Desain Kamar Tidur ala Jepang

Desain kamar tidur ala Jepang sangat cocok diterapkan oleh Anda yang gemar dengan budaya Jepang. Desain ruangan ala Jepang terkenal dengan karakteristiknya yang minimalis dan tidak terlalu banyak pernak-pernik.

Salah satu alasan mengapa sebagian orang lebih senang dengan desain kamar yang minimalis adalah karena desain tersebut mampu memberikan kesan yang rapi, bersih, dan tentu saja indah. Tentunya, desain yang minimalis tersebut dapat Anda jumpai pada kamar tidur bergaya Jepang.

Karakteristik Kamar Tidur Ala Jepang

Desain kamar ala Jepang memang menjadi tren pop tersendiri di kalangan banyak orang. Maka tidak heran jika desain ruangan bergaya Jepang tersebut menjadi acuan bagi banyak orang dalam mendekorasi kamar tidur.

Ada beberapa karakteristik kamar ala Jepang yang perlu Anda ketahui. Adapun karakteristik kamar bergaya Jepang tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Tampilan Minimalis dan Sederhana

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kamar tidur ala Jepang memiliki tampilan minimalis dan sederhana. Hal ini berkaitan dengan filosofi hidup masyarakat Jepang yang menjunjung gaya hidup sederhana dan jauh dari kesan kemewahan.

  • Penuh Nilai Filosofis

Setiap perabotan yang dimasukkan ke dalam desain kamar tidur ala Jepang juga memiliki simbol tertentu. Sehingga, dapat dikatakan bahwa konsep rumah bergaya Jepang sangat penuh dengan nilai filosofis.

  • Selaras dengan Alam

Karakteristik kamar Jepang yang berikutnya adalah selaras dengan alam. Seperti yang kita tahu bahwa furniture di Jepang menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam, seperti bambu, kayu, batu alam, dan lain-lain.

Bahan-bahan alam tersebut digunakan bukan tanpa alasan. Salah satu tujuan menggunakan dekorasi berbahan alam yaitu untuk mendapatkan ketenangan dan menjauhi stres dan pikiran tidak tidak tenang.

  • Efisiensi Ruang

Orang Jepang terbiasa untuk memanfaatkan bangunan yang berdiri di tanah yang sempit seefektif dan seefisien mungkin. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat di berbagai kota yang padat seperti Tokyo tidak mudah mendapatkan lahan yang luas.

Bukan hanya itu, alasan mengapa banyak orang Jepang menggunakan ruangan seefisien mungkin adalah agar setiap sudut ruang dapat berfungsi dengan baik.

Referensi Kamar Gaya Jepang & Tips Mendekornya

Mengubah kamar yang menonjolkan karakteristik negeri sakura tersebut sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan berbagai aspek agar proses dekorasi kamar dapat berjalan baik dan hasilnya memuaskan.

Beberapa referensi yang bisa Anda terapkan ketika mendekorasi kamar ala Jepang yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak Perlu Terlalu Banyak Barang
Kamar ala Jepang dengan Barang Minimalis
designboom.com

Tips pertama untuk menciptakan desain kamar tidur ala Jepang yaitu dengan menghindari pemasangan furnitur yang terlalu banyak. Meskipun semua barang yang ingin dimasukkan ke kamar terkesan penting, akan tetapi upayakan agar kamar tidak dipenuhi banyak perabotan.

Pilih perabotan yang benar-benar penting dan harus ada di kamar Anda. Jangan lupa bahwa desain kamar tidur ala Jepang memiliki ciri khas yang fungsional, sederhana, dan bersih.

  1. Furnitur dan Pencahayaan yang Alami
Kamar ala Jepang dengan Furnitur dan Pencahayaan yang Alami
behance.net

Tips kedua yang dapat dilakukan untuk membuat kamar tidur bergaya Jepang adalah dengan memilih furnitur berbahan dasar dari alam. Contohnya seperti furnitur yang bahannya terbuat dari kayu atau rotan.

Selain furniture, aspek pencahayaan juga diutamakan dengan pencahayaan alami. Adapun tata cahaya tersebut perlu disembunyikan atau diminimalisir. Hal ini karena pencahayaan alami tersebut merupakan sumber utama cahaya kamar.

  1. Perhatikan Pemilihan Warna
Kamar ala Jepang dengan Perpaduan Warna Senada
thebedlyft.com

Agar dapat memunculkan kesan teduh dan tenang, maka gunakanlah pemilihan warna dinding dan furniture yang bernuansa abu abu atau hijau. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari suasana kamar yang terkesan “ramai”.

Jika dilihat dari sisi tradisional, desain ruangan Jepang memang menghadirkan warna-warna yang cenderung netral. Misalnya, seperti coklat, beige, hitam, atau krem. Anda bisa memilih salah satu atau dua dari warna-warna tersebut untuk menciptakan desain kamar tidur ala Jepang.

Sedangkan warna-warna seperti biru, hijau, merah, dan orange adalah warna yang paling sering digunakan untuk dekorasi dan aksesoris. Warna-warna tersebut dianggap cocok untuk desain kamar bergaya Jepang karena masih bernuansa alam.

  1. Minimalisir Aksesoris dan Dekorasi
Kamar ala Jepang dengan Aksesoris dan Dekorasi Minimalis
naturalbedcompany.co.uk

Meskipun bisa menggunakan aksesoris, sebaiknya jangan menggunakan aksesoris yang banyak untuk menghindari nuansa keramaian.

Dengan memasang dekorasi dan aksesori yang minim, maka hal ini akan menghindari adanya tumpukan barang yang berpotensi membuat Anda tidak mendapatkan ketenangan batin.

  1. Lantai
Kamar ala Jepang dengan Kasur Lantai Minimalis
hoshinoya.com

Sebagian besar orang Jepang mendesain rumahnya dengan memperhatikan pemilihan lantai. Anda bisa mengikuti kebiasaan tersebut untuk mendapatkan desain ruangan bergaya Jepang yang sempurna.

Sebaiknya, gunakanlah tikar tradisional Jepang atau tatami. Meskipun demikian, Anda tidak harus menutup seluruh lantai menggunakan tatami. Gunakan saja tatami sebagai pelengkap dekorasi di depan atau samping tempat tidur.

  1. Sesuaikan Tema dan Furniture
Kamar ala Jepang dengan Tema dan Furniture yang Serasi
pinterest.com

Jika ingin memunculkan nuansa Jepang di kamar, sebaiknya pilihlah furniture yang sesuai dengan gaya rumah Jepang. Contohnya, buatlah tempat tidur yang serendah mungkin karena umumnya, tempat tidur Jepang dibuat ‘lesehan’.

Anda juga bisa melengkapi furniture dengan meja rias dari bahan bambu. Hal tersebut tidak masalah, asalkan furniture tersebut memiliki nilai-nilai fungsional.

  1. Penggunaan Ranjang
Kamar ala Jepang dengan Ranjang Kayu Blok
reddit.com

Jika Anda pernah menonton film atau drama Jepang, tentu Anda mengetahui bahwa orang Jepang tidak menggunakan ranjang untuk tidur. Orang Jepang menggunakan futon (matras Jepang) untuk alas yang dinilai simpel dan mudah disimpan.

Namun, jika Anda berpedoman pada kamar ala Jepang bergaya modern, maka Anda bisa menambahkan ranjang yang tingginya rendah. Hal ini dapat menjadi alternatif terbaik jika Anda masih ingin menerapkan tempat tidur yang beralas memiliki alas.

  1. Meja Mini dan Bantal Duduk

Agar tidak terkesan monoton, Anda bisa menambahkan meja mini dan bantal duduk sebagai salah satu dekorasinya. Perabotan tersebut cocok digunakan untuk kamar tidur dengan ukuran 4×4.

  1. Televisi

Dekorasi yang cocok untuk diterapkan ke dalam kamar bernuansa Jepang yaitu televisi. Tidak jarang, orang Jepang memasukkan TV ke dalam kamarnya untuk kebutuhan hiburan sambil tiduran. Ada banyak kamar berukuran 3×4 yang menerapkan dekorasi yang satu ini.

  1. Gunakan Mezzanine
Kamar ala Jepang dengan Lukisan Bunga Sakura
hackrea.com

Menggunakan mezzanine adalah langkah yang tepat untuk memberi sekat dan membangun privasi ketika beristirahat. Anda juga bisa menambahkan pintu geser yang berkonsep buka-tutup.

Umumnya, desain tersebut sangat cocok digunakan oleh remaja yang ingin kamarnya tampil sederhana.

Pada dasarnya, konsep utama dari rumah bergaya Jepang adalah menggunakan pintu geser sebagai pengganti dinding tebal. Hal ini dimaksudkan agar tidak adanya dinding yang mengisolasi kontinuitas ruang.

  1. Jendela yang Besar
Kamar ala Jepang dengan Gaya Modern
inredningshjalpen.com

Lazimnya, kamar tidur di Jepang menggunakan bukaan jendela yang cenderung besar. Hal ini dimaksudkan agar cahaya dari luar dapat masuk secara maksimal. Untuk mendukung dekorasi ini, gunakan kursi yang menghadap pada sirkulasi udara.

Itulah penjelasan mengenai desain kamar tidur ala Jepang yang minimalis. Secara garis besar, kamar tidur bergaya Jepang hanya memanfaatkan furniture yang fungsional saja dan dekat dengan nuansa alam.

Dengan menerapkan kamar tidur ala Jepang, maka Anda akan bisa mendapatkan kedamaian dan ketentraman saat beristirahat.