Hiasan Meja Kerja

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi semangat kerja seseorang, salah satu yang sederhana adalah penataan meja kerja. Disarankan untuk memilih hiasan meja kerja yang dapat meningkatkan mood tanpa membatasi ruang gerak saat bekerja.

Sebab, meja kerja tidak harus bernuansa formal, kaku dan polos karena terlihat tidak nyaman ditempati. Apalagi, jika Anda berniat menata ulang meja kerja yang ada di rumah. Pasti bisa lebih leluasa menempatkan barang yang dibutuhkan dan hiasan yang disukai.

Jenis Hiasan yang Cocok untuk Meja Kerja

Barang yang berfungsi sebagai ornamen meja memang terdiri dari beragam bentuk dan warna. Namun, tidak semua jenis hiasan cocok untuk dipajang di meja kerja. Berikut beberapa rekomendasi untuk Anda jadikan referensi dalam memilih:

  1. Tanaman

Selama bekerja, konsentrasi sangat diperlukan sehingga pekerjaan bisa selesai sesuai target. Selain itu, suasana hati juga perlu dijaga agar tidak menurunkan produktivitas kerja.

Cara sederhana yang ampuh untuk membantu meningkatkan konsentrasi adalah dengan meletakkan tanaman hidup sebagai hiasan meja kerja. Alasannya, tanaman dapat memperbaiki kualitas udara yang akhirnya mampu memberikan energi positif bagi tubuh.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk fokus dalam mengerjakan tugas. Tanaman hias daun maupun bunga juga memiliki tampilan yang cantik.

Sesekali, Anda dapat menyegarkan mata sekaligus memperbaiki suasana hati dengan mengalihkan pandangan dari layar laptop ke pot tanaman. Dijamin pasti berhasil.

Daun dan Bunga sebagai Hiasan Meja Kerja
2ladiesandachair.com
Hiasan Meja Kerja Asri dengan Tanaman Hijau di Pot
prettycontent.net

Penataan tanaman tergantung dari ukuran yang dimiliki. Apabila berupa bunga tangkai segar, maka taruhlah di dalam vas kemudian letakkan di atas meja. Sedangkan tanaman hias daun yang besar, lebih baik diletakkan di sudut ruangan.

  1. Lampu Meja
Lampu Gold sebagai Hiasan Meja Kerja yang Simple Elegan
blesserhouse.com

Pencahayaan di area meja kerja sangat penting. Usahakan untuk menempatkan meja dekat dengan jendela, sehingga Anda mendapatkan paparan cahaya alami yang cukup selama siang hari.

Apabila harus bekerja pada malam hari, sebaiknya gunakan lampu meja agar memudahkan Anda untuk berkonsentrasi. Ada banyak model lampu meja yang cantik sehingga sekaligus bisa dijadikan hiasan walaupun tidak dinyalakan.

Anda dapat melihat contoh model lampu meja pada gambar di bawah. Bagian gagang hingga penutup lampu memiliki warna kuning keemasan yang menawan nan elegan. Bentuknya klasik dan ergonomis. Pilihan yang serasi untuk meja kerja berkonsep minimalis.

  1. Foto

Barang personal seperti foto merupakan hiasan meja kerja yang sederhana tapi bisa membangkitkan rasa semangat. Anda dapat memajang foto keluarga, foto bersama sahabat, foto dengan pasangan atau foto apapun yang Anda sukai.

Seperti pada gambar, peletakan foto tentu disarankan dibingkai dengan pigura agar lebih rapi dan cantik.

Hiasan Meja Kerja dengan Foto Keluarga sebagai Penyemangat
mybohemiantreehouse.tumblr.com

Sebaiknya ukuran foto yang dipajang tidak terlalu besar sehingga area meja kerja tidak termakan banyak. Cukup foto ukuran kecil saja yang memiliki arti penting bagi Anda, sedangkan foto ukuran besarnya lebih baik dipajang di dinding ruangan.

  1. Jam Weker

Model jam weker antik seperti pada gambar di bawah, juga cocok dipajang di atas meja kerja. Kehadiran jam tersebut menonjolkan kesan meja kerja yang kuno tapi nilai estetikanya tetap tinggi.

Hiasan Meja Kerja dengan Lampu Meja, Tanaman & Jam Weker
cherishedbliss.com

Menyandingkan jam weker antik dengan satu set meja-kursi kayu klasik, pot bunga dari aluminium dan lampu meja berwarna hitam elegan memang ide yang brilian. Seakan, suasana zaman dahulu yang terasa tenang dan adem menyelimuti Anda selama bekerja.

  1. Figurine

Bagi yang gemar mengoleksi figure karakter tertentu, maka sah-sah saja dipamerkan di atas meja kerja. Anda dapat melihat salah satu contohnya pada gambar berikut:

Hiasan Meja Kerja dengan Karakter Favorit dari Kayu
theorchardhomeandgifts.com

Penataan meja kerja yang terlihat pada gambar sangat sederhana. Figurine polos yang dipajang cukup bisa menghadirkan kesan yang lebih hidup pada meja.

Bagi Anda yang bekerja sebagai ilustrator, figurine polos semacam itu memang umum ada di atas meja sebagai referensi menggambar pose karakter.

Namun, apabila Anda memiliki action figure lengkap yang menampilkan karakter kesayangan juga jangan ragu untuk dipajang.

  1. Papan Quote Favorit

Apabila Anda termasuk tipe orang yang menjadikan inspiring quote sebagai sumber semangat, maka pajanglah quote favorit sebagai hiasan meja kerja. Bentuknya bebas namun lebih disarankan berupa tulisan yang dibingkai agar enak dilihat.

Papan Quote sebagai Hiasan Meja Kerja
wayfair.com

Pada gambar terlihat bahwa meja kerja yang dihiasi dengan papan quote memang cukup menarik. Selain disandarkan pada dinding, cara lain adalah dengan menggantungkan papan tersebut sehingga tidak memenuhi area meja.

Alternatif lain, gunakan papan yang berukuran kecil sehingga lebih cocok ditempatkan di atas meja kerja.

Tips Menciptakan Meja Kerja yang Menarik & Nyaman

  1. Pilih Meja Kerja Bergaya Minimalis

Konsep minimalis dapat Anda terapkan pada ruang kerja dengan memilih bentuk meja yang ringkas namun fungsinya maksimal. Contohnya terlihat seperti pada gambar:

Hiasan Meja Kerja dengan Lampu Mini dan Tanaman di Pot
thespruce.com

Meja kerja tersebut memiliki dua kaki penyangga yang disulap menjadi rak susun. Rak tersebut tentu bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai berkas pekerjaan maupun dokumen penting lain.

Alas mejanya dilengkapi dengan tatakan komputer yang bagian bawahnya difungsikan sebagai laci. Sangat multifungsi, bukan? Dengan begitu, Anda tidak perlu banyak berpindah untuk mengambil maupun menyimpan sesuatu.

  1. Maksimalkan Pencahayaan

Penting diketahui bahwa cahaya alami yang masuk ke meja kerja dapat memberikan energi positif. Oleh sebab itu, hindari membelakangi jendela karena akan menghalangi masuknya cahaya.

Usahakan untuk menghadapkan meja kerja ke arah jendela. Selain mendapat cahaya yang cukup, Anda juga disuguhkan pemandangan luar yang dapat menyegarkan pikiran. Alternatif lain adalah menempatkan meja kerja di sebelah jendela, seperti pada gambar:

Bunga Pink sebagai Hiasan Meja Kerja yang Menyegarkan
withlovefromkat.com
  1. Gunakan Warna yang Bersih untuk Dinding dan Perabot

Cara untuk menciptakan meja kerja yang nyaman adalah dengan menggunakan warna yang bersih dan lembut. Salah satu yang recommended adalah putih karena warna tersebut memberikan efek menenangkan.

Dinding dan meja kerja yang serba putih pada gambar, terlihat nyaman, bukan? Apalagi, meja diletakkan dekat dengan jendela sehingga sirkulasi udaranya lebih baik.

Hiasan Meja Kerja dengan Perpaduan Warna Gold dan Putih yang Elegan
id.pinterest.com/ssolbonica
  1. Pilih Material Kayu untuk Suasana Meja yang Super Homey

Seringkali, meja kerja dihubungkan dengan kesan yang formal. Padahal Anda dapat menciptakan kesan homey yang terasa bersahabat sehingga lebih rileks selama menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu caranya dengan menggunakan meja dan kursi yang terbuat dari kayu. Sebab, elemen kayu memiliki kesan natural dan hangat. Buktinya dapat Anda lihat pada gambar. Meja kerja tersebut terlihat menampilkan kesan homey yang kental, bukan?

Hiasan Meja Kerja Gaya Retro
robbrestyle.com

Menata meja kerja akan terasa mudah apabila Anda mengetahui apa saja barang yang dibutuhkan. Hiasan memang terkesan sepele namun pemilihan item yang tepat dapat membangkitkan semangat dan meningkatkan performa dalam bekerja, lho.