Lemari Rak Piring Minimalis

Di era modern ini, rak piring tidak hanya memiliki fungsi untuk menyimpan piring atau peralatan dapur lainnya, tetapi juga memiliki nilai estetika di dapur. Ada berbagai jenis lemari rak piring minimalis, seperti rak kayu, plastik, atau aluminium dengan berbagai desain.

Beragam Model Lemari Rak Piring

Umumnya, rak piring sudah menyatu dengan kitchen set atau lemari dapur. Tetapi, ada juga banyak pilihan rak yang bisa Anda tempatkan sesuai keinginan dengan desain yang tidak kalah menarik dan keren.

  1. Lemari Rak Piring Model Laci Built-In
Lemari Rak Piring Model Laci Built In Kayu
domino.com

Dengan memilih model built-in, Anda tidak perlu repot-repot menyesuaikan model rak dengan desain interior dapur. Posisi rak piring built-in bisa di bagian atas kabinet atau bisa juga di bagian bawah meja dapur berupa lemari yang menyatu dengan meja.

Lemari Rak Piring Model Laci Built In Putih Polos
neilkelly.com

Model lemari rak piring minimalis built-in laci sangatlah praktis karena bisa dibuka tutup dan tidak memakan banyak ruang. Ada berbagai bahan yang bisa Anda pilih, mulai dari kayu, aluminium, kaca, atau plastik.  Dengan desain rak ini, Anda akan mendapatkan dapur minimalis yang cantik dan praktis.

Lemari Rak Piring Model Laci Built In Aluminium
housetweaking.com
  1. Lemari Rak Piring Kayu
Lemari Rak Piring Kayu
designthusiasm.com

Lemari rak piring kayu adalah jenis yang memiliki paling banyak variasi. Anda bisa memilih lemari yang terbuat dari bahan kayu yang lunak ataupun kayu jati. Kayu jati mampu bertahan bertahun-tahun dan memiliki tekstur yang khas, serta anti rayap. Namun, harganya lebih mahal.

Sedangkan, kayu yang lebih lunak memiliki harga lebih mura, tapi tidak terlalu tahan lama seperti kayu jati. Model seperti gambar dibawah sangat estetik karena terdapat bagian tertutup dan bagian terbuka.

Anda bisa memilih perabotan dapur yang dirasa lebih penting di bagian tertutup dan perkakas yang frekuensi penggunaanya lebih sering bisa diletakkan di bagian yang terbuka. Terdapat beberapa tatakan di bagian terbuka untuk menyimpan piring Anda dalam jumlah yang cukup banyak.

  1. Lemari Rak Piring Gantung Minimalis
Lemari Rak Piring Gantung Minimalis
flickr.com

Model lemari rak piring minimalis gantung cukup diminati. Kebanyakan pasangan muda menyukai jenis rak piring ini karena dinilai unik dan praktis. Rak jenis ini bisa terbuat dari besi, kawat, alumunium, atau kayu.

Lemari Rak Piring Gantung Minimalis Putih
houseandgarden.co.uk

Pemasangannya yang menggantung pada dinding dapur sangat menghemat ruangan. Kelebihan lainnya yaitu peralatan dapur yang diletakkan di rak ini akan cepat kering karena biasanya model gantung tidak memiliki penutup.

Pada bagian bawah rak juga terdapat beberapa gantungan yang bisa Anda fungsikan untuk menggantung cangkir, spatula, wajan, atau peralatan lain. Fitur ini membuatnya semakin praktis dengan memanfaatkan ruang vertikal yang tidak terpakai untuk menyimpan peralatan.

Jenis rak modern ini berukuran tidak terlalu besar sehingga hanya bisa menyimpan beberapa gelas dan piring saja. Rak ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga sangat tepat untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk perawatan dapur.

  1. Lemari Rak Piring Gantung Kaca
Lemari Rak Piring Gantung Kombinasi Kayu dan Kaca
thisoldhouse.com

Lemari rak piring minimalis model ini memiliki kesan berkelas dan mewah. Ada beberapa rak yang menggunakan kaca biasa dan ada pula yang menggunakan kaca doff, yaitu kaca bertekstur dan lebih tebal. Lemari piring dengan kaca doff biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Namun, tentunya harga tersebut sesuai dengan kekuatan kaca serta teksturnya yang dapat memberi tampilan cantik. Anda perlu melakukan perawatan jika memilih lemari kaca. Perawatan dapat dilakukan dengan dengan mengelapnya secara rutin setidaknya 3 hari sekali agar tetap bersih.

  1. Lemari Rak Piring Kayu dengan Laci dan Sekat
Lemari Rak Piring Kayu dengan Laci dan Sekat
refineanddefine.cambriausa.com

Model yang satu ini tidak kalah cocok untuk dapur Anda. Rak dengan ukuran minimalis dan bahan kayu ini terlihat manis dan unik. Sekat-sekat berupa tiang bulat di dalam laci dapat memisahkan peralatan satu dengan lainnya.

Selain itu, sekat juga berfungsi untuk menjaga posisi peralatan makan selama laci dibuka dan ditutup agar tidak bersentuhan satu sama lain. Dengan demikian, kerusakan dan suara berisik dapat diminimalisir.

Tips Memilih Lemari Rak Piring

Saat memilih rak piring, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk mendapat hasil yang ideal. Pemilihan material dan model rak piring yang tepat akan berpengaruh pada efisiensi dan tampilan dapur Anda.

  • Memilih Material Rak Piring

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis rak piring dilihat dari materialnya. Ada rak piring kaca, aluminium, plastik, kayu, atau perpaduan dari beberapa bahan tersebut. Pastikan Anda memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing material agar mendapat rak yang sesuai kebutuhan.

Misalnya, rak yang memiliki harga paling murah adalah rak piring plastik dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya, yaitu tersedia dalam banyak warna dan ringan, sehingga mudah dipindahkan dan dibersihkan.

Namun, kekurangannya adalah tidak mampu menahan beban yang terlalu berat melebihi kapasitasnya karena akan cepat rusak. Untuk rak piring aluminium memiliki beberapa keunggulan, seperti tahan air, tahan karat, serta cocok untuk iklim dan cuaca seperti di Indonesia.

  • Perhatikan Harga

Semakin bagus kualitas lemari atau rak piring, tentunya harganya juga akan semakin mahal. Namun, jika Anda ingin kualitas yang cukup baik dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda bisa membelinya pada diskon akhir tahun atau momen cuci gudang, dimana akan ada banyak potongan harga.

  • Perhatikan Ukuran Dapur

Pilihlah lemari rak piring minimalis yang ukurannya proporsional dengan ukuran dapur Anda. Jangan memilih ukuran yang terlalu besar karena akan terlihat seperti memenuhi ruangan dapur sehingga tidak terlihat rapi dan sesak.

Apapun model yang nantinya akan Anda pilih, alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Perhatikan material lemari rak piring minimalis yang digunakan dan juga desainnya agar sesuai dengan keinginan Anda.