Rumah 2 Lantai Modern Minimalis

Tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Rumah yang nyaman dan aman tentu menjadi dambaan bagi para pemiliknya. Ada begitu banyak model rumah yang digemari oleh masyarakat. Salah satunya yaitu rumah 2 lantai minimalis modern.

Tidak hanya simpel dan elegan, model rumah tersebut juga bisa dibuat lebih luas karena memiliki dua lantai. Jadi, sekalipun lahan yang dipakai sempit, Anda tidak perlu khawatir. Dalam pembahasan ini akan ada referensi model rumah 2 lantai yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Referensi Desain Rumah 2 Lantai Modern Minimalis

Terdapat banyak model rumah dua lantai dengan unsur minimalis. Berikut ini daftarnya:

  1. Rumah 2 Lantai Minimalis Simple
Rumah 2 Lantai Minimalis Simple
kienviet.net
Rumah 2 Lantai Minimalis Kotak
thietkenhadepmoi.com

Jika Anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas, Anda bisa menggunakan desain rumah minimalis kecil. Walaupun ukurannya tidak besar, rumah dengan desain ini bisa tetap terlihat cantik dengan eksteriornya yang minimalis.

Kemudian, Anda juga masih bisa memiliki garasi dan halaman. Dinding pembatas di sisi kanan kirinya pun memberikan sentuhan kenyamanan.

  1. Rumah 2 Lantai Eksterior Nuansa Netral
Rumah 2 Lantai Eksterior Nuansa Netral
behance.net

Eksterior warna abu-abu yang berpadu dengan warna putih memperlihatkan suasana yang netral dan elegan. Agar terlihat lebih cerah dan segar, Anda bisa menambahkan rerumputan, tanaman, atau pohon di halaman.

  1. Rumah 2 Lantai Dekorasi Nuansa Klasik
Rumah 2 Lantai Dekorasi Nuansa Klasik
archdaily.com

Ingin tampilan rumah dengan sentuhan yang berbeda? Anda bisa mengaplikasikan nuansa klasik pada eksteriornya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan kayu dan batu sebagai material yang mendominasi.

Sementara itu, gaya arsitekturnya bisa mengadopsi bentuk jendela dan pintu masuk yang dibuat melengkung. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan tanaman-tanaman kecil merambat agar terlihat lebih nyaman.

  1. Rumah 2 Lantai Minimalis Mewah
Rumah 2 Lantai Minimalis Mewah
engineeringdiscoveries.com

Rumah 2 lantai minimalis modern juga bisa dibuat dengan desain yang mewah namun tetap simple. Beri sentuhan kayu di pagar depan dan jendela kaca yang memanjang secara vertikal. Balkon lantai 2 juga dibuat luas sehingga menampilkan dinding yang menjorok ke dalam.

Selain itu, pemilihan cat warna putih juga dapat menambah kemewahan rumah tersebut.

  1. Rumah 2 Lantai Eksterior Nuansa Kayu
Rumah 2 Lantai Eksterior Nuansa Kayu
pinterest.com
Rumah 2 Lantai Eksterior Aksen Kayu
construyehogar.com

Kayu menjadi salah satu material yang sering digunakan untuk membangun rumah. Rumah gaya minimalis dengan aksen kayu akan menciptakan tampilan yang sangat menarik, karena memadukan tampilan modern dengan warna natural. Material ini bisa diaplikasikan pada pagar atau bahkan pada dinding rumah, dan juga bisa digunakan untuk tambahan variasi agar lebih bagus.

  1. Rumah 2 Lantai Gaya Studio
Rumah 2 Lantai Gaya Studio
design-milk.com

Tata ruang studio identik dengan adanya jendela kaca yang luas dan mendominasi tampilan bangunan. Jendela kaca bisa dipasang di lantai dua, sedangkan pada lantai satu terdapat pintu berukuran lebar dan tanaman di sisinya.

  1. Rumah 2 Lantai Nuansa Warna Hitam
Rumah 2 Lantai Nuansa Warna Hitam
dwell.com
Rumah 2 Lantai Nuansa Warna Hitam Industrial
archdaily.com

Jika Anda tertarik dengan gaya dekorasi yang maskulin, Anda bisa mencoba nuansa hitam pada eksterior rumah. Selain tampilan yang maskulin, rumah Anda juga akan terlihat elegan. Warna lain juga tetap dapat diaplikasikan sebagai kombinasi, agar tidak monoton hanya hitam saja.

  1. Rumah 2 Lantai Eksterior Nuansa Monokrom
Rumah 2 Lantai Eksterior Nuansa Monokrom
fineshmaker.com

Warna hitam bisa menampilkan kesan maskulin. Namun, jika dipadukan dengan warna putih atau menjadi monokrom, maka tampilan rumah akan menjadi lebih cerah. Nuansa tersebut menghasilkan eksterior monokrom yang kekinian.

  1. Rumah 2 Lantai Nuansa Putih dan Coklat
Rumah 2 Lantai Nuansa Putih dan Coklat
engineeringdiscoveries.com

Warna utama putih berkolaborasi dengan tambahan warna coklat dari material kayu akan menciptakan kesan yang manis dan cantik. Konsep minimalis yang elegan sangat cocok dengan paduan warna tersebut.

  1. Rumah 2 Lantai Gaya Bangunan Kontemporer
Rumah 2 Lantai Gaya Bangunan Kontemporer
lucasmorris.com.au

Gaya arsitektur kontemporer terlihat cukup unik. Gaya tersebut menerapkan bentuk bangunan yang lebih bebas atau tidak terikat oleh bentuk-bentuk yang sudah ada.

Maka dari itu, gaya temporer bisa terdiri dari berbagai model bangunan. Contohnya yaitu bangunan berbentuk persegi, persegi panjang, atau bahkan silinder.

Kelebihan Rumah Minimalis

Rumah minimalis, terutama rumah 2 lantai minimalis modern memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan pemiliknya, seperti berikut ini.

  • Bentuknya Sederhana dan Simpel

Bentuk rumah minimalis mengacu pada fungsinya. Jadi, wajar saja jika bentuknya simpel dan apa adanya. Maka dari itu, tidak terdapat banyak perbedaan antara rumah minimalis kelas atas dan kelas menengah.

Biasanya, perbedaan yang sangat menonjol adalah level material finishing, elemen atau furnitur, dan kerapian.

  • Pengerjaan yang Cepat dan Mudah

Dengan bentuknya yang sederhana, rumah minimalis dapat dikerjakan secara cepat dan mudah. Biasanya, tahap finishing adalah tahap yang paling memakan banyak waktu. Namun, finishing pada rumah minimalis cenderung lebih cepat karena warna dan variasi  yang digunakan tidak terlalu beragam.

  • Sedikit Penggunaan Dekorasi

Rumah minimalis sangat jauh dari penggunaan dekorasi yang berlebihan dan tidak penting. Biasanya, dalam memilih dekorasi, rumah minimalis akan menggunakan model geometris. Bentuk tersebut merupakan elemen yang universal dan sederhana.

  • Bersih dan Lega

Karena jarang terdapat dekorasi, maka akan ada banyak ruang yang terlihat lebih luas. Hal tersebut menyebabkan kesan rumah minimalis yang bersih dan lega. Hal inilah yang menjadikan rumah minimalis memiliki nilai plus.

  • Sedang Populer

Gaya rumah minimalis memang sedang banyak dilirik oleh masyarakat. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa para developer banyak menjual rumah dengan model tersebut.

Kekurangan Rumah Minimalis

Selain kelebihan, rumah minimalis juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini contohnya.

  • Tidak Menunjukkan Identitas Lokal

Gaya rumah minimalis akan terlihat sama di semua daerah. Sebab, gaya modern tersebut tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

  • Tidak Mudah untuk Merawatnya

Rumah minimalis yang menggunakan dominasi warna putih akan mudah terkena noda. Jika tidak rajin membersihkannya, rumah tersebut justru akan terlihat kotor.

Setelah membaca referensi rumah 2 lantai minimalis modern beserta kelebihan dan kekurangannya di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk memilikinya? Semua model rumah pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya, jadi pertimbangkan semuanya sebelum Anda memutuskan, ya!