Rak Ambalan Dinding Minimalis: Model & Tips

Rak dinding melayang atau ambalan merupakan solusi smart furniture untuk melengkapi interior rumah sehingga tampak lebih menawan. Selain dibanderol dengan harga bersahabat, rak ambalan juga gampang dipasang sendiri. Tidak mengherankan kalau begitu diminati konsumen.

Trend mendekorasi ruangan dengan mengaplikasikan rak ambalan memang tidak pernah ada matinya. Apalagi,  selalu ada model dan desain rak dinding terbaru yang eye catching dan kekinian untuk dijadikan alternatif pilihan. Wajar, kalau produk ini tidak pernah kehilangan penggemarnya.

Model Rak Ambalan Dinding Minimalis

  1. Ambalan Model Rak Dinding Kayu 2 Susun
Ambalan Model Rak Dinding Kayu 2 Susun
thebeautyrevival.com

Rak dinding dari kayu dengan finishing taco sheet minimalis ini bisa jadi solusi dekorasi di ruangan bergaya vintage. Rak ini dapat difungsikan sebagai tempat memajang berbagai benda dekoratif, seperti lukisan, artificial plants, dsb.

Untuk rak hiasan berukuran 100 cm x 12 cm (2 pcs) dari material blockboard berkualitas dengan finishing taco sheet, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 120.000.

  1. Ambalan Model Rak Kayu Minimalis Klasik
Ambalan Model Rak Kayu Minimalis Klasik
sweetbeacreations.com

Ruangan akan tampak semakin eye catching dengan mengaplikasikan rak dari material kayu berserat yang memberikan kesan klasik sangat kuat. Anda bisa meletakkan artificial pants dan poster tanaman mini untuk menambah kesan alami sehingga ruang terasa lebih segar.

Desain rak 2 susun dengan aksen tanaman hijau ini bisa Anda temukan di marketplace dengan harga mulai Rp. 89.000. Namun, harga bisa saja berbeda tergantung materialnya.

  1. Ambalan Model Rak Dinding Kayu 5 Susun
Ambalan Model Rak Dinding Kayu 5 Susun
fuelingmamahood.com

Area sudut ruangan dapat dimanfaatkan sebagai storage dekoratif dengan aplikasi rak tempel bersusun. Terdiri atas 5 rak dengan ukuran variatif, Anda juga bisa memajang lebih banyak barang ciamik disini, misalnya poster, lukisan kanvas, tanaman artificial, hingga lentera klasik.

Apabila berminat memiliki rak bersusun 5 dari material kayu dengan tampilan klasik dan hangat ini, maka Anda bisa mendapatkannya dengan mahar sekitar Rp. 145.000 /set.

  1. Ambalan Model Rak Hias Dinding Sudut Siku Kayu
Ambalan Model Rak Hias Dinding Sudut Siku Kayu
amazon.com

Daripada sudut dinding ruangan dibiarkan kosong dihinggapi sawang, akan lebih baik kalau dimanfaatkan untuk menambah kesan artistik dalam ruangan. Anda bisa menerapkan rak dinding sudut dari material kayu berwarna gelap, dan pajanglah foto-foto berkesan.

Untuk mempertegas kesan klasik, Anda bisa memilih rak siku dari material kayu mahoni asli. Harga pasaran rak sudut mahoni berukuran 40 cm x 10 cm kurang lebih Rp. 245.000 / 3 pcs.

  1. Ambalan Model Rak Minimalis Elegan Kayu
Ambalan Model Rak Minimalis Elegan Kayu
brit.co

Hadir dalam size cukup besar, rak gantung berwarna putih elegan ini bisa dikatakan multifungsi. Selain difungsikan sebagai rak buku, Anda sebenarnya bisa menjadikan rak ini sebagai storage apa saja, mulai dari tanaman mini, buku sandal, hingga kompor mini.

Namun, jika tujuan utamanya untuk menonjolkan kesan artistik, sebaiknya pajanglah barang-barang yang bernilai dekoratif dan menarik. Selain itu, hindari penggunaan warna terlalu ramai. Rak dari particle board berukuran 120 cm x 70 cm ini memiliki harga Rp. 121.000.

  1. Rak Ambalan Dekoratif Kombinasi Rotan
Ambalan Model Floating Shelves Dekoratif Kombinasi Rotan
modishstore.com

Aksen partisi rotan yang diaplikasikan pada sisi samping rak akan menciptakan kesan klasik natural sehingga membuat rak ambalan bermotif unik dari kayu ini terlihat semakin menawan. Bagian rak bisa diisi dengan berbagai barang, mulai dari buku hingga tanaman.

Jika Anda berminat memiliki rak desain unik dari kombinasi material kayu dan bambu ini, maka harus mempersiapkan budget sekitar Rp. 160.000 (Ukuran 70 cm x 70 cm).

  1. Ambalan Model Rak Kayu Model Lingkaran
Ambalan Model Rak Kayu Model Lingkaran
westelm.com

Ingin kamar mandi tampak lebih rapi dan artistik? Rak kayu berbentuk lingkaran ini wajib masuk dalam daftar yang perlu Anda beli. Terbuat dari material kayu finishing dark brown, rak ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan handuk dan peralatan mandi lain.

Di marketplace, harga rak dari material particle board ini bisa dikatakan sangat bersahabat, yakni mulai Rp. 65.000 saja untuk dimensi 50 cm x 50 cm. Jadi, sangat worth to buy.

  1. Ambalan Model Rak Kayu Pengait Besi Organizer
Ambalan Model Rak Kayu Pengait Besi Organizer
homeplistic.com

Hadir dalam desain minimalis klasik, rak kayu 3 susun dengan 2 holder samping kiri dan kanan ini bisa dimanfaatkan sebagai hiasan untuk meletakkan ragam benda dekorasi, atau sebagai organizer barang yang sering digunakan, seperti buku, dan radio kecil misalnya.

Rak minimalis  berdimensi 45 cm x 11 cm x 15 cm dari bahan multiplek dengan powder coating, serta holder kawat baja 4 ml ini memiliki tag price sekitar Rp. 89.000 / 3 pcs.

  1. Ambalan Model Rak Dinding Slim Kayu Meranti
Ambalan Model Rak Dinding Slim Kayu Meranti
wayfair.com

Disusun secara apik, rak dinding minimalis desain slim dari material kayu meranti ini bisa memberikan kesan unik dan artistik pada ruangan. Anda bisa memilih benda pajangan yang bernilai estetik, seperti kaktus mini, jam weker, maupun foto Anda sendiri.

Rak dari bahan blockboard kombinasi lapisan kayu meranti dengan 3 variasi ukuran 50 cm x 12 cm x 2.2 cm, 40 cm x 12 cm x 2.2 cm, dan 30 cm x 12 cm x 2.2 cm ini bisa ditemukan pada beberapa marketplace seharga sekitar Rp. 87.000 per set.

  1. Ambalan Model Rak Dinding Diagonal Kayu
Ambalan Model Rak Dinding Diagonal Kayu
astucesdefilles.com

Ruang tamu akan tampak lebih unik dan pastinya rapi dengan menerapkan rak dinding bermotif diagonal dari bahan kayu. Rak bersusun kayu 2 warna ini bisa dijadikan tempat untuk meletakkan barang-barang, seperti kaktus mini, keranjang kayu mini, dan botol unik.

Produk rak dari kayu solid berukuran 30 cm x 30 cm dengan finishing natural dan putih ini bisa didapatkan di Shopee dengan kisaran harga Rp. 190.000 /set (isi 5 pcs).

Tips Memilih Rak Ambalan Minimalis

Sebelum memutuskan membeli produk rak ambalan dengan desain atau ukuran tertentu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dengan begitu, maka produk yang dibeli bisa matching dengan desain interior, dan pastinya juga lebih fungsional dalam penggunaan.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih rak ambalan:

  • Perhatikan Lokasi Pemasangan Rak Dinding

Pemilihan area dinding harus disesuaikan dengan fungsi rak tersebut sendiri. Jika ingin digunakan sebagai dekorasi misalnya, maka sebaiknya letakkan pada bagian dinding terluas.

  • Memilih Bentuk Rak yang Sesuai

Seperti diketahui, bahwa model bentuk dan desain rak ambalan sangat bervariasi. Oleh sebab itu, pilihlah bentuk yang bisa memberikan kesan menonjol pada ruangan.

  • Perhatikan Tingkat Ketebalan Rak

Perlu diingat, bahwa rak ringan belum tentu rapuh, sedangkan rak tebal juga tidak dijamin kokoh. Karenanya, dianjurkan untuk memilih rak slim yang tampak ringan namun kokoh.

  • Pertimbangkan Warna dan Motif

Supaya tidak merusak unsur dekoratif yang ingin dibangun, sebaiknya tidak memilih corak dan warna terlalu ramai karena akan memberikan kesan mendominasi sehingga interior ruangan tenggelam. Jadi, pilihlah motif serta warna yang match dengan ruangan.

Ambalan dapat dijadikan sebagai alternatif solusi organizer sekaligus dekorasi pada ruangan. Namun, agar dapat berfungsi maksimal, sebaiknya perhatikan tempat pemasangan, serta ukuran rak ambalan yang akan diaplikasikan. Jadi, tetap sesuai dengan konsep ruangan.