Desain Rumah ala Jepang

Budaya asing yang masuk ke Indonesia memang sangat mempengaruhi masyarakat dalam berbagai bidang, termasuk gaya arsitektur rumah. Di era modern ini, desain rumah ala Jepang banyak dijadikan sebagai pilihan kaum muda yang menginginkan kesan rumah artistik sekaligus tradisional.

Seperti yang kita ketahui, Jepang adalah negara yang unik dan indah dalam berbagai hal. Sebagai destinasi wisata, Jepang mampu menawarkan budaya yang khas, makanan lezat, dan alam yang eksotis. Selain itu, tradisi Jepang juga sangat kental dengan arsitektur hunian.

Referensi Gaya Rumah ala Jepang

Dengan melihat ciri-cirinya saja, mungkin Anda sudah memiliki bayangan mengenai desain rumah bergaya Jepang. Agar lebih jelas, mari simak beberapa referensi desain rumah ala Jepang di bawah ini:

  1. Rumah Jepang Gaya Tradisional
Rumah Jepang Gaya Tradisional
kyoto-machiya-inn.com

Pertama, Anda bisa membuat konsep rumah ala Jepang gaya tradisional. Inspirasi ini sangat cocok untuk diaplikasikan di rumah minimalis pada lahan yang sempit.

Kombinasi kayu dan ruang terbuka akan membuat rumah Anda terasa nyaman dan penuh kehangatan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan ruang terbuka sebagai tempat meluapkan beban pikiran.

  1. Rumah Jepang Gaya Modern
Rumah Jepang Gaya Modern
hophouse.co.jp

Berkebalikan dengan gaya tradisional, Anda juga bisa membuat hunian ala Jepang bergaya modern. Berbeda dari desain sebelumnya, desain rumah yang satu ini lebih menonjolkan pencahayaan.

Dilengkapi dengan dua pintu utama, yakni pintu geser besar dan pintu dorong kecil, rumah ini sangat cocok untuk dibangun di lahan yang luas. Kesan mewah dan elegan akan ditampilkan di rumah ini.

  1. Rumah Jepang Gaya Rumah Bertumpuk
Rumah Jepang Gaya Rumah Bertumpuk
hubpages.com

Rumah bertumpuk sepertinya tengah menjadi tren di Jepang pada tahun 2020 lalu. Gaya rumah ini banyak dijadikan sebagai pilihan lantaran desainnya yang unik. Bentuk pintu rumah ini memang sangat kecil, tapi jika masuk ke dalamnya, hunian luas nan asri akan tampak dengan jelas.

  1. Rumah Jepang Gaya Rumah Tropical
Rumah Jepang Gaya Rumah Tropical
hokushuhousing.co.jp

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara tropis dengan dua musim, yakni panas dan hujan.

Siapa bilang semua gaya rumah ala Jepang tidak ada yang sesuai dengan budaya atau keadaan Indonesia? Buktinya, ada rumah ala Jepang bergaya tropical yang sangat sesuai dengan iklim Nusantara.

Rumah ini memadukan desain unik, elemen kayu, dan tanaman hijau agar terkesan lebih asri. Siapapun yang berada di dalam rumah ini akan merasa teduh, nyaman, dan segar.

  1. Rumah Jepang Gaya Rumah Klasik Industrial
Rumah Jepang Gaya Rumah Klasik Industrial
contemporist.com

Bila Anda ingin memiliki rumah ala Jepang yang modern tapi tetap ada sentuhan tradisional, Anda bisa menjadikan gaya rumah ini sebagai pilihan. Bentuk rumah kotak yang sangat industrial akan dipadukan dengan sentuhan kayu yang membuatnya lebih menyatu dengan alam.

Desain rumah Jepang ini sangat cocok bagi Anda yang akan membangun rumah di daerah komplek perumahan. Selain out of the box, desain yang satu ini juga sangat nyaman dan eye catching.

  1. Rumah Jepang Gaya Rumah Tersembunyi
Rumah Jepang Gaya Rumah Tersembunyi
trendhunter.com

Apakah Anda merupakan seseorang yang sangat menjaga privasi? Jika iya, Anda bisa menjadikan desain rumah ala Jepang ini sebagai referensi. Berbeda dari desain sebelumnya, rumah ala Jepang yang satu ini memiliki luas bangunan yang besar sebenarnya.

Hanya saja, rumah ini memiliki pintu masuk yang kecil dan tersembunyi di celah-celah eksterior rumah. Di sepanjang jalan menuju pintu, Anda bisa menambahkan batu pijakan atau tanaman kecil ala Negeri Sakura.

  1. Rumah Jepang Gaya Lesehan
Rumah Jepang Gaya Lesehan
ksmarchitecture.com

Bagi Anda yang merindukan suasana pedesaan, Anda bisa membangun rumah gaya lesehan ala Jepang. Desain rumah yang satu ini memadukan konsep ruang terbuka dan elemen kayu. Anda bisa berbincang santai bersama keluarga di ruang terbuka yang dilengkapi dengan pintu geser.

Ciri-ciri Rumah ala Jepang

Rumah ala Jepang adalah bangunan tempat tinggal yang memiliki desain seperti rumah-rumah di Negeri Sakura. Biasanya, desain ini kental akan nuansa khas Jepang, seperti lantai kayu, penggunaan pintu geser, tatami, dan lain sebagainya.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai ciri-ciri rumah ala Jepang, Anda bisa menyimaknya pada daftar di bawah ini:

  1. Ada Elemen Wabi Sabi

Apakah Anda pernah mendengar istilah wabi sabi? Istilah ini memiliki makna mendalam, yakni bahagia dan sempurna walaupun sedang dalam ketidaksempurnaan. Tidak hanya dalam kehidupan, ternyata masyarakat Jepang juga membawa istilah ini dalam konsep bangunan.

Desain rumah ala Jepang memang sangat terkenal akan kesederhanaannya. Meskipun sederhana dan minimalis, tapi rumah bergaya Jepang mampu membuat penghuninya merasa aman dan nyaman.

  1. Memiliki Area Genkan

Salah satu ciri khas dari rumah ala Jepang adalah area genkan. Apapun tipe bangunannya, baik itu apartemen maupun rumah minimalis, area genkan akan tetap selalu ada.

Genkan adalah area transisi yang menghubungkan bagian dalam dan luar rumah. Biasanya, area ini dipakai untuk menerima tamu atau sebagai tempat mengganti sepatu sebelum Anda memasuki area dalam rumah. Merujuk pada fungsi ini, genkan umumnya dilengkapi dengan rak getabako untuk menyimpan alas kaki.

  1. Beratap Lebar
Baca Juga:  Rumah Kartun

Pasti Anda sudah sering memperhatikan bahwa rumah ala Jepang selalu memiliki atap yang lebar. Bukan tanpa alasan, atap ini dirancang untuk mengalirkan air hujan agar jatuh dari atap rumah. Dengan demikian, rumah tidak akan kemasukan air saat hujan tiba.

  1. Memiliki Beranda Luas

Biasanya, rumah ala Jepang memiliki area beranda yang sangat luas. Tidak hanya menjadi penghubung antar ruangan, beranda juga menjadi tempat bersantai untuk menikmati udara segar. Dengan adanya beranda, cahaya dan sirkulasi udara akan masuk ke dalam rumah dengan lancar.

  1. Memadukan Unsur Alam

Budaya Jepang memang sangat menonjolkan kecintaan dan kesatuan terhadap alam, termasuk dalam hal arsitektur. Unsur alam dapat Anda lihat di semua sudut ruangan pada rumah bergaya Jepang. Mulai dari penggunaan lantai kayu, pagar bambu, hingga memasukkan elemen air dan tanaman ke dalam rumah.

  1. Bertangga Tansu

Rumah yang terletak di perkotaan Jepang biasanya memiliki lahan yang sempit. Untuk memaksimalkan penggunaan lahan, biasanya orang Jepang menggunakan tangga tansu. Tansu merupakan tangga yang bisa dipindah dan bongkar pasang sesuai keinginan pemiliknya.

Tips Membangun Rumah ala Jepang

Setelah melihat aneka desain rumah ala Jepang, apakah Anda tertarik untuk membangunnya? Perlu diingat, Anda tidak bisa sembarangan dalam membangun rumah bergaya Jepang karena hal ini cukup sulit untuk dilakukan. Diperlukan tenaga ahli dan pematangan konsep agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Tapi, Anda tak perlu takut. Ikuti beberapa tips membangun rumah ala Jepang dibawah ini agar tidak salah langkah:

  • Gunakan atap rumah yang lebar, lebih bagus lagi jika bisa menggunakan atap berbentuk segitiga.
  • Pasang tatami agar kesan homey dan nyaman lebih terasa.
  • Perhatikan material yang digunakan, sebaiknya pilih material kayu atau anyaman jerami.
  • Pilih warna-warna hangat, seperti putih gading, coklat, krem, dan lain sebagainya.
  • Gunakan pintu geser yang kental akan nuansa Jepang.

Itulah beberapa tips dalam membangun rumah bergaya Jepang. Selain memperhatikan beberapa hal di atas, Anda juga harus merencanakan pembangunan desain rumah ala Jepang dengan matang. Untuk hasil yang lebih maksimal, konsultasikan rencana Anda kepada arsitek handal atau ahli yang berhubungan dengan bidang ini.