Plafon Rumah Minimalis

Sebuah rumah menjadi kurang lengkap tanpa adanya plafon. Selain sebagai hiasan, plafon juga berguna untuk melindungi penghuni rumah dari berhadapan langsung dengan genting. Plafon rumah minimalis terdiri dari banyak model dan bahan. Untuk mengetahui info lengkap, silakan simak artikel ini.

Model Plafon Untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis harus memiliki lampu yang cocok dengan interiornya. Berikut ini daftar plafon yang bisa dipertimbangkan.

  1. Plafon Gaya Modern
Plafon Gaya Modern Abu Abu
therecipeproject.com

Plafon yang bergaya modern memiliki berbagai macam model. Ada yang berbentuk persegi, persegi panjang, lingkaran, atau bentuk yang lain. Itu pun tidak harus satu buah. Ada juga plafon yang menggabungkan dua buah persegi panjang, dan sebagainya.

  1. Plafon Balok Kayu
Plafon Balok Kayu dengan Lampu Tanam
decorpad.com

Instalasi balok kayu dapat menjadi plafon yang akan mempermanis tampilan rumah. Kesan yang akan dihasilkannya adalah rustic, hangat, dan nyaman. Untuk interior rumah yang maksimal, Anda bisa melengkapi isi rumah dengan furnitur berbahan kayu juga.

  1. Plafon Warna Putih
Plafon Warna Putih Cekung Memanjang
sitchu.com.au
Plafon Putih dengan Balok Kayu dan Lampu Gantung
theidentite.co

Plafon rumah minimalis selanjutnya bisa berwarna putih. Pada gambar, plafon berbentuk balok yang memanjang, memberikan kesan ruangan yang menawan dan terlihat lebih luas. Selain itu, unsur simpel dan bersih pun terdapat di sana.

  1. Plafon Bertingkat
Plafon Bertingkat Simple Mewah
homify.es

Plafon model bertingkat bisa digunakan jika Anda menginginkan cahaya dari lampu-lampu kecil. Di antara plafon tersebut juga bisa ditambahi lampu panjang yang minimalis.

Namun, plafon ini tidak menutup kemungkinan untuk dipasangi lampu hias yang lebih besar di tengahnya. Dengan plafon bertingkat yang kerendahannya sudah disesuaikan, suhu ruangan akan lebih dingin.

  1. Plafon Minimalis Persegi Panjang Putih Mengkilap
Plafon Minimalis Persegi Panjang Putih Mengkilap
stylemepretty.com

Plafon model ini terlihat simple dan cocok dipadukan dengan berbagai jenis lampu, contohnya dipadukan dengan lampu gantung akan membuat ruangan terlihat simple dan mewah.

  1. Plafon Minimalis Model Panel Cekung
Plafon Minimalis Model Panel Cekung
hilltownhouse.com

Plafon minimalis panel cekung memberikan visual langit-langit rumah yang lebih luas dan tinggi. Plafon ini juga bisa menambah kesan elegan dan mewah pada rumah Anda.

  1. Plafon Minimalis Sederhana
Plafon Minimalis Sederhana
nextluxury.com

Jika Anda menginginkan plafon yang tidak biasa tetapi tetap minimalis, Anda dapat mengaplikasikan plafon tipe ini. Modelnya yang memberikan kesan rapi dan simpel cocok dipadupadankan dengan beragam furnitur di rumah.

  1. Plafon Minimalis Klasik
Plafon Minimalis Klasik
improvecanada.com

Plafon klasik dengan motif bunga-bunga siap meramaikan ruangan rumah Anda. Sentuhan warna putih membuatnya tidak berlebihan dan tetap sederhana. Namun, jika Anda menghendaki tampilan yang lebih mewah, Anda bisa memberikan warna lain seperti krem atau emas.

Baca Juga:  Lemari TV Minimalis

Bahan untuk Membuat Plafon

Ternyata, ada banyak jenis material yang bisa digunakan untuk bahan dasar membuat plafon. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Gypsum

Plafon berbahan gypsum ramai digunakan oleh masyarakat. Bahan ini cocok untuk rumah semi modern atau modern. Plafon ini sangat mudah didapatkan di setiap daerah. Selain itu, harganya juga relatif murah.

  • Triplek

Sebelum plafon gypsum hadir, plafon triplek sudah ada terlebih dahulu. Plafon triplek memiliki ketebalan berkisar antara 3 mm sampai dengan 6 mm. Stoknya mudah didapatkan dan harganya juga masih tergolong murah.

  • Kayu

Plafon kayu biasanya berbentuk lembaran dengan ukuran 1×9 cm. Plafon ini memiliki kesan yang elegan. Sebab, dalam proses finishing-nya dilapisi pelitur sehingga warnanya tampak natural.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan penyusutan, karena sebelum dipasarkan, lembaran kayu sudah dikeringkan agar kadar airnya menyusut.

  • Metal

Pemilihan bahan metal sebagai plafon biasanya karena sifatnya yang anti air dan anti rayap. Maka, tak heran jika plafon metal lebih awet dan kuat daripada plafon bahan lainnya. Untuk membuat sebuah plafon, lempengan metal tipis diembos lalu dicetak dengan motif yang beragam.

  • PVC

Selain untuk membuat plafon, PVC atau Polyvinyl Chloride juga umum digunakan untuk membuat pipa. Karakteristik PVC sangat tahan terhadap air, api, dan rayap. Selain itu, PVC juga sangat ringan, kuat, dan memiliki beragam motif serta warna.

  • Eternit atau Asbes

Plafon eternit memiliki ketahanan terhadap air dan api yang baik. Namun, material ini sudah tidak dianjurkan lagi digunakan sebagai plafon karena dapat menimbulkan risiko kesehatan, yaitu seperti kanker dan gangguan pernapasan.

  • GRC

Material Glassfiber Reinforced Cement memiliki kemiripan karakteristik dengan bahan eternit. Bedanya, GRC memiliki ukuran yang lebih lebar, yaitu 120×240 cm. Sayangnya, cukup sulit untuk memasang plafon berbahan GRC karena cukup rapuh.

  • Plafon Akustik

Selain berfungsi sebagai hiasan langit-langit, plafon akustik juga memiliki keunggulan meredam suara. Maka, plafon ini sangat cocok dipasang jika Anda menginginkan ruangan yang tenang.

Pilihan Lampu yang Cocok Dipadukan dengan Plafon

Dalam memilih plafon rumah minimalis, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan lampu apa yang akan digunakan agar keduanya serasi. Tiga pilihan lampu ini mungkin bisa menjadi referensi Anda,

  • Lampu Plafon LED Panel

Salah satu jenis lampu yang banyak digunakan dalam interior minimalis adalah lampu LED. Lampu ini mengeluarkan cahaya yang terkesan tersembunyi karena bentuknya yang tabung atau bulat. Cahaya lampu ini juga mampu bersinar secara merata.

  • Lampu Kotak

Lampu yang cocok disandingkan dengan plafon minimalis selanjutnya adalah lampu kotak. Lampu ini memiliki cahaya yang besar, sehingga cocok dipasang di ruang keluarga atau ruang tamu. Lampu kotak yang berwarna hitam putih atau bening akan menambah kesan minimalis.

  • Lampu Hias

Lampu hias bisa Anda gunakan jika plafon Anda setidaknya memiliki tinggi 4 meter dari lantai. Karena, kalau tidak, maka rumah Anda akan terkesan sempit. Selanjutnya, pilihlah model yang sesuai dengan gaya plafon dan furnitur di ruangan tersebut.

Dari banyaknya model dan bahan plafon rumah minimalis, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan interior rumah dan keinginan Anda. Yang terpenting, itu membuat rumah Anda semakin nyaman untuk ditinggali.