Rumah Industrial Minimalis

Menerapkan desain rumah industrial membutuhkan keberanian dan persiapan yang matang. Desain yang satu ini tidaklah seperti kebanyakan desain rumah lainnya. Beberapa interior pada desain industrial menjadi ciri khas yang sangat menonjol.

Sebelum membangun rumah dengan konsep industrial, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa elemen yang menampilkan karakter industrial. Setelah itu, Anda bisa dengan mudah berkreasi dan mempercantik hunian Anda.

Inspirasi Konsep Rumah Industrial Minimalis

Beberapa model rumah di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai referensi konsep industrial impian Anda. Setidaknya Anda mendapat gambaran untuk selanjutnya bebas berkreasi dengan berbagai elemen.

  1. Rumah Industrial dengan Nuansa Hitam Putih
Rumah Industrial dengan Nuansa Hitam Putih
design-milk.com

Bagi Anda yang baru menikah atau pasangan muda, desain seperti gambar di atas mungkin bisa dipertimbangkan. Kesan industrial dan fresh di dapat dari pemilihan warna hitam dan putih yang mendominasi dengan beberapa interior didominasi oleh material logam/metal.

  1. Rumah Industrial Putih dengan Gaya Elegan
Rumah Industrial Putih dengan Gaya Elegan
archdaily.com

Jika Anda adalah pecinta konsep industrial yang elegan, maka contoh ini adalah pilihan yang tepat. Tembok yang didominasi warna putih dengan lantai abu, pemilihan furniture dengan warna senada, serta atap yang terbuat dari kayu membawa kesan elegan yang memukau.

  1. Rumah Industrial Modern Klasik
Rumah Industrial Modern Klasik
tuacasa.com.br

Desain yang satu ini menampilkan nuansa hangat dengan perabot kayu dan lampu-lampu yang terpasang memancarkan cahaya temaram. Ruangan yang tanpa sekat serta tembok dari batu bata yang didesain sedemikian rupa semakin menambah kesan hangat dan nyaman.

  1. Rumah Industrial dengan Konsep Milenial
Rumah Industrial dengan Konsep Milenial
freshome.com

Kesan milenial sangat kuat pada konsep desain industrial yang satu ini. Warna tembok abu ditambah dengan aksen hitam serta jendela kaca besar yang menampilkan pemandangan kota adalah ciri desain industrial dengan konsep milenial yang sangat khas.

  1. Rumah Industrial Eksotis
Rumah Industrial Eksotis
covethouse.eu

Tembok dan lantai berwarna abu, furniture dan interior dengan warna netral dan bentuk unik membawa kesan eksotis dan mewah pada desain industrial yang satu ini.

Adanya gradasi warna pada salah satu sisi tembok sangat kreatif, namun tetap tidak menghilangkan kesan industrial karena masih menggunakan warna senada.

  1. Rumah Industrial dengan Gaya Natural
Rumah Industrial dengan Gaya Natural
thelocalproject.com.au

Konsep industrial tidak selalu berarti menghilangkan nuansa hijau. Justru dengan menambahkan taman di depan rumah dengan pepohonan rindang dan karpet rumput, menciptakan nuansa industrial modern yang menakjubkan dengan nuansa sejuk.

  1. Rumah Industrial Simple Minimalis
Rumah Industrial Simple Minimalis
designboom.com

Desain yang satu ini lebih cocok bagi Anda yang tinggal di area perumahan. Dengan lahan yang minimalis, bukan tidak mungkin Anda menerapkan desain industrial.

Dengan pemilihan interior dan warna yang tepat serta bentuk atap miring, Anda bisa menciptakan kesan industrial yang keren.

  1. Rumah Industrial dengan Grey Concept
Rumah Industrial dengan Grey Concept
homeworlddesign.com

Siapapun yang melihat model rumah industrial ini mungkin akan langsung merasakan suasana industrial. Tembok dan lantai halaman rumah berwarna abu, dua buah kaca kotak hitam, serta lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan raya.

Tanaman yang merambat ke tembok menjadi ciri khas dan pusat perhatian bagi siapapun yang memandangnya. Selain memberi corak warna yang berbeda, tanaman tersebut terlihat sangat estetik dan memikat.

  1. Rumah Industrial dengan Atap Terbuka
Rumah Industrial dengan Atap Terbuka
decorfacil.com

Desain simple ini menggunakan atap terbuka dan tembok pembatas berupa dinding-dinding transparan berwarna hitam. Pada lantai dua menggunakan warna abu dan bentuk bentuk bangunana kotak.

Perpaduan dua konsep desain bangunan ini sangat menonjolkan nuansa industrial. Kesan monoton berhasil diatasi pada dengan adanya tumbuhan dengan warna yang cukup kontras serta lantai mozaik yang unik. 

Memilih Gaya Interior yang Cocok untuk Rumah Industrial

Interior dengan tema industrial dapat terlihat secara tegas dari pemilihan material, warna, dan desain bentuk langit-langit atau temboknya. Berbagai unsur tersebut berpadu untuk menghasilkan kesan industrial.

  • Pilihan Warna

Memilih warna hitam gelap adalah langkah tepat untuk menciptakan suasana industrial. Warna-warna netral lain juga bisa digunakan untuk memberi kesan khas dan suasana hangat pada gaya industrial. Anda bisa memilih warna abu atau coklat.

  • Kombinasi Metal/Logam dengan Kayu

Interaksi logam berkilau atau metal dengan kayu dengan warna hitam atau emas adalah salah satu ciri desain industrial. Beberapa perabotan dari bahan logam, kayu, atau metal bisa Anda agar lebih memperkuat tampilan industrial.

  • Langit-Langit Terbuka, Balok, Dinding Kaca/Bata, dan Pipa

Ciri khas selanjutnya adalah balok, langit-langit terbuka, dan pipa. Selain difungsikan seperti pada umumnya, Anda bisa berinovasi menggunakan pipa menjadi sebuah benda yang memiliki nilai fungsi dan nilai estetika.

Beberapa desain rumah menerapkan konsep langit-langit terbuka untuk memperkuat nuansa industrial. Dinding bata ekspos atau kaca juga dapat digunakan. Gunakan dinding kaca terutama jika di sekitar rumah ada pemandangan kota yang menakjubkan untuk menambah sentuhan modern.

  • Lantai

Lantai dari beton yang dipoles adalah salah satu pilihan yang tepat. Sebagian besar desain industrial menggunakan konsep ini. Selain ekonomis dan praktis, pilihan ini mudah disesuaikan dengan furniture rumah lainnya.

  • Pencahayaan dan Dekorasi

Di era modern ini ada banyak fitur pencahayaan yang bisa digunakan. Anda dapat menempatkan pencahayaan secara bebas di dalam ruangan sekreatif mungkin. Anda dapat memulai dengan model lampu track.

Meskipun telah berhasil memperoleh kesan industrial, namun rumah Anda akan terlihat monoton tanpa tambahan berbagai macam dekorasi. Karpet, sofa yang mewah, pot, dan tanaman hias, jangan khawatir akan kehilangan nuansa industrial dengan menambah dekorasi. Asal pandai dalam memadupadankan, Anda akan menciptakan sebuah desain yang luar biasa. 

Pada dasarnya, konsep industrial cukup erat kaitannya dengan warna netral dan tidak terlalu banyak menggunakan elemen bermotif. Hati-hati dalam memilih interior dan furniture agar sesuai dengan desain rumah industrial Anda.