Kamar Bayi Minimalis

Setiap calon orang tua yang sedang menyambut kehadiran buah hati pertamanya pasti sangat excited dalam mempersiapkan berbagai hal, termasuk mendekorasi kamar bayi untuk si kecil. Akan tetapi, banyak hal mendetail yang perlu diperhatikan jika ingin menempatkan anak di kamar terpisah.

Selain mempertimbangkan faktor kenyamanan dengan mengaplikasikan desain yang eye catching. Faktor keamanan juga wajib diprioritaskan. Dengan begitu, Anda tidak lagi selalu merasa khawatir saat meninggalkan anak. Karena tidur terpisah berarti orang tua tidak bisa mengawasi setiap saat.

9 Dekorasi Kamar Bayi Minimalis untuk Anak Laki-laki & Perempuan

  1. Kamar Bayi Perempuan dengan Konsep Vintage
Kamar Bayi Perempuan dengan Konsep Vintage
kathykuohome.com

Bagi yang memiliki baby girl, dekorasi kamar vintage bisa dijadikan referensi terbaik. Perpaduan warna soft dengan furniture kayu klasik ala tribal akan membuat ruangan tampak lebih elegan. Ada bisa menambahkan karpet bulu etnik untuk melengkapi ruang.

Selain memilih desain furniture tradisional elegan. Jangan lupa pula tambahkan beberapa benda dekoratif untuk melengkapinya, seperti sofa mini, lampu gantung kayu, dream catcher, dan juga rak dinding dengan lukisan vintage supaya lebih eye catching.

  1. Desain Kamar Bayi Laki-laki dengan Konsep Vintage
Desain Kamar Bayi Laki-laki dengan Konsep Vintage
chaylorandmads.com

Faktanya, dekorasi vintage bukan hanya cocok untuk anak perempuan, namun juga laki-laki. Untuk mempertegas kesan maskulin, Anda bisa mengkombinasikan penggunaan furniture berwarna broken white khas vintage dengan lantai kayu berwarna abu-abu.

Selain itu, aplikasi karpet mini berwarna hitam putih dan hiasan dinding berupa poster gambar hewan juga akan menonjolkan kesan maskulin. Agar ruangan terlihat lebih unik, tambahkan lampu gantung antik berwarna natural pada kamar tidur bayi Anda.

  1. Kamar Bayi Nuansa Modern Elegan
Kamar Bayi Nuansa Modern Elegan
projectnursery.com

Kamar tidur anak akan terlihat lebih mewah dan cozy dengan memadukan konsep vintage modern. Aplikasi poster kelinci unyu berukuran besar menjadi daya tarik tersendiri pada ruangan. Terlebih, jika dikombinasikan wall decoration unik berbentuk awan dan bulan sabit.

Sementara itu, kesan mewah tampak menonjol dari penggunaan karpet rajut bulat, dan karpet unik aksen bulu domba berwarna putih. Ditambah lagi, meja bulat dengan sofa berwarna putih senada yang membuat ruangan terlihat lebih bersih dan rapi.

  1. Dekorasi Kamar Bayi Minimalis Konsep Alami
Dekorasi Kamar Bayi Minimalis Konsep Alami
solebich.de

Dominasi warna hijau zaitun pada ruang tidur bayi akan menciptakan suasana lebih natural. Jadi, sangat cocok diaplikasikan pada kamar berukuran minimalis yang tidak memiliki banyak furniture. Meskipun begitu, Anda tetap bisa memasang berbagai pajangan unik pada dinding.

Contohnya adalah, sticker dinding berbentuk cloud, poster mini, dan rak tempel mini untuk dekorasi. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buffet kecil di sudut ruang sebagai tempat menyimpan keperluan anak. Jangan lupa, tambahkan juga karpet hijau agar lebih apik.

  1. Kamar Bayi dengan Konsep Klasik Vintage
Kamar Bayi dengan Konsep Klasik Vintage
lunaroseessentialseo.com

Menghadirkan furniture kayu berwarna natural akan menciptakan nuansa klasik begitu kental. Dikombinasikan dengan penggunaan hiasan vintage, seperti lampu gantung berbentuk sangkar, karpet tribal, dan ayunan unik akan membuat kamar tampak lebih menawan.

Namun, supaya ruangan tidak terlihat terlalu penuh, sebaiknya hindari penggunaan terlalu banyak barang pada box bayi. Sebagai gantinya, Anda bisa mengaplikasikan sprei lembut bermotif polkadot broken white & brown untuk menegaskan kesan klasik vintage.

  1. Dekorasi Kamar Bayi Artistik
Dekorasi Kamar Bayi Artistik
hunterpremo.com

Bagi pecinta seni, Anda bisa menyulap kamar tidur bayi supaya bernuansa lebih artistik dengan menggunakan barang-barang tribal. Contohnya adalah, karpet etnik berwarna gelap dipadukan. Selain itu, Anda dapat mengaplikasikan cat dinding berwarna hijau dan putih.

Konsep artistik ini sangat cocok apabila dijadikan kamar untuk anak perempuan. Anda juga dapat mengaplikasikan poster dengan nama anak di dinding sisi ranjang bayi. Untuk menonjolkan kesan etnik, disarankan menggunakan lampu gantung kayu berbentuk unik.

  1. Dekorasi Kamar Bayi Minimalis Klasik
Dekorasi Kamar Bayi Minimalis Klasik
lzmini.com.br

Penggunaan ranjang bayi dari material kayu akan matching dengan wood floor, dan partisi kayu berwarna medium brown. Supaya ruangan terlihat lebih artistik, Anda dapat mengaplikasikan dream catcher bernuansa tribal tepat di atas box bayi.

Untuk bagian dinding, sebaiknya gunakan wallpaper bermotif polkadot dan tambahkan wall decor, seperti poster bergambar tanaman. Kamar bayi perempuan ini juga akan tampak lebih epic dengan tambahan sebuah kursi Shaun the Sheep mini khas batita dan balita.

  1. Desain Kamar Bayi Minimalis Modern
Desain Kamar Bayi Minimalis Modern
have-need-want.com

Bagi yang memiliki anak laki-laki, ruangan konsep minimalis modern bisa menjadi pilihan Anda. Aplikasi lantai marmer dengan karpet bermotif wajik grey and white, dipadukan boneka jerapah jumbo, dan wall decor berupa poster animals akan menciptakan kesan maskulin.

Untuk memudahkan kegiatan dalam merawat bayi, Anda bisa mengaplikasikan sofa dan meja berwarna putih di sudut kamar. Apabila ingin menghadirkan kesan alami, jangan ragu untuk menambahkan tanaman hijau di sisi ranjang bayi persis di dekat boneka jerapah.

  1. Desain Konsep Kamar Bayi Modern Elegan
Kamar Bayi Nuansa Modern Elegan
onekindesign.com

Konsep modern dan elegan cocok diaplikasikan untuk ruangan bayi laki-laki. Penggunaan box kayu berwarna white and grey, dipadukan background wallpaper motif pegunungan akan menciptakan nuansa lebih maskulin. Apalagi, ditambah wall decor pesawat terbang.

Supaya suasana ruangan tampak lebih hidup, tidak ada salahnya mengaplikasikan lantai berwarna mustard dan putih bermotif abstrak. Jangan lupa, lengkapi kamar tidur dengan gorden motif abstrak, serta lampu gantung modern berwarna gold and white.

Tips Membangun Kamar Bayi yang Nyaman

  • Menggunakan Karpet

Selain berfungsi sebagai dekorasi, karpet juga terkenal ampuh dalam meredam suara, khususnya saat Anda sedang mondar-mandir di dalam kamar. Sehingga sangat berguna untuk meningkatkan kenyamanan istirahat bayi yang memang sensitif terhadap suara.

  • Perhatikan Pencahayaan

Pada kamar bayi, sebaiknya tidak memberikan pencahayaan terlalu terang. Sebaliknya, gunakan lampu yang terkesan hangat, namun tidak terlalu redup. Dengan begitu, maka si kecil tidak akan merasa terganggu. Jangan lupa, menggunakan gorden jendela yang sesua

  • Memilih Warna Cat dan Wallpaper

Saat ini ada berbagai macam pilihan warna cat dinding berikut motif wallpaper yang dapat dijadikan bahan referensi. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan gender bayi saja, mau maskulin atau feminim. Selain itu, bisa juga mengaplikasikan motif atau warna netral.

  • Lengkapi Kamar dengan Lemari Penyimpanan

Untuk menghemat waktu dan tenaga, sebaiknya tempatkan berbagai keperluan bayi di kamarnya sendiri. Oleh sebab itu, kamar anak wajib memiliki lemari atau storage. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, lemari juga akan membuat kamar terlihat lebih rapi

  • Sirkulasi Udara Cukup

Dalam mendesain kamar untuk bayi, Anda harus memastikan stabilitas sirkulasi udara dalam ruangan. Jadi, bayi bisa mendapatkan asupan udara segar setiap saat. Namun, pastikan juga kalau sumber sirkulasi, seperti ventilasi maupun jendela bersifat fleksibel.

  • Mengawasi Mainan Anak

Bayi memiliki sifat ingin tahu sangat besar sehingga membuatnya senang saat menyentuh dan menggigit benda apa saja. Oleh sebab itu, sebagai orang tua Anda harus memberi pengawasan yang ketat. Di samping itu, jangan letakkan barang berbahaya di ranjang bayi.

Beberapa desain kamar bayi di atas dapat dijadikan pertimbangan para orang tua dalam merencanakan pembangunan bedroom untuk si kecil. Akan tetapi, apabila memiliki budget terbatas, maka bisa diatasi dengan mengurangi penggunaan furniture dekorasi yang tidak perlu.