Rumah Bata Merah & Kayu

Kini, banyak rumah yang menggunakan material batu bata merah dan kayu sebagai material utama konstruksi rumahnya. Bata merah memang selalu dipakai untuk membangun rumah, akan tetapi sekarang telah berkembang menjadi berbagai desain rumah bata merah. Di sisi lain, bata merah juga mampu memberi kesan estetika pada sebuah rumah.

Konsep desain rumah bata merah dan kayu tengah menjadi tren saat ini. Karena sifatnya yang mudah untuk dipadukan dengan berbagai konsep interior, eksterior, furniture, maupun aksesoris rumah. Hal inilah yang menjadi kemudahan tersendiri dalam membangun rumah impian. Selain itu, batu bata merah juga memiliki kelebihannya sendiri.

Rumah dengan Bata Merah dan Kayu Hitam Putih
southernliving.com

Kelebihan Bata Merah & Kayu sebagai material membangun rumah

Konsep Rumah Bata Merah dan Kayu
search.har.com

Lantas, apa kelebihan bila menggunakan bata merah dan kayu sebagai material membangun rumah? Supaya Anda bisa mengetahui kelebihannya, simak uraiannya di bawah ini. Berikut kelebihan-kelebihan menggunakan material bata merah dan kayu untuk membangun sebuah rumah.

  1. Bahan Mudah Didapatkan

Saat Anda hendak membangun rumah, alangkah baiknya bila material yang akan dipakai mudah untuk didapatkan. Apalagi jika Anda memiliki budget yang terbatas dan ingin pengerjaan cepat selesai. Nah, pemilihan batu bata merah dan kayu sebagai material bangunan bisa menjadi alternatif Anda.

Bata merah dan kayu merupakan material bangunan yang sangat mudah untuk dicari di mana saja. Hampir semua toko bangunan pasti mempunyai batu bata merah dan kayu sebagai produk yang dijual. Tentunya Anda bisa mengeceknya di toko bangunan terdekat dari lokasi Anda.

  1. Proses Pembuatan Mudah

Selain material batu bata merah dan kayu yang mudah dicari, proses pembuatan dari bahan tersebut juga terbilang mudah. Produksinya tidak memerlukan pabrik yang megah untuk membuatnya. Sehingga, industri rumahan pun terkadang sudah cukup untuk menghasilkan bata merah dan kayu dengan kualitas terbaik.

Proses pembangunan rumah dari material bata merah dan kayu juga tidak terlalu sulit. Penanganan dari bahan-bahan tersebut juga tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus. Maka dari itu, pemilihan material ini sangat memudahkan pekerjaan membangun rumah Anda. 

  1. Harga Terjangkau

Penggunaan batu bata merah dan kayu bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Perlu Anda ketahui kalau harga batu bata merah dan kayu sangat terjangkau dan bervariasi di pasaran. Tentunya, harga ini bergantung pada kualitas, jenis, serta ukuran yang dibutuhkan.

  1. Ukuran yang Bervariasi

Tentunya material batu bata merah dan kayu memiliki ukuran yang bervariasi di pasaran. Anda bisa memilih material tersebut sesuai dengan kebutuhan dari desain rumah Anda. Pemilihan batu bata merah yang tepat bisa membantu memberikan aksen industrial pada desain rumah Anda.

Sangat menguntungkan bukan penggunaan material batu bata merah dan kayu pada rumah Anda. Nah, bagi Anda yang telah yakin ingin membangun rumah bata merah dan kayu, berikut ini ada beberapa inspirasi modelnya. Apa saja? Simak uraian yang ada di bawah ini!

Konsep Rumah Bata Merah dan Kayu Satu Warna
bereco.co.uk
Rumah Bata dengan Kayu Senada
pinterest.com/GemBottery

Inspirasi Model Pemasangan Bata Merah & Kayu pada Rumah

Rumah Bata Merah dan Kayu Gaya Klasik
familyhomeplans.com

Gaya klasik pada rumah ini banyak ditemukan di daerah pedesaan Texas Amerika Serikat. Eksterior dari rumah bata merah dan kayu tersebut menjadi ciri khas tersendiri dari rumah yang ada di Texas ini. Jika di Indonesia, biasanya rumah joglo Jawa yang menerapkan model kombinasi antara batu bata merah dengan kayu tersebut.

Memang terlihat berbeda dari kebanyakan desain rumah yang memakai bata merah dan kayu. Walaupun memakai batu bata merah, tetapi ada sentuhan dari kayunya yang terlihat modern. Perpaduan tersebut membuat rumah ini memiliki gaya vintage yang menarik dan natural. Adanya kombinasi tersebut, juga membuatnya memiliki nilai seni tersendiri.

Rumah Bata Merah dan Kayu untuk Tembok dan Jendela
cherokeebrick.com

Apabila Anda ingin hemat biaya dalam membangun rumah, maka lihat desain rumah di atas. Menggunakan batu bata merah tanpa plester akan menghemat biaya pengeluaran Anda. Model ini juga cocok bila digunakan pada rumah yang memiliki desain modern, klasik, ataupun kontemporer.

Dindingnya yang terbuat dari bata dengan aksen unfinished makin menambah kesan antik dan etnik dari rumah ini. Selain itu, jendelanya yang dicat dengan warna putih memberinya nuansa yang berbeda. Penerapan konsep ini membuatnya terlihat lebih klasik sekaligus modern.

Interior Rumah Bata Merah dan Kayu
gambrick.com

Dinding dari batu bata tanpa plester juga cocok diterapkan pada ruangan yang memiliki gaya modern lho. Pastikan saja kalau Anda ingin menggunakan batu bata tanpa plester pilihlah komposisi warnanya yang solid. Selain itu, pemasangannya yang konsisten dan rapi akan membuatnya makin terlihat natural dan menarik.

Untuk pemilihan cat warna dinding, sesuaikan dengan warna batu bata pada sekeliling rumah. Sehingga, akan menambah kesan yang ceria dan hangat. Sebaiknya hindari memakai batu bata dengan tekstur yang kasar pada rumah bergaya modern ini. Aplikasikan pula warna furniture yang mendukung untuk harmonisasi dengan warna bata tersebut.

Dapur Rumah Bata Merah dan Kayu
bhg.com

Penyusunan batu bata tanpa plester yang sesuai alur sangat berpengaruh pada tampilan rumah. Walaupun disusun seperti biasa, adanya bagian yang disusun secara vertikal di atas jendela membuatnya makin menarik. Di sisi lain, ini juga menjadi salah satu cara untuk merapikan tampilan dinding rumah tersebut.

Adanya aplikasi furnitur dapur yang dicat putih semakin menonjolkan nuansa alami dari batu bata tanpa plester ini. Selain itu, atap dan lantainya yang berwarna coklat ini makin menyesuaikan warna solid dari batu bata tersebut. Sehingga, kesan hangat dan nyamannya bisa dirasakan.

Rumah Bata Merah dan Kayu Gaya Klasik Eropa
pinterest.com/josee00

Desain rumah bergaya klasik eropa ini terkenal dengan memiliki jendela yang besar. Meskipun menggunakan material batu bata merah, tidak menghilangkan kesan modernnya. Konsep ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai desain klasik dengan aksen batu bata merah yang terang.

Model atapnya yang sederhana juga menambah nuansa tradisionalnya. Selain itu, model jendela kayu pada bagian dekat atap juga memberikan nilai tradisional dari rumah ini. Disisi lain, juga tidak terdapat aksesoris yang terlalu mewah pada bagian luar rumah. Perpaduan warna hitamnya juga makin membuat warnanya makin solid.

Rumah Bata Merah dan Kayu 2 Lantai
timberlane.com

Rumah bergaya Eropa terkenal dengan model jendelanya yang besar hampir di setiap ruangan rumahnya. Penggunaan batu bata merah diseluruh bagian luar rumah juga semakin memberikan kesan klasik pada rumah ini. Kombinasi pemilihan warna mulai dari jendela hingga pintunya saling melengkapi.

Rumah seperti gambar diatas terkenal dengan sebutan desain rumah kolonial. Hal ini terlihat pada jendelanya yang berbentuk persegi panjang ataupun besar. Selain itu, penyusunan batu bata merahnya yang sangat rapi makin mempertahankan unsur klasik rumah ini.

Rumah Bata dengan Kayu
corbinladnerhomes.com
Rumah Kombinasi Kayu dan Batu Bata Merah
rockinghamjoinery.com

Nah, itulah dia beberapa model rumah bata merah dan kayu yang bisa jadi inspirasi Anda. Meskipun memiliki desain yang sederhana, ternyata rumah minimalis juga bisa dibuat tampak unik ya. Selain itu, penggunaan bata merahnya juga makin memperindah dan memberi kesan klasik pada rumah.