Keramik Dinding Kamar Mandi: Kelebihan Kekurangan, Ukuran Standar & Kisaran Harga

Penggunaan keramik dinding kamar mandi sebenarnya sudah populer sejak lama. Meskipun harga keramik relatif mahal, namun kualitasnya juga memuaskan. Wajar saja jika banyak pihak yang lebih memilih melapisi dinding kamar mandi dengan keramik, dibandingkan cat tembok.

Keramik Terbaik untuk Dinding Kamar Mandi

Bingung mencari referensi motif keramik yang cocok dipasang sebagai dinding kamar mandi? Beberapa model di bawah ini wajib masuk dalam daftar pilihan Anda:

  • Keramik Mozaik

Motif mozaik dapat menghadirkan kesan mewah dan elegan dalam kamar mandi. Namun, corak ini lebih cocok apabila dipasang pada bathroom berukuran luas.

  • Keramik Coral

Bagi pecinta hal-hal yang berhubungan dengan alam, maka bisa memilih keramik bermotif koral. Ada begitu banyak pilihan warna dan corak coral yang bisa dipilih sesuai selera.

  • Keramik Marble

Corak keramik dengan tampilan marble dan permukaan glossy akan menambah kesan elegan pada ruangan sehingga kegiatan mandi menjadi lebih nyaman.

  • Keramik Motif Woods

Sudah menjadi rahasia umum kalau keramik dengan motif kayu memang begitu diminati. Apalagi, terdapat beragam variasi warna menarik yang bisa dijadikan referensi.

10 Contoh Motif Keramik Dinding Kamar Mandi

  1. Motif Roman
Keramik Kamar Mandi Motif Roman
pinterest.com

Untuk kamar mandi minimalis, mengaplikasikan keramik dinding roman berwarna putih polos akan membantu memberikan kesan luas, rapi, dan bersih. Selain itu, ruangan juga tampak lebih terang. Warna putih roman sangat cocok dipadukan keramik lantai warna gelap.

  1. Motif Persegi Panjang
Keramik Kamar Mandi Motif Persegi Panjang
hunker.com

Dinding keramik kamar mandi motif persegi panjang warna putih memang matching kalau dikombinasikan dengan lantai berpola hexagonal hitam. Perpaduan warna tersebut menimbulkan kesan minimalis, dan tampak sangat nyaman untuk digunakan.

  1. Motif Subway
Keramik Kamar Mandi Motif Subway
decorpad.com

Keramik bermotif klasik ini memang masih begitu diminati hingga sekarang. Supaya tidak tampak membosankan, maka bisa dipadukan dengan lantai keramik berwarna kontras. Bisa juga tambahkan keset kaki berwarna kayu bermotif abstrak  sebagai pemeriah kamar mandi.

  1. Motif Kayu
Keramik Kamar Mandi Motif Kayu
kowalske.com

Mengaplikasikan keramik berwarna kayu dengan motif abstrak transparan akan membuat kamar mandi tampak mewah. Untuk furniture seperti bathtub, sebaiknya pilihlah warna putih.

  1. Glossy Marble
Keramik Kamar Mandi Glossy Marble
pinterest.com

Keramik marble dengan transparent line abstrak memang cukup diminati di pasaran. Umumnya, keramik ini hadir dalam warna-warna soft berserat yang tampak indah dipandang.

  1. Motif Tropical Brown
Keramik Kamar Mandi Motif Tropical Brown
etsy.com

Apabila ingin menghadirkan kesan kamar mandi elegan pada kamar mandi minimalis, keramik bermotif kayu warna medium brown bisa menjadi pilihan terbaik. Supaya tampak artistik, bisa dikombinasikan dengan lantai dari material keramik bermotif coral.

  1. Marble Brown Glossy
Keramik Kamar Mandi Marble Brown Glossy
pinterest.com

Jadikan kamar mandi tampak elegan dengan mengaplikasikan dinding material keramik tampilan marble glossy berwarna coklat abstrak. Supaya kesan klasik dan antik semakin terasa, kombinasikan dengan lantai keramik dengan pola koral alami yang unik.

  1. Motif Batuan Alami
Keramik Kamar Mandi Motif Batuan Alami
photos.hgtv.com

Kamar mandi dengan suasana alami memang dapat memberikan kesan sejuk dan natural sehingga membuat betah. Anda dapat menggunakan keramik bermotif batuan di area sekitar shower untuk menjadikan aktivitas mandi terasa lebih menyenangkan.

  1. Motif Flora & Fauna
Keramik Kamar Mandi Motif Flora & Fauna
tilebar.com

Corak keramik berupa ilustrasi gambar flora dan fauna memang tampak ramai dan tidak biasa. Namun, sebenarnya sangat cocok diaplikasikan di kamar mandi. Motif ini akan menghadirkan nuansa nature yang begitu kental di bathroom Anda.

  1. Decorative Flower
Keramik Kamar Mandi Decorative Flower
remodelista.com

Motif kembang memiliki unsur natural sehingga tepat jika diterapkan pada area kamar mandi. Supaya tidak terlihat terlalu meriah, maka sebaiknya dikombinasikan dengan keramik kotak-kotak kecil polos, sehingga motif bunga terlihat lebih hidup dan fresh.

Kelebihan & Kekurangan

Material keramik memang cocok untuk diaplikasikan sebagai dinding kamar mandi yang rawan basah, mudah kotor, dan selalu lembab. Namun, selain memiliki segudang kelebihan, ternyata memasang keramik di kamar mandi juga mempunyai kelemahan yang harus dipertimbangkan. Berikut kelebihan & kekurangan menggunakan keramik untuk dinding kamar mandi.

Kelebihan keramik untuk dinding kamar mandi:

  • Mudah Dibersihkan

Apabila dinding keramik di kamar mandi mulai tampak kotor, Anda tinggal lap saja dengan kain basah atau menggunakan pembersih lantai. Proses pembersihan pada dinding keramik memang jauh lebih cepat dan mudah, jika dibandingkan membersihkan tembok bercat.

  • Awet dan Tahan Lama

Kekokohan material keramik berkali-kali lipat lebih baik dibandingkan dengan dinding biasa, maupun kayu. Jadi, masa penggunaannya juga lebih lama. Keramik tidak akan mengalami kerusakan meskipun tersiram air setiap saat, yang penting tidak terbentur benda keras.

  • Tidak Perlu Menghaluskan Dinding

Karena akan ditempel dengan keramik, maka dalam proses konstruksi Anda bisa melewatkan bagian menghaluskan dinding kamar mandi menggunakan lapisan aci. Pada poin ini, maka akan lebih hemat anggaran, sehingga budget dapat dialokasikan untuk keperluan lain.

Kekurangan dinding kamar mandi dari keramik:

  • Membutuhkan Keterampilan Khusus

Pemasangan keramik tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, sebab membutuhkan keahlian khusus. Oleh karena itu, pekerjaan ini umumnya dilakukan tukang bangunan.

  • Proses Pengerjaan Lebih Lama

Dalam memasang keramik dibutuhkan ketelitian dan tingkat kehati-hatian sangat tinggi, sehingga mustahil dapat dilakukan secara instan, bahkan oleh ahlinya sekalipun.

  • Lebih Mahal

Harga keramik memang lebih mahal apabila dibandingkan melapisi dinding menggunakan cat atau wallpaper. Namun, hasil yang akan didapatkan tentunya tidak akan mengecewakan.

Ukuran Standar & Perkiraan Harga

Keramik dinding terdiri atas berbagai variasi tipe, ukuran, dan harga. Apabila Anda pergi ke toko material bangunan, biasanya akan ditawarkan beberapa pilihan ukuran keramik untuk dipasang pada dinding, mulai dari ukuran paling kecil, yaitu 20 cm x 20 cm, hingga paling besar 40 cm x 40 cm. Di bawah ini adalah standar ukuran dan kisaran harga keramik dinding:

SpesifikasiUkuranHarga
Platinum Avon Decor20 cm x 20 cmRp. 70.500
Arwana Marble AR 258820 cm x 25 cmRp. 55.900
Platinum Adore Decor Embossed20 cm x 33 cmRp. 76.000
Centro Crazy Cut DS-202 Grigio20 cm x 40 cmRp. 141.000
Platinum Calle20 cm x 50 cm 
Roman Belle20 cm x 60 cmRp. 142.000
Centro New Cenit FS-250125 cm x 25 cmRp. 135.500
KIA Arione Wall25 cm x 40 cmRp. 70.500
Roman dArtemis25 cm x 50 cmRp. 128.000
Roman dCabana Wall25 cm x 75 cmRp. 121.500
Platinum Basic30 cm x 60 cm 
Platinum Enova30,5 cm x 75,5 cmRp. 141.900
KIA Bricko30 cm x 30 cmRp. 63.000
Centro Hybrid DS-6001 Bianco30 cm x 60 cmRp. 137.000
Platinum Edeco30 cm x 75 cmRp. 190.900
Roman dFlora32,5 cm x 32,5 cmRp. 221.000
Roman d’Alexandria Wall Crema32,5 cm x 65,6 cmRp. 193.100
Centrino Palais40 cm x 40 cmRp. 78.900

Dinding kamar mandi berfungsi sebagai privasi, oleh sebab itu pemilihan bahan harus sangat diperhatikan. Selain itu, mengaplikasikan keramik dinding kamar mandi juga akan membuat ruangan tampak lebih artistik dan nyaman, sebab ada beragam motif keramik yang dapat dipilih.

Bagaimana sudah punya ide keramik motif apa yang akan dipilih? Semoga artikel ini bermanfaat ya!