Rumah Kartun

Setelah menonton sebuah tayangan kartun dan melihat bagaimana dreamy-nya hunian yang ditinggali para tokoh di dalamnya, mungkin pernah terbesit di benak Anda untuk memiliki rumah kartun dengan serupa. Keinginan tersebut sebenarnya bisa direalisasikan dalam kehidupan nyata.

Ada berbagai macam desain rumah pada serial kartun yang dapat dijadikan referensi Anda. Pemilihan desain tentu akan berdampak besar terhadap jumlah budget yang dibutuhkan. Karena rancangan eksterior hunian pada kartun memang sangat variatif, namun tetap inspiratif.

7 Referensi Desain Rumah Kartun yang Direalisasikan Menjadi Hunian Unik

  1. Rumah Kartun Keluarga The Simpsons
Rumah Kartun Keluarga The Simpsons
media.spotcoolstuff.com

Rumah dengan karakteristik berbentuk persegi dengan cerobong asap ini bisa dijadikan inspirasi sebelum membangun hunian, khususnya jika Anda adalah penggemar berat serial kartun The Simpsons. Tentu membangun rumah desain serupa akan memberikan kepuasan.

Untuk menghadirkan kesan real, Anda bisa mengaplikasikan desain dan cat rumah berwarna serupa. Sedangkan bagian jendela bisa sedikit dimodifikasi tanpa menghilangkan ciri khasnya. Tidak lupa sebuah garasi samping yang menjorok ke depan dengan warna serupa.

Di samping itu, sebaiknya sisihkan sedikit lahan untuk pekarangan di dalam pagar rumah, sebagaimana ciri khas rumah keluarga The Simpsons, yang memiliki halaman minimalis.

  1. Rumah Kartun Minnie Mouse
Rumah Kartun Minnie Mouse
brightside.me

Real house ala Minnie Mouse dengan nuansa feminim artistik ini dapat dilihat di Mickey’s Toontown Disneyland California dan Florida. Bagi fans kekasih Mickey Mouse, Anda bisa menjadikan rumah Minnie sebagai salah satu referensi dalam membangun hunian unik.

Rumah yang didominasi penggunaan cat kombinasi pink,light purple, dan medium purple ini mengusung desain eksterior cukup kompleks. Namun, apabila setiap detail dibuat oleh para ahli, maka kemungkinan besar Anda bisa menghadirkan rumah Minnie Mouse secara real.

Selain desain unik, bangunan juga membutuhkan penggunaan lahan cukup luas sebagai area pekarangan. Seperti dilihat, ada juga tambahan dekorasi pagar kayu serta halaman minimalis di bagian depan yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain.

  1. Rumah Kartun Nanas SpongeBob
Rumah Kartun Nanas SpongeBob
scrollbreak.com

Serial kartun legendari SpongeBob memang digemari berbagai kalangan, khususnya sang tokoh utama, yakni SpongeBob SquarePants dan rumah nanasnya yang unik. Saat ini, rumah nanas telah direalisasikan sebagai villa oleh pihak Nickelodeon dan Nick Resort Punta Cana.

Baca Juga:  Carport Minimalis

Hunian rumah nanas yang tampak minimalis dan fruity bisa Anda masukkan dalam list rancangan hunian masa depan. Untuk mengatasi masalah keterbatasan ruang, maka bisa dimodifikasi dengan membuat hunian lantai dua atau menambah luas rumah.

Jangan lupa, sediakan sedikit area di sekitar rumah untuk difungsikan sebagai halaman supaya bangunan tidak terlihat monoton. Selain menambah pucuk nanas, Anda juga bisa bermain dengan desain eksterior dan warna cat untuk menciptakan kesan lebih hidup.

  1. Rumah Kartun Film
Rumah Kartun Film
gizmodo.com

Hunian milik Carl dan Ellie yang mengusung desain klasik multicolour memang mampu menghipnotis siapa saja untuk bermimpi memiliki rumah serupa. Sebenarnya Anda juga bisa mengaplikasikan desain rumah tersebut dalam dunia nyata dengan perencanaan matang.

Selain fokus pada pemilihan warna, sebaiknya pertimbangkan juga material yang akan digunakan. Usahakan mengaplikasikan bahan bertekstur timbul seperti batu alam untuk menambah kesan real, setelahnya barulah di cat dengan warna seperti pada kartun aslinya.

Supaya tampak sama seperti aslinya, bangunlah hunian dua lantai dengan aplikasi atap berbentuk piramida dan tidak lupa sebuah loteng kecil yang sekaligus dapat difungsikan sebagai gudang. Jadi, seluruh ruang dalam rumah bisa difungsikan secara maksimal.

  1. Rumah Kartun Snow White and Seven Dwarfs
Rumah Kartun Snow White and Seven Dwarfs
scrollbreak.com

Hunian dalam serial kartun Putri Salju dan Tujuh Kurcaci ini memang memiliki perpaduan unsur antik, artistik, klasik, dan natural yang sangat kompleks. Apalagi, kalau dibangun di atas lahan luas dan sekitar rumah dikelilingi pepohonan layaknya jungle villa.

Selain membutuhkan usaha keras dalam merancang desain agar eksteriornya tampak sama. Anda juga perlu mempersiapkan anggaran dalam jumlah besar apabila ingin menghadirkan rumah ini sebagaimana bentuk aslinya. Karena material yang digunakan memang tidak biasa.

Selain itu, proses pengecatan juga harus dilakukan dengan mendetail agar kesan antik dan klasik bisa ditonjolkan. Penggunaan atap dari bahan alami, seperti atap rumbia atau genteng dapat menjadi referensi, saat mempertimbangkan material untuk diaplikasikan sebagai atap.

  1. Rumah Kartun The Flintstones
Rumah Kartun The Flintstones
wikipedia.org

Menghadirkan rumah berbentuk kubah yang menjadi karakteristik Era Megalitikum di zaman modern ini memang bisa menjadi alternatif desain hunian unik dan berbeda. Untuk merealisasikan The Flintstones, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Dari segi desain mungkin terlihat begitu simple, namun penggunaan material bahan harus dipertimbangkan dengan matang. Supaya kesan real lebih terpacar, sebaiknya gunakan warna khas batuan alam, dan agar lebih dekoratif bisa menambahkan ornamen lain.

  1. Rumah Kartun Barbie
Rumah Kartun Barbie
pinterest.com

Bagi pecinta berat serial kartun Barbie, Anda bisa merealisasikan mimpi tinggal di rumah mewah Barbie dengan merancang bangunan replika dari “Barbie, the Dreamhouse Experience”. Dengan dominasi warna pink dan gliter pada setiap sisi bangunan.

Seperti diketahui, bahwa rumah si cantik Barbie memang sangat kental dengan unsur feminim dan candy. Jadi, untuk pemilihan warna furniture juga harus disesuaikan konsep eksterior serta interior, sehingga rumah Barbie tampak real meskipun ukurannya minimalis.

Karena tempat tinggal Barbie hanya berfokus pada bangunan saja, maka Anda tidak perlu pusing memikirkan masalah lahan, sebab rumah bisa didirikan pada lahan sempit. Anda tinggal berkreasi dengan membangun lantai 2 atau lantai 3 sebagai alternatifnya.

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah kartun adalah menyesuaikan desain dan model bangunan, dengan luas lahan serta budget Anda. Semakin sederhana desain suatu rumah, maka anggaran yang dibutuhkan akan lebih terjangkau.