Bathtub Kamar Mandi

Mengatur desain ruangan dalam rumah adalah hal yang menyenangkan, tak terkecuali kamar mandi. Salah satu elemen penting pada kamar mandi adalah bathtub (bak mandi). Dengan ragam desain bak mandi yang menarik, menjadikan ruang kamar mandi akan terlihat lebih indah tentunya.

Inspirasi Ragam Desain Bathtub

Berbagai macam tampilan bak mandi berikut ini dapat Anda jadikan referensi untuk melengkapi desain kamar mandi Anda, mulai dari desain yang fancy, simple, elegan, hingga minimalis. Pastikan pula melengkapinya dengan ornamen lain agar semakin terlihat indah.

  1. Corner Bathtub
Corner Bathtub
porchdaydreamer.com

Bak mandi minimalis di sudut ruangan ini terlihat begitu mewah. Penambahan aksen lampu gantung kaca di atasnya melengkapi kesan mewah yang dimilikinya.

Vas bunga di sudut bak mandi dengan warna yang lembut serta lukisan yang menempel di dinding memberi kesan manis pada ruangan. Selain itu, aksen dengan pola kotak yang menempel di tembok dan dinding bak mandi terlihat sangat estetik.

Bentuk bak mandi yang lonjong berwarna putih dengan marmer di sekelilingnya di tambah dengan keran berwarna emas tampak begitu memukau. Namun, kekurangannya adalah ukurannya yang tidak begitu panjang, sehingga harus sedikit menekuk kaki saat mandi.

  1. Drop-in Bathtub Kotak
Drop in Bathtub Kotak
marieflanigan.com

Bak mandi model drop in yang satu ini dilengkapi dengan ornamen cermin dan ditempatkan tepat di samping jendela. Anda bisa memanjakan diri sembari menikmati udara segar di pagi hari.

Desain kamar mandi yang serba putih tampak manis dengan tambahan cermin berbingkai kotak dan memiliki bentuk yang simple. Ruangan juga tidak terkesan monoton dengan penambahan lampu unik yang menggantung tepat di atas bak mandi.

Kekurangan dari model bak mandi ini adalah ukurannya yang cukup besar, sehingga dibutuhkan ruang yang lebih besar pula.

  1. Drop-in Bathtub Bulat Simple
Drop in Bathtub Bulat Simple
designingvibes.com

Desain bak mandi drop in cukup banyak digemari karena menawarkan nilai fungsi lebih dan juga praktis. Anda bisa sekaligus menaruh peralatan mandi pada sisi bak mandi. Berbagai ornamen lain juga bisa Anda letakkan seperti vas bunga, atau lilin terapi dengan aroma yang disukai.

Bentuk dasar bak mandi yang bulat dengan frame kotak membuat tampilan yang elegan dan menarik. Warnanya yang sebenarnya cukup kontras dengan lantai tapi masih senada semakin menonjolkan bentuk bak mandi.

Baca Juga:  Kloset Jongkok

Kekurangan dari bak mandi ini adalah ketinggian dari bak mandi tidak begitu tinggi, sehingga Anda harus sedikit mengarahkan badan sedikit telentang dan setengah badan tidak begitu terlihat saat di bathtub.

  1. Freestanding Corner Bathtub
Freestanding Corner Bathtub
concretenation.com.au

Bathtub dari keramik dan semua ornamen yang ada di kamar mandi ini menunjukkan tampilan modern. Penggunaan warna yang senada menciptakan nuansa fresh dan simple. Bak mandi model ini dapat Anda buat dengan bentuk yang sesuai keinginan.

Selain itu, material yang digunakan juga dapat dengan mudah dicari yaitu keramik. Anda dapat berkreasi dengan desain bak mandi dari keramik yang memiliki motif tertentu atau bahkan keramik dengan gambar custom sesuai pesanan supaya menambah nuansa baru pada kamar mandi.

Kekurangan dari model bak mandi seperti ini adalah untuk orang-orang yang tidak begitu menyukai model simple karena hanya mengandalkan satu warna saja. Tidak ada penambahan motif atau gradasi warna, sehingga dapat menimbulkan kesan monoton.

  1. Alcove Bathtub dari Kayu
Alcove Bathtub dari Kayu
sfgirlbybay.com

Salah satu model bak mandi yang paling banyak digunakan adalah alcove. Desain bak mandi ini memang diatur sedemikian rupa menempel pada dinding kamar mandi. Bak mandi alcove dari kayu ini sangat estetik dan simple serta tidak memakan banyak tempat.

Karena ukurannya yang mini, model bak mandi ini menjadikan kegiatan membersihkan badan atau sekedar berendam menjadi sedikit tidak leluasa. Dengan begitu, baik mandi ini lebih cocok digunakan dengan cara duduk bersila dibandingkan meluruskan kaki.

  1. Alcove Bathtub dari Keramik
Alcove Bathtub dari Keramik
homestolove.com.au

Berbeda dengan bak mandi alcove dengan material kayu, Bathtub yang satu ini terbuat dari keramik. Meskipun demikian, nuansa natural tetap didapatkan dengan aksen kayu pada dinding dan lantai kamar mandi.

Kesan natural yang ditonjolkan pada jenis bak mandi karena menggunakan teknik unfinished, sehingga seakan-akan bak mandi hanya sekedar dipelur saja. Namun, tidak semua orang menyukai desain seperti ini, sehingga hal tersebut yang menjadi kekurangannya.

  1. Freestanding Onix Bathtub
Freestanding Onix Bathtub
mrandmrshowe.com

Satu kata untuk desain bak mandi ini, elegan. Warna putih berpadu dengan lantai dari kayu membawa kesan natural pada konsep desain kamar mandi Anda. Freestand Bathtub ini sangat estetik dan dapat dipindah ke area lain.

Karena bentuknya yang sedikit lonjong dan pada bagian sisinya cukup tinggi, Anda akan sedikit kesulitan ketika beranjak dari bak tersebut setelah mandi. Terlebih lagi tidak ada pegangan yang membantu menjaga keseimbangan Anda dan material bak yang sedikit licin.

Tips Merawat Bathtub

Setelah mendapatkan Bathtub yang diinginkan dan memasangnya, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar tetap bersih dan nyaman digunakan. Beberapa jenis bak mandi bahkan membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet.

  • Segera Membuang Air Bekas Mandi

Biasakanlah untuk langsung membuang air di Bathtub setelah mandi. Air bekas berendam mengandung bahan kimia yang terdapat dalam sabun yang dapat merusak bak mandi dengan material tertentu.

  • Jangan Sembarangan Menggunakan Cairan Pembersih

Membersihkan bak mandi memang tidak cukup dengan menggunakan air dan menggosoknya saja. Anda bisa menggunakan cairan kimia tapi pastikan untuk tidak memilih bahan kimia keras.

Cukup gunakan sabun ringan seperti hidrogen peroksida atau castile soap. Untuk disinfektan alami, gunakan peppermint dan minyak tea tree.

  • Menggunakan tawas dan Larutan Garam

Pastikan tidak ada kerak membandel pada bak mandi Anda agar nyaman saat digunakan. Formula larutan garam dan tawas menjadi pilihan tepat dan ramah lingkungan untuk membersihkan noda membandel dalam bak mandi.

  • Keringkan Seluruh Bagian Bathtub Setelah Digunakan

Perawatan bak mandi selanjutnya adalah dengan mengeringkan bak mandi setiap kali selesai digunakan. Jika diperlukan, bahkan Anda bisa menggunakan kanebo atau lap halus lainnya.

Tujuan dari pengeringan ini adalah untuk mencegah munculnya noda kuning yang akan merusak tampilan bathtub.

Perkiraan Harga Bathtub Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan material penyusunnya, bak mandi memiliki harga masing-masing di pasaran. Desain dari bahan akrilik biasanya memiliki harga sekitar 2,5 juta rupiah untuk ukuran 170x80x50 cm. Untuk model standing bathtub dari bahan akrilik bahkan memiliki harga lebih dari 20 juta rupiah.

Untuk bahan onix, harganya lebih sekitar 5 juta rupiah, sedangkan dari bahan kayu sekitar 3 juta rupiah. Desain dari marmer memiliki harga yang relatif sama dengan Onyx, yaitu sekitar 5 juta rupiah untuk ukuran 180x85x55 cm.

Pilihlah desain yang serasi dengan kamar mandi agar terlihat estetis dan apapun pilihan bathtub Anda nantinya, yang terpenting adalah sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Nah, desain mana nih yang akan menjadi pilihan Anda?