Ruang Keluarga Minimalis

Rumah merupakan tempat bernaung bagi seluruh anggota keluarga. Karena ditempati oleh satu atau beberapa keluarga, rumah sebaiknya memiliki ruang keluarga. Ingin tahu lebih lanjut mengenai ruang keluarga minimalis? Simak penjelasannya dibawah ini:

11 Inspirasi Desain Konsep Ruang Keluarga Minimalis

Seiring dengan perkembangan zaman, konsep ruang keluarga kian berubah. Jika dulunya ruang keluarga tidak memiliki konsep yang jelas, kini ada banyak sekali konsep ruang keluarga yang bermunculan. Berikut daftarnya:

  1. Ruang Keluarga Sederhana
Ruang Keluarga Sederhana
honeywerehome.com
Ruang Keluarga Sederhana Minimalis
thecottagemarket.com
Ruang Keluarga Sederhana Simple
myscandinavianhome.com

Salah satu pilihan terbaik adalah konsep ruang keluarga sederhana. Pada dasarnya, konsep ini sama seperti ruang keluarga pada umumnya yang terdiri dari sofa, karpet, meja, dan beberapa hiasan.

Akan tetapi, konsep ini hanya menggunakan perpaduan dua atau tiga warna netral, seperti hitam, putih, coklat, krem, dan abu-abu. Konsep ruang keluarga ini umumnya masih menggunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan.

  1. Ruang Keluarga Gaya Klasik
Ruang Keluarga Gaya Klasik
aesthetecurator.com

Pernahkah Anda membayangkan konsep ruang keluarga yang santai, bersih, dan seperti di luar negeri? Tak perlu jauh-jauh, Anda dapat membuat ruang keluarga bergaya klasik untuk menghadirkan semua kesan itu.

Ruang keluarga ini dilengkapi dengan berbagai furniture yang unik, mulai dari karpet, kipas angin, hingga sofa. Gaya klasik akan lebih terpancar jika Anda membuat tungku api di bawah televisi.

  1. Ruang Keluarga Modern
Ruang Keluarga Modern
homestolove.com.au
Ruang Keluarga Modern Meja Kayu Bundar
globewest.com.au

Berbeda dari ruang keluarga sederhana, ruang keluarga modern mengusung konsep yang lebih colorful. Anda dapat memadukan berbagai warna kontras untuk menciptakan kesan dinamis.

Biasanya, konsep ruang keluarga ini digunakan pada rumah yang areanya cukup luas. Agar lebih eye catching, Anda bisa menambahkan ornamen unik, seperti lukisan estetik yang sedang trend, kursi bulat, rak minimalis, dan lain sebagainya.

  1. Ruang Keluarga Mungil
Ruang Keluarga Mungil
parkergwen.com

Konsep ruang keluarga minimalis selanjutnya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada konsep lainnya. Jika biasanya ruang keluarga memakan cukup banyak tempat di rumah Anda, konsep yang satu ini hanya membutuhkan sedikit sudut ruangan.

Ruang keluarga ini hanya menggunakan satu sofa bundar berukuran besar yang dapat menampung 3 – 4 orang. Dilengkapi dengan meja bundar kecil dan jendela besar di belakangnya, ruang keluarga ini terlihat sangat nyaman.

  1. Ruang Keluarga Gaya Eklektik
Ruang Keluarga Gaya Eklektik
pinterest.com

Ternyata, gaya eklektik juga dapat membuat ruang keluarga Anda terlihat sangat elegan. Selain kesan elegan, gaya ini juga dapat membuat ruang keluarga terasa luas dan lapang.

Anda dapat menggunakan kursi atau sofa dengan berbagai warna dan motif yang nyeleneh. Tambahkan pula karpet unik dan dekorasi ruang keluarga bernuansa eksotis.

  1. Ruang Keluarga Gaya Bohemian Modern
Ruang Keluarga Gaya Bohemian Modern
mommythrives.com

Selanjutnya, Anda dapat mengaplikasikan konsep bohemian modern. Konsep ini sangat cocok bagi keluarga baru yang masih penuh semangat dan ceria.  Untuk membuat konsep ini, Anda dapat memilih warna-warna yang cerah.

Biasanya, ruang keluarga bergaya bohemian memiliki karpet rumbai, bantal warna-warni, permadani, hingga keranjang bulu sintetis.

  1. Ruang Keluarga Gaya Skandinavia
Ruang Keluarga Gaya Skandinavia
zocohome.com

Di era modern ini, siapa sih yang tidak tahu gaya skandinavia? Tidak hanya di ruang keluarga, Anda dapat mengaplikasikan konsep ini di seluruh bagian rumah Anda.

Gaya skandinavia sangat cocok untuk diaplikasikan di ruangan mungil karena penggunaan furniture yang alami dan sederhana. Secara umum, gaya skandinavia memadukan warna putih dan furniture kayu agar terkesan lebih homey.

  1. Ruang Keluarga Gaya Retro
Ruang Keluarga Gaya Retro
stylecurator.com.au

Seiring dengan perkembangan zaman, gaya retro mulai diminati masyarakat Indonesia. Konsep ini sangat cocok bagi Anda yang ingin terlihat eksentrik. Untuk membuat ruang keluarga bergaya retro, Anda dapat menggunakan warna-warna kontras dan memilih dekorasi pop art.

Agar kesan retronya semakin kuat, Anda dapat memilih perabotan yang antik khas vintage. Konsep ruang keluarga ini akan memberikan kesan eksentrik dan unik pada siapapun yang berada di dalamnya.

Inspirasi Perpaduan Warna Ruang Keluarga

Mengetahui model ruang keluarga minimalis saja rasanya masih belum cukup. Anda juga harus mengetahui perpaduan warna yang pas agar nilai estetika dapat terpenuhi. Berikut contoh perpaduan warna untuk ruang keluarga:

  • Abu-abu dan Putih

Perpaduan warna abu-abu dan putih dapat menghadirkan konsep back to basic. Meskipun beresiko membuat suasana jadi monoton, tapi hal ini dapat disiasati dengan suatu cara. Caranya adalah dengan menggunakan teknik cat yang unik.

Kesan luas dan elegan akan terpancar jika Anda menggunakan perpaduan warna ini. Apalagi, jika Anda menggunakan pola cat vertikal. Ruang keluarga akan terlihat jauh lebih tinggi dan megah.

  • Krem dan Coklat

Bagi Anda yang menyukai furniture kayu, menggunakan perpaduan warna cat coklat dan krem pada ruang keluarga merupakan pilihan terbaik. Kehadiran dua warna ini akan membuat ruang keluarga terkesan alami, hangat, dan harmonis.

  • Hitam dan Putih

Warna monokrom merupakan perpaduan warna yang paling basic. Dapat dibilang, perpaduan warna  ini sangat cocok digunakan untuk semua ruangan, termasuk ruang keluarga minimalis. Komposisi warna hitam dan putih yang seimbang akan menghasilkan kesan elegan dan minimalis.

  • Hijau Tua dan Hijau Terang

Tak melulu warna-warna netral, Anda juga bisa tampil out of the box dengan memilih warna hijau tua dan hijau terang. Kedua warna ini dapat membuat ruang keluarga terasa nyaman.

Namun, sebaiknya jangan memberikan pencahayaan secara berlebihan agar warnanya tetap eye catching dan tidak redup.

  • Pink dan Biru Pastel

Warna-warna pastel memang tidak pernah gagal untuk menghadirkan suasana yang manis. Untuk menghindari kesan pucat, Anda dapat memadukan warna pastel dengan furniture berwarna senada.

  • Abu-abu dan Hijau Kelabu

Jika Anda ingin ruang keluarga terasa lembut dan enak dilihat, Anda dapat memadukan warna abu-abu dan hijau kelabu. Kombinasi warna yang pas akan membuat ruang keluarga terkesan sejuk dan elegan.

  • Coklat Emas dan Biru Navy

Terakhir, Anda dapat mengkombinasikan warna coklat emas dan biru navy. Perpaduan dua warna yang bertolak belakang ini akan menghadirkan kesan elegan dan berkelas. Selain itu, ruang keluarga akan terlihat lebih minimalis dan modern.

Dekorasi Interior Ruang Keluarga

Keindahan ruang keluarga minimalis tidak akan lengkap jika hanya ada sofa dan meja. Untuk itu, Anda perlu menambahkan beberapa ornamen atau dekorasi tambahan. Selain menambah nilai estetika dari ruang keluarga, kehadiran dekorasi dapat menyemarakkan suasana.

Ada banyak sekali jenis dekorasi yang bisa Anda gunakan. Tak perlu bingung, Anda dapat menjadikan beberapa ornamen ini sebagai referensi:

  • Karpet bulu dengan warna yang senada dengan konsep untuk memberikan kesan akrab
  • Lampu sebagai penerangan sekaligus pemberi kesan hangat dan akrab
  • Gorden warna senada untuk menyemarakkan suasana ruang keluarga
  • Benda kenangan, seperti patung, pajangan, dan lain sebagainya
  • Koleksi buku pelajaran, novel, majalah, katalog, dan lain-lain sebagai pajangan
  • Aneka bunga dan tanaman untuk menambah kesan alami
  • Aromaterapi untuk menambah keharuman ruangan
  • Foto keluarga untuk menciptakan kesan harmonis
  • Lukisan untuk memperindah ruang keluarga
  • Kaca minimalis dengan bentuk yang unik

Meskipun Anda sudah membuat ruang keluarga minimalis sebagus mungkin, Anda tetap perlu melakukan perawatan dengan maksimal. Jika tidak, ruang keluarga akan terlihat usang dan tidak menarik lagi. Ciptakan kenyamanan dan kehangatan di rumah Anda dengan konsep ruang keluarga yang minimalis, ya!