Lantai Granit

Apakah Anda sedang membangun sebuah rumah impian? Membangun rumah impian perlu totalitas, baik itu tipe rumah, anggaran, pemilihan jasa pemborong, tata letak ruangan, penyediaan furniture lengkap, hingga pemilihan material bahan bangunan, seperti lantai granit.

Sebuah rumah dapat dikatakan sebagai tempat tinggal impian apabila penghuninya merasa aman dan nyaman ketika menempatinya. Kualitas material bahan bangunan harus baik agar rumah tetap kokoh, tahan lama, tidak banyak memakan biaya pemeliharaan, dan pastinya lebih terlihat elegan dan indah.

Seputar Lantai Granit

Lantai ini berasal dari bahan baku utama batu granit. Granit merupakan jenis batuan alami yang mulanya berwujud sebagai magma dan mengalami proses pembekuan oleh lingkungan. Selain itu, batu granit juga menerima tekanan tinggi oleh lapisan batuan lain dalam jangka waktu sangat lama.

Batu granit memiliki karakter warna cerah dan terdapat butiran-butiran yang sangat jelas. Batu ini memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan batu marmer karena batu granit sendiri tersusun atas mineral kuarsa, feldspar, dan jenis mineral batuan lainnya.

Batuan ini sudah sejak lama dipakai sebagai material dasar pembuat lantai. Motif indah, anti gores, dan sifatnya yang kuat cocok untuk diaplikasikan sebagai lantai hotel, gedung perkantoran, bahkan rumah tempat tinggal Anda.

Inspirasi Motif Lantai Granit

Lantai batu granit mempunyai beragam warna, desain, dan pola unik yang mampu membuat bangunan terlihat elegan, artistik dan mewah.

Penggunaan lantai batu granit menjadi salah satu pilihan karena selalu bisa memberikan kesan indah dalam interior bangunan. Lantai batu granit mempunyai beragam pilihan model dan motif yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan. Macam-macam motif tersebut adalah:

  1. Lantai Granit Motif Natural
Lantai Granit Motif Natural
mirageusa.net

Lantai batu granit motif ini cenderung alami dan polanya tidak beraturan. Kesan yang ditonjolkan mengarah ke gaya simpel dan tak banyak corak menonjol. Desain ini dapat dipadukan dengan motif dan warna lain, seperti persegi sisi luar dan warna hitam.

  1. Lantai Granit Motif Retak
Lantai Granit Motif Retak
florim.com

Desain yang satu ini terbilang unik dan menarik. Warna yang akan dipilih dapat menyesuaikan interior ruangan dan cat rumah Anda. Desain ini juga memiliki pola yang sangat natural dan elegan.

  1. Lantai Granit Motif Corak Hitam
Lantai Granit Motif Corak Hitam
archiproducts.com

Warna lantai granit putih dengan corak hitam memberikan kesan elegan, apalagi jika disandingkan bersama tembok dan furniture lain berwarna monokrom hitam dan putih.

  1. Lantai Granit Motif Sederhana
Lantai Granit Motif Sederhana
directtilewarehouse.com

Lantai motif sederhana sudah pasti dapat menjadi pengusung gaya minimalis. Lantai ini tetap terlihat menawan berkat coraknya yang halus dan smooth.

Desain ini sangat pas untuk diaplikasikan pada ruangan yang cenderung sempit karena dapat menghapus kesan ramai dan sesak.

  1. Lantai Granit Motif Corak Putih
Lantai Granit Motif Corak Putih
delconca.com

Jika ingin memasang lantai batu granit warna hitam dan tak terkesan polos, jenis lantai satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Warna hitam dengan corak putih mampu memberi kesan elegan, terlebih jika cat tembok Anda berwarna putih dan aksen furniture-nya hitam ke arah abu-abu.

  1. Lantai Granit Motif Kayu Hitam Putih
Lantai Granit Motif Kayu Hitam Putih
alistairmackintosh.co.uk

Desain ini merupakan perpaduan antara unsur klasik, natural, dan elegan. Motif kayu selalu memberi kesan klasik khas yang natural. Sementara itu, warna hitam dan putih akan memberikan kesan mewah dan elegan.

  1. Lantai Granit Motif Abstrak
Lantai Granit Motif Abstrak
weheartit.com

Pola lantai yang terlihat acak dan abstrak memang tak pernah gagal memberikan sentuhan elegan. Desain ini sangat sesuai dipadukan dengan nuansa interior glamor dan artistik.

  1. Lantai Granit Motif Abstrak Hitam Putih
Lantai Granit Motif Abstrak Hitam Putih
archinect.com

Motif lantai abstrak dengan warna corak hitam dan putih sangat sesuai, serta dapat memberi warna untuk ruangan bergaya monokrom. Penggunaan lantai ini memadukan kesan gaya elegan dan artistik.

Baca Juga:  Keramik Tangga

Kelebihan Lantai Granit

Batuan penyusun lantai satu ini sangat istimewa, kuatnya alami, dan coraknya juga natural. Jika semua karakter batuan dipadukan menjadi sebuah lantai, dapat dibayangkan berbagai kelebihan yang bisa Anda peroleh nantinya. Ingin tahu apa saja kelebihannya? Simak pada daftar dibawah ini:

  • Memberikan Kesan Elegan

Setiap bangunan yang menggunakan lantai batu granit pasti akan terlihat lebih menawan dan elegan. Hal ini dikarenakan lantai batu granit merupakan jenis lantai premium yang ada di pasaran.

  • Tidak Mudah Pudar

Banyak dijumpai, lantai suatu bangunan atau lantai di rumah sendiri warna dan coraknya mulai hilang dan memudar. Hal ini terjadi akibat lantai sering terpapar sinar matahari. Berbeda dengan lantai batu granit, warna dan corak cenderung awet dan tak mudah pudar.

  • Dingin di Kaki

Indonesia termasuk negara tropis yang panasnya bukan main. Penggunaan lantai granit dapat memberikan hawa sejuk dalam bangunan. Batu granit memiliki pori-pori yang dapat menyerap suhu dingin pada udara seperti AC, sehingga memberikan sensasi dingin saat menyentuh kaki.

  • Kuat dan Tahan Lama

Batu granit merupakan batuan yang lebih keras dari marmer. Sebagaimana berasal dari lingkungan bertekanan ekstrim, karakter batuan ini terbukti sangat kuat dan awet dijadikan material bangunan berupa lantai.

  • Anti Gores dan Anti Noda

Sifat lantai seperti ini sangat sesuai untuk diaplikasikan pada bangunan yang sering dipakai untuk lalu lalang atau pada ruangan dengan fungsi mobilitas tinggi, seperti lobi, ruangan bermain anak, dan bagian depan bangunan.

Lantai batu granit juga bersifat anti noda dan mudah dibersihkan. Sangat cocok digunakan sebagai lantai dapur atau tempat lainnya yang berpotensi menciptakan noda pada lantai.

Ukuran dan Kisaran Harga Lantai Granit

Pemilihan lantai perlu menyesuaikan kebutuhan dan pertimbangan sebelum dipasang dalam suatu bangunan, mulai dari desain, tekstur, pola, ukuran, dan harga. Berikut adalah informasi ukuran dan harga lantai batu granit yang dapat dijadikan sebagai referensi:

Jenis dan UkuranKisaran Harga
Matt snow 40 x 40 m2Rp 250.650
Matt ivory 30 x 60 m2 Rp 250.650
Matt shade 60 x 60 m2Rp 169.650
Matt laterite 40 x 40 m2 Rp 189.650
Lappato ocra 40 x 40 m2  Rp 209.650
Structured bianco 30 x 60 m2 Rp 188.650

Berniat membangun rumah impian memang perlu rencana matang dari segala aspek. Urusan material bangunan juga dapat Anda percayakan kepada penyedia kredibel yang dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.

Sekian artikel terkait lantai granit, semoga bermanfaat ya!