Meja Kursi Makan Minimalis

Ruang makan menjadi salah satu tempat yang penting di dalam rumah. Ruangan ini tidak hanya untuk makan keluarga inti, tetapi juga menjadi pusat tempat saat keluarga besar sedang berkumpul. Selain itu, beberapa kegiatan seperti bekerja dan belajar juga kerap dilakukan di meja makan.

Dengan demikian, Anda harus mengisi ruang makan dengan meja dan kursi makan yang sesuai. Simak artikel ini untuk menentukan meja dan kursi makan yang cocok untuk hunian Anda.

Inspirasi Model Meja Makan Minimalis

Setelah mengikuti tips di atas, kini saatnya Anda mengenal macam-macam model meja dan kursi makan. Pilihlah yang paling sesuai dengan aspek yang telah Anda pertimbangkan.

  1. Meja Makan dengan Perpaduan Kursi Memanjang
Meja Makan dengan Perpaduan Kursi Memanjang
catesthill.com

Ruang makan yang sempit dapat disiasati dengan model meja makan yang dilengkapi dengan kursi memanjang atau bangku. Set meja dan kursi makan ini bahkan bisa diletakkan di sudut ruangan untuk memberi kesan ruangan yang semakin luas.

Selain itu, satu meja yang memiliki dua model kursi akan mempercantik ruangan. Jika dicermati, gambar di bawah terdiri dari beberapa elemen, yaitu besi untuk meja, kayu untuk kursi dan bangku, dan bantal sebagai pelengkap. Dengan begitu, suasana menjadi tidak monoton.

Meja panjang 2 meter dengan model di bawah ini bisa dibeli dengan kisaran Rp 4.800.000,00.

  1. Meja Makan Berbentuk Bundar
Meja Makan Berbentuk Bundar
go.amara.com

Meja bundar cenderung tidak memerlukan tempat yang terlalu luas. Meja makan berbentuk bundar juga akan menciptakan suasana yang lebih akrab dan hangat. Material kayu seperti gambar akan membuat suasana menjadi semakin damai.

Salah satu model ruangan yang pas menggunakan meja bundar yaitu model ruangan minimalis. Meja bundar retro diameter 90 cm, satu set dengan empat kursi umumnya dijual dengan harga mulai Rp 1.700.000,00

  1. Meja Makan Kayu Minimalis
Meja Makan Kayu Minimalis
allmodern.com

Material kayu banyak digunakan sebagai perabot rumah tangga. Sebab, bahan tersebut bisa dan mudah dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Selain itu, kayu juga memiliki karakteristik kuat, apalagi kayu jati. Salah satu model meja makan dari bahan ini yaitu bentuk minimalis.

Sentuhan minimalis akan lebih terasa jika set meja dan kursi makan menggunakan satu warna, seperti pada gambar di bawah. Tidak terlalu banyak dekorasi atau ukiran, menjadi terlihat simpel dan elegan. Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp 2.700.000,00 untuk membelinya.

  1. Meja Makan Kaca
Meja Makan Kaca
inmod.com

Material kaca identik dengan suasana yang minimalis nan modern. Namun, penggunaan meja makan kaca harus diperhatikan dari segi banyaknya anggota keluarga. Sebab, material tersebut tidak sekuat kayu dan memiliki risiko pecah.

Biasanya, meja kaca akan diimbangi dengan rangka kaki yang terbuat dari besi atau kayu agar lebih kokoh. Satu set meja makan kaca dan empat kursi bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp 1.600.000,00.

  1. Meja Makan Kayu yang Artistik
Meja Makan Kayu yang Artistik
parkergwen.com

Jika Anda menyukai hal-hal yang artistik, unik, dan anti mainstream, meja makan kayu model artistik akan cocok untuk melengkapi ruang makan Anda.

Contohnya seperti meja pada gambar yang permukaannya berbentuk segi tujuh dengan penyangga menyerupai batang pohon. Anda bisa menggunakan kursi bahan lain sebagai pelengkapnya, contohnya dari material besi.

Untuk kisaran harganya, Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp 4.950.000,00.

  1. Meja Makan Marmer
Meja Makan Marmer
ediva.gr

Meja makan dengan material marmer akan sangat cocok berada di hunian Anda yang mewah. Harga marmer tergolong tinggi mencapai Rp 7.500.000,00 per setnya. Jenis batuan dari endapan kristal ini memiliki banyak warna dan motif yang berbeda-beda.

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini. Marmer putih dengan motif abu-abu terlihat harmonis berdampingan dengan kursi, karpet, lantai, dan dinding berwarna senada.

  1. Meja Makan Perpaduan Kayu dan Besi Warna Emas
Meja Makan Perpaduan Kayu dan Besi Warna Emas
tovfurniture.com

Kombinasi kayu dan besi juga bisa menjadi meja makan yang memiliki kesan tersendiri. Umumnya, material kayu akan menjadi bagian permukaan meja, sedangkan besi sebagai rangka kakinya. Modelnya pun dapat bermacam-macam.

Gambar di bawah terlihat stylish dengan rangka kaki yang menyilang dan berwarna emas, sedangkan kayu permukaannya berwarna coklat dengan corak yang begitu artsy. Tampilan meja tersebut semakin manis dilengkapi dengan kursi berwarna hitam.

Meja model tersebut dengan ukuran 150×80 cm dan tinggi 75 cm bisa dibanderol dengan harga mulai Rp 2.230.000,00.

  1. Meja Makan Perpaduan Kayu dan Besi Warna Hitam
Meja Makan Perpaduan Kayu dan Besi Warna Hitam
lekkerhome.com

Permukaan meja pada gambar di bawah hampir sama artistiknya dengan model sebelumnya. Hanya saja, rangka kakinya dibuat lebih simpel. Model ini juga memilih warna hitam sebagai rangka meja dan kursinya.

Keunikan dari gambar model di bawah ini yaitu pada delapan kursi yang mengelilinginya. Warna hijau yang dipilih diimbangi dengan tanaman hias di sudut ruangan. Satu set meja dan delapan kursi makan ini bisa dibeli dengan harga Rp 6.000.000,00.

Tips Memilih Meja Makan

Meja makan tidak boleh dipilih secara sembarangan. Pemilik rumah harus memperhatikan beberapa aspek sebelum menjatuhkan pilihan. Adapun tips memilihnya adalah:

  • Menentukan Ukuran Ruangan

Tentukan apakah ruang makan Anda termasuk luas atau sempit. Jika perlu, hitung luasnya secara detail.

  • Menentukan Luas Meja

Setelah mengetahui luas ruangan, Anda akan memiliki gambaran ukuran meja yang akan digunakan. Pastikan ukuran meja masih menyisakan ruang.

  • Menyesuaikan dengan Banyaknya Anggota Keluarga

Jika anggota keluarga banyak dan Anda memiliki ruangan yang luas, tak ada salahnya untuk memiliki meja makan yang besar. Namun, jika anggota keluarga sedikit, Anda bisa menghemat uang dengan membeli dengan ukuran yang kecil.

  • Memperhatikan Kegiatan Lain di Meja Makan

Jika Anda gemar bekerja di ruang makan, atau anak Anda senang belajar maupun bermain di sana, pastikan kursi makannya nyaman untuk duduk dalam waktu yang lama. Perhatikan juga tinggi kursi dan meja sehingga menghasilkan proporsi yang pas.

  • Memilih Warna dan Material yang Digunakan

Lihat interior rumah Anda, lalu sesuaikan meja dan kursi makan dengannya. Hal ini dilakukan agar tidak ada interior atau furnitur yang bertabrakan.

Setelah membaca sampai di sini, apakah Anda sudah bisa menentukan meja makan mana yang akan dibeli untuk mempercantik ruang makan keluarga Anda?