Kamar Tidur Minimalis

Kamar tidur adalah sebuah ruangan penting dalam rumah yang seharusnya di desain dengan indah agar istirahat terasa lebih nyaman. Membuat kamar tidur minimalis yang indah tidaklah selalu harus mahal, hanya saja Anda perlu pandai dalam memadupadankan setiap elemen didalamnya.

Inspirasi Model Desain Kamar Tidur Minimalis

Ada berbagai macam model desain kamar yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Berbagai gaya diciptakan dengan penyusunan dan pemilihan interior, serta dekorasi sehingga menghasilkan beragam desain yang indah.

  1. Desain Kamar Tidur Scandinavian

Desain kamar Scandinavian sangat populer di dunia. Desain interior pada umumnya didominasi oleh warna putih. Namun, seiring perkembangan zaman, banyak orang yang berinovasi dengan mengkombinasikan warna lain, seperti coklat atau abu-abu.

Lantai dan furniture kayu adalah ciri khas lain dari desain ini. Meskipun tidak memiliki banyak warna, Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi dengan warna senada agar serasi, seperti tanaman atau bantal bermotif simple.

Desain Kamar Tidur Scandinavian
eye-swoon.com

Bentuk lampu pada atap memberi sentuhan unik dan manis pada langit-langit. Tidak terlalu banyak warna pada desain kamar ini. Bahkan, hanya ada 1 warna yang sangat dominan, yaitu putih. Dekorasi yang digunakan juga tidak banyak, namun sangat elegan.

Pemilihan lantai kayu yang terlihat lembut dengan warna coklat serta guratan alami dari kayu semakin melengkapi kesan elegan dan hangat pada ruangan ini.

Desain Kamar Tidur Scandinavian dengan Aksen Garis Vertikal
hikendip.com

2 buah lampu bulat yang menggantung di sudut ruangan dengan ketinggian rendah memberi cahaya temaram yang tenang di malam hari. Penambahan sedikit aksen garis pada langit-langit serta tembok terlihat harmonis dengan lantai kayu dengan pola herringbone.

Desain Kamar Tidur Scandinavian Nuansa Abu Abu
behance.net

Lantai kayu, kaca besar, tone netral pada permadani dan bantal, tembok putih, dan penambahan tanaman dalam pot besar membuat ruangan terkesan hangat, namun tetap segar. Dekorasi berupa 2 buah lampu di kedua sisi ranjang yang tergantung rendah semakin menambah kesan hangat dan memperindah ruangan.

2 warna mendominasi kamar tidur minimalis ini, yaitu coklat dan putih, Warna ranjang yang selaras dengan warna lantai, serta warna kasur yang sama dengan tembok membuat ruangan terlihat simple dan elegan.

  1. Desain Kamar Tidur Anak Feminim Minimalis
Desain Kamar Tidur Anak Feminim Minimalis
etsy.com

Semua dekorasi dapat di tata sedemikian rupa sehingga tercipta kesan harmonis. Meskipun ruangan tidak terlalu luas, namun dengan tata letak yang pas dan pemilihan dekorasi yang tepat, seperti aneka bantal hias dengan warna cerah, akan menghadirkan nuansa ceria.

Desain Kamar Tidur Anak Feminim Minimalis dengan 2 Tempat Tidur
efozon.com

Dekorasi dengan warna seperti pink, peach, ungu, atau warna cerah lainnya yang kontras dengan warna lantai gelap menghasilkan perpaduan yang pas dan membuat ruangan terkesan tenang serta menarik. 

  1. Desain Kamar Tidur Praktis dan Unik
Desain Kamar Tidur dengan Tempat Tidur Tingkat
homestolove.com.au

Desain kamar tidur minimalis ini sangatlah praktis dan unik. Dalam satu ruangan, desain ini bisa memuat 4 tempat tidur dan tetap terlihat rapi serta menarik. Tangga yang menghubungkan tempat tidur dibagian bawah dengan bagian atas memberi kesan unik dan dekoratif.

Lantai yang ditutup dengan karpet berwarna coklat selaras dengan warna pijakan tangga. Sementara itu, warna ranjang menyesuaikan warna tembok yang putih cerah sehingga semua warna terlihat selaras.

Tidak ada terlalu banyak dekorasi, namun lampu meja tidur dengan motif simple sebagai lampu utama terlihat praktis. Pemilihan lampu kecil di setiap sudut tempat tidur ditambah dengan dua buah bingkai foto dapat digunakan sebagai dekorasi.

  1. Desain Kamar Tidur Modern dengan Tampilan Manis
Desain Kamar Tidur Tingkat dengan Tembok Motif
behance.net

Meskipun ruangan terdiri dari dua warna hampir terkesan monoton, namun semua itu dapat diatasi dengan penempatan tembok bermotif dan lukisan hijau yang mengingatkan nuansa kesejukan taman, serta tidak membosankan untuk dipandang.

Penambahan karpet bulu berbentuk lingkaran di samping ranjang tidur diselaraskan dengan adanya aksen bulat yang menempel pada tembok. Dua elemen ini memiliki daya tarik tersendiri dan membuat kamar terlihat mengundang.

Lantai kayu, atap gelap, tirai mewah berwarna coklat, dan tangga di sudut ruangan membuat desain ini terlihat manis. Apalagi, ditambah dengan adanya dekorasi lampu kecil pada setiap sudutnya yang membuat kamar ini terlihat hangat.

  1. Desain Kamar Tidur Simple yang Mewah
Desain Kamar Tidur dengan 2 Lampu Gantung
interior-deluxe.com

Melihat dekorasi yang satu ini mungkin membuat Anda merasakan kelembutan yang menenangkan. Warna coklat dan putih serta dua buah lampu yang menggantung hampir pada dua sisi ranjang dan hamper menyentuh kasur, semakin memberi kesan hangat.

Tidak ada banyak dekorasi di desain kamar yang satu ini. Hanya ada dua buah meja kecil pada dua sisi ranjang, tepatnya di sudut ruangan dengan aksesoris tanaman pada pot mini diatasnya yang terlihat manis dan simple.

  1. Desain Kamar Tidur Simple Mewah yang Elegan
Desain Kamar Tidur Simple dengan Hiasan Gantung
lonny.com

Dekorasi lampu dengan hiasan besar berwarna hitam terlihat mewah dan kontras dengan warna ruangan yang terang. Selain itu, penempatan aksen gelap ini ada di bagian atap, yaitu tepat diatas ranjang menjadi pusat perhatian dan memiliki daya tarik tersendiri.

Kesan mewah semakin terlihat dengan adanya gorden yang menutupi salah satu sisi ruangan secara penuh dengan tinggi dari atap hingga lantai. Terlebih, lantai pada kamar ini terbuat dari marmer sehingga lengkaplah sudah kesan mewah yang ada padanya.

Tips Memilih Interior yang Cocok Untuk Kamar Tidur

Meskipun Anda memiliki kamar tidur yang minimalis, bukan berarti sulit untuk mendekorasinya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar dapat mendesain kamar tidur sehingga terlihat indah dan terasa nyaman. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih Pencahayaan yang Tepat

Cobalah bereksperimen dengan jenis lampu yang berbeda, seperti lampu meja, lilin artifisial, lampu lantai, lampu dinding, atau lampu gantung. Pencahayaan yang tepat akan memudahkan Anda dalam melihat berbagai elemen dalam kamar tidur.

  • Pasang Dinding Kaca

Dinding kaca dapat memberi kesan lapang. Anda bahkan tidak perlu keluar untuk berjemur mendapat sinar mentari pagi karena dengan adanya dinding kaca, sinar matahari bisa masuk ke ruangan. Selain itu, pemandangan di luar kamar dapat Anda saksikan setiap saat.

Terlebih, jika kamar Anda dekat dengan taman atau nuansa hijau yang bisa menjadikan pikiran lebih fresh dan mengobati stress. Selain dinding kaca, cermin kaca besar dalam kamar tidur minimalis juga dapat memberi kesan luas.

  • Tambahkan Dekorasi dan Aksen Unik

Penambahan dekorasi pada interior kamar berfungsi untuk menambah keindahan atau bisa memiliki fungsi kegunaan lainnya. Tidak selamanya membuat tampilan dekoratif memerlukan banyak elemen yang mahal.

Misal, Anda bisa menambahkan permadani atau karpet tebal di samping tempat tidur agar ruangan terlihat lebih hangat sekaligus sebagai dekorasi. Jika ruang tidur Anda minimalis, Anda bisa menempatkan beanbag yang lembut sebagai sandaran kaki yang nyaman atau untuk duduk menonton TV dan membaca.

Beberapa lukisan dengan tema hijau juga bisa Anda pilih untuk memberi kesan sejuk pada ruangan. Sedangkan, lukisan dengan berbagai warna cerah dan motif dapat menghadirkan nuansa ceria dan bersemangat.

  • Memasang Wallpaper

Selain berfungsi untuk menutupi kekurangan dinding, wallpaper juga berguna sebagai lukisan. Tentunya, hal ini cukup menguntungkan karena Anda mendapat 2 fungsi sekaligus. Pilihlah wallpaper dengan mempertimbangkan tema ruangan dan warna serta motif yang sesuai.

Kamar tidak hanya sebuah tempat beristirahat, namun juga sebagai luapan ekspresi yang mencerminkan karakteristik penghuninya. Istilah kamarku istanaku sudah selayaknya diwujudkan dengan berkreasi menciptakan desain kamar tidur minimalis yang indah sesuai keinginan.