Gazebo Taman Minimalis Modern

Dalam beberapa waktu belakangan, membangun gazebo di taman memang begitu diminati oleh banyak kalangan. Pasalnya, bangunan yang didirikan pada area terbuka ini cukup multifungsi dan dapat menjadi alternatif solusi melakukan aktivitas aman dan nyaman selain di dalam rumah.

Gazebo biasanya dibangun di daerah terbuka yang mempunyai pemandangan sejuk, indah, dan unik, dimana Anda bisa bebas bercengkrama sembari menghirup udara segar. Selain itu, gazebo juga cocok digunakan sebagai tempat kumpul-kumpul mengadakan pesta barbeque, dsb.

Inspirasi Desain Model Gazebo Minimalis Modern

  1. Gazebo Model Nature Klasik dan Perapian
Gazebo Model Nature Klasik dan Perapian
hgtv.com

Taman akan tampak indah dengan menghadirkan sebuah gazebo minimalis desain klasik nature. Gazebo bertema tradisional dilengkapi furniture kayu dikombinasikan material batu bata ini juga memiliki sebuah perapian yang membuat kesan klasiknya semakin terasa.

Gazebo semi permanen yang dikelilingi pepohonan rindang ini dapat menjadi tempat terbaik untuk bersantai dan melakukan berbagai macam kegiatan bersama keluarga tersayang.

  1. Gazebo Model Minimalis Klasik Full Woods
Gazebo Model Minimalis Klasik Full Woods
pinterest.com

Mengusung desain minimalis klasik, gazebo dari material kayu dengan atap berupa susunan kayu arang ini juga dilengkapi lantai kayu dengan finishing glossy yang membuat kesan klasiknya semakin menonjol. Sedangkan bagian dinding yang menempel dipasang kayu.

Sementara itu, terdapat aksen tanaman rambat dengan tatanan unik yang membuat gazebo dengan ayunan vintage ini tampak alami. Apalagi adanya artificial grass di sekeliling area dan gazebo terkena cahaya matahari sehingga cocok digunakan tempat bersantai di siang hari.

  1. Gazebo Model Fancy Modern Tepi Kolam
Gazebo Model Fancy Modern Tepi Kolam
decoholic.org

Ingin merasakan suasana bersantai di resort tepi pantai? Anda bisa menghadirkan gazebo bergaya modern mewah berukuran mungil ini di sisi kolam renang. Gazebo dari material kayu konsep open space ini dilengkapi dengan penutup atap yang ditata bergelombang.

Aplikasi furniture sofa berwarna putih dan lampu minimalis warna senada membuat gazebo semi permanen yang didirikan di tepi kolam tampak menawan layaknya resort mewah.

  1. Gazebo Model Minimalis Modern Open Space
Gazebo Model Minimalis Modern Open Space
aesthetecurator.com

Gazebo tanpa sekat dinding ini sekilas terlihat seperti teras minimalis. Mengusung konsep terbuka, gazebo beratapkan material kayu yang disusun rapi ini dilengkapi dengan dua kursi rotan serta sebuah sofa panjang dan tambahan beberapa bantal warna-warni unik.

Dominasi warna hitam pada gazebo menghadirkan nuansa minimalis modern sangat kentara. Dipadukan lantai kayu dan halaman rumput sepanjang mata memandang, gazebo ini dapat menjadi tempat paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu di sekitar rumah.

  1. Gazebo Model Klasik Elegan
Gazebo Model Klasik Elegan
pinterest.com

Hadir dalam balutan desain minimalis modern, gazebo yang terletak tepat di sisi hutan ini tampak sangat klasik dan elegan. Perpaduan warna hitam dan coklat kayu yang terlihat begitu epic ini memiliki tangga kecil sebagai penghubung antara teras dan gazebo.

Gazebo yang didirikan tempat di depan hunian mewah ini membuat bangunan rumah tampak lebih menawan dan elegan. Siapa saja pasti akan merasa betah berlama-lama di tempat ini.

  1. Gazebo Model Minimalis Klasik ala Gubuk Hutan
Gazebo Model Minimalis Klasik ala Gubuk Hutan
pinterest.com

Bangunan gazebo dari material kayu dengan atap genteng ini terlihat begitu klasik namun juga modern, khususnya karena penerapan sofa berwarna krem dengan bantal putih. Aplikasi jendela minimalis bergaya Eropa ini juga dilengkapi lampu tumblr warna warm white.

Penggunaan ubin berwarna abu-abu yang dibangun tepat di bawah sebuah pohon rindang ini cocok dijadikan tempat berkumpul pada petang maupun malam hari. Hal tersebut akan membuat gazebo tampak seperti sebuah gubuk tengah hutan jika dilihat dari malam hari.

  1. Gazebo Model Minimalis Konsep Open Space
Gazebo Model Minimalis Konsep Open Space
overstock.com

Gazebo bergaya simple minimalis dengan konsep terbuka ini mengusung lantai kayu berwarna senada seperti tiang. Sedangkan furniture yang digunakan adalah sofa coklat dengan atap coklat juga, sehingga suasana elegan semakin terasa kuat.

Material Gazebo Taman Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Berdasarkan pada material bahannya, maka gazebo dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yakni:

  • Gazebo kayu
  • Gazebo bambu
  • Gazebo batu-bata
  • Gazebo beton
  • Gazebo baja

Di era awal, umumnya orang Indonesia menggunakan material bambu dan kayu sebagai bahan baku utama dalam membuat gazebo. Meskipun kedua bahan tersebut tidak tahan lama atau bersifat semi permanen, namun keduanya lebih mudah ditemukan dan harganya juga terbilang lebih terjangkau.

Sementara itu, penggunaan material bangunan kokoh, seperti baja, beton, dan batu-bata dipengaruhi oleh budaya Eropa yang memang memiliki perubahan iklim cukup ekstrim. Namun, dalam beberapa waktu terakhir pemilihan bahan bangunan bertekstur kokoh mulai banyak digunakan di Indonesia.

Hal ini dapat Anda lihat di hunian bergaya modern yang memiliki taman atau halaman cukup luas, dimana gazebo umumnya dibangun sebagai tempat bersantai bersama kerabat maupun sahabat. Biasanya, bangunan ini mengusung konsep terbuka tanpa sekat dinding dan hanya tiang-tiang saja.

Membangun gazebo menggunakan kombinasi bahan beton, batu-bata, maupun baja tentu akan lebih menguntungkan bagi pemilik rumah. Meskipun modal awal yang harus dikeluarkan cukup besar, namun bahan tersebut jauh lebih awet dan tahan lama masa pakainya.

Fungsi Gazebo

Memiliki gazebo tidak akan membuat Anda rugi, lho. Secara umum, membangun gazebo di area taman memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah:

  • Fungsi Dekoratif

Bangunan gazebo dengan desain dan model yang tepat berfungsi sebagai dekorasi penunjang desain eksterior pada hunian Anda. Penempatan gazebo di taman atau halaman akan membuat rumah tampak terlihat indah, menawan, dan terasa lebih hidup.

  • Tempat Bersantai

Umumnya gazebo difungsikan sebagai tempat bersantai dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat sembari menikmati pemandangan serta menghirup udara segar. Tidak mengherankan kalau bangunan gazebo sangat khas dengan konsep terbuka.

  • Menerima Tamu

Pada hunian bergaya tradisional adat Jawa, biasanya gazebo yang dibangun di halaman depan rumah (pendopo) difungsikan sebagai tempat menerima tamu. Hal ini berkaitan erat dengan tradisi dan budaya Jawa tentunya, dimana pendopo terpisah dengan hunian utama.

  • Tempat Relaksasi

Gazebo bisa menjadi solusi paling tepat untuk relaksasi tubuh maupun pikiran. Apalagi kalau dibangun tepat di tepian kolam maupun taman yang rindang, udara segar yang Anda hirup, dan suasana alami di sekitar akan membantu membuat pikiran menjadi tenang.

Beberapa model desain gazebo bergaya minimalis modern diatas bisa dijadikan referensi untuk dibangun di halaman hunian Anda. Selain digunakan sebagai tempat bersantai dan melakukan kegiatan lain, pemilihan desain yang tepat akan membuat rumah tampak semakin menawan.