Pintu Utama Rumah Minimalis

Pintu utama rumah bukan hanya berfungsi untuk mengakses jalan ke dalam suatu bangunan, namun juga menjaga privasi, dan proteksi bagi penghuninya. Selain itu pintu utama juga dianggap sebagai representasi karakter pemilik rumah. Oleh karenanya, pemilihan pintu harus diperhatikan.

Seperti diketahui, pintu merupakan salah satu komponen penting pada suatu bangunan. Namun, tidak sedikit yang merupakan bahwa pintu juga dapat menjadi penentu tampilan rumah. Menghadirkan pintu berkonsep senada dengan bangunan tentu akan menjadi nilai plus tersendiri.

Contoh Model Pintu Utama Rumah Minimalis

Bingung memutuskan model pintu seperti apa yang cocok diaplikasikan pada bangunan rumah minimalis? Beberapa desain di bawah ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi:

  1. Pintu Geser Kaca Minimalis
Pintu Geser Kaca Minimalis
medium.com

Mengaplikasikan pintu geser kaca berkusen kayu dengan warna klasik akan memberikan kesan tradisional modern pada hunian minimalis. Selain itu, menggunakan pintu kaca juga akan membuat cahaya yang masuk ke ruang menjadi semakin banyak.

  1. Full Length Open Sliding Door
Full Length Open Sliding Door
attfabrications.co.uk

Pintu geser kaca berukuran besar dapat menjadi solusi terbaik untuk diaplikasikan pada ruang tamu. Model sliding door akan memberikan kesan berupa ruangan yang tampak lebih terang, luas, dan modern. Jadi, sangat direkomendasikan untuk rumah berukuran mungil.

  1. Folding Glass Door
Folding Glass Door
indonesian.alibaba.com

Pintu kaca lipat dengan kusen aluminium memang mulai diminati oleh masyarakat Indonesia belakangan ini. Apabila dijadikan sebagai pintu utama suatu bangunan rumah, folding glass door akan membuat hunian minimalis terlihat semakin mewah dan modern.

  1. Pintu Lipat Kaca Desain Modern Minimalis
Pintu Lipat Kaca Desain Modern Minimalis
nutuowindow.en.made-in-china.com

Untuk hunian berhalaman luas, pintu lipat kaca berwarna putih dipadukan cat dinding dan keramik serba putih memang akan memberikan kesan  mewah tidak biasa. Apalagi, cahaya dari luar akan masuk ke rumah, sehingga ruang tamu tampak begitu terang benderang.

  1. Wood Swing Desain Vertikal
Wood Swing Desain Vertikal
thearchitectsdiary.com

Pintu ayun dari material kayu tebal dengan konsep ukiran atau motif vertikal akan menghadirkan kesan tradisional yang matching untuk rumah minimalis. Bagi Anda yang menyukai hal-hal bernuansa etnik dan antik, wood swing merupakan alternatif solusi terbaik.

  1. Wooden Double Door
Wooden Double Door
thearchitectsdiary.com

Menghadirkan double door dari material kayu bermotif akan membuat hunian memancarkan unsur etnik dan klasik yang kental. Selain dijadikan sebagai pintu utama untuk rumah, pintu yang dibuka dengan cara tarik dan dorong ini juga dapat diaplikasikan pada halaman masuk.

Jenis-Jenis Pintu Rumah

Pada dasarnya, pintu rumah terdiri atas beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pintu Kayu

Jenis ini merupakan yang paling umum diaplikasikan sebab materialnya terbilang mudah didapatkan. Apalagi, dengan finishing sempurna, maka pintu kayu akan menghadirkan kesan estetik untuk hunian Anda. Wajar apabila kemudian banyak yang menyukainya.

  • Pintu Fiberglass

Meskipun sudah cukup umum digunakan di Indonesia, namun faktanya tidak banyak yang memahami apa itu bahan fiberglass, yang merupakan anyaman material kaca. Pintu jenis ini terkenal tangguh menghadapi iklim ekstrim dan memiliki bobot ringan, namun kuat.

  • Pintu Baja

Material baja memang tidak perlu dipertanyakan ketangguhan dan daya tahannya. Tidak mengherankan peminat pintu baja di pasaran sangat tinggi. Keuntungan lain menggunakan pintu baja adalah karena anti rayap, sehingga tidak perlu khawatir pintu akan keropos.

  • Pintu Kaca

Pemilihan pintu dari material kaca memang terbukti dapat mempercantik tampilan hunian. Apabila Anda khawatir terhadap masalah privasi, maka bisa mengaplikasikan sandblast yang bersifat buram. Jadi, ruangan  dan isi rumah tidak terlihat dari luar.

  • Pintu PVC

Mengaplikasikan pintu utama dari material poly vinyl chloride memang banyak dijadikan solusi di kalangan masyarakat tanah air. Meskipun dari segi desain tampak kurang stylish dan tidak kuat menghadapi cuaca ekstrim, namun jenis ini dibanderol dengan harga murah.

  • Pintu Panel

Jenis pintu panel sepertinya adalah yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia. Meskipun modelnya terbilang jadul, namun harganya cukup terjangkau, dan materialnya juga tahan lama dan cocok apabila dipasang sebagai pintu utama suatu rumah.

Harga dan Ukuran Pintu Rumah Terbaru 2021

Sebelum memutuskan membeli suatu jenis pintu rumah, sebagai smart buyer Anda juga sebaiknya sudah memiliki referensi mengenai ukuran yang dibutuhkan, dan kisaran harganya. Dengan begitu, maka akan lebih mudah menyesuaikan budget dengan kebutuhan. Berikut ini adalah referensi pintu rumah terbaru berdasarkan jenis dan ukurannya:

Jenis PintuMaterialDimensiHarga
Pintu KayuKayu Jati3 x 80 x 200 cmRp. 4.600.000
Pintu KayuKayu Merbau60 x 150 cmRp. 1.650.000
Pintu KayuKayu Mahoni60 x 150 cmRp. 499.000
Pintu Kaca TemperedShower Violino220 cm x 70 cm x 10 mmRp. 1.799.000
Pintu Kaca TemperedFrameless200 cm x 59 cm x 10 mmRp. 3.000.000
Pintu Kaca TemperedDorma210 cm x 90 cm x 12 mmRp. 6.100.000
Pintu AluminiumSpandrel Double80 cm x 200 cmRp. 1.589.000
Pintu AluminiumSpandrel Single70 cm x 200 cmRp. 1.300.000
Pintu AluminiumSpandrel Double Tebal80 cm x 200 cmRp. 2.560.000
Pintu BajaJbs Fortress Double150 x 210 x 5 cmRp. 5. 310.000
Pintu BajaJbs Fortress90 x 210 x 5 cmRp. 2.800.000
Pintu BajaMotif kayu90 x 210 x 5 cmRp. 2.800.000

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Berdasarkan Materialnya

Bahasan mengenai kelebihan serta kekurangan pintu rumah memang cukup kompleks. Pasalnya, setiap material, baik itu kayu, kaca, aluminium, baja, dan sebagainya memiliki keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Jadi, tidak bisa disamaratakan antara bahan satu dengan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan pintu kayu:

KelebihanKekurangan
Ketidaksempurnaan dapat dilihat secara kasat mataDiameter terbatas sehingga sulit untuk digunakan menutup panel secara keseluruhan
Tahan terhadap tekanan dan benturanRawan keropos akibat serangan serangga, seperti rayap
Cocok diterapkan pada berbagai model rumah dengan gaya apapunSensitif terhadap kelembaban
Mengusung tampilan klasik natural yang menimbulkan kesan sejuk dan tentramMudah terbakar
Desain dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumahPintu dari material kayu berkualitas standard umumnya mengalami perubahan bentuk akibat iklim, seperti penyusutan
Dapat didaur ulang setelah tidak digunakan lagi, misalnya dijadikan furniture lain.Agar bisa tahan lama, pintu kayu harus dilapisi furnishing

Kelebihan dan kekurangan pintu kaca:

KelebihanKekurangan
Ramah lingkunganBobot cukup berat
Pemasangan mudahRawan pecah (tergantung jenis tempered)
Daya resistensi tinggiMudah kotor
Terdiri atas beragam pilihan modelSinar matahari mampu menembus ke dalam ruangan hingga 90%

Kelebihan dan kekurangan pintu aluminium:

KelebihanKekurangan
Memiliki struktur kokohBentuk statis
Ramah lingkunganHarga terbilang mahal
Bernilai estetika
Tahan terhadap cuaca ekstrem
Warna tidak mudah pudar
Pemasangan mudah
Tersedia atas beragam model pilihan

Dalam memilih material dan desain pintu utama rumah, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Kesalahan pada pengaplikasian pintu dapat memberikan dampak pada keamanan dan kenyamanan penghuninya. Selain itu, pilihlah material pintu berkualitas yang terbukti kokoh, dan tahan lama.

Itulah penjelasan tentang Pintu Rumah, semoga bermanfaat ya!