Handle Pintu Minimalis

Memilih handle pintu tidak ubahnya seperti memilih kancing yang match untuk kemeja. Selain perlu memperhatikan model, desain, dan warnanya, Anda juga harus yakin bahwa material yang dipilih memiliki kualitas bagus dan bisa berfungsi optimal pada kondisi cuaca tertentu.

Apalagi, kalau handle tersebut nantinya akan diaplikasikan pada pintu utama rumah. Anda harus mempertimbangkan material yang cocok agar handle tidak kehilangan fungsinya. Selain itu, handle yang tepat akan lebih tahan lama dan meminimalisir kemungkinan pegangan akan rusak.

Model Handle Pintu Terbaik untuk Hunian Minimalis Modern

  1. Handle Pintu Model Simple Minimalis
Handle Pintu Model Simple Minimalis
claireheffer.com

Sekilas, handle tersebut tampak seperti kayu. Namun, apabila diperhatikandari dekat handle ini sebenarnya terbuat dari material besi. Meskipun mengusung model desain sederhana dengan sistem buka tutup klasik, akan tetapi handle besi ini memiliki ketahanan tinggi.

Di samping memiliki desain unik dengan unsur dekoratif, gagang pintu dari bahan besi ini juga terkenal sangat kuat dalam berbagai kondisi cuaca. Menariknya lagi, harganya juga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 99.999 /set. Bagaimana murah, bukan?

  1. Handle Pintu Model Belah Lonceng
Handle Pintu Model Belah Lonceng
revistaad.es

Handle dari material kuningan ini hadir dalam bentuk cukup unik yang dapat memberikan kesan minimalis elegan. Terdiri atas dua bagian, handle belah lonceng sangat cocok apabila diaplikasikan pada pintu berwarna gelap untuk menonjolkan kesan klasiknya.

Jika Anda tertarik untuk menjadikan gagang pintu kuningan ini sebagai alternatif handle pada pintu utama rumah, maka bisa menemukannya di marketplace dengan harga sekitar Rp. 64.000/pc (diameter -+ 15 cm).

  1. Handle Pintu Model Minimalis Kunci Putar
Handle Pintu Model Minimalis Kunci Putar
philipwattsdesign.com

Bentuk handle ini juga terbilang unik dan tidak biasa, meskipun penggunaan material kuningan membuatnya tampak klasik. Handle model kunci putar memiliki bentuk seperti sebuah jam dengan line horizontal atas bawah dan pola dekoratif untuk kunci di tengah.

Set handle dengan kunci ini dari bahan kuningan berwarna tembaga di atas bisa Anda dapatkan seharga Rp. 120.000/set (handle + kunci) di pasaran, baik online maupun offline.

  1. Handle Pintu Model Pull Handle Aluminium & Alloy
Handle Pintu Model Pull Handle Aluminium & Alloy
amazon.com

Gagang pintu dari bahan aluminium dan alloy ini mengusung model pull handle simple namun elegan. Finishing warna gold berkilau pada handle ini akan membuat hunian tampak minimalis elegan. Jadi, wajib sekali untuk dimasukkan dalam daftar handle pilihan Anda.

Baca Juga:  Meja Kaca Minimalis

Handle bergaya modern dengan diameter 128 mm x 192 mm x 288 mm (termasuk 1 pc handle dan 2 baut) dibanderol mulai harga Rp. 44.000 di marketplace Shopee.

  1. Handle Pintu Model Pull Handle Kuningan
Handle Pintu Model Pull Handle Kuningan
hometalk.com

Penggunaan pull handle kuningan dengan warna khasnya yang tampak begitu otentik bisa menjadi referensi untuk diterapkan pada hunian minimalis modern. Warna tersebut juga sangat matching jika dikombinasikan dengan pintu kayu berwarna putih elegan.

Tampak begitu klasik dan sederhana, handle sistem tarik dari bahan kuningan ini juga nyatanya memiliki harga cukup bersahabat, yaitu mulai Rp. 56.000/pc (diameter 25 cm).

  1. Handle Pintu Model Push Pull Bahan Zinc Alloy
Handle Pintu Model Push Pull Bahan Zinc Alloy
superfront.com

Gagang pintu model push pull berwarna rose gold dari material zinc alloy dengan penerapan double akan membuat pintu rumah Anda tampak elegan dan mewah. Handle pintu ini sangat cocok apabila diaplikasikan pada double swing door berwarna gelap, seperti hitam.

Untuk menambah kesan mewah elegan di hunian bergaya minimalis modern Anda, maka bisa mengaplikasikan double handle dari bahan alloy yang bisa ditemukan pada kisaran harga Rp. 110.000/set di marketplace ternama Indonesia.

  1. Handle Pintu Model Tarikan Full Stainless Steel
Handle Pintu Model Tarikan Full Stainless Steel
forms-surfaces.com

Gagang pintu model tarikan dari bahan stainless steel berwarna dark brown akan menghadirkan sebuah kesan klasik. Apalagi, kalau dikombinasikan pintu kayu dan kusen berwarna senada, maka akan membuat hunian terlihat lebih minimalis elegan.

Jika Anda berminat sistem pull and push klasik modern dari stainless steel ini, maka perlu mempersiapkan budget sekitar Rp. 98.000/set (1 pasang handle + 1 kunci starclassic) ukuran 33 cm (P) x 6 cm (T) x 4 cm (L) dengan finishing full cat.

  1. Handle Pintu Model Push Bahan Kombinasi
Handle Pintu Model Push Bahan Kombinasi
hollowaysofludlow.com

Gagang pintu model lama ini mengusung bentuk bulat dengan pegangan karet elastis untuk membantu membuat tangan tidak sakit saat memutar handle. Terbuat dari bahan besi dipadukan kuningan pada bagian baut, handle ini sangat kokoh dan terlihat minimalis.

Handle minimalis namun memiliki daya tahan tinggi bisa Anda miliki dengan membayar mahar hanya Rp. 54.000/pc saja.

Jenis-Jenis Handle Pintu Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Secara umum, handle pintu terdiri atas beberapa jenis dikategorikan berdasarkan material bahannya. Berikut ini adalah jenis-jenis handle di pasaran beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui hal tersebut, maka akan meminimalisir kesalahan dalam memilih handle.

  • Kuningan

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa banyak yang mengira material kuningan mudah berkarat. Padahal, kuningan memiliki sifat anti karat, namun dapat teroksidasi yang menyebabkan warna berubah. Untuk mengatasinya, tinggal memoles kembali handle.

Kuningan memiliki tekstur cukup fleksibel sehingga dapat dibentuk dalam beragam model dengan ukiran artistik. Namun, daya tahannya lebih rendah dibandingkan stainless steel, meskipun secara keseluruhan lebih baik jika disandingkan aluminium dan zinc alloy.

  • Stainless Steel

Material stainless steel menempati peringkat tertinggi sebagai handle pintu terbaik hingga saat ini. Selain tahan dalam berbagai kondisi cuaca, stainless steel juga memiliki sifat anti korosi dan tidak gampang berkarat. Namun, bahan ini terkenal sulit untuk dibentuk.

Oleh sebab itulah handle dari stainless steel biasanya memiliki bentuk sederhana dengan desain minimalis. Jika Anda menyukai handle model simple, maka stainless steel solusinya.

  • Aluminium

Bahan aluminium memang tidak berkarat, akan tetapi mudah teroksidasi yang mengakibatkan warnanya cepat memudar. Selain itu, aluminium juga mudah diwarnai, dibentuk, dan bobotnya lebih ringan. Wajar jika banyak digunakan sebagai bahan handle.

  • Zinc Alloy

Material campuran dari kuningan dan besi ini juga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan handle. Selain memiliki bobot ringan dibandingkan stainless steel, zinc alloy juga lebih mudah dibentuk. Daya tahan handle zinc alloy cukup worth it dimasukkan ke list Anda.

Tips Merawat Handle Pintu

Supaya handle pada pintu rumah tampak terus seperti baru dan terawat, maka Anda bisa mengaplikasikan beberapa tips perawatan seperti di bawah ini:

  • Bersihkan handle secara rutin setidaknya seminggu sekali menggunakan lap kering guna membersihkan debu yang menempel, supaya tidak masuk ke pori-pori material pegangan.
  • Usahakan supaya handle terhindar dari benturan benda keras dan tajam yang berpotensi dapat menggores lapisan, misalnya batu, palu, amplas, silet, gunting, dan lain sebagainya.  
  • Hindari membungkus handle menggunakan selotip atau lakban, sebab daya rekat pada kedua benda tersebut dapat merusak lapisan material pada handle pintu.
  • Jangan memasang handle sebelum pintu selesai di car, sebab cipratan cat bukan hanya berpotensi merusak tampilan handle, namun kemungkinan juga masuk ke lubang kunci.

Meskipun terlihat begitu sepele, namun untuk mendukung fungsi dan tampilan handle pintu Anda harus memberikan perhatian ekstra. Selain itu, pastikan kalau Anda tidak menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia saat membersihkan handle agar tidak merusak tekstur asli materialnya.