Meja Setrika

Menyetrika pakaian merupakan aktivitas rumah tangga yang dikerjakan secara rutin. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kebutuhan mengenakan pakaian rapi dan wangi dalam keseharian. Untuk mendukung kegiatan ini agar terasa nyaman dilakukan, maka dibutuhkan sebuah meja setrika.

Hasil setrika menggunakan meja hasilnya tentu akan lebih sempurna dibandingkan menyetrika di lantai beralaskan kain. Di samping itu, pergerakan saat menyetrika juga akan menjadi lebih mudah. Terlebih lagi, ada berbagai model dan tipe meja yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

10 Referensi Model Meja Setrika

  1. Meja Setrika Model Lipat Motif Piramid Multicolor
Meja Setrika Model Lipat Motif Piramid Multicolor
robertdyas.co.uk

Selain praktis karena dapat dilipat, meja berdiri dengan rangka kaki pipa besi ini memiliki permukaan yang tampak unik. Corak piramid multicolor menambah kesan elegan kekinian pada meja setrika. Jadi, aktivitas menyetrika terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

  1. Meja Setrika Lipat Kayu Klasik
Meja Setrika Lipat Kayu Klasik
gardentrading.co.uk

Bagi pecinta barang-barang klasik, maka meja lipat berdiri dari material woods ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Uniknya, meja kayu ini memiliki tempat khusus dimana Anda dapat meletakkan hanger dan menggantung baju yang telah disetrika disitu.

  1. Meja Setrika Model Double Desk
Meja Setrika Model Double Desk
wayfair.co.uk

Meja setrika model berdiri rangka kayu ini dibekali empat roda sehingga mudah dipindahkan. Selain itu, meja double desk juga memiliki dua rak, dimana rak pertama adalah tempat menyetrika, sedangkan rak kedua untuk meletakkan pakaian setelah disetrika.

  1. Meja Setrika Polkadot dengan Rak Lipat
Meja Setrika Polkadot dengan Rak Lipat
wayfair.co.uk

Sama dengan model sebelumnya, meja lipat ini juga terdiri atas dua rak untuk tempat setrika dan menyisihkan pakaian yang telah disetrika. Meja rangka kayu berlapis besi ini memiliki lapisan permukaan berwarna biru dengan motif polkadot putih yang tampak sangat modis.

  1. Meja Setrika Batik Elegan dengan Kabinet Kayu
Meja Setrika Batik Elegan dengan Kabinet Kayu
walmart.com

Hadir dalam desain model multifungsi, meja batik elegan dengan kabinet lemari kayu minimalis ini juga bisa difungsikan sebagai tempat menyimpan peralatan setrika, seperti botol spray. Sementara permukaan meja bermotif batik membuatnya tampak klasik dan elegan.

  1. Meja Setrika Model Lipat Berangka Besi
Meja Setrika Model Lipat Berangka Besi
acehardware.com

Meja setrika dengan finishing permukaan warna biru muda elegan ini hadir menggunakan rangka besi yang membuatnya menjadi lebih kokoh. Menariknya, di sisi meja terdapat tempat minimalis untuk menggantungkan hanger sehingga pakaian dapat digantungkan disana.

  1. Meja Setrika Model Lipat Rangka Kayu Motif Garis-garis Abu & Putih
Meja Setrika Model Lipat Rangka Kayu Motif Garis-garis Abu & Putih
amazon.com

Mengusung rangka kaki kayu dengan rak berbahan besi minimalis, meja lipat ini hadir dalam balutan warna abu dan putih yang tampak minimalis elegan. Kalau Anda menginginkan meja minimalis, maka meja model lipat rangka kayu ini wajib masuk dalam bucket list.

  1. Meja Setrika Model Boat dengan Storage
Meja Setrika Model Boat dengan Storage
wayfair.co.uk

Meja setrika kayu model boat berwarna hitam putih ini dilengkapi dengan storage atau penyimpanan. Jadi, Anda dapat meletakkan pakaian yang akan dan telah disetrika pada rak di bagian bawah. Dengan begitu, kegiatan menyetrika menjadi lebih praktis serta mudah.

  1. Meja Setrika Model Boat Lipat Kayu
Meja Setrika Model Boat Lipat Kayu
remodelista.com

Terbuat material kayu dengan finishing halu, meja model boat strip hitam putih ini dapat dilipat sehingga dapat dipindahkan kemana saja secara mudah. Di bagian bawah, terdapat sebuah rak minimalis tempat meletakkan berbagai perlengkapan menyetrika.

  1. Meja Setrika Model Body Lipat Kayu
Meja Setrika Model Body Lipat Kayu
remodelista.com

Hadir dalam warna broken white elegan, meja kayu dengan model papan setrika body ini sangat matching ditempatkan pada ruangan minimalis. Selain itu, meja kayu lipat juga bersifat fleksibel sehingga dapat dengan mudah disimpan dimana saja.

Baca Juga:  Dinding Batu Bata

Tipe-tipe Meja Setrika

Hingga saat ini, meja setrika yang umum digunakan terdiri atas 2 tipe atau jenis, yaitu:

  • Tipe Duduk

Meja setrika duduk memiliki tingkat fleksibilitas tinggi karena bisa digunakan dimana saja, mulai dari lantai, meja, hingga kasur. Hanya saja, Anda pasti akan cepat merasa pegal dan lelah. Oleh sebab itu, tipe ini direkomendasikan saat menyetrika sedikit pakaian.

  • Tipe Berdiri

Apabila memiliki banyak pakaian yang hendak disetrika, maka meja tipe berdiri lebih dianjurkan. Karena kegiatan menyetrika dilakukan berdiri, Anda dapat mengatur ketinggian meja sesuai postur tubuh sehingga tidak mudah merasa lelah

Bentuk-bentuk Meja Setrika

Selain terbagi atas 2 tipe berbeda, meja setrika juga dikelompokkan atas 2 kategori bentuk, yakni:

  • Boat (Melingkar)

Bentuk boat memiliki kemiripan seperti kapal dengan ujung segitiga membulat. Model boat ini merupakan yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

  • Human Body (Kotak)

Meja kota mengusung bentuk mirip siluet torso manusia, dengan bagian ujung meja mempunyai fungsi lain sehingga memudahkan proses menyetrika kerah pada atasan kemeja.

Tips Memilih Meja Setrika

Supaya mendapatkan meja setrika terbaik yang sesuai dengan ekspektasi, maka Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya adalah seperti di bawah ini:

  1. Pertimbangkan Tipe Meja

Terdapat dua tipe meja setrika yang bisa dijadikan pilihan, dimana kedua tipe memiliki karakteristiknya masing-masing. Sebaiknya pilihlah tipe yang memberikan kenyamanan.

  • Tipe duduk
  • Tipe berdiri
  1. Pertimbangkan Bentuk Meja

Meja setrika tersedia dalam berbagai macam bentuk, dimana hal tersebut turut mempengaruhi kualitas hasil setrika. Karenanya, pilihlah sesuai kebutuhan.

  • Melingkar (Boat Type)
  • Kotak (Human Type)
  1. Perhatikan Apakah Meja Memiliki Sleeve Board

Sebaiknya pilih meja setrika yang dilengkapi dengan finish horse atau sleeve board. Pasalnya, sleeve board akan mendukung kegiatan menyetrika agar terasa lebih nyaman.

  1. Pilih Berdasarkan Bahan Lapisan Penutup Meja

Material lapisan meja setrika juga berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, lapisan busa dan kain lembut adalah yang paling umum. Meskipun lapisan terbaik terbuat dari aluminium (konduktor panas) yang dapat mendukung kegiatan setrika agar lebih efisien.

Baca Juga:  Lemari TV Minimalis

Referensi Harga Meja Setrika Berdasarkan Ukuran

Harga meja setrika sangat bervariatif, mulai dari angka puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada fungsi, material bahan, dimensi, dan mereknya. Sebelum membeli, pastikan Anda sudah memiliki acuan harga sehingga bisa menyesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan.

Berikut ini adalah referensi harga meja setrika dari sumber beberapa marketplace di Indonesia:

TipeDimensi Ketika Dilipat  Harga
Meja Berdiri Kayu Ramin  + Busa + Kain HalusP : 118 cm L : 35,5 cm T : 11 cmRp. 106.000
Meja Berdiri Rangka Besi + Busa + Kain HalusP : 99,5 cm L : 35 cm T : 7 cmRp. 104.000
Meja Lesehan / Duduk Rangka Besi + Busa + Kain HalusP : 64,5 cm L : 34 cm T : 5 cmRp. 85.900
Meja Lesehan Merek Bina Karya Rangka Besi + Busa + Kain HalusP : 90 cm L : 30 cm T : 20 cmRp. 117.000
Meja untuk Setrika Uap Krisbow Ace Rangka BesiTinggi dapat diatur hingga 75 cmRp. 328.500
Meja Berdiri Ergonomis Merek Creova Rangka Besi + Busa + Kain Halus + Gantungan Baju + Kabinet KayuP : 114 cm L : 41 cm T : 163 cmRp. 981.000
Meja Metal Merek OLC Rangka Aluminium + Busa + Kain HalusP : 115 cm L : 37 cm T : 74 cmRp. 201.000

Pemilihan meja setrika tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan. Supaya betah melakukannya, karena itu dibutuhkan meja terbaik.