Ruang Bermain Anak di Rumah

Bermain memiliki manfaat terhadap perkembangan anak. Maka dari itu, kehadiran ruang bermain anak di rumah diperlukan agar mereka lebih leluasa mengekspresikan diri dengan perasaan gembira. Sebagai orang tua, tentu Anda ingin memberikan fasilitas yang terbaik bagi buah hati, kan?

Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Aman & Nyaman

Aman dan nyaman adalah dua syarat yang wajib Anda perhatikan saat akan membuat ruang bermain anak. Dengan begitu, anak dapat bermain tanpa gangguan di tempat yang memang ramah untuk mereka. Berikut beberapa tips penting untuk diterapkan:

  1. Tentukan Tema Ruangan

Hal pertama yang penting diputuskan saat akan membuat ruang bermain anak di rumah adalah tema ruangan. Anda bisa saja membuat ruangan dengan memasukan semua mainan kesukaan anak tanpa memusingkan tema.

Namun, akan terlihat lebih rapi apabila temanya sudah ditentukan. Ambillah tema yang sesuai dengan kesukaan anak. Coba perhatikan gambar berikut sebagai contoh:

Ruang Bermain Anak Berbagai Tema Permainan
bygraziela.com

Ruang bermain tersebut mengambil tema makanan. Maka, jenis permainan yang dimasukan meliputi berbagai macam sayuran, buah-buahan, bahkan bumbu dan peralatan dapur.

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan tema lain dalam satu ruangan. Hanya saja perlu dibagi per zona, misalnya sudut kanan untuk tema A dan sudut sisi lain untuk tema B. Hal tersebut dapat memudahkan anak untuk fokus pada permainan tertentu.

  1. Terapkan Konsep Minimalis

Minimalis menjadi konsep yang banyak diminati untuk ruang bermain anak. Dengan menerapkan desain tersebut, ruang bermain tampak lebih luas karena hanya berisi perabot dan jenis permainan yang dibutuhkan.

Anda dapat memaksimalkan fungsi dinding dengan memasang wallpaper bergambar hewan, alam sekitar, atau alfabet. Memasang stiker yang menarik seperti pelangi, bunga, atau mobil-mobilan juga ide yang tak kalah bagus.

Cara lain adalah dengan menggunakan dinding papan tulis. Anda tidak perlu lagi menghadirkan papan tulis karena anak bisa mencoret-coret pada permukaan dinding langsung. Berikut contoh dinding papan tulis di ruang bermain anak:

Ruang Bermain Anak Konsep Minimalis
keeptoddlersbusy.com

Gunakan juga perabot yang multifungsi. Misalnya meja lipat, meja yang dilengkapi dengan banyak laci, loker mini yang memiliki beberapa ruang dan kursi lipat. Menerapkan konsep minimalis semacam itu akan membuat anak semakin nyaman di ruang bermain mereka.

  1. Gunakan Perabot yang Ramah untuk Anak

Cara untuk memastikan keamanan anak di ruang bermain adalah dengan memilih perabot yang ramah untuk mereka. Pastikan peralatan tersebut tidak memiliki sudut yang runcing, berbahan solid, permukaan yang halus, dan konstruksinya kokoh.

Selain itu, pilihlah perabot yang menggunakan engsel berjenis soft closing sehingga tidak gampang terbuka secara tiba-tiba. Pastikan juga cat yang melapisi perabot terbuat dari campuran bahan yang ramah lingkungan.

Jenis cat solvent based, contohnya, tidak direkomendasikan pada perabot anak. Sebab, kadar bahan kimianya cukup banyak sehingga berpotensi membahayakan perkembangan anak.

  1. Pilih Warna Dinding yang Netral atau Lembut

Tidak harus warna-warni, justru ruang bermain anak di rumah yang dicat dengan warna netral seperti putih lebih direkomendasikan. Dinding berwarna putih akan memberikan kesan lapang pada sebuah ruangan.

Selain itu, Anda bisa lebih mudah memilih warna untuk furnitur yang mengisi ruang bermain sebab semua warna pasti akan serasi dengan putih. Saat anak menginginkan warna lain untuk dinding, penggantiannya pun akan lebih mudah tanpa harus mengelupas cat yang lama.

Contohnya pada gambar berikut. Ruang bermain dengan dinding berwarna putih lebih enak dilihat, bukan? Sederhana namun sangat serasi dipadukan dengan furnitur dan mainan yang berwarna-warni.

Ruang Bermain Anak dengan Warna Dinding Netral
themummybubble.co.uk
  1. Atur Ventilasi Udara dengan Baik

Ruang bermain akan terasa lebih nyaman dan segar apabila ventilasi udaranya bagus. Selama bermain, anak juga tidak akan merasa pengap sehingga terhindar dari gangguan pernapasan.

Pastikan untuk menempatkan jendela yang cukup pada ruang bermain anak. Namun, usahakan jangan dibuat terlalu rendah karena mudah dijangkau oleh anak. Contoh penempatannya sebagai berikut:

Ruang Bermain Anak dengan Ventilasi Udara yang Baik
projectnursery.com

Pada gambar, jendela kaca dibuat agak tinggi dari lantai dan terhalang oleh rak. Hal tersebut demi keselamatan anak karena kalau terlalu rendah, kemungkinan mereka akan memukul-mukul kaca, atau memainkan daun jendela yang bisa mencelakakan mereka.

Jenis Perabot yang Cocok untuk Mengisi Ruang Bermain Anak

Syarat utama perabot yang cocok untuk ruang bermain adalah memiliki tujuan khusus sehingga tidak hanya menyesaki ruangan. Berikut jenis yang direkomendasikan:

  1. Meja dan Kursi

Perabot esensial untuk ruang bermain anak di rumah adalah meja dan kursi. Ada berbagai kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh mereka dengan kedua benda tersebut. Misalnya, menggambar, menulis, melukis atau memainkan balok susun.

Ruang Bermain Anak dengan Meja Kursi dan Tenda Istirahat
winterdaisy.com

Terdapat berbagai model meja dan kursi yang dapat Anda pilih. Apabila ukuran ruang bermain cukup luas, maka bisa menggunakan model meja dan kursi set seperti gambar di atas.

Ukuran mejanya lebar sehingga anak lebih leluasa untuk bergerak. Model kursinya pun nyaman dilengkapi dengan sandaran punggung dan tangan.

Alternatif lain adalah single sofa yang terasa empuk untuk diduduki. Seperti pada gambar berikut, model sofa pendek dengan warna soft merupakan pilihan yang ideal.

Ruang Bermain Anak dengan Kursi Santai yang Empuk
homeandhallow.com
  1. Karpet

Mengalasi lantai ruang bermain dengan karpet merupakan pilihan yang tepat. Karpet yang lembut terasa nyaman untuk diinjak dan diduduki oleh anak. Ketika anak jatuh pun, mereka tidak terlalu kesakitan karena empuknya permukaan karpet.

Selain itu, karpet juga bisa dijadikan dekorasi ruangan sebab motif yang tersedia begitu bervariasi. Anda bisa menaruh meja dan kursi di atasnya sehingga tidak licin. Contohnya seperti pada gambar berikut.

Ruang Bermain dengan Konsep Perabot Kayu
carrotsareorange.com
  1. Rak Penyimpanan

Berbagai jenis permainan maupun benda lain tentu sesak memenuhi ruang bermain. Oleh sebab itu, rak penyimpanan yang sekatnya banyak sangat perlu untuk ruang bermain anak di rumah. Salah satu model rak yang ideal adalah sebagai berikut:

Ruang Bermain Anak dengan Rak Penyimpanan
mydomaine.com

Rak tersebut terdiri dari banyak ruang dan tiap ruangnya cukup luas untuk memuat banyak barang. Usahakan untuk mengkategorikan jenis permainan sehingga lebih mudah ditemukan.

Posisi rak yang rendah juga bagus untuk dipilih. Dengan begitu, Anda dapat mengajarkan kepada anak untuk membereskan mainannya sendiri dan menyimpannya dalam rak sesuai kategori. Sikap tanggung jawab dan mandiri semacam itu memang perlu dibiasakan.

  1. Bantal

Tidak dipungkiri bahwa bantal adalah barang yang cocok diletakkan di hampir semua ruangan termasuk ruang bermain anak. Kehadiran bantal semakin menciptakan suasana nyaman sehingga anak semakin betah.

Ruang Bermain Anak dengan Pojok Santai
cellajane.com

Penataan bantal seperti pada gambar tersebut sangat menarik. Bantal lantai yang lebih besar ditumpuk dengan bantal yang kecil dapat menjadi tempat istirahat yang aman bagi si kecil.

Namun, pastikan untuk memilih bantal yang permukaannya lembut dan terbuat dari bahan yang aman. Selain itu, bersihkan bantal secara rutin agar kesehatan anak terjaga.

  1. Kasur

Ruang bermain yang dilengkapi kasur merupakan ide menarik yang bisa Anda coba. Pada gambar berikut, ruangan terlihat lebih nyaman, bukan?

Ruang Bermain Anak dengan Kasur Istirahat Mini
projectnursery.com

Kasur bisa dijadikan sebagai tempat istirahat sementara setelah anak capek bermain. Selain itu, Anda juga dapat menjadikannya sebagai kamar alternatif apabila anak menginginkan suasana baru.

  1. Tenda Bermain

Kehadiran tenda bermain di ruang bermain anak di rumah merupakan hal yang menarik bagi mereka. Anda dapat mengajak anak untuk bermain kemah-kemahan di dalam ruangan.

Bentuknya yang memang unik sekaligus dapat mempercantik ruangan. Terdapat banyak warna dan motif tenda yang bisa disesuaikan dengan kesukaan anak.

Contohnya pada gambar di bawah ini. Ruang bermain terlihat lebih menyenangkan untuk ditempati, bukan? Dengan penambahan perabot berbahan kayu dan model kursi outdoor, menjadikan suasananya seperti sedang berkemah di alam luar.

Ruang Bermain Anak dengan Tenda dan Meja Kursi Santai
nextluxury.com

Apakah semakin bersemangat merancang ruang bermain untuk anak? Pastikan Anda memilih perabot berbahan terbaik dan aman untuk si buah hati. Melibatkan mereka dalam pemilihan model, warna dan jenis permainan akan sangat seru sehingga ruang bermain sesuai dengan dambaan anak.