Desain Meja Kerja di Rumah

Keberadaan meja kerja di rumah cukup penting karena kegunaannya banyak. Selain sebagai tempat Anda menyelesaikan tugas dan meletakkan peralatan, meja kerja juga berfungsi sebagai interior yang mempercantik ruangan.

Wajar saja kalau meja kerja dibuat dengan berbagai model yang menarik. Konsepnya beragam mulai dari yang minimalis, industrial, hingga maksimalis. Banyaknya pilihan tentu memudahkan Anda untuk menentukan model meja kerja mana yang paling sesuai diletakkan di rumah.

Inspirasi Model Meja Kerja di Rumah

  1. Meja Kerja Minimalis Bentuk L
Meja Kerja Minimalis Bentuk L
i2.wp.com

Meja kerja bentuk L memang sangat ideal sebagai perabot hunian minimalis. Sebab, meja tersebut dapat memenuhi lekukan pada bagian sudut ruangan. Dengan begitu, area pada ruangan berhasil dimaksimalkan kegunaannya.

Model meja tersebut memiliki alas yang relatif lebih lebar sehingga bisa memuat cukup banyak barang. Bentuknya juga agak panjang walaupun melengkung sehingga menawarkan pilihan untuk menggeser kursi ke banyak sisi.

Pencahayaan alami yang masuk juga cukup bagus karena meja kerja persis menghadap jendela. Pancaran sinar dan sirkulasi udara yang bagus akan mengalirkan energi positif ke tubuh Anda sehingga performa kerja menjadi lebih maksimal.

  1. Meja Kerja Minimalis Serba Putih
Meja Kerja Minimalis Serba Putih
goto.target.com

Meja kerja yang serba putih merupakan pilihan tepat apabila Anda menginginkan suasana yang bersih dan terang. Konsep minimalis yang diterapkan pada meja kerja menawarkan kelebihan seperti ruang penyimpanan yang banyak pada dua kaki penyangga yang disulap menjadi rak.

Menyandingkan dengan dinding dan perabot lain yang juga berwarna putih menciptakan ruangan modern nan elegan. Efek menenangkan dapat Anda rasakan, apalagi jika ditambah dengan tanaman hijau sebagai dekorasi.

Apabila ingin memainkan warna lain, pilihan terbaiknya adalah hitam. Sebab, warna hitam mampu menegaskan aksen ruangan secara dan menghadirkan sentuhan berkelas pada meja kerja minimalis Anda.

  1. Meja Kerja Minimalis Berslot Khusus
Meja Kerja Minimalis Berslot Khusus
id.pinterest.com/ultimatebeautyhunter

Meja kerja di rumah yang mengusung konsep minimalis memang mengedepankan fungsi. Maka, wajar apabila meja kerja dilengkapi dengan slot khusus berupa rak susun untuk menyimpan barang.

Dengan begitu, Anda tidak perlu meletakkan rak secara terpisah di sisi lain. Selain menghemat ruang, Anda juga bisa menghemat tenaga dan waktu karena dokumen kerja tersimpan dalam jangkauan yang dekat.

Meja Kerja Minimalis Kombinasi Putih dan Coklat
mrandmrshowe.com

Rak susun pada meja kerja minimalis difungsikan juga sebagai kaki penyangga meja. Letaknya bisa di salah satu sisi saja atau di dua sisi sehingga semua kaki penyangga berupa rak penyimpanan.

  1. Meja Kerja Berkonsep Industrial Modern
Meja Kerja Berkonsep Industrial Modern
chairsand.blog.jp

Belakangan ini, desain industrial semakin banyak diminati. Meja kerja bergaya industrial menggunakan kayu sebagai elemen utama. Kayu tersebut ditampilkan sesederhana mungkin tanpa ada polesan yang mengubah penampilan aslinya.

Baca Juga:  Kursi Vintage

Selain itu, engsel pada kaki-kaki meja yang terbuat dari baja dibiarkan terbuka tanpa ditutupi dengan material lain. Bagian bawah kursi pun disangga dengan batang besi yang terekspos.

Berbicara soal warna, meja kerja bergaya industrial meminimalisir proses finishing, sehingga nuansa warna bumi seperti coklat pada kayu masih terlihat jelas. Keseluruhan tampilan meja kerja tampak begitu modern.

  1. Meja Kerja Double
Meja Kerja Double
extraspace.com

Selanjutnya, model meja kerja di rumah yang menarik untuk diadaptasi adalah meja panjang untuk 2 orang. Pilihan yang cocok apabila Anda memiliki ruang yang terbatas sehingga harus berbagi dengan anggota keluarga lain.

Namun, meja kerja panjang juga bisa dipakai oleh Anda sendiri. Pada satu sisi, meja dibiarkan kosong sehingga digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara manual.

Sedangkan pada sisi lain, dapat dimanfaatkan sebagai tempat PC. Dengan begitu, Anda bisa berpindah dari satu sisi ke sisi lain sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Apabila menggunakan kursi putar, maka alasi lantai dengan karpet. Tujuannya agar tidak licin dan melindungi lantai dari goresan.

  1. Meja Kerja Tatakan PC
Meja Kerja Tatakan PC
worldmarket.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan komputer sangat penting untuk membantu Anda bekerja lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, desain meja kerja yang dilengkapi dengan tatakan PC wajib dipilih.

Adanya tatakan tersebut mempermudah untuk meletakan PC dalam posisi yang pas. Anda tinggal menyandingkan dengan kursi yang ketinggiannya bisa diatur untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

Istimewanya lagi, bagian bawah tatakan PC biasanya dibuat bolong sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang berukuran kecil, misalnya mouse dan keyboard.

Meja Kerja dengan Tatakan PC Minimalis
gridfiti.com

Apabila ukuran PC Anda lebih besar, maka bisa disiasati dengan menambahkan tatakan tambahan yang terbuat dari besi. Dengan material yang kokoh, pasti akan kuat menyangga komputer dalam waktu yang lama.

Jenis Furnitur yang Cocok Sebagai Pelengkap Meja Kerja

Tidak hanya model meja kerja, Anda juga perlu memikirkan furnitur pelengkap apa saja yang cocok untuk dipilih. Dari sekian banyak jenis, berikut 4 furnitur tambahan yang keberadaannya cukup esensial bagi meja kerja:

  1. Rak Tempel dan Susun
Meja Kerja dengan Rak Tempel dan Susun
thewonderforest.com

Penambahan rak tempel pada area meja kerja di rumah sangat berguna. Sebab, Anda akan memperoleh ruang penyimpanan ekstra untuk barang-barang berukuran mini, seperti buku catatan, jam weker, atau alat peralatan kerja.

Rak tempel juga bisa difungsikan sebagai tempat memajang hiasan. Contohnya, pot tanaman hias, pigura foto, lampu unik atau berbagai miniatur yang cantik.

Selain rak tempel, model rak susun yang diletakkan di atas lantai juga ideal bersanding dengan meja kerja. Ral tersebut berguna untuk menyimpan buku, berkas pekerjaan dan barang penting lain agar lebih aman.

  1. Papan Tulis dan Papan Gantungan
Meja Kerja dengan Papan Tulis dan Papan Gantungan
housemixblog.com

Papan tulis merupakan perabot tambahan yang memiliki 2 fungsi. Pertama, Anda dapat menuliskan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan maupun hal penting lain agar Anda selalu ingat.

Kedua, papan tulis bisa difungsikan sebagai hiasan unik. Cukup tambahkan saja quote favorit untuk menambah semangat Anda dalam menyelesaikan tugas.

Meja Kerja dengan Hiasan Tanaman Hijau
amazon.com

Selanjutnya adalah papan gantung yang memiliki banyak kegunaan. Anda bisa memajang hal pribadi seperti foto-foto bersama para orang tersayang untuk meningkatkan mood selama bekerja.

Menggantungkan kertas-kertas memo juga ide yang bagus untuk mengingatkan Anda pada tugas yang harus diselesaikan. Selain itu, papan gantung juga cocok sebagai tempat menyimpan gunting, penggaris, penjepit kertas, maupun peralatan lain yang ringan.

  1. Lampu Meja
Meja Kerja dengan Lampu Meja Minimalis
katrinaleechambers.com

Bisa dibilang bahwa lampu meja merupakan benda wajib yang ada di meja kerja. Sebab, lampu memiliki fungsi krusial sebagai sumber cahaya saat Anda bekerja pada malam hari.

Lampu meja dapat membantu Anda lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, model lampu yang bervariasi bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan.

Apakah semakin siap mendekorasi meja kerja sendiri? Pastikan Anda menyesuaikan luas ruangan dengan model meja yang diinginkan. Selain itu, pilihlah furnitur pelengkap yang dapat menunjang produktivitas Anda selama bekerja.