Lemari Baju Gantung Minimalis

Lemari sudah menjadi barang yang umum dijumpai di setiap rumah. Gaya dan model lemari pakaian biasanya disesuaikan dengan konsep hunian. Pada artikel ini akan diberikan beberapa referensi lemari baju gantung minimalis khusus untuk Anda.

Lemari gantung biasanya digunakan sebagai tempat menyimpan baju yang kerapiannya harus terjaga biasa digunakan untuk menyimpan kemeja berbahan katun, dress panjang, dan lain sebagainya. Lemari baju terbuat dari berbagai macam bahan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Model-model Lemari Baju Gantung Minimalis

Model, ukuran, serta bahan yang digunakan pada lemari baju ada bermacam-macam. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep kamar. Di bawah ini akan disajikan beberapa model lemari baju gantung minimalis yang bisa Anda jadikan referensi.

  1. Lemari Baju Gantung Bahan Kayu Solid

Lemari pakaian berbahan kayu solid rasanya sudah sangat umum dijumpai. Lemari dengan bahan ini juga dikenal memiliki kualitas yang baik. Usianya bisa sampai belasan bahkan puluhan tahun.

Lemari Baju Gantung Bahan Kayu Solid
woodenalley.com

Beberapa bahan kayu yang biasa digunakan, diantaranya kayu jati, kayu mindi, kayu mahogani, kayu trembesi, kayu sungkai, dan kayu jati belanda.

Di balik kelebihannya, lemari kayu juga memiliki beberapa kekurangan. Lemari kayu atau furniture lain yang berbahan kayu umumnya rawan terkena hama, seperti jamur atau rayap. Maka lemari kayu membutuhkan perawatan khusus dibanding dengan bahan yang lain.

  1. Lemari Baju Gantung Bahan Plastik

Lemari plastik juga bisa Anda jadikan pilihan. Lemari plastik memiliki warna yang lebih menarik dan beragam. Modelnya pun bermacam-macam, berbagai karakter kartun yang cocok untuk anak kecil, sampai model  lemari baju gantung minimalis.

Lemari Baju Gantung Bahan Plastik
amazon.com

Saat membeli lemari plastik biasanya masih berupa bagian-bagian terpisah. Terdapat instruksi khusus yang disediakan sebagai petunjuk perakitan lemari. Anda juga bisa meminta dirakitkan di toko Anda membeli lemari tersebut.

Lemari plastik memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah dipindah-tempatkan. Karena berbahan sintetis, bahan ini bisa bertahan cukup lama. Lemari plastik juga dikenal lebih ekonomis karena harganya yang jauh lebih murah ketimbang lemari berbahan kayu solid.

Hanya saja, seiring waktu intensitas warnanya akan memudar. Bahan plastik juga memiliki sifat elastis, sehingga jika dibebani dalam waktu yang cukup lama, kekuatannya akan berkurang dan membentuk lengkungan.

  1. Lemari Gantung Sederhana

Jika Anda memiliki ruangan yang tidak begitu luas, sebaiknya gunakan lemari baju gantung minimalis. Modelnya yang sederhana tentu tidak akan memakan banyak space di kamar.

Anda bisa memanfaatkan bahan aluminium untuk membuat lemari gantung. Aluminium memiliki karakteristik yang ringan namun kuat dan tahan karat. Seperti contoh model di bawah ini.

Panjang gantungan bajunya bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan. Tingginya juga bisa Anda buat berbeda-beda sesuai fungsinya. Untuk kemeja, dress, atau celana bahan. Bisa juga dipasang beberapa keranjang untuk menaruh tas atau baju-baju yang dilipat.

Lemari Gantung Sederhana Aluminium
storagemaker.co.uk

Tak hanya full aluminium, Anda juga bisa menambahkan material kayu pada  lemari. Bahan kayu digunakan untuk membuat laci-laci yang bisa digunakan untuk menyimpan pakaian yang dilipat atau aksesoris.

Bisa juga digunakan untuk membuat rak-rak penyimpanan tas dan baju lain. Tak hanya itu, rak ini juga bisa digunakan untuk menyimpan bed cover, sprei, atau selimut yang berukuran besar.

Lemari Gantung Sederhana Putih Minimalis
ikea.com
  1. Walking Closet

Walking Closet bisa juga Anda pilih untuk memaksimalkan fungsi ruangan. Walking Closet merupakan lemari penyimpanan yang biasanya dibiarkan tidak memiliki pintu. Akan sangat cocok untuk tipe ruangan sempit.

Walking Closet Bahan Kayu
writeofthemiddle.com
Walking Closet Hitam Putih
archiproducts.com

Karena desainnya yang compact, Walking Closet ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk Anda dalam mengambil barang. Karena desainnya yang tanpa pintu, Walking Closet ini tentunya tidak akan mengganggu mobilitas Anda.

Namun sayangnya, karena tanpa penutup, walking closet ini akan lebih mudah dihinggapi debu. Maka, penggunaannya diutamakan untuk pakaian yang sering dikenakan, atau sering dipindah-tempatkan.

Selain digunakan sebagai lemari penyimpanan pakaian, Walking closet juga biasa digunakan sebagai tempat menyimpan tas atau beberapa aksesoris, seperti koleksi kacamata, dasi, sabuk, dan berbagai perhiasan.

  1. Lemari Pakaian Portable

Lemari jenis ini bisa dibilang menjadi lemari dengan harga paling ekonomis dibanding yang lain. Saat pertama membeli juga lemari ini masih berbentuk bagian-bagian terpisah seperti halnya lemari plastik.

Lemari Pakaian Portable Tutup Model Tirai Gorden
amazon.com
Lemari Pakaian Portable Tutup Gulung
countrydoor.com
Lemari Pakaian Portable Beroda
etsy.com

Dengan bobotnya yang sangat ringan, lemari ini bisa dengan mudah Anda pindahkan. Kelengkapannya berupa pipa-pipa berbahan aluminium dan penyambung untuk bagian sudutnya berbahan plastik. Ditambah dengan cover berbahan anti air.

Cara Memilih Lemari Baju Gantung yang Tepat

Ikuti cara-cara berikut agar lemari yang Anda pilih memang benar sudah tepat sesuai kebutuhan.

  • Sesuaikan dengan Budget

Hal pertama dan yang terpenting adalah, sesuaikan budget Anda. Jika Anda memiliki budget lebih, maka Anda bisa memilih berbagai macam model lemari gantung. Lemari kayu jati dengan harga yang lebih tinggi dari yang lain bisa Anda jadikan pilihan.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pemilihan lemari kayu tidak hanya didasarkan pada budget saja, tapi juga kualitas dan usia pakainya yang relatif panjang. Jika Anda hendak memilih lemari untuk tempat tinggal yang akan didiami lama, maka lemari kayu bisa jadi pilihan yang tepat.

Namun jika Anda memilih lemari untuk tempat tinggal sementara, seperti kost atau kontrakan, maka lemari berbahan plastik atau lemari portable sangat bisa dijadikan pilihan. Kedua jenis lemari ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dilepas-pasang.

Harga Lemari Baju Gantung di Pasaran

Meski harga lemari setiap toko berbeda-beda, tapi setidaknya Anda bisa melihat harga rata-rata yang ada di pasaran saat ini.

  1. Lemari Kayu

Kayu yang digunakan untuk membuat lemari ada bermacam-macam, sehingga harganya pun beragam. Untuk lemari kayu 2 pintu berbahan jati, mahoni, dan trembesi, biasanya dibandrol mulai harga 2 hingga 5 jutaan. Disesuaikan dengan tingkat kerumitan desain.

  1. Lemari Plastik

Lemari plastik yang umum di pasaran terdiri dari beberapa merk. Lemari plastik juga memiliki beberapa varian warna dan model, berikut di antaranya:

  • 2 pintu: Rp 500.000 – Rp 600.000
  • 3 pintu: Rp 800.000 – Rp 1.100.000
  1. Lemari Portable

Lemari portable saat ini sudah banyak dijual di marketplace. Biasanya menjadi incaran mereka yang tinggal sementara di kost.

  • 1 Pintu 2 rak: 100 – 200 ribuan
  • 4 pintu: 2 jutaan

Pemilihan lemari baju gantung minimalis dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan (apakah untuk pemakaian jangka panjang atau tidak), budget, ukuran, dan bahan. Selain membelinya secara offline, Anda juga bisa membelinya melalui berbagai macam marketplace.