Tempat Tidur Minimalis

Kamar tidur merupakan tempat untuk bersantai dan beristirahat setelah melakukan aktivitas selama satu hari penuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih tempat tidur atau ranjang yang nyaman.

Kenyamanan ranjang Anda akan sangat menentukan produktivitas Anda kedepannya. Jika Anda memiliki istirahat yang cukup dan nyenyak, maka Anda dapat melaksanakan aktivitas keesokan hari dengan penuh semangat.

Inspirasi Model Tempat Tidur

Ada banyak sekali model ranjang yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan tema kamar. Tidak hanya memilih ranjang yang nyaman, Anda juga harus memperhatikan modelnya agar tidak ketinggalan zaman. Berikut daftar model ranjang yang dapat dijadikan sebagai referensi:

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Bertingkat Sederhana
Tempat Tidur Model Ranjang Bertingkat Sederhana
mcgeeandco.com

Pertama, Anda bisa memilih model ranjang bertingkat yang sederhana. Ranjang ini biasanya diterapkan pada kamar anak. Kehadiran ranjang ini akan mendatangkan kesan minimalis dan praktis.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Bertingkat Unik
Tempat Tidur Model Ranjang Bertingkat Unik
tinypartments.com

Selanjutnya, ada model ranjang bertingkat yang unik. Model ini memiliki tangga estetik di bagian samping dan rak buku di sisi yang lain. Selain mampu menampung lebih dari satu orang, ranjang bertingkat juga dapat menghemat tempat.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Simpel
Tempat Tidur Model Ranjang Simpel
stylesatlife.com

Bagi yang tidak terlalu suka desain menonjol, Anda dapat mengaplikasikan model ranjang sederhana ini. Berkat bentuknya yang simpel, ranjang ini akan menghasilkan kesan luas. Anda dapat menggunakan bahan kayu untuk membuat ranjang ini.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Semi Box
Tempat Tidur Model Ranjang Semi Box
novamett.ru

Apakah Anda pernah melihat box bayi? Nah, model ranjang yang satu ini hampir mirip seperti box bayi, hanya saja model ini mampu menampung orang dewasa. Karena tidak semua bagian ranjang tertutup, maka namanya menjadi model semi box.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang 2 Laci
Tempat Tidur Model Ranjang 2 Laci
matiasros.es

Apakah Anda ingin memiliki ranjang praktis yang dapat dibuka-tutup seperti laci? Jika iya, model ranjang yang satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sama seperti laci sungguhan, ranjang ini memiliki 2 kolom.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang 3 Laci
Tempat Tidur Model Ranjang 3 Laci
estiloydeco.com

Rasanya, ranjang laci memang tengah menjadi primadona beberapa tahun belakangan ini. Jika dahulu Anda hanya bisa memiliki ranjang 2 laci, kini Anda dapat meng-upgrade kolomnya menjadi 3.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Semi Laci
Tempat Tidur Model Ranjang Semi Laci
ikea.com

Selanjutnya, ada model ranjang semi laci. Berbeda dari model sebelumnya, model ranjang ini hanya dapat dibuka tutup saat kasurnya diturunkan terlebih dahulu.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Bentuk
Tempat Tidur Model Ranjang Bentuk
ohhappyplay.com

Model tempat tidur yang satu ini sangat cocok diletakkan di kamar anak minimalis. Anda dapat membuat aneka ragam bentuk, mulai dari kendaraan, buah-buahan, hingga hewan. Kehadiran ranjang bentuk akan membuat anak Anda bersemangat untuk tidur.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Lipat
Tempat Tidur Model Ranjang Lipat
godownsize.com

Seiring dengan perkembangan zaman, desain ranjang pun ikut berinovasi. Salah satu bentuk nyata inovasinya adalah kehadiran model ranjang lipat. Dengan adanya ranjang ini, Anda dapat menghemat tempat.

Jika dilihat sekilas, ranjang ini bentuknya seperti lemari. Namun, setelah dibuka, akan muncul ranjang yang cukup luas dan nyaman untuk ditiduri.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang Besi
Tempat Tidur Model Ranjang Besi
overstock.com

Apakah Anda selalu memimpikan tempat istirahat yang nyaman ala putri kerajaan? Jika iya, Anda dapat merealisasikan mimpi Anda lewat model ranjang besi ini. Kehadiran besi di sudut kasur akan menciptakan kesan elegan dan berkelas.

  1. Tempat Tidur Model Ranjang ala Putri
Tempat Tidur Model Ranjang ala Putri
wayfair.com

Pasti Anda ingin tidur di kasur yang nyaman bak putri kerajaan. Anda dapat merealisasikan mimpi Anda dengan menggunakan model ranjang ini. Warna putih bersih dari besi ranjang akan menambah kesan elegan.

Ukuran dan Perkiraan Harga Tempat Tidur

Perlu Anda ketahui, ada beberapa ukuran ranjang yang dapat Anda pilih. Sebaiknya, sesuaikan ukuran ranjang dengan luas kamar tidur Anda. Masing-masing ukuran memiliki harga yang berbeda-beda.

Tidak hanya ukuran, material pembuat ranjang juga sangat menentukan kisaran harganya. Meskipun masing-masing penjual mematok harga yang berbeda-beda, tapi inilah perkiraan rincian harga tempat tidur berdasarkan ukurannya:

UkuranPerkiraan Harga
90 × 200 cmRp1.100.000 – Rp5.000.000
120 × 200 cm Rp1.900.000 – Rp5.800.000
150 × 200 cmRp3.500.000 – Rp8.100.000
160 × 200 cmRp3.800.000 – Rp9.000.000
180 × 200 cmRp5.000.000 – Rp10.100.000

Material Pembuat Tempat Tidur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harga ranjang juga ditentukan oleh material pembuatnya. Lantas, material apa saja yang dapat digunakan untuk membuat ranjang? Berikut daftarnya:

  1. Kayu MDF

Material yang pertama adalah Medium Density Fiberboard atau MDF. Sebenarnya, material ini merupakan jenis olahan serpihan kayu yang dipadatkan. Berbeda dari jenis kayu biasa, kayu MDF memiliki permukaan yang halus dengan serat kayu yang padat.

Bila dilihat dari segi kualitas, jenis kayu ini jauh lebih baik daripada Plywood. Adapun, kelebihan kayu MDF adalah sebagai berikut:

  • Memiliki permukaan yang halus, sehingga setelah diberi cat hasilnya akan mengkilap
  • Relatif ringan, sehingga mudah dipindahkan atau dibongkar pasang
  • Dapat dibuat menjadi berbagai macam model ranjang
  1. Plywood

Selanjutnya, ada material Plywood. Dalam dunia industri, Plywood lebih sering disebut sebagai tripleks. Material yang satu ini terbuat dari lapisan kayu yang direkatkan dengan pemampatan bertekanan tinggi.

Umumnya, Plywood yang dijual di industri Indonesia terbuat dari kayu sengon, kayu sungkai, dan kayu pinus. Sebagai material pembuat ranjang, tentu saja Plywood memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Dibandingkan material lainnya, Plywood memiliki daya tekuk yang bagus
  • Strukturnya cukup kokoh, sehingga mampu menahan beban berat
  • Anti air
  1. Kayu Solid

Selanjutnya, ada material kayu solid. Material yang satu ini dapat disebut sebagai primadona pembuat tempat tidur minimalis. Kayu solid merupakan kayu yang melalui proses pengolahan secara langsung. 

Biasanya, material ini terbuat dari kayu jati, kayu pinus, kayu mahoni, kayu sungkai, dan kayu oak. Berikut kelebihan kayu solid dibandingkan material lainnya:

  • Lebih awet dan tahan lama
  • Tahan terhadap air
  • Mudah diproses dan diolah menjadi berbagai macam furniture
  • Kuat dan kokoh karena bobotnya yang relatif berat
  1. Particle Board

Particle board juga dapat dijadikan sebagai material pembuat ranjang. Pada dasarnya, material ini terbuat dari bahan partikel bekas potongan kayu kecil, serpihan kayu, hingga bahan resin kimia yang diproses dengan tekanan tinggi untuk kemudian dikeringkan.

Kelebihan material ini adalah ketahanannya dan corak kayu alaminya yang unik. Akan tetapi, particle board tidak dapat dilapisi dengan cat karena permukaannya kasar. Namun, Anda bisa menggunakan laminate atau veneer.

  1. Besi Ringan

Terakhir, ada material besi ringan. Tak kalah dari kayu, besi juga sangat cocok untuk digunakan sebagai material pembuat tempat tidur. Material yang satu ini dapat membuat Anda nyaman saat beristirahat.

Ada banyak sekali kelebihan material besi ringan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mampu menghadirkan kesan elegan dan mewah
  • Lebih stabil dan kokoh
  • Kuat dan tahan terhadap berbagai kerusakan
  • Bahannya ringan, sehingga ranjang mudah digeser
  • Tidak memakan tempat terlalu banyak
  • Mudah dicat ulang atau didekorasi
  • Perawatannya mudah dan memakan sedikit biaya

Mengingat betapa pentingnya peran tempat tidur bagi produktivitas sekaligus kesehatan Anda, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Selain menentukan model yang tepat, pastikan ranjang Anda berkualitas dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.