Keramik Tangga

Mengaplikasikan keramik tangga merupakan pilihan tepat, sehingga wajar jika banyak pihak memilih material tersebut untuk melapisi tangga pada rumah. Selain memiliki tekstur kokoh, keramik juga terdiri atas beragam model dan motif, sehingga bisa menambah kesan artistik pada hunian.

11 Contoh Motif Keramik Tangga

  1. Motif Line Abstrak Glossy
Keramik Tangga Motif Line Abstrak Glossy
ajwallpaper.com

Keramik berwarna dasar putih dengan full line abstrak dan permukaan glossy sangat match apabila dijadikan pilihan sebagai lapisan tangga sebab dapat menciptakan kesan elegan.

Bagi pecinta suasana alami, maka keramik bermotif bebatuan alam, seperti putih kombinasi warna natural lain dapat menjadi pilihan tepat. Dikombinasikan dengan cat dinding berwarna putih, maka akan membuat hunian menjadi terasa lebih sejuk, dan nyaman.

  1. Kombinasi Keramik dan Material Woods
Keramik Tangga Kombinasi Keramik dan Material Woods
etsy.com

Perpaduan kayu dan keramik akan menambah kesan elegan pada rumah Anda. Kombinasi kedua material tersebut akan menciptakan kesan tradisional modern yang menenangkan.

Jika Anda ingin menyuguhkan kesan tradisional modern, maka tidak ada salahnya melapisi tangga kayu dengan keramik bercorak unik. Supaya tidak terkesan monoton, Anda bisa mengaplikasikan keramik secara selang-seling dengan tangga kayu.

  1. Motif Kayu
Keramik Tangga Motif Kayu
houseandgarden.co.uk

Untuk menghadirkan kesan klasik di dalam rumah, Anda dapat memilih keramik dengan motif kayu berserat. Keramik bermotif kayu akan menjadikan ruangan tampak lebih nyaman.

  1. Motif Granit Grey
Keramik Tangga Motif Granit Grey
pinterest.com

Granit berwarna abu-abu dengan corak berpasir akan menambah kesan mewah dalam hunian Anda. Motif granit grey sangat match dipadukan dengan dinding bermotif klasik.

  1. Motif Wajik Glossy
Keramik Tangga Motif Wajik Glossy
etsy.com

Keramik berwarna soft dengan corak wajik dan permukaan glossy akan sangat cocok diaplikasikan pada hunian berkonsep minimalis modern. Meskipun motif yang diusung tampak simple, namun polesan glossy keramik membuatnya tampak begitu indah.

Corak klasik ini memang seolah tidak lekang termakan zaman. Motif kotak-kotak kecil abstrak merupakan pilihan terbaik untuk dipasang pada tangga rumah, baik itu hunian berkonsep minimalis, modern, maupun klasik. Pasti akan tampak menawan dengan tangga mozaik.

  1. Motif Etnik
Keramik Tangga Motif Etnik
aliexpress.com

Hunian akan tampak lebih artistik dengan mengaplikasikan tangga keramik bercorak etnik, seperti tegel. Selain mengusung beragam motif berbeda, tegel juga hadir dalam beragam pilihan warna menarik. Jadi, dijamin hunian Anda terlihat sangat artistik.

Memilih keramik bermotif etnik, seperti keramik tegel akan sukses menonjolkan kesan vintage pada hunian, dan dijamin akan langsung jadi center of point rumah. Motif ini cocok dipadukan dengan cat dinding berwarna apa saja, karena Anda bisa menyesuaikan pemilihan warna.

  1. Motif Candy Multicolor
Keramik Tangga Motif Candy Multicolor
aliexpress.com

Keramik 3D dengan kombinasi pastel ini terlihat begitu colorful dan meriah. Jadi, cocok dipasangkan dengan cat rumah berwarna netral, agar hunian tampak lebih hidup dan ceria. Motif candy multicolor juga menonjolkan kesan unik dan artistik yang begitu memikat.

  1. Motif Sparkling Blue
Keramik Tangga Motif Sparkling Blue
etsy.com

Meskipun keramik berwarna biru sparkling terkesan tidak biasa, dan cenderung norak. Namun, jika diaplikasikan dengan dinding dan lantai berwarna pastel akan menciptakan sebuah kesan glamour, dan pastinya akan membuat siapapun tercengang.

  1. Motif Kayu Abu-Abu
Keramik Tangga Motif Kayu Abu-Abu
pinterest.com

Bagi yang menginginkan tangga rumah dengan unsur kayu namun tidak berminat menggunakan material real wood, maka bisa memilih keramik motif kayu abu-abu.

  1. Motif Marmer List Hitam
Keramik Tangga Motif Marmer List Hitam
doyledickersonterrazzo.com

Marmer light grey dengan tambahan 3 list hitam di bagian bawah akan membuat tangga tampak minimalis, tapi tetap elegan. Jadi, cocok untuk Anda yang menyukai desain simple.

  1. Motif Alami List Pinggir
Keramik Tangga Motif Alami List Pinggir
domsmam.com

Keramik bercorak batuan alami memang memberikan kesan dingin. Warna pastel bercorak dengan tambahan list di sisi kanan dan kiri membuat tangga rumah terlihat lebih modern.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Keramik untuk Tangga

Sebagaimana material lain, tangga dari keramik juga memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan mengaplikasikan tangga keramik pada hunian Anda, sebaiknya ketahui dulu apa saja keunggulan yang akan didapatkan dengan menggunakan tangga keramik.

Kelebihan tangga keramik:

  • Tampilan Artistik

Ada beragam pilihan warna dan motif menarik pada material keramik untuk tangga. Pemilihan corak yang match dengan konsep desain interior  akan membuat hunian tampak lebih artistik, dan eye catching. Dijamin para tamu akan terpesona dengan keindahan rumah Anda.

  • Mudah Dibersihkan

Saat terkena kotoran atau noda, bahan keramik akan lebih mudah untuk dibersihkan. Anda dapat membuat keramik kembali kinclong hanya dengan membersihkan dengan lap basah.

  • Kuat dan Awet

Keramik memiliki tekstur keras namun nyaman dijadikan pijakan. Karenanya, sangat recommended dipilih sebagai material tangga, sebab mampu menahan beban berat. Dengan catatan, tidak terkena benturan dari suatu benda keras yang bisa merusak bahan keramik.

Kekurangan tangga keramik:

  • Relatif Mahal

Dibandingkan material tangga standar dari kayu atau lapisan semen, harga tangga keramik memang relatif lebih mahal. Akan tetapi, hal tersebut sangat wajar mengingat kualitasnya.

  • Kalau Rusak Sulit untuk Diperbaiki

Saat terjadi kerusakan pada tangga keramik, seperti retak terbentur benda keras misalnya, maka cacat tidak bisa ditutupi sehingga Anda terpaksa menggantinya. Hal tersebut memang tidak terlalu berpengaruh pada fungsi tangga, namun membuat nilai keindahannya turun.

  • Licin

Beberapa material keramik memang memiliki permukaan licin, terutama setelah terkena cairan, atau baru saja dibersihkan dengan lap basah. Oleh sebab itu Anda harus jeli dalam proses pemilihan jenis keramik yang akan diaplikasikan agar lebih aman dalam penggunaan.

Kisaran Harga Keramik Berdasarkan Ukuran

Standar ukuran keramik untuk tangga yang dijual dipasaran sangat bervariasi. Selain material bahan yang digunakan, sudah menjadi rahasia umum bahwa dimensi keramik juga mempengaruhi harga jualnya. Oleh karena itu, pilihlah ukuran keramik sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Berikut ini adalah kisaran harga tangga keramik berdasarkan ukurannya:

TipeUkuranHarga
Granit Ellagress Stepnose30 cm x 60 cmRp. 65.000
List Granit10 cm x 60 cmRp. 16.000
Granit Dark Brown Ikad30 cm x 100 cmRp. 121.000
Granit Tangga30 cm x 80 cmRp. 63.500
Granit Glazed Polished30 cm x 90 cmRp. 130.500
Granit Roman Rectifico15 cm x 50 cmRp. 80.900
Mosaic 3D30 cm x 30 cmRp. 39.000
Atena Tiles20 cm x 40 cmRp. 86.500
Parkit (Doff / Matte)40 cm x 40 cmRp. 55.900
Picasso40 cm x 40 cmRp. 65.000
Tegel20 cm x 20 cmRp. 21.000
Maxwel Tile Marmer20 cm x 10 cmRp. 91.500

Ragam pilihan keramik tangga tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi pembeli. Pasalnya, Anda jadi lebih mudah memilih varian yang match dengan desain interior dan cat rumah.

Gimana sudah ada gambaran motif mana yang akan Anda terapkan untuk desain tangga di rumah impian Anda?