Wastafel Cuci Piring Minimalis

Wastafel cuci piring merupakan salah satu elemen penting yang wajib dimiliki pada dapur Anda. Selain untuk membersihkan berbagai macam perabotan makan, Anda dapat menggunakan wastafel tersebut untuk mencuci bahan-bahan makanan, seperti buah, sayur, dan daging.

Macam-Macam Desain Wastafel Minimalis

Mencuci perabotan dapur dapat menjadi aktivitas yang cukup membosankan bagi sebagian orang. Tapi dengan memiliki wastafel yang keren dan menarik, Anda akan merasa lebih semangat dalam membersihkan peralatan dapur.

  1. Wastafel Cuci Piring Model Deep Sink Wastafel
Wastafel Cuci Piring Model Deep Sink Wastafel
build.com

Bagi Anda yang gemar membuat kreasi masakan, pastinya akan ada banyak peralatan dapur yang digunakan dan kotor. Tentunya Anda membutuhkan sebuah wastafel dengan desain yang dalam alias deep sink.

Tumpukan perabotan kotor tidak akan berjatuhan dan juga air tidak akan terciprat ke sekitar dapur. Desain yang sederhana ini sangat pas jika ditempatkan di dapur dengan desain modern.

Wastafel dibagi menjadi dua bagian sehingga bisa Anda gunakan untuk memisahkan antar perabot, misalnya piring dan gelas agar tidak tercampur. Untuk kisaran harganya mulai dari 800-1,2 juta rupiah.

  1. Wastafel Cuci Piring Cantik Eksotis
Wastafel Cuci Piring Cantik Eksotis
homedepot.com

Warna gold pada wastafel ini membuat tampilan dapur Anda menjadi eksotis. Bentuknya minimalis dan tidak memakan terlalu banyak ruang dapur. Tidak heran jika model wastafel seperti ini sangat diminati oleh masyarakat modern.

Namun, Anda harus menyesuaikannya dengan warna interior dapur lainnya agar serasi, karena warna wastafel yang satu ini tidak netral dan kurang pas jika diaplikasikan dengan desain dapur tertentu. Jika tertarik memilikinya, siapkan budget seharga 1,5 juta rupiah.

  1. Wastafel Cuci Piring Dengan Penyekat Minimalis
Wastafel Cuci Piring Dengan Penyekat Minimalis
wayfair.com

Warna putih pada wastafel akan membuat look fresh pada dapur Anda. Wastafel ini memiliki dua bak dengan ukuran sama yang dipisahkan oleh sekat pendek. Sekat dapat berfungsi untuk membatasi agar genangan air di kedua bak tidak bercampur satu sama lain.

Dengan demikian, saat Anda menggunakan salah satu sisi bak untuk mencuci bahan makanan dan sisi lainnya untuk mencuci piring, bahan makanan tidak akan terkontaminasi air yang kotor. Harga yang dibandrol untuk model wastafel putih ini mulai dari 750 ribu rupiah.

  1. Wastafel Cuci Piring Aluminum
Wastafel Cuci Piring Aluminum
mydeal.com.au

Wastafel aluminum cukup digemari di pasaran karena memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah lebih tahan lama, tidak mudah berkarat, dan gampang dibersihkan. Harga yang ditawarkan sekitar 450- 650 ribu rupiah.

  1. Wastafel Cuci Piring dengan Material Plastik
Wastafel Cuci Piring dengan Material Plastik
trendir.com

Wastafel dengan material plastik ini terlihat anggun menempel pada meja dapur hitam. Untuk membersihkannya hanya membutuhkan cairan pembersih pencuci piring biasa. Bentuknya yang sederhana dapat disesuaikan dengan desain dapur Anda.

Karena menggunakan material plastik, maka tidak heran jika wastafel ini dapat Anda beli mulai dari 350-550 ribu rupiah.

  1. Wastafel Cuci Piring dengan Peniris Diatasnya
Wastafel Cuci Piring dengan Peniris Diatasnya
polyvore.com

Desain wastafel ini hanya terdiri dari satu bak dengan ukuran cukup besar. Hal yang paling menarik adalah adanya tempat meniriskan peralatan yang sudah dicuci pada bagian atasnya.

Anda tetap bisa memanfaatkan bagian bawah tempat peniris untuk menaruh peralatan yang kotor agar tidak berserak ke mana-mana dan mencucinya pada bagian yang terbuka. Harga wastafel ini juga masih terjangkau, yakni antara 550- 645 ribu rupiah.

  1. Wastafel Cuci Piring Praktis Minimalis Multifungsi
Wastafel Cuci Piring Praktis Minimalis Multifungsi
drezy-lavello.cz

Desain yang satu ini sangat simple dan minimalis dengan warna hitam. Ada dua bagian wastafel yang berfungsi untuk mencuci dan bagian sebelahnya dapat digunakan untuk fungsi lain. Anda bisa menggunakannya untuk menaruh sayuran yang sudah dicuci sebelum dipotong dan dimasak.

Karena jenis wastafel ini multifungsi serta menggunakan material premium, untuk setiap unitnya bisa menyentuh harga 2 juta rupiah.

  1. Wastafel Cuci Piring dengan Gaya Vintage
Wastafel Cuci Piring dengan Gaya Vintage
redcottagechronicles.com

Kabinet dapur dari kayu membawa kesan vintage yang kental pada desain yang satu ini. Anda bisa melihat dengan jelas pada bagian wastafel terdapat tempat untuk meniriskan peralatan yang sudah dicuci. Perkiraan harga wastafel ini mulai dari 900-1,3 juta rupiah.

Anda tidak perlu menyediakan tempat penirisan piring di meja dan tentunya akan menghemat space. Warna hitam wastafel tampak begitu elegan dengan tambahan ornamen bunga di sekelilingnya membawa kesan sejuk dan segar pada dapur.

  1. Wastafel Cuci Piring Gaya Mewah
Wastafel Cuci Piring Gaya Mewah
lowes.com

Meja dapur terbuat dari marmer dengan warna yang selaras dengan wastafel membawa kesan mewah pada desain ini. Wastafel terbagi menjadi 2 bagian dengan luas yang tidak sama.

Saat Anda mencuci berbagai perabotan dalam 1 ruang wastafel, seringkali dapat menimbulkan bau amis pada gelas atau peralatan lain. Dengan pemisahan ruang ini, akan menjadi lebih praktis dan mengoptimalkan proses mencuci agar lebih bersih.

Anda bisa menggunakan bagian yang lebih luas untuk mencuci piring dan bagian yang lebih sempit untuk mencuci peralatan yang lebih kecil seperti sendok dan gelas. Seperti yang sudah terlihat pada foto, wastafel ini bisa mencapai harga 1,5 juta per unitnya.

  1. Wastafel Cuci Piring Built In
Wastafel Cuci Piring Built In
magnolia.com

Wastafel keren satu ini dibuat dengan desain built-in dengan meja dapurnya. Sebagian besar elemen di dapur berupa kayu memberi kesan tradisional yang khas pada meja dapur dan wastafel, sehingga tampak serasi saat dipandang. Tertarik membeli wastafel dengan model built-in ini? Siapkan budget mulai dari 1 juta rupiah.

Tips Memilih Wastafel Cuci Piring

Sebelum memutuskan membeli wastafel, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan agar nantinya mendapat produk berkualitas dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk mempersiapkan budget sesuai kebutuhan Anda.

  • Letak Wastafel

Akan lebih baik menempatkan wastafel di bagian ruang dapur yang dekat dengan jendela. Tujuan utamanya adalah karena wastafel itu sendiri adalah tempat mencuci yang kondisinya sering basah dan lembab, sehingga dibutuhkan sirkulasi udara untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

  • Material dan Ketebalan Wastafel

Setiap harinya tentu akan ada peralatan dapur yang kotor sehabis digunakan memasak. Wastafel pun akan digunakan sehari-hari sehingga sangat penting untuk memilih material yang tebal, agar kuat untuk menampung banyak peralatan dan tidak cepat rusak.

Anda bisa menggunakan material keramik untuk diletakan pada sekitar wastafel. Banyak sekali ragam model keramik untuk wastafel Anda, mulai dari yang menggunakan warna monokrom, pastel, gradasi warna, hingga motif, semuanya dapat dipilih sesuai keinginan.

Selain itu, jenis keramik yang bagus untuk melengkapi wastafel Anda adalah keramik mozaik, marmer, dan teraso.

  • Ukuran Wastafel

Sesuaikan ukuran wastafel yang akan dibeli dengan ukuran dapur Anda. Jangan memilih ukuran yang besar jika desain dapur Anda adalah minimalis. Jangan hanya tergiur dengan tampilan yang menarik, karena jika ukuran wastafel dan meja dapur tidak proporsional akan terkesan aneh. Untuk ukuran idealnya, Anda dapat memilih wastafel dengan ukuran 60×60 cm. Namun, jika Anda mempunyai ruang dapur yang lebih luas, sebaiknya gunakan ukuran wastafel antara 80×80 cm hingga 60×120 cm.

Apapun jenis wastafel yang nantinya akan Anda gunakan, akan lebih baik jika memilih material yang tahan karat, anti lapuk, dan tidak memerlukan perawatan khusus. Sesuaikan juga dengan desain meja dapur Anda, sehingga wastafel pencuci piring terlihat harmonis melengkapi kebutuhan dapur Anda.