Meja Komputer Minimalis Modern

Di era modern sekarang, meja komputer memang seolah sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat milenial, khususnya yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan penggunaan teknologi. Apalagi di masa pandemi, dan himbauan WFH memaksa Anda harus tetap produktif di rumah.

Penggunaan meja komputer dalam balutan model dan desain artistik bukan hanya dapat membuat nyaman, melainkan juga meningkatkan mood sehingga aktivitas bekerja atau belajar semakin lancar. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan malas karena lingkungan kerja yang monoton.

Jenis-Jenis Meja Komputer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ada bermacam-macam jenis dan model meja komputer yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum membeli. Bagi Anda yang berencana membeli sebuah kabinet untuk meletakkan perangkat komputer, di bawah ini adalah beberapa jenis meja komputer berdasarkan material bahan yang digunakan.

  • Meja Komputer Kayu

Furniture kayu memang terkenal dengan desain artistik dan antik sehingga dapat menciptakan kesan menarik pada ruangan. Saat ini ada beragam jenis meja komputer dari material kayu solid dengan bermacam model, desain, dan warna yang bisa dipilih.

Hingga saat ini, meja PC dari bahan kayu merupakan yang terlaris di pasaran. Sebab ketahanannya sudah terbukti. Meskipun sebenarnya kayu memiliki kekurangan, yaitu memiliki bobot berat, rawan keropos dimakan rayap, dan tidak tahan pada tempat lembab.

  • Meja Komputer Rangka Stainless Steel

Untuk penggunaan berat, seperti ingin meletakkan beberapa monitor sekaligus pada sebuah desk, maka rangka stainless steel atau baja ringan bisa menjadi alternatif solusi terbaik. Hal tersebut dikarenakan bahan ini memiliki tingkat ketahanan sangat tinggi.

Perpaduan rangka baja dengan tatakan meja berbahan kayu solid juga akan menciptakan kesan klasik modern sehingga dijamin akan sangat mendukung kegiatan bekerja maupun belajar. Jadi, meskipun harganya relatif mahal, namun masih worth to buy.

  • Meja Komputer Aluminium

Umumnya bahan aluminium diaplikasikan sebagai frame pada meja komputer untuk menghadirkan kesan lebih stylish kekinian. Sedangkan kalau digunakan sebagai tatakan masih kurang cocok sebab aluminium tidak begitu kokoh dalam menampung beban.

  • Meja Komputer Kaca

Tentu Anda tidak akan menemukan produk meja PC dari bahan full tempered glass. Biasanya kaca dijadikan sebagai lapisan permukaan meja kayu sebagai proteksi dan juga memperindah desk. Selain itu, material kaca juga lebih mudah untuk dibersihkan.

10 Desain Meja Komputer Minimalis Modern

  1. Meja Komputer Model Minimalis Sederhana
Meja Komputer Model Minimalis Sederhana
vasagle.com

Computer desk dari material kayu solid berwarna natural ini tampak begitu sederhana namun klasik. Jadi, sangat recommended bagi Anda yang suka dengan desain minimalis tanpa tambahan ornamen. Apalagi kalau dipadukan sebuah kursi dari bahan PVC minimalis.

  1. Meja Komputer Model Bufet Kayu
Meja Komputer Model Bufet Kayu
woodenstreet.com

Instalasi perangkat komputer pada bufet bahan kayu memang terkesan unik. Pasalnya, perpaduan antara perangkat teknologi dengan meja dan rak kayu klasik dapat menciptakan nuansa adem sehingga kegiatan belajar atau bekerja menjadi semakin menyenangkan.

  1. Meja Komputer Model Meja Berlaci Kayu Minimalis
Meja Komputer Model Meja Berlaci Kayu Minimalis
walmart.com

Penggunaan meja berlaci dari bahan kayu dengan finishing warna natural akan membuat kesan klasik semakin terasa. Meja minimalis berwarna senada dengan lantai kayu ini akan sukses menghadirkan kesan luas dan nyaman di ruangan kerja atau belajar Anda.

  1. Meja Komputer Floating Table Minimalis Modern
Meja Komputer Floating Table Minimalis Modern
amazon.co.uk

Untuk mendapatkan space kaki lebih luas, maka floating table elegan bisa menjadi alternatif solusi meletakkan perangkat PC. Agar ruangan minimalis menjadi lebih multifungsi, maka bisa menambahkan rak dinding sebagai tempat menyimpan berbagai peralatan mungil.

  1. Meja Komputer Model Rak Terbuka Klasik
Meja Komputer Model Rak Terbuka Klasik
wayfair.ca

Kegiatan di depan komputer menjadi lebih nyaman dengan mengaplikasikan meja model rak terbuka dari material kayu berwarna gelap. Karena terdiri atas beberapa rak bertingkat, maka Anda bisa meletakkan berbagai perlengkapan penunjang kerja atau belajar di meja tersebut.

  1. Meja Komputer Kayu Desain Letter L
Meja Komputer Kayu Desain Letter L
overstock.com

Apabila memiliki ruang cukup luas, maka bisa melakukan instalasi meja kayu desain letter L. Computer desk berdimensi luas ini sangat cocok bagi Anda yang bekerja dengan double monitor. Sedangkan sisi lain meja dapat dijadikan tempat menyimpan barang lain.

  1. Meja Komputer Model Bufet Desain Modern Elegan
Meja Komputer Model Bufet Desain Modern Elegan
pinterest.com

Set meja berlaci dengan rak dari bahan kayu berwarna putih solid akan menghadirkan kesan elegan modern pada ruangan. Selain sebagai tempat meletakkan PC, laci dan rak tersebut dapat Anda fungsikan untuk menyimpan buku dan benda untuk mendukung pekerjaan.

  1. Meja Komputer Dinding Minimalis
Meja Komputer Dinding Minimalis
aliexpress.com

Jika mempunyai ruangan berukuran mungil, maka meja dinding model apung minimalis dapat dijadikan solusi terbaik sebagai cara menghemat ruangan. Meja minimalis berwarna putih ini juga dilengkapi laci tempat dimana Anda bisa meletakkan keyboard.

  1. Meja Komputer Model Bufet Segitiga Hitam
Meja Komputer Model Bufet Segitiga Hitam
articulo.mercadolibre.com.ar

Menghadirkan meja PC berwarna serba hitam memang dapat memberikan kesan minimalis dan mahal. Meja yang mengusung bentuk segitiga ini cocok sekali kalau diterapkan pada sudut ruangan, karena bentuknya memang match dan pas diletakkan di sudut.

  1. Meja Komputer Model Meja Sudut Segitiga Rak Minimalis
Meja Komputer Model Meja Sudut Segitiga Rak Minimalis
articulo.mercadolibre.com.ar

Model meja berbentuk segitiga yang menyatu dengan rak minimalis ini juga tepat sekali diaplikasikan pada sudut ruang. Penggunaan meja sudut juga menjadi alternatif untuk memaksimalkan fungsi ruang. Sehingga bagian sudut bisa difungsikan sebagai space kerja.

Baca Juga:  Kursi Santai

Tips Memilih Meja Komputer

Proses pemilihan meja komputer memang tidak jarang menimbulkan problema. Supaya mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat difungsikan secara optimal, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk model desain dan juga kualitas produk.

Bagaimana cara memilih meja komputer supaya bisa menyesuaikan kebutuhan? Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dijadikan referensi:

  • Sesuaikan dengan Kondisi Lingkungan Kerja

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli desk computer adalah melihat bagaimana kondisi ruang tempat dimana PC akan diletakkan. Setelah itu, mulai buat list kesan seperti apa yang ingin dihadirkan dalam ruangan, apakah modern, klasik, dsb.

  • Memilih Material Meja

Bahan meja harus menjadi prioritas perhatian Anda, sebab merupakan penentu kualitas dan daya tahan desk dalam menampung beban, termasuk perangkat komputer. Oleh karenanya, pilihlah meja dari material terbaik yang memang sudah terbukti kuat dan kokoh.

  • Memperhatikan Aspek Ergonomis

Selain keindahan dan keunikan, Anda juga harus memastikan kalau meja nyaman untuk digunakan. Segi ergonomis memiliki peran sangat penting untuk meminimalisir timbulnya perasaan kurang nyaman yang dapat mempengaruhi produktivitas Anda dalam bekerja.

  • Memperhatikan Rancangan Desain dan Estetika

Supaya aktivitas bekerja atau belajar menjadi terasa semakin nyaman, Anda juga perlu mempertimbangkan seperti apa rancangan desain dan estetika dari suatu produk meja komputer. Karena tanpa disadari, hal tersebut bisa mempengaruhi mood Anda.

  • Faktor Fungsional

Agar meja dapat difungsikan sebagaimana mestinya, sebaiknya perhatikan model produk meja yang hendak dibeli. Misalnya, jika meja ingin diletakkan pada ruang minimalis, maka pilihlah desk dengan model minimalis atau multifungsi, seperti meja sudut, dsb.

Pemilihan meja komputer yang tepat bukan hanya akan menunjang kegiatan bekerja maupun belajar, melainkan juga menjadi media refreshing saat penat. Hal tersebut dikarenakan, furniture bernilai artistik akan mampu memberikan rasa tenang dan membuat pikiran lebih fresh.