Hiasan Dinding Kayu

Elemen kayu masih menjadi favorit banyak orang, baik sebagai material furnitur maupun hiasan. Mendekorasi ruangan dengan hiasan dinding kayu menciptakan tampilan menawan dan unik. Kesan hangat dan natural sekaligus juga menyelimuti ruangan karena adanya aksen kayu tersebut.

Jenis-Jenis Hiasan Dinding Kayu yang Menarik

Semua hiasan dari kayu memiliki daya tariknya masing-masing. Bentuk dan ukuran hiasan dinding sangat beragam, mulai dari bangun datar hingga bentuk yang memiliki polanya tersendiri.

Agar mendapat gambaran yang lebih jelas, berikut jenis hiasan dinding dari kayu yang umum ditemukan:

  • Ukiran

Ornamen berupa ukiran kayu selalu laris manis di pasaran. Sebab, ukiran kayu terlihat sangat indah sekaligus antik ketika dipajang. Salah satu contohnya, hiasan berikut yang berupa ukiran bunga besar. Tampak menawan, bukan?

Hiasan Dinding Kayu Model Ukiran Bunga
etsy.com

Ukiran tersebut memiliki detail yang sangat rapi dan motif yang begitu cantik. Pilihan yang cocok untuk menghiasi dinding putih polos karena semakin menegaskan kesan tenangnya.

Penambahan tanaman hijau di sekitar ukiran bunga juga ide yang brilian. Dengan begitu, suasana alam yang segar semakin terasa di ruangan.

Hiasan Dinding Kayu Model Ukiran Nuansa Coklat Hitam
potterybarn.com

Ukiran bernuansa etnik juga jenis hiasan dinding yang tidak kalah populer. Seperti pada gambar di atas, warna hitam sebagai latar ukiran menonjolkan kesan elegan sekaligus misterius yang langsung menarik perhatian.

Digantung pada dinding berwarna putih, menjadikan tampilan monokrom hadir dalam ruangan. Pilihan yang cocok apabila Anda mengusung konsep minimalis.

Jenis hiasan dinding kayu selanjutnya adalah peralatan makan seperti piring berbagai model, sendok dan garpu. Peralatan tersebut ada yang terbuat dari anyaman seperti pada gambar di bawah.

Hiasan Dinding Kayu dengan Peralatan Dapur
culturacolectiva.com

Anyaman tersebut berbentuk piring lebar, mangkuk, keranjang buah, hingga tampah. Menyandingkannya dengan jenis hiasan kayu lain semakin menonjolkan kesan tradisional pada hunian Anda.

Pilihan hiasan berbentuk sendok besar juga menarik untuk dipajang. Sendok hiasan tersebut dapat Anda susun dengan pola tertentu sehingga nilai estetikanya lebih tinggi.

Agar tidak terlihat polos, padukan hiasan sendok tersebut dengan bingkai berisi lukisan maupun kalender. Penataan semacam itu cocok untuk meramaikan sisi dinding pada bagian pojok ruangan agar terlihat menonjol.

Hiasan Dinding Kayu dengan Model Centong Masak
rockmystyle.co.uk
  • Tanaman Kering

Penggunaan tanaman kering merupakan hiasan dinding yang terinspirasi dari alam. Bahannya sangat sederhana, seperti pada gambar, hanya ranting pohon yang sudah mengering.

Tanaman tersebut dimasukan dalam bingkai kayu agar terlihat lebih rapi dan cantik. Pilihan yang serasi untuk ditempel pada dinding berwarna putih bersih.

Terlebih, perabotan dan hiasan lain juga kental dengan elemen kayu. Suasana ruangan semakin terasa hangat dan natural. Hiasan semacam ini sangat cocok apabila Anda mengusung tema rustic karena menonjolkan bahan alami yang sengaja dibiarkan tidak sempurna.

Hiasan Dinding Kayu dari Ranting Pohon Kering
craft-mart.com

Tidak hanya ranting pohon, alternatif lain adalah daun dan bunga kering. Dekorasi tersebut memiliki nilai keindahan yang tiada duanya. Ruangan Anda pun akan memancarkan atmosfer yang lebih bersahabat sehingga terasa nyaman dihuni.

  • Pohon Bercabang

Apabila kurang puas dengan tanaman kering dalam bingkai, maka pohon bercabang yang besar merupakan hiasan dinding kayu yang patut dijadikan pilihan.

Lihat saja gambar di bawah ini. Dekorasi pohon yang seolah-olah hidup sangat menyatu dengan dinding polos yang berwarna lembut. Ruangan terlihat begitu indah dan hidup.

Agar semakin menonjolkan elemen kayu, bukan bunga yang dipasang pada ujung dahan melainkan ornamen berupa potongan batang pohon. Beberapa ujung yang lain dibiarkan apa adanya agar tidak monoton.

Hiasan Dinding Kayu dengan Model Ranting Pohon Bercabang
zimmo.be

Apabila menggunakan hiasan kayu semacam itu, maka pastikan Anda memiliki satu sisi dinding yang cukup luas. Jangan sandingkan dengan hiasan lain untuk menghindari kesan ramai.

  • Pola Beraturan

Hiasan kayu dengan pola yang beraturan sangat umum di pasaran. Tidak pernah kehabisan peminat karena keteraturan pola yang dimiliki memiliki keindahan yang cocok menghiasi dinding rumah.

Contoh bentuk hiasannya bisa Anda lihat pada gambar di bawah. Kayu dibentuk seperti papan yang agak runcing pada bagian ujungnya. Panjang tiap papan kayu berbeda, mulai dari paling pendek, sedang, hingga paling panjang.

Susunannya terlihat begitu rapi dan cantik. Dekorasi yang ideal untuk meramaikan sisi dinding pojok. Hiasan kayu berpola teratur tersebut juga pas untuk mengisi ruang bergaya minimalis. Warna kayu yang alami mendukung kesan sederhana namun elegan pada ruangan.

Hiasan Dinding Kayu Gantung Pola Beraturan
stylebyemilyhenderson.com
  • Hiasan Vertikal

Jenis hiasan kayu yang berbentuk vertikal memberikan kesan yang megah pada ruangan. Namun, Anda harus memiliki dinding yang berukuran luas dan berwarna netral.

Sebab, dinding yang berwarna-warni akan mengaburkan keberadaan hiasan vertikal yang seharusnya menjadi pusat perhatian. Selain itu, dinding dengan warna netral lebih fleksibel disesuaikan dengan warna apapun.

Hiasan Dinding Kayu Ukiran Vertikal Hitam
uttermost.com

Pada gambar, terlihat hiasan kayu dengan bentuk vertikal yang berisi ukiran. Warna hitamnya mempertegas kesan elegan nan mewah dari hiasan tersebut.

Warna dinding yang putih sukses menciptakan tampilan monokrom yang menawan. Hiasan dinding vertikal sangat cocok dipasang di ruang tamu dan ruang keluarga.

Tidak hanya berupa ukiran, hiasan kayu vertikal juga dapat dibuat ramai dengan permainan warna yang banyak. Berikut salah satu contohnya:

Hiasan Dinding Kayu dengan Konsep Potongan Balok Kayu
ru.pinterest.com

Potongan-potongan kayu yang dicat warna-warni terpasang indah dalam sebuah bingkai berwarna netral. Gambar bunga yang ditampilkan semakin mempercantik hiasan dinding tersebut.

  • Pola Tidak Beraturan

Tidak kalah indah, hiasan kayu dengan pola yang tidak beraturan juga patut Anda pilih. Justru ketidakteraturan yang dimiliki menampilkan nilai estetika yang khas.

Pada gambar di bawah, lingkaran-lingkaran kayu berbagai bentuk terlihat artistik, bukan? Berpadu sempurna dengan dinding berwarna abu yang terkesan kalem. Karena area dindingnya luas, jumlah lingkaran kayu yang ditata cukup banyak tanpa menimbulkan kesan sesak.

Hiasan Dinding Kayu dengan Pola Tidak Beraturan
franceandson.com

Tips Memilih Hiasan Dinding Kayu

Saat berada di toko, pasti muncul keinginan untuk membeli banyak hiasan dinding karena semuanya indah. Namun, Anda harus memperhatikan tips berikut agar tidak menyesal kalau hiasan yang dibeli ternyata tidak cocok dipajang pada dinding rumah.

  • Sesuaikan Luas Dinding dengan Ukuran Hiasan

Perlu disadari bahwa area dinding rumah Anda dengan orang lain tentu saja berbeda. Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik luas dinding yang akan diberi hiasan sehingga bisa memilih ukuran yang pas.

Apabila area dinding yang dimiliki cukup luas dan Anda ingin menjadikan hiasan kayu sebagai pusat perhatian, maka memilih ukuran yang besar tidaklah masalah. Contohnya seperti hiasan berbentuk peralatan makan ini.

Hiasan Dinding Kayu Model Alat Makan Raksasa
ildecor.co.uk

Sendok, garpu dan pisau memiliki ukuran besar sehingga akan sangat menonjol saat dipajang. Apabila ingin menyandingkan dengan hiasan lain, maka pilihlah yang ukurannya kecil. Membiarkan area di sekitarnya tetap polos juga keputusan yang tepat.

  • Perhatikan Nuansa Ruangan

Tidak bisa dipungkiri bahwa ornamen sepaket dengan tema ruangan yang Anda usung. Ada beberapa hiasan yang lebih cocok di tema rustic namun kurang bagus untuk tema retro.

Kabar baiknya hiasan dinding kayu tergolong fleksibel dan netral sehingga bisa dipadukan dengan hampir semua tema ruangan.

Hiasan Dinding Kayu dengan Konsep Motif Kayu Natural
homedit.com

Pada gambar tersebut, hiasan kayu berupa potongan batang pohon begitu menyatu dalam ruangan. Sebab, elemen kayu memang mendominasi sebagai bahan perabot yang digunakan.

Adanya hiasan kayu pada dinding semakin menonjolkan kesan natural nan elegan. Sedangkan perpaduan warna dinding yang putih dengan warna kayu yang kecoklatan menciptakan suasana keakraban yang nyaman dirasa.

  • Usahakan Memilih Hiasan yang Memiliki Nilai Lebih

Tidak ada salahnya memilih hiasan dinding yang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Seperti halnya pada gambar berikut. Hiasan kayu tersebut berupa rak susun yang dibuat menawan.

Selain dipajang sebagai penghias ruangan, Anda dapat menggunakannya sebagai tempat memajang ornamen mungil maupun lilin-lilin cantik.

Hiasan Dinding Kayu Kombinasi Lilin
futuristarchitecture.com
  • Beli Hiasan Dinding Custom Dapat Anda Coba

Apakah ingin memiliki hiasan dinding kayu yang spesial dan tidak ada yang menyamai? Maka, pilihan terbaiknya adalah dengan memesan secara custom.

Anda bebas menentukan bentuk, ukuran dan warna dari hiasan tersebut. Misalnya, bagi yang gemar menghias bagian indoor dengan tanaman, maka hiasan kayu berbentuk huruf U semacam ini merupakan konsep yang ideal.

Hiasan Dinding Kayu untuk Vas Bunga Kering
etsy.com

Bagian tengahnya dapat diisi dengan tanaman hidup maupun kering. Jangan lupa untuk melapisi dinding dengan warna yang netral seperti putih agar serasi dengan hiasan warna apapun.

Selanjutnya, bagi yang menyukai hiasan berbentuk abstrak maka membeli secara custom sangat direkomendasikan. Sebab, Anda bisa leluasa meminta bentuk seperti apa yang didambakan. Dengan begitu, hiasan yang unik sekalipun seperti gambar di bawah ini, bisa terwujud.

Hiasan Dinding Kayu Konsep Gunung
etsy.me

Pasti sudah membayangkan jenis hiasan kayu yang akan Anda pajang, bukan? Ada beragam ornamen yang bebas dipilih sesuai selera. Asal sesuai dengan area dinding dan interior ruangan, maka hiasan kayu tersebut akan sukses mempercantik tampilan bagian dalam rumah Anda.