Fasad Rumah Modern Minimalis

Fasad (facade) merupakan tampak depan atau tampak muka, yang mana menjadi bagian terpenting dari sebuah rumah. Salah satu desain yang kini banyak digemari adalah fasad rumah minimalis modern, demi dapat memaksimalkan kesederhanaan arsitektur.

Tak cukup sampai di situ, fasad dapat menjadi identitas yang membuat orang teringat dengan rumah Anda. Jika Anda begitu peduli dengan kesan orang saat memandang fasad rumah yang Anda huni, cari tahu seberapa pentingnya konsep dan desain fasad ini untuk rumah minimalis modern Anda.

Ide Desain Fasad Rumah Minimalis Modern

Dikarenakan menjadi poin pertama yang akan selalu diingat, banyak fasad rumah yang dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan ketertarikan siapa saja yang memandangnya. Demi lepas dari kebosanan, berikut ini ide desain fasad untuk rumah minimalis modern Anda agar tak mati gaya:

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern Stylish
Fasad Rumah Minimalis Modern Stylish
tuacasa.com.br

Salah satu hal yang diandalkan dari rumah minimalis adalah kesederhanaannya. Ide fasad rumah ini cocok bagi hunian yang ingin mengedepankan kesan sederhana, namun tetap stylish.

Kesederhanaan dapat dilihat dari bukaan pintu kayu yang dibuat tidak rumit, maupun arsitektur bangunan fasad rumah. Terdapat pula taman yang cantik dengan jalan setapak dari bebatuan retak yang bertemu rerumputan hijau merupakan gabungan unsur yang pas.

Perpaduan warna coklat kayu dan putih berusaha menampilkan kesan rumah yang hangat. Selain itu, kesan bersih juga bisa didapatkan dari kolaborasi kedua warna tersebut. Melalui beranda rumah yang tampak sederhana ini, bisa dipastikan lahan terbatas tetap cocok dengan desain ini.

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern Klasik
Fasad Rumah Minimalis Modern Klasik
pinterest.com

Kesan minimalis namun tetap mewah bisa didapatkan dari fasad rumah dua lantai bergaya masa kini, dengan tetap mengangkat unsur klasik dari adanya warna netral, seperti coklat, hitam, dan putih. Fasad bergaya klasik memiliki desain yang terbilang rumit mulai dari jendela, pintu, dan atap.

Bentuk simetris dari sisi kanan hingga sisi kiri akan menjadi identitas dari rumah dengan desain fasad seperti ini. Tambahan teras tepat di area fasad rumah kian menambah kesan ramah untuk mempersilakan siapa saja yang terkesima dan ingin bertandang.

  1. Fasad Rumah Bertema Galeri
Fasad Rumah Bertema Galeri
atlanta.curbed.com

Tak hanya gedung bertingkat saja, namun rumah berlantai dua dengan tema galeri kini semakin digemari. Penerapan material kaca sebagai dinding, menambah kesan rumah yang minimalis serta modern.

Material kaca yang diaplikasikan baik pada lantai 1 dan 2, membuat bagian dalam rumah ini terlihat transparan dari tampak fasad. Selain itu, beranda pintu masuk yang dibuat minimalis seakan ingin menyembunyikan kesan megah dari bangunan bertingkat ini.

Pencahayaan maksimal terpancar dari kaca yang tampak saat memandang fasad rumah galeri ini. Selain itu, tambahan pot beton sebagai media tanaman, membuat fasad dari rumah ini tampak lebih manis.

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern Rustic
Fasad Rumah Minimalis Modern Rustic
futuristarchitecture.com

Rumah rustic cenderung identik dengan penggunaan warna seperti abu-abu, coklat, hingga beberapa variasi warna gelap dan hangat lainnya. Selain itu, tidak adanya corak dan hanya beberapa motif garis-garis membuat fasad rumah ini tampak begitu sederhana.

View fasad rumah yang juga dikelilingi dengan pepohonan dan taman, cocok bagi Anda yang gemar menghabiskan waktu dengan bercocok tanam. Rumah dengan minim perabotan di ruang depan ini semakin asri dengan teduhnya pepohonan yang rindang.

Keunikan yang terdapat pada fasad rumah minimalis modern rustic ini adalah bahan bangunannya yang dibiarkan setengah jadi, atau maksudnya yakni tidak diselesaikan sampai ke tahap finishing.

Beberapa material sengaja tidak dipernis atau di amplas, namun sebagian material dilapisi pasir demi terlihat menyerupai batu. Fasad rumah bergaya rustic lebih memakai material alami seperti kayu atau batu sebagai tambahan ornamen.

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern Kontemporer
Fasad Rumah Minimalis Modern Kontemporer
homify.com.mx

Rumah dengan gaya kontemporer kini banyak dijadikan pilihan seantero dunia. Fasad kontemporer dengan fasad minimalis modern memiliki kesamaan dasar, yakni selalu tak pernah lepas dari perkembangan zaman atau trend masa kini.

Bedanya, fasad kontemporer identik dengan desainnya yang praktis serta fungsional, sedangkan fasad pada rumah modern tampak kaku. Sementara itu, bentuk bangunan fasad kontemporer lebih menonjolkan sisi simetris dengan pilihan warna netral.

Selain itu, hal lain yang membedakan lainnya adalah tidak adanya bukaan jendela namun menggunakan kaca transparan sebagai masuknya cahaya yang menyelinap ke dalam rumah.

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern 2 Lantai
Fasad Rumah Minimalis Modern 2 Lantai
studia-54.ru

Fasad untuk rumah minimalis modern memiliki penataan serta rencana sederhana, lugas, dan efisien. Melalui hal tersebut, terciptanya kejelasan rencana, yang mana gagasan pada setiap ruang rumah minimalis tidak rumit dan juga dapat diprediksi.

Sisi menarik dari fasad pada rumah minimalis modern adalah terletak pada bukaan untuk jendela maupun pintu. Secara keseluruhan, rumah minimalis mengedepankan kesederhanaan dan minim lekukan dinding. Meskipun pada model lain, interiornya bisa dibuat cukup mewah dengan desain 2 lantai.

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern Eropa Klasik
Fasad Rumah Minimalis Modern Eropa Klasik
portaldearquitectos.com

Fasad rumah minimalis modern dapat memancarkan daya tarik secara visual yang ditampilkan melalui ekspresi karakteristik fisik dari material beserta tekstur bangunan. Style seperti ini cocok untuk rumah 2 lantai, sehingga akan terkesan mewah dan elegan.

Daya tarik dari fasad rumah bergaya Eropa klasik ini misalnya, menampilkan tampak rumah dua lantai dengan balkon menjorok ke sisi luar semakin menambah kesan kemewahan. Terdapat balkon kecil dan besar untuk bersantai yang dilengkapi dengan pagar besi sebagai pengaman.

Pagar besi dengan ornamen desain garis lengkung yang memanjang di sisi pembatas balkon, semakin mempertajam desain rumah yang nyaris tanpa lekukan dan mengedepankan desain geometris ini.

Tambahan lampu terang di beberapa sudut fasad rumah dengan tanaman hias di sekelilingnya semakin mempercantik rumah dengan gaya Eropa klasik yang tampak megah ini.

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern Eropa Natural
Fasad Rumah Minimalis Modern Eropa Natural
thedesignfiles.net

Fasad rumah bergaya minimalis modern hadir dengan arsitektur kotak dilengkapi bukaan kayu secara vertikal serta bukaan jendela bersih, dapat menjadi solusi canggih untuk rumah yang mengusung tema tak lekang waktu ini.

Detail sederhana yang segar dan bersih, serta bagian fasad rumah yang juga dirancang secara baik, ini dilakukan menghindari kebutuhan seperti tambahan unsur dekoratif atau ornamen hiasan yang tidak diperlukan.

Arsitektur yang didesain simetris dengan sebisa mungkin menghindari lekukan, merupakan gagasan terbaik dalam mengusung konsep kesederhanaan.

  1. Fasad Rumah Minimalis Modern Batu Alam
Fasad Rumah Minimalis Modern Batu Alam
ryandburress.com

Salah satu material yang tak kalah keren dipakai untuk pelapis fasad atau dinding tampak depan rumah adalah batu alam. Melalui pengaturan komposisi secara tepat, fasad batu alam dapat terlihat apik dan juga elegan.

Tujuan menghindari detail-detail yang tidak diperlukan dan kerumitan adalah upaya dalam memangkas budget yang berlebih. Selain itu, kesengajaan untuk tidak membawakan rincian dekorasi, gaya arsitektur, maupun desain yang terlampau eksploratif adalah langkah yang tepat.

Sekarang Anda sudah menemukan alasan mengapa fasad rumah minimalis modern sangatlah penting dan sederet inspirasi desain agar muka rumah Anda tak mati gaya. Selalu tunjukkan gagasan terbaik, karena rumah Anda adalah identitas Anda.