Ruang Baca Minimalis di Rumah

Membaca memang bisa di mana saja, namun akan lebih nyaman kalau terdapat area khusus. Tidak ada salahnya memanfaatkan spot di dalam rumah sebagai ruang baca yang rapi, bersih, dan enak dipandang. Dengan begitu, Anda bisa berlama-lama membaca dan menyimpan koleksi buku favorit.

Jenis Furnitur yang Cocok untuk Ruang Baca

Menyulap salah satu sudut rumah sebagai ruangan khusus membaca pasti akan sangat menyenangkan. Anda dapat menata area tersebut menggunakan beberapa furnitur yang menunjang. Tidak perlu banyak dan mahal karena yang terpenting adalah nilai kegunaannya.

Kira-kira apa saja perabot yang cocok untuk sebuah area baca di dalam rumah? Berikut rekomendasinya:

  1. Rak dan Meja Tempel
Ruang Baca dengan Rak dan Meja Tempel
livspace.com

Ruang untuk membaca tidak harus luas. Anda dapat memanfaatkan sudut ruangan yang cenderung sempit. Triknya, gunakanlah rak tempel sehingga dinding dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Model rak tempel tanpa braket sangat ideal Anda pilih karena menyediakan space yang lebih banyak untuk menyimpan buku. Selain itu, tampilan rak tersebut lebih modern dan simple.

Meja tempel menjadi kombinasi yang serasi. Bagian bawah meja yang tidak dilengkapi kaki penyangga membuat tampilannya terkesan ringan. Anda juga bisa memiliki ruang yang lebih longgar untuk menyimpan kursi di bawahnya saat sedang tidak dipakai.

  1. Rak Susun

Penggunaan rak susun untuk ruang baca merupakan keputusan yang tepat apabila spot yang Anda tempati cukup luas. Pilihan modelnya ada 2 yakni rak susun yang memanjang vertikal dan horizontal.

Pada gambar di bawah, model yang dipakai adalah rak susun yang memanjang horizontal. Keuntungannya, Anda dapat menjangkau semua bagian rak buku dan bagian atas rak dapat dimanfaatkan untuk meletakkan hiasan.

Ruang Baca dengan Rak Susun
housemixblog.com

Menggunakan rak susun yang memanjang vertikal pun tidak masalah. Hanya saja, Anda membutuhkan bantuan tangga geser atau kotak untuk meraih buku di bagian rak paling atas.

Pada umumnya, rak susun dibuat bersekat-sekat. Pilihan yang cocok apabila Anda ingin mengelompokkan sesuai kategori tertentu dengan buku lebih mudah.

  1. Rak Multifungsi

Selain rak susun, menggunakan rak multifungsi juga ide yang brilian untuk sebuah area baca. Alasannya, rak multifungsi dapat dijadikan untuk menyimpan buku sekaligus tempat duduk untuk membaca buku. Coba perhatikan gambar berikut ini:

Ruang Baca dengan Rak Multifungsi
bobvila.com

Konsep spot baca tersebut sangat unik dan minimalis. Anda hanya membutuhkan satu sisi dalam ruangan yakni dekat dengan jendela. Dengan begitu, pencahayaan selama siang hari tercukupi oleh sinar matahari.

Rak yang dipakai langsung menyatu dengan dinding sehingga menghemat space. Terdapat sekat-sekat untuk menyimpan buku dan lemari kecil pada bagian bawah. Menariknya lagi, ada rongga di bagian tengah yang bisa Anda manfaatkan sebagai sofa. Multifungsi sekali, bukan?

Apabila Anda ingin memiliki tempat duduk yang lebih luas, maka dapat menggunakan gambar berikut sebagai referensi.

Ruang Baca dengan Rak Tempel Besar
ariyonainterior.com

Model raknya memanjang ke atas sehingga tidak terlalu membutuhkan banyak ruang. Selain itu, bagian tempat duduknya lebih panjang, sehingga Anda bisa lebih leluasa bergerak selama membaca.

Terlebih, pemandangan dari jendela kaca yang lebar bisa menjadi objek pencuci mata setelah menenggelamkan diri dalam bacaan favorit.

  1. Rak Built-in

Memaksimalkan fungsi dinding untuk menghadirkan area baca bisa dilakukan dengan memasang rak built-in. Model rak tersebut langsung tertanam dalam dinding alias menjorok ke dalam. Dengan begitu, tidak ada space yang dibutuhkan untuk menaruh rak buku.

Ruang Baca dengan Rak Built In
luxesource.com

Gambar tersebut merupakan contoh dari rak built-in yang memanfaatkan sudut ruangan. Area baca terkesan lebih luas dan rapi sehingga nyaman ditempati. Model raknya tidak bersekat sehingga bisa memuat lebih banyak buku.

  1. Meja Bundar Kecil

Furnitur lain yang cocok untuk area baca di rumah adalah meja bundar yang berukuran kecil. Anda dapat memilih meja yang terbuat dari kayu maupun bahan lain. Dengan ukurannya yang mini, ruang untuk membaca tidak terlihat sesak.

Ruang Baca dengan Meja Bundar Kecil
apartmenttherapy.com

Selain itu, meja yang berukuran kecil juga lebih mudah dipindahkan. Apabila sedang tidak dipakai, maka Anda bisa menyimpannya di sisi lain atau memindahkannya di spot yang lebih mudah dijangkau.

Fungsi meja kecil di area baca cukup banyak. Misalnya, sebagai tempat meletakkan buku yang sedang dibaca, meletakkan minuman, dan memajang vas bunga atau pot tanaman hijau mungil agar ruangan lebih segar.

  1. Single Sofa dengan Sandaran Kaki

Menghadirkan sofa empuk lengkap dengan sandaran kaki di ruang baca merupakan hal yang wajib. Sebab, membaca sambil duduk jauh lebih nyaman dan aman dibanding membaca sambil tiduran di karpet.

Apabila spot baca yang Anda miliki tergolong sempit, maka pilihlah model single sofa. Jangan lupa lengkapi juga dengan bantal untuk menambah kenyamanan selama melahap buku kesukaan. Inspirasinya bisa Anda intip dari gambar di bawah ini:

Ruang Baca dengan Single Sofa Sandaran Kaki
futuristarchitecture.com
  1. Sofa Bed Mini

Bagi yang kurang cocok dengan sandaran kaki yang terpisah, maka model sofa bed mini merupakan alternatif terbaik. Bentuknya menyerupai single bed namun lebih pendek. Gambarannya sebagai berikut:

Ruang Baca dengan Sofa Bed Mini
planete-deco.fr

Sudah bisa dibayangkan betapa nyamannya duduk di sofa tersebut, kan? Anda tidak perlu menyesuaikan jarak antara sofa dengan kursi sandaran kaki, karena bentuk sofa tersebut sudah memanjang dan tidak terpisah.

Jangan lupa tambahkan bantal dan selimut lembut demi kenyamanan yang lebih. Kalau sedang bosan tidur di kamar, Anda dapat memanfaatkan sofa mini tersebut sebagai kasur. Jadi multifungsi, deh!

  1. Kursi Kayu

Sofa yang empuk memang menggoda namun kesan klasik dan vintage yang dimunculkan kursi kayu juga tidak kalah menarik. Demi kenyamanan, lebih baik pilihlah kursi yang dilengkapi sandaran punggung dan lengan seperti pada gambar berikut:

Ruang Baca dengan Kursi Kayu Simple
lekkerhome.com

Model kursi kayu cocok apabila Anda tidak suka berdiam di satu tempat saat membaca. Bisa jadi, Anda lebih nyaman berubah posisi dari semula duduk ke posisi lesehan di lantai. Bentuk kursi yang ramping dan ringan tentu lebih mudah dipindah di manapun sesuai keinginan.

  1. Lampu

Pencahayaan tambahan dari lampu di area baca sangat penting, terutama pada malam hari. Selain itu, area baca tanpa sinar yang cukup selama siang hari juga butuh kehadiran lampu.

Terdapat berbagai model lampu baca yang dapat Anda pilih. Mulai dari lampu meja, lampu duduk lampu tempel hingga lampu gantung. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda selama membaca.

Ruang Baca dengan Rak Tempel dan Lampu Baca Unik
essentialhome.eu

Pada gambar tersebut, lampu duduk dengan model yang menjuntai merupakan pilihan yang ideal untuk sebuah spot baca. Anda dapat dengan mudah memposisikan lampu sesuai keinginan sehingga tulisan di buku terbaca jelas.

Tips Membuat Ruang Baca yang Nyaman di Rumah

Setelah mengetahui jenis furnitur yang cocok, saatnya Anda memperhatikan beberapa tips untuk menciptakan sebuah area baca yang nyaman di dalam rumah. Berikut penjelasannya:

  1. Manfaatkan Bagian Ruangan yang Tersembunyi

Ruang khusus untuk membaca yang memiliki suasana tenang pasti lebih Anda sukai, bukan? Maka dari itu, usahakan untuk memilih ruangan yang tidak terpakai dan tersembunyi. Salah satunya adalah bagian bawah tangga seperti gambar berikut:

Ruang Baca Bawah Tangga
buzzfeed.com

Area tersebut tersembunyi karena tidak banyak orang yang sengaja menggunakannya untuk beraktivitas dalam keseharian. Malah, bagian bawah tangga terkesan diabaikan sehingga cocok disulap menjadi area baca yang tenang dan super cozy.

Maksimalkan ruang yang sempit tersebut dengan rak multifungsi maupun rak tempel. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan banyak space lantai untuk menaruh perabot.

  1. Perhatikan Pencahayaan pada Ruangan

Pencahayaan yang cukup membuat area baca terasa nyaman. Oleh sebab itu, usahakan untuk memilih ruangan yang dekat dengan jendela sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari.

Apabila spot baca tidak dekat jendela, maka pastikan memasang lampu yang tingkat kecerahannya pas untuk mata Anda. Sebab, lampu yang terlalu terkadang membuat mata terasa sakit.

  1. Pertimbangkan Jumlah Buku yang Anda Punya

Jumlah buku berpengaruh pada penataan area baca. Apabila Anda memiliki buku yang banyak, sebaiknya gunakan model rak susun yang memanjang ke atas. Rak model tersebut mampu memuat banyak buku tanpa memakan banyak tempat.

Sedangkan jumlah buku yang sedikit, cukup gunakan rak susun biasa atau rak tempel tanpa sekat.

  1. Tambahkan Sentuhan Alam pada Area Baca

Ruang baca yang nyaman dapat Anda buat dengan menambahkan tanaman hidup di dalamnya. Sentuhan alam tersebut memberikan kesegaran pada ruangan sehingga Anda lebih betah berlama-lama membaca.

Bagi pemilik hobi membaca, wajib memiliki area khusus untuk menenggelamkan diri dalam buku-buku favorit. Tidak perlu area yang luas karena sudut kecil ruangan pun bisa disulap sebagai spot baca yang nyaman asalkan Anda menggunakan furnitur yang tepat.