Desain Tempat Cuci Baju Manual

Desain tempat cuci baju manual harus benar-benar dipikirkan dengan baik, khususnya untuk mereka yang ingin membangun rumah minimalis. Tempat ini bisa digunakan untuk mencuci baju yang digunakan setiap hari tanpa perlu menggunakan mesin cuci.

Karena tempat cuci ini harus dekat dengan kran air serta saluran pembuangan yang baik. Pembuatannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Itulah kenapa Anda harus memperhatikan ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana tips membuat tempat untuk cuci baju manual.

Tips Membuat Desain Tempat Cuci Baju Manual

Apabila ingin membuat desain tempat cuci baju manual. Ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini agar tidak melakukan kesalahan:

  • Perhatikan Ukuran Ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika membuat desain ruangan untuk tempat cuci baju manual adalah ukuran dari ruangan itu. Biasanya, ukuran yang digunakan memang tidak terlalu lebar dibandingkan dengan tempat untuk mandi atau tempat untuk aktivitas lainnya.

Tetapi, usahakan untuk membuat desain yang cukup lebar untuk memudahkan proses mencuci dan juga melakukan aktivitas. Apalagi mencuci secara manual biasanya sedikit sulit untuk dilakukan dan membutuhkan ruang gerak yang besar.

Jadi buat ruangan secara mandiri untuk tempat mencuci ini. Selain itu, letakkan juga di bagian luar dari ruangan utama untuk memudahkan proses mencuci hingga melakukan penjemuran.

  • Pakai Lantai yang Kasar

Apabila ingin membuat ruangan untuk tempat cuci baju secara manual, ada baiknya untuk memperhatikan lantai yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan lantai yang tidak terlalu licin atau bisa juga langsung memakai lantai yang kasar.

Ada banyak sekali jenis porselen yang kasar sehingga meski terkena deterjen sekalipun tidak akan mengalami selip. Jadi tetap aman apabila mencuci dengan jumlah banyak meski deterjen tercecer ke bagian kaki dan tangan.

  • Pertimbangkan Memisah Ruangan

Selalu pertimbangkan untuk memisah ruangan utama seperti kamar mandi dengan tempat untuk mencuci baju. Beberapa orang biasanya menjadikan ruangan kamar mandi menjadi satu dengan ruangan untuk mencuci sehingga sering sekali terpeleset.

Apapun yang terjadi, selalu pisah ruangan tersebut sehingga tidak akan menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan. Apalagi proses mencuci bisa saja dilakukan setiap hari atau ketika selesai bekerja.

  • Bisa Didekatkan dengan Mesin Cuci

Beberapa orang sering menjadikan mesin cuci dengan ruangan untuk mencuci secara manual dalam satu ruangan yang sama. Apabila hal ini dilakukan, pastikan untuk tidak membuat mesin cuci berada di dalam genangan.

Jadi letakkan mesin cuci sedikit lebih ke atas sehingga ketika akan mencuci secara manual di bagian bawah tidak akan menyebabkan masalah atau kerusakan pada mesin.

Penempatan Kran & Saluran Air

Ketika membuat tempat cuci baju manual, peletakan dari kran air dan juga saluran sangat penting untuk diperhatikan. Perhatikan beberapa hal dibawah ini:

  • Kran di Bagian Pinggir atau Tengah

Kran harus diletakkan di bagian pinggir atau tengah untuk memudahkan proses pengambilan air. Apabila diletakkan bagian pinggir harus ditambahkan dengan selang air yang panjang. Jika di bagian tengah bisa langsung dipakai untuk menampung air pada tempat cuci.

  • Saluran Lebar

Saluran air di bagian bawah harus dibuat menjadi lebar untuk memudahkan proses pembuangan. Jadi pembuangan bisa berjalan dengan lancar tanpa menyebabkan genangan yang sangat berbahaya apabila dibiarkan, apalagi jika terdapat banyak sekali busa.

  • Saluran Terhubung ke Pembuangan

Saluran air harus terhubung secara langsung ke pembuangan. Hal ini lakukan agar air tidak menggenang di area tempat mencuci dan menyebabkan pakaian bersih terkena kotoran.

Selain itu, air bekas mencuci yang terlalu menggenang juga menyebabkan lantai menjadi mudah licin. Jadi begitu membuang air, harus langsung menuju ke saluran.

Inspirasi Desain Tempat Cuci Baju Manual

Inspirasi desain tempat cuci baju manual bisa disimak di bawah ini. Dari desain ini, Anda bisa mengambil inspirasi apakah akan menggunakan tema itu atau bisa memodifikasinya.

Desain Tempat Cuci Baju Manual Model Klasik
pinterest.com

Tempat cuci baju manual ini berada di bagian luar dan bagian atasnya terdapat genteng kaca. Di samping kiri dan kanan terdapat beberapa tanaman dan kran terletak di bagian tengah.

Dari gambar ini juga terlihat di bagian samping terdapat mesin cuci, apabila ingin melakukan pencucian secara otomatis. Sementara itu, lantai untuk tempat kran juga terbuat dari bahan yang tidak mudah licin.

Desain Tempat Cuci Baju Manual Luas
pinterest.com

Tempat cuci baju manual ini hampir mirip sekali dengan kamar mandi. Hanya saja di bagian tengah terdapat tempat untuk menggosok dan lantai di bagian bawah juga terbuat dari porselen yang licin.

Kran juga diletakkan di bagian sebelah tengah sehingga memudahkan proses ketika mencuci. Area ini juga bisa dipakai untuk mengambil air wudhu untuk mereka yang muslim.

Desain Tempat Cuci Baju Manual Gaya Modern
pinterest.com

Tempat cuci baju manual ini sebenarnya bisa difungsikan menjadi 2 hal. Pertama digunakan sebagai tempat mandi karena sudah tersedia shower dan di bagian sampingnya juga terdapat meja penyimpanan.

Sementara itu, di bagian bawah juga terdapat tempat untuk menahan air agar tidak tercecer. Jadi cocok sekali untuk mencuci apabila dalam kondisi darurat.

Desain tempat cuci baju manual harus dibuat dengan baik untuk menghindari adanya air yang tercemar kemana-mana. Apalagi bagian ini juga cenderung lebih licin karena deterjen yang digunakan akan membuat lantai menjadi lebih mudah selip apabila digunakan untuk berjalan.

Itulah kenapa tempat untuk mencuci baju ini biasanya menggunakan lantai yang lebih kasar sehingga ketika dipakai untuk berjalan tidak akan licin. Selain itu, bagian dari lantai juga harus terhubung langsung dengan saluran pembuangan air agar lebih mudah ketika melakukan proses mencuci.