingkan dengan kompor dan lemari untuk menyimpan peralatan dapur. Anda juga bisa menambahkan lemari gantung untuk memaksimalkan ruang dapur. Sehingga, Anda tetap bisa menyimpan banyak barang sekaligus di ruang yang sempit.

Desain Dapur Dibawah Tangga Konsep Klasik
onekindesign.com

Selanjutnya adalah desain dapur bawah tangga dengan konsep klasik. Mungkin konsep yang satu ini sudah sering kali Anda lihat di berbagai rumah. Memang banyak rumah masa kini yang menggunakan konsep klasik ini untuk mendapatkan kesan sederhana namun tetap estetik.

Untuk menghemat ruang, konsep ini sangat bagus untuk Anda terapkan pada dapur bawah tangga rumah Anda. Warnanya yang kalem bisa menjadi pilihan cat yang pas untuk konsep klasik ini. Sehingga, bisa memperkuat gaya khas klasiknya.

Desain Dapur Dibawah Tangga Minimalis
architecturaldigest.com

Inspirasi desain dapur bawah tangga yang terakhir yaitu desain dapur dan ruang makan yang menyatu. Konsep ini bisa Anda terapkan untuk menyiasati ruang sempit pada rumah Anda. Dengan memadukan meja makan dan dapur yang menyatu, konsep ini bisa menjadi salah satu terobosan baru untuk menghemat ruang.

Area dapur yang berada di bawah tangga bisa Anda sandingkan sekaligus dengan meja makan dan beberapa kursi makan. Tambahkan pula lemari dinding di bawah tangga untuk tempat menyimpan peralatan dapur Anda. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan seluruh ruang dapur.

Desain Dapur Full Kayu dibawah Tangga
cocokelley.com

Nah, itulah dia beberapa inspirasi desain dapur dibawah tangga yang bisa Anda coba. Anda bisa menyesuaikannya dengan luas area dapur dan kebutuhan Anda sendiri. Cukup sekian uraian di atas, semoga bisa membantu Anda!