Model Kloset Duduk: Merk, Ukuran, & Harga

Awal mula hadirnya kloset duduk adalah berasal dari negara di Eropa dan Amerika. Kini, keberadaannya sudah banyak dijumpai di berbagai belahan dunia. Kloset ini sering dipilih oleh banyak orang karena lebih nyaman dalam menopang seluruh bagian tubuh.

Kloset ini dikenal lebih terkesan modern dan mewah dibandingkan dengan kloset jongkok. Umumnya, Anda dapat menemukan kloset duduk di tempat penginapan seperti hotel dan kawasan umum seperti bandara, mall, stasiun dan tempat-tempat lainnya.

Model Kloset Duduk

  1. Kloset Duduk Model Wall Hung Minimalis
Kloset Duduk Model Wall Hung Minimalis
homelisty.com

Konsep kloset ini menggantung pada dinding dengan tangki air yang juga dipasang di dinding. Bagi Anda yang ingin menonjolkan gaya toilet minimalis, penggunaan kloset wall hung ini dapat menjadi pilihan karena desainnya lebih simpel dan tak banyak memakan tempat.

  1. Toilet Duduk Ukuran Besar Minimalis
Toilet Duduk Ukuran Besar Minimalis
polinov.ru

Model ini terlihat lebih simpel dan praktis. Bentuknya hampir seperti kursi duduk sehingga nyaman digunakan.Warna putih toilet ini sangat cocok diaplikasikan di berbagai jenis ruangan termasuk konsep minimalis.

  1. Kloset Duduk Futuristik
Kloset Duduk Futuristik
tegelsenlaminaat.nl

Jenis ini dapat dipasang dalam tipe ruangan kecil, elegan dan tak terkesan penuh. Apalagi untuk konsep futuristik, toilet satu ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dimiliki. Penampilan toilet ini praktis, nyaman digunakan, mudah dipasang, dan mudah disesuaikan dengan beragam tipe ruangan.

Kelebihan dan Kekurangan Kloset Duduk

Selain elegan, ada beberapa hal lain yang menjadi kelebihan bagi jenis kloset ini, yakni :

  1. Nyaman digunakan untuk beberapa kalangan, terutama bagi lansia, anak kecil, dan ibu hamil
  2. Lebih bersih, karena dilengkapi dengan penutup

Kelebihan produk biasanya beriringan dengan kekurangannya. Kekurangan dari penggunaan toilet duduk antara lain :

  1. Lebih mahal
  2. Kurang menyehatkan, posisi duduk selama buang air sebenarnya kurang efektif karena perlu usaha lebih besar untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh

Ukuran Kloset Duduk

Setiap merek toilet duduk memiliki dimensi ukuran yang berbeda-beda tergantung tipenya. Standar ukuran tiap-tiap negara juga mempunyai perbedaan sesuai dengan proporsi badan masyarakat negara tersebut.

Di Indonesia, toilet duduk diproduksi dalam berbagai ukuran standar. Ukuran yang biasa dijumpai biasanya mempunyai tinggi 40 cm, lebar badan kloset sekitar 70 cm, dan ukuran dudukan elips kurang lebih 20 x 33 cm. Ada pula jenis lain yang lebih lebar dibandingkan ukuran standarnya.

  • Ukuran Toilet Duduk INA
    Pada tipe INA C20 memiliki rincian ukuran yakni tinggi toilet 78,5 cm, panjang total 68,5 cm, dan lebar badan toilet 36 cm.
  • Ukuran Toilet Duduk American Standard
    Tipe kloset American Standard seperti Flexico One-Piece Toilet dan Activa One-Piece Toilet memiliki dimensi ukuran 40,2 x 77,3 x 63,8 cm.
  • Ukuran Toilet Duduk Toto
    Untuk tipe CW633J memiliki dimensi ukuran panjang 65 cm, lebar 36,9 cm, dan tinggi 72,5 cm.

Harga Kloset Duduk Berdasarkan Merek

Berikut adalah beberapa merek beserta informasi harga kloset duduk yang dapat menjadi referensi pilihan Anda :

  • Europe Enchanting

Merek ini sudah sangat dikenal sebagai produk peralatan sanitasi di negara kita. Kualitas produk ini terbilang premium dengan harga terjangkau. Dilengkapi dengan teknologi Geberit dari Eropa untuk sistem penyiraman agar lebih aman dan tahan lama.

Untuk harga dari merek ini sangat beragam mulai dari Rp 700 ribuan untuk tipe E1333 hingga harga Rp 12 juta untuk jenis smart toilet E008.

  • Duty

Merek ini adalah salah satu penyedia peralatan sanitasi asli Indonesia. Tipe dan harga yang ditawarkan cukup beragam dengan fitur khusus masing – masing. Untuk informasi harga antara lain :

  • Monoblok                  : Rp 785.000
  • Siram                         : Rp 879.000
  • Monoblok kodok      : Rp 955.000
  • INA

Jika Anda ingin mencari kloset duduk dengan harga murah namun tetap berkualitas, INA adalah merek yang cocok untuk Anda. Adapun informasi harga produk ini antara lain :

  • Tipe siram      : Rp 350.000
  • Monoblok       : Rp 949.000
  • Toto

Toto merupakan merek dari produk peralatan sanitasi yang berpusat di Jepang. Harga produknya terbilang mahal karena kualitasnya selalu bagus sampai sekelas premium. Untuk informasi kisaran harganya antara lain :

  • CW633J                     : Rp 1.249.000
  • CW420J                     : Rp 1.550.000
  • CW895J                     : Rp 4.850.000
  • CW934J                     : Rp 9.718.500

Untuk mencari kloset duduk sesuai kebutuhan, Anda perlu mencari secara selektif, baik dari segi model, warna, ukuran, hingga persoalan harga. Hal yang paling penting adalah, kloset bisa berfungsi sebagaimana mestinya.