Rumah Kontainer Mewah Minimalis

Rumah kontainer (container house) merupakan salah satu terobosan terbaru di bidang arsitektur. Dari segi struktur, rumah dari kontainer bukan menawarkan struktur bangunan yang unik, namun juga ramah lingkungan, dan harganya juga cukup terjangkau kalau dibandingkan rumah konvensional.

Beberapa tahun terakhir, konsep bangunan dari material kontainer atau peti kemas memang kian diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Selain dapat disulap menjadi rumah super mewah, hasil restrukturisasi peti kemas ini juga banyak dimanfaatkan sebagai restoran, motel, dsb.

10 Model Rumah Kontainer Mewah Minimalis

Anda sedang mencari referensi model rumah kontainer bergaya fancy? Beberapa desain gambar di bawah ini wajib dimasukkan ke dalam bucket list Anda!

  1. Desain Klasik Modern Teras Terbuka
Rumah Kontainer Klasik Modern Teras Terbuka
homeworlddesign.com

Meskipun tampak mungil, namun kesan klasik nan mewah dari rumah kontainer yang mengusung warna light brown dan medium brown ini sangat terasa. Apalagi, dengan tambahan teras luas, dan kombinasi jendela dan pintu kaca transparan berukuran besar.

  1. Desain Minimalis Modern
Rumah Kontainer Minimalis Modern
thecasaclub.com

Pengaplikasian warna hitam memang menambah unsur mewah pada rumah kontainer di atas. Penggunaan pintu geser kaca membuat siapapun dapat melihat isi di balik rumah tersebut. Sementara di bagian depan terdapat teras sederhana yang dibiarkan kosong.

  1. Desain Mewah Minimalis 2 Lantai
Rumah Kontainer Mewah Minimalis 2 Lantai
german.alibaba.com

Rumah kontainer yang terdiri atas dua lantai ini mengusung desain mewah dan modern. Hal tersebut dipertegas dengan penggunaan dinding kaca di seluruh bagian depan rumah. Sementara itu, terdapat balkon minimalis yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai.

  1. Desain Elegan 2 Lantai
Rumah Kontainer Elegan 2 Lantai
goodsgn.com

Kesan minimalis modern terpancar kuat dari kombinasi material dan warna yang diaplikasikan. Material full tempered glass memang menghadirkan kesan mewah dan minimalis. Sedangkan penambahan unsur motif kayu membuat hunian tampak lebih elegan.

  1. Desain Fancy in Black with Open Deck
Rumah Kontainer Fancy in Black with Open Deck
dwell.com

Mungkin Anda tidak akan menyangka kalau rumah super mewah ini terdiri atas susunan beberapa kontainer. Apalagi, setelah dilakukan pengecatan yang membuat bangunan terlihat begitu mewah. Rumah berlantai 3 ini bahkan dilengkapi dengan rooftop dan balkon.

  1. Desain Fancy Modern Full of Tempered Glass
Rumah Kontainer Fancy Modern Full of Tempered Glass
fabelio.com

Hadir dengan konsep warna black and white yang menawan, bangunan rumah berlantai 2 ini mengaplikasikan pintu dan jendela full kaca. Keberadaan tangga di samping rumah untuk menuju lantai dua juga menambah kesan mewah dari rumah kontainer tersebut.

  1. Desain Minimalis Modern with Rooftop
Rumah Kontainer Minimalis Modern with Rooftop
humble-homes.com

Hunian kontainer desain minimalis satu lantai ini mengusung warna silver dengan jendela kaca dan pintu berkusen aluminium, sehingga membuat bangunan tampak mungil, namun mewah. Menariknya, rumah ini juga dilengkapi rooftop yang dapat diakses melalui tangga.

  1. Desain Tradisional Modern
Rumah Kontainer Tradisional Modern
archiexpo.com

Mengusung konsep tertutup dengan beberapa jendela jungkit dan pintu utama tempered glass. Namun, rumah yang didominasi warna putih dan coklat klasik ini tampak begitu elegan dan mewah. Apalagi, dengan perpaduan dua warna yang terlihat cukup kontras tersebut.

  1. Desain Mewah Minimalis Multicolor
Rumah Kontainer Mewah Minimalis Multicolor
tdcontainer.com

Rumah kontainer multiwarna ini memang tampak beda dan lebih berani. Aplikasi dinding full kaca di salah satu sisi membuat bangunan terlihat begitu minimalis, namun mewah. Apalagi, dengan keberadaan teras luas dan kombinasi warna biru dan bata yang jadi daya tariknya.

  1. Desain Klasik Mewah dengan Dinding Kaca Transparan
Rumah Kontainer Klasik Mewah dengan Dinding Kaca Transparan
fabelio.com

Pemilihan material kombinasi dan warna yang tepat, maka kontainer dapat disulap menjadi hunian super mewah seperti gambar di atas. Penggunaan warna dark brown dengan dinding kaca dipadu motif kayu horizontal membuat rumah tampak begitu fancy.

Tips Membangun Rumah Kontainer

Apabila Anda tertarik untuk membangun hunian dari material utama kontainer, maka perlu mempertimbangkan beberapa hal-hal di bawah ini:

  • Memilih Lokasi

Meskipun termasuk bangunan semi permanen, namun sudah pasti untuk membangun hunian kontainer Anda membutuhkan lahan seluas ukuran kontainer. Oleh sebab itu, persiapkan lahan terlebih dahulu, kemudian barulah membeli peti kemas sesuai luas lahan.

  • Merancang Struktur Kontainer

Umumnya kontainer dapat disusun sejajar maupun ditumpuk. Namun, Anda harus memperhatikan struktur bangunan, khususnya penempatan pintu maupun jendela. Jangan sampai salah merancang struktur, karena bisa merusak material kontainer.

  • Merencanakan Utilitas & Sistem Mekanis

Bangunan rumah kontainer memerlukan ruang sebagai jalur pipa, listrik, air bersih, serta sistem pendingin udara. Untuk mempertahankan estetika bentuk kontainer, penting bagi Anda untuk merencanakan urusan utilitas serta sistem mekanis sejak awal.

  • Mencari Arsitek Profesional

Meskipun tampak mudah, namun proses pembangunan hunian Anda bakal lebih terjamin jika dipercayakan kepada ahlinya, yaitu arsitek yang telah berpengalaman dalam menangani mendesain rumah kontainer.

Kelebihan Rumah Kontainer

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun hunian dari material kontainer, sebaiknya ketahui apa saja kelebihan bahan kontainer. Beberapa keuntungan membangun rumah kontainer antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bisa Dikustomisasi Sesuai Keinginan

Setiap jenis kemas umumnya sama, yang berbeda hanyalah ukuran saja. Peti kemas dapat di desain seperti apa saja sesuai kreativitas arsiteknya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, karena Anda bisa menghadirkan hunian seperti yang diinginkan.

  • Go Green

Memanfaatkan kontainer tidak terpakai sebagai rumah merupakan salah satu langkah menyelamatkan bumi. Dengan begitu, Anda berpartisipasi dalam siklus daur ulang besi yang merupakan material utama kontainer, sehingga kontainer tidak teronggok tanpa difungsikan.

  • Kuat

Kekokohan kontainer tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan peti kemas umumnya terbuat dari material besi dan baja dan dapat menampung berat hingga puluhan ton. Oleh karenanya, sangat ideal apabila difungsikan dalam konstruksi bangunan.

  • Terjangkau

Meskipun properti peti kemas tidak dapat dikatakan lebih mudah dari rumah konvensional. Namun, penggunaan kontainer bisa menghemat budget dan tempat, sebab Anda tidak membutuhkan lahan luas untuk mendirikan bangunan rumah dari kontainer.

  • Fleksibel

Seperti diketahui, bahwa kontainer dapat dipindahkan kemana saja sesuai keinginan. Selain itu, Anda akan direpotkan dengan proses mengurus izin mendirikan bangunan, karena hunian kontainer termasuk kategori bangunan semi permanen.

Interior yang Cocok untuk Rumah Kontainer

Supaya hunian kontainer Anda tampak berkelas luar dan dalam, maka jangan fokus membangun dari sisi luarnya saja. Anda juga perlu mengaplikasikan interior yang cocok, seperti di bawah ini:

  • Foyer

Area lobby yang minim dengan unsur dekoratif, dan didominasi aksen kayu untuk menghadirkan kesan natural sekaligus compat di rumah kontainer.

Hadirkan ruang tamu dengan jendela besar untuk membuat bagian dalam rumah tampak luas sebab jumlah cahaya yang masuk lebih maksimal. Selain itu, pilihlah furniture dengan warna lembut, dan aksen kayu untuk memberikan kesan nyaman.

Untuk menghadirkan kesan lapang, maka dapat menerapkan warna pastel atau putih tidak hanya akan membuat ruangan terlihat lebih cerah, tetapi juga memberi nuansa elegan.

  • Walk in Closet

Pakaian yang tertata rapi akan membuat rumah tampak lebih indah dan tertata.

Lantai marmer berwarna gelap dipadukan skylight dari bahan iced glass akan membuat kamar mandi tetap terang. Aplikasikan bathtub agar aktivitas mandi semakin menyenangkan.

Mengaplikasikan built in furniture akan membantu pengoptimalan ruang dapur, sehingga tidak ada space kosong terbuang. Di samping itu, built in furniture juga akan memperkuat kesan modern pada rumah kontainer minimalis.

Dengan mengaplikasikan desain yang tepat, maka peti kemas sederhana dapat disulap menjadi sebuah hunian mewah dan mencengangkan. Tidak mengherankan jika rumah kontainer semakin diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Demikian informasi terkait rumah kontainer, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat ya.