Ruang Tamu Lesehan Minimalis

Terkadang ruang tamu menjadi terbatas karena terlalu formal dengan adanya kursi dan meja. Padahal tujuannya adalah membuat suasana tambah akrab. Mengusung konsep desain ruang tamu lesehan bisa menjadi ide yang boleh ditiru untuk mencapai kembali tujuan tersebut.

Tak sekedar itu saja, faktor kenyamanan dan upaya untuk memaksimalkan penataan ruang minimalis menjadi alasan sekaligus solusi mengapa ruang tamu lesehan ini patut untuk diterapkan. Jika tertarik, ulasan seputar ruang tamu lesehan dengan beberapa variasi desain ini bisa menjadi inspirasi.

Inspirasi Desain Ruang Tamu Lesehan

Memiliki ruang tamu ala lesehan memang mampu menjadi daya tarik tersendiri dan membuat suasana berkumpul lebih homely. Jika mengalami kesulitan ide dan tantangan karena area yang mungkin terbatas, sederet variasi desain untuk ruang tamu lesehan di bawah ini cukup menarik untuk ditiru:

  1. Ruang Tamu Lesehan Bertema Monokrom dengan Bean Bag
Ruang Tamu Lesehan Bertema Monokrom dengan Bean Bag
mydomaine.com

Jika tertarik untuk mengangkat tema monokrom dengan desain ruang tamu lesehan bergaya modern serta kekinian, maka pemilihan bean bag cocok untuk diterapkan. Bean bag ini memiliki fungsi yang sama sebagai pengganti bantal duduk yang empuk.

Keberadaan bean bag menjadikan ruang tamu tampak simple dan menambah kesan minimalis modern. Semakin manis, jika bean bag dapat dipadukan dengan tambahan karpet yang berwarna senada dengan gorden.

  1. Ruang Tamu Lesehan Sederhana dengan Floor Sofa
Ruang Tamu Lesehan Sederhana dengan Floor Sofa
archiproducts.com

Memiliki dasar desain ruang tamu dengan pilihan warna monokrom, dapat diramaikan dengan adanya floor sofa warna-warni yang akan membuat penampilan ruang tamu lebih mencolok dan menarik.

Selain itu, tambahan bantal kecil yang empuk serta karpet yang lembut akan semakin memberikan kenyamanan untuk bersantai di ruang tamu ini. Adanya tambahan lampu gantung yang menerangi tepat di atas ruang tamu lesehan ini, semakin menghangatkan suasana.

  1. Ruang Tamu Lesehan Bergaya Bohemian
Ruang Tamu Lesehan Bergaya Bohemian
trendir.com

Ingin membuat desain ruang tamu lesehan yang jauh dari kesan membosankan? Cobalah untuk menerapkan gaya khas Bohemian yang asik ini. Dikatakan asik, karena dengan gaya ini eksplor kreativitas melalui pemilihan warna yang cukup random bisa dilakukan.

Jika fokus dengan satu tema tampak membuat suasana menjadi monoton, maka memainkan beberapa warna mungkin dapat membuat ruang tamu lesehan terlihat lebih atraktif, tak bosan dipandang, hingga memancarkan aura yang seru.

  1. Ruang Tamu Lesehan Sofa Bed
Ruang Tamu Lesehan Sofa Bed
engineeringbasic.com

Konsep desain ruang tamu lesehan dapat menjadi pilihan untuk rumah dengan area ruangan yang terbatas. Jika perabotan seperti sofa terlalu memakan tempat, maka sofa bed dapat menjadi solusi alternatif yang pas.

Baca Juga:  Karpet Lantai

Tambahan bantal empuk dan juga karpet berbulu halus membuat ruang tamu ini dapat difungsikan sekaligus sebagai ruang baca yang nyaman.

  1. Ruang Tamu Lesehan Dominasi Warna Abu-Abu
Ruang Tamu Lesehan Dominasi Warna Abu-Abu
id.pinterest.com/GeorgeCiobanu0510

Salah satu cara untuk membuat ruang tamu terkesan sangat luas adalah dengan tidak perlu memakai banyak warna dan cukup berfokus pada satu warna saja misalnya abu-abu. Abu-abu dipilih sebagai warna yang netral dan soft, sehingga dapat memancarkan aura yang nyaman.

Tambahan bantal besar empuk dengan karpet yang berbahan dan berwarna senada dengan sofa bed, plus adanya meja kayu di tengah dengan ukuran papan meja sepadan dengan luasnya ruang tamu lesehan, menjadi perpaduan yang begitu pas.

  1. Ruang Tamu Lesehan dengan Karpet Lantai
Ruang Tamu Lesehan dengan Karpet Lantai
urbanoutfitters.com

Karpet lantai dengan bulu yang halus akan membuat kaki terasa nyaman saat menginjak ruang tamu lesehan. Pemilihan karpet yang bisa disenadakan dengan gorden maupun sarung bantal, semakin menambahkan kesan mewah nan elegan.

Jika sudah tersedia sofa dan bantal yang empuk, tambahan elemen dekorasi dari tanaman hias dapat membuat suasana bertambah asri, serta hiasan dinding mampu menjadi pelengkap agar ruang tamu menjadi semakin estetik.

  1. Ruang Tamu Lesehan Mungil
Ruang Tamu Lesehan Mungil
apartmenttherapy.com

Demi memberikan kesan yang unik, ide membuat desain ruang tamu lesehan dengan perabotan serba mungil mungkin bisa menjadi salah satu referensi menarik yang boleh dicoba. Perabotan mungil akan memberikan kesan luas pada ruangan Anda.

Jika sewaktu-waktu bosan, ruang tamu bisa ditata ulang sehingga lebih dapat melakukan eksplor dari kreativitas yang dimiliki, karena perabotan yang kecil ini cukup ringan dan dapat dipindahkan dengan sangat mudah.

  1. Ruang Tamu Lesehan Bergaya Artistik
Ruang Tamu Lesehan Bergaya Artistik
aphrochic.com

Bagi yang menyukai hal-hal berbau seni, memiliki ruang tamu dengan tambahan sentuhan nilai artistik patut untuk dicoba. Memilih floor sofa dengan desain jahitan menyerupai kasur merupakan sebuah kreativitas seni tersendiri.

Tanpa adanya karpet, lantai kayu berpadu dengan dinding bebatuan sudah dapat membuat ruang tamu lesehan ini menjadi adem. Tambahan dekorasi lainnya seperti lukisan hingga alat musik yang sengaja di pajang dapat memperkaya nilai artistik.

  1. Ruang Tamu Lesehan yang Cozy dengan Bean Bag
Ruang Tamu Lesehan yang Cozy dengan Bean Bag
domino.com

Jika tak ada karpet dan tak harus memakai kursi, maka bean bag sebagai alas duduk yang empuk ini akan membuat ruang tamu semakin cozy.

Baca Juga:  Meja Setrika

Penempatan dua kursi bean bag dan satu meja ini, menjadikan identitas bahwa ruang tamu ini dapat digunakan sebagai tempat untuk menyambut tamu secara privasi.

Tips Membuat Model Ruang Tamu Lesehan Minimalis

Pada dasarnya, prinsip menata ruang tamu lesehan tidak berbeda jauh dengan ruang tamu dengan kursi. Namun, penentuan letak dan semua komponen yang diperlukan memang harus dipertimbangkan untuk mendapat kenyamanan. Berikut ini beberapa tips dalam membuat model ruang tamu lesehan minimalis:

  1. Menentukan Konsep Ruangan yang Sesuai

Dikarenakan ruang tamu lesehan yang akan ditempati terbatas, sebaiknya gunakan konsep ruang minimalis atau konsep lainnya yang sekiranya cocok misalnya seperti konsep ruang tamu lesehan ala Jepang atau bisa juga ala India.

  1. Memilih Karpet untuk Alas Duduk yang Nyaman

Tips kedua dalam membuat model ruang tamu lesehan dengan space yang minimalis adalah memilih karpet yang cukup nyaman dipakai sebagai alas duduk dan mudah dibersihkan, karena ditempatkan di bawah membuatnya rentan terkena kotoran.

  1. Menggunakan Perabotan Kecil

Selain karpet, memilih penggunaan meja tengah dengan ukuran kecil dan tidak terlalu tinggi juga disarankan. Desain mejanya disesuaikan dengan konsep minimalis bisa menjadi ide yang bisa ditiru.

Selain meja, penggunaan floor sofa dan bantal kecil seperti ide desain ruang tamu untuk lesehan dengan konsep mungil di atas, bisa menjadi hal yang boleh untuk ditiru.

  1. Mengatur Pencahayaan Ruangan

Pengaturan pencahayaan ini terhitung penting. Dikarenakan berada di ruangan yang cukup terbatas, biasanya pencahayaan yang didapat juga minim. Pencahayaan yang kurang terang, membuat aktivitas di dalam ruangan mengalami kesulitan.

Meskipun berada di ruangan yang minimalis, aturlah pencahayaan sebaik mungkin. Pencahayaan yang baik bisa didapatkan melalui adanya jendela, ventilasi maupun penggunaan lampu terang seperti stand lamp ataupun lampu gantung yang diletakkan di ruang tamu lesehan.

Tak perlu tunggu lama lagi untuk segera menerapkan konsep desain ruang tamu lesehan dengan beragam ide terbaru serta menarik seperti di atas yang bisa dicontoh. Jalin kembali keakraban dengan sesama, di tengah suasana ruang tamu lesehan yang menghangatkan.