Kolam Ikan Minimalis

Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara di rumah.  Hal ini dikarenakan perawatannya yang mudah dan penempatannya yang sederhana. Jika ingin memelihara ikan, Anda hanya perlu menyiapkan kolam ikan minimalis.

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis

Perkembangan zaman membuat banyak hal berubah, termasuk desain kolam ikan. Jika dahulu Anda memelihara ikan di akuarium kecil, kini Anda dapat membuat berbagai model kolam ikan di rumah.

Masing-masing model tentu saja memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menambah estetika rumah Anda. Ingin tahu apa saja modelnya? Simak daftarnya dibawah ini:

  1. Kolam Ikan Alami
Kolam Ikan Alami
giadinh.vnexpress.net

Jika biasanya kolam ikan terbuat dari bahan-bahan modern, kali ini Anda dapat membuat kolam ikan dari bahan-bahan alami. Model kolam yang satu ini menggunakan bebatuan sebagai elemen utamanya. Anda dapat membuat kolam ini dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar.

Jika kolam yang Anda buat cukup besar, maka Anda dapat menambahkan tumbuhan atau ornamen di atas kolam.  Banyaknya tanaman hijau di sudut kolam akan menambah kesan alami dan natural.

  1. Kolam Ikan dengan Air Terjun Mini
Kolam Ikan dengan Air Terjun Mini
sanvuonadong.vn

Sudah sering disebutkan, air terjun memang mampu menambah kesan mewah pada suatu rumah. Begitu pula dengan kolam ikan yang ada air terjunnya. Meskipun Anda hanya membuat air terjun mini di sudut kolam, tapi kesan mewah dan elegan akan tetap terpancar.

Biasanya, air terjun hanya satu atau dua tingkat dengan tinggi sekitar 40-100 cm. Ukuran kolam dan air mancur dapat Anda sesuaikan dengan budget dan selera. Model kolam ikan minimalis ini sangat cocok untuk diletakkan di halaman depan atau belakang rumah.

  1. Kolam Ikan Berkelok
Kolam Ikan Berkelok
tieucanhsanvuon.net

Kesan minimalis dan indah akan langsung terpancar saat Anda melihat model kolam yang satu ini. Kolam ini sering disebut sebagai kolam sungai karena bentuknya memang menyerupai sungai yang berkelok-kelok.

Jika Anda hendak membuat kolam ini, Anda dapat mengkombinasikan bebatuan alami berwarna cerah dengan tanaman hijau yang rindang. Dibandingkan tanaman kecil, Pohon berukuran sedang atau besar lebih cocok ditanam di sekitar kolam ini.

  1. Kolam Ikan Kombinasi Kaca dan Tembok
Kolam Ikan Kombinasi Kaca dan Tembok
nextluxury.com
Kolam Ikan Kombinasi Kaca dan Tembok Mini
trendir.com

Zaman dahulu, sebagian besar pecinta ikan memelihara ikannya di dalam akuarium kaca berbentuk kotak. Akan tetapi, kini kebanyakan orang memutuskan untuk membuat kolam dibanding akuarium. Namun, bagaimana jika Anda menginginkan keduanya, tapi budget terbatas?

Baca Juga:  Carport Minimalis

Ternyata, hal ini dapat disiasati dengan membuat kolam kombinasi kaca. Model ini menggunakan batu atau beton di sekeliling kolam. Sementara itu, bagian depannya menggunakan kaca transparan.

  1. Kolam Ikan Bawah Tanah
Kolam Ikan Bawah Tanah
archdaily.com

Dari namanya saja sudah jelas terlihat bahwa kolam memiliki bagian permukaan air yang sengaja dibuat sejajar dengan lantai. Jadi, bagian dasar kolamnya jauh lebih rendah dari lantai.

Di sekeliling kolam, Anda dapat menambahkan tumbuhan hijau yang berukuran kecil hingga sedang. Model kolam ini dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi Anda yang tidak memiliki halaman atau teras rumah.

  1. Kolam Ikan Mungil
Kolam Ikan Mungil
hometalk.com

Siapa bilang jika Anda hanya bisa memiliki kolam ikan berukuran besar? Ternyata, kolam mungil di sudut rumah saja sudah dapat menambah nilai estetika.

Seperti namanya, model kolam ikan minimalis ini hanya membutuhkan lahan sempit untuk pembuatannya. Anda dapat membuatnya dengan mengkombinasikan batu di dasar kolam dengan kerikil kecil di sekelilingnya.

  1. Kolam Ikan dengan Jembatan Kayu
Kolam Ikan dengan Jembatan Kayu
matchness.com

Bagi Anda yang memiliki lahan cukup luas, Anda dapat membuat kolam ikan berbentuk segi empat. Atur kedalaman air kolam ini sekitar 50 sampai 100 cm. Setelah kolam jadi, Anda dapat menambahkan jembatan kayu di bagian tengahnya.

  1. Kolam Ikan dengan Jalan Setapak
Kolam Ikan dengan Jalan Setapak
georgianadesign.tumblr.com

Pasti Anda sudah pernah melihat model kolam yang satu ini. Sebenarnya, model ini tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Anda perlu membuat kola mikan yang lumayan luas, bisa disamping rumah atau belakang rumah Anda.

Setelah itu, tambahkan jalan setapak di atas air dengan menggunakan beton. Agar tidak terlalu polos, Anda dapat menambahkan bebatuan alami dan tanaman. Kehadiran kolam ini akan menambah kesan elegan dan klasik pada rumah Anda.

Tips Membangun Kolam Ikan Minimalis

Kolam ikan memang menjadi salah satu ornamen andalan bagi Anda yang ingin mempercantik rumah atau hobi memelihara ikan. Selain menambah estetika, memelihara ikan juga dapat menghilangkan penat dan memberikan rasa tenang.

Dalam membuat kolam ikan, tentu saja Anda tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan kenyamanan dan keamanan ikan, serta estetika dari kolam itu sendiri.

Dengan berbagai alasan, maka perlu bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips membangun kolam ikan minimalis dibawah ini. Berikut tips-tipsnya:

  • Pilih lokasi yang tepat
  • Tentukan bentuk dan ukuran kolam sesuai selera dan kebutuhan
  • Tambahkan berbagai ornamen menarik, seperti potongan bambu, air mancur, tumbuhan, hingga guci air
  • Pilih material berkualitas dan sesuaikan dengan tema kolam Anda
  • Sesuaikan jumlah ikan dengan ukuran kolam
  • Perhatikan pompa oksigen untuk memastikan ikan bernafas dengan baik
  • Lakukan perawatan dan pembersihan kolam secara rutin

Jenis Ikan yang Cocok untuk Kolam Ikan Minimalis

Namanya saja sudah kolam ikan, maka pasti ada ikan di dalamnya dong. Perlu diketahui,  tidak semua jenis ikan cocok dipelihara di kolam rumah. Sebagai contoh, jenis ikan hiu, ikan pari, ikan paus, dan lain sebagainya.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis ikan apa yang cocok untuk dipelihara di kolam ikan minimalis ala rumahan. Berikut daftar jenis ikannya:

  • Ikan Koi

Salah satu jenis ikan paling populer di Indonesia adalah ikan Koi. Jenis ikan yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan jenis ikan hias lainnya.

Ikan Koi dipercaya masyarakat sebagai simbol keberuntungan. Jadi, siapapun yang memeliharanya akan dilimpahi dengan keberuntungan dan kekayaan. Selain itu, ikan Koi juga memiliki banyak pilihan warna yang indah dan harganya pas di kantong.

  • Ikan Platy Swordtail

Selanjutnya, ada jenis ikan Swordtail. Ikan ini merupakan bagian dari ikan tropis yang juga cukup populer di Indonesia. Ciri khas ikan ini adalah warnanya yang merah menyala dengan ukuran tubuh sekitar 13 cm.

Masyarakat Indonesia mengenal ikan ini sebagai ikan pedang karena lobusnya yang panjang dan melebihi ekor. Jenis ikan ini dapat hidup di perairan apa saja, maka pemeliharaannya sangat mudah.

Agar keindahan ikan ini dapat terpancar,  sebaiknya letakkan di kolam minimalis berukuran kecil atau sedang.

  • Ikan Wakin

Pada dasarnya, ikan ini merupakan bagian dari ikan Mas Koki. Perpaduan warna merah dan putih yang melekat di tubuh Wakin membuatnya memiliki penampilan yang sangat indah. Ikan ini bergerak sangat aktif dan mudah stres, maka lebih cocok ditaruh di kolam yang luas.

  • Ikan Kumpai

Terakhir, ada jenis ikan Kumpai. Warna dasar ikan ini adalah putih silver. Namun, ada beberapa ikan Kumpai yang memiliki corak berwarna orange kekuningan.

Biasanya, ikan ini dipelihara bersamaan dengan ikan koi. Pakan utama jenis ikan ini adalah sayuran dan pelet. Anda dapat memberikan pelet sebanyak dua kali sehari. Asalkan kolam ikan rajin dibersihkan, ikan Kumpai akan bertahan lama.

Jika Anda masih menggunakan akuarium di rumah, segera ganti dengan kolam ikan minimalis. Pembuatan kolam ikan di rumah tidak serumit dan serepot kelihatannya, kok. Anda juga bisa menghadirkan kolam sederhana dengan budget yang terbatas.