Jendela Casement

Jendela merupakan bagian pada sebuah bangunan, mulai dari gedung serba guna hingga hunian pribadi karena mempunyai fungsi penting, yakni untuk mempermudah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan dan sebagai ventilasi udara. Salah satu yang paling populer adalah jenis jendela casement.

Jika Anda masih asing dengan jenis jendela yang satu ini, casement mempunyai sebuah ciri khas, yakni tidak mudah tertutup saat diterpa angin yang kencang. Alasannya adalah terdapat engsel yang posisinya berada di bagian dalam kusen dan mampu menahan jendela dengan sangat baik.

Ragam Model Jendela Casement

Sebenarnya, jendela casement cocok diletakan di berbagai sisi bangunan, sehingga Anda tinggal memilih, ruangan apa yang sekiranya ingin dipasang jendela yang satu ini. Namun, untuk mempermudah Anda, berikut ini terdapat ragam model jendela casement yang dapat dijadikan referensi pilihan:

  1. Satu Jendela Casement dengan Empat Sisi
Satu Jendela Casement dengan Empat Sisi
pellabranch.com

Tampilan sederhana dari jendela dengan empat sisi ini cocok ditempatkan di berbagai sisi ruangan, khususnya pada bagian dapur. Seperti bentuk jendela pada umumnya, model ini menggunakan empat sisi yang dibatasi oleh dua garis dan masing-masing mengarah vertikal dan horizontal.

Untuk harga satuan dari model jendela ini berkisar di antara 1 sampai 2,5 juta rupiah.

  1. Dua Jendela Casement dengan Sepuluh Sisi
Dua Jendela Casement dengan Sepuluh Sisi
westburyjoinery.com

Memberikan kesan lebih tinggi pada sebuah bangunan, menjadikan model jendela ini bisa Anda gunakan. Terlebih lagi jika bangunan yang Anda miliki mempunyai ukuran yang besar dan bertingkat. Selain itu, penambahan sepuluh sisi di tiap jendelanya memberikan kesan yang rapi.

Dikarenakan model jendela ini mempunyai ukuran yang lebih panjang dan jumlah sekat cukup banyak, maka harganya bisa mencapai 8 juta rupiah.

  1. Satu Jendela Casement dengan Enam Sisi
Satu Jendela Casement dengan Enam Sisi
stylebyemilyhenderson.com

Model jendela ini juga tidak kalah sederhana dibandingkan yang sebelumnya. Namun, yang membedakan hanyalah dari jumlah sisinya mencapai enam buah. Anda dapat meletakkan jendela ini pada kamar tidur atau ruang kerja karena ukurannya tidak begitu besar.

Jika Anda tertarik menggunakan jenis model jendela seperti ini, harganya ditaksir mencapai 3 juta rupiah.

  1. Empat Jendela Casement dengan Enam Sisi
Empat Jendela Casement dengan Enam Sisi
wholesaler.alibaba.com

Membutuhkan sirkulasi udara dan jalur pencahayaan dengan jumlah yang lebih banyak? Tenang saja, Anda dapat menggunakan jenis model jendela seperti pada foto di atas. Tidak tanggung-tanggung, terdapat empat jendela untuk satu sisi bangunan Anda.

Penggunaan jendela ini cocok diterapkan pada sisi bangunan yang menghadap langsung ke kebun belakang atau kawasan hijau yang dipenuhi rumput dan pepohonan rindang. Harga dari jendela ini berdasarkan jumlahnya berkisar antara 8-10 juta rupiah.

  1. Dua Jendela Casement dengan Empat Sisi
Dua Jendela Casement dengan Empat Sisi
worthview.com

Dengan dua jendela yang disediakan empat sisi seperti foto ini juga bisa dijadikan referensi pilihan saat ingin menggunakan jendela berjenis casement.Terlebih lagi dengan perpaduan dua material yang berbeda, menjadikan perpaduan warnanya begitu kontras dan menarik.

Harga jendela ini seharga 3,5 sampai 4 juta rupiah. Namun, jika menggunakan material kayu murni, harganya bisa jauh lebih mahal, yakni mencapai 8 juta rupiah.

  1. Dua Jendela Casement dengan Satu Sisi
Dua Jendela Casement dengan Satu Sisi
chatfieldcourt.com

Tidak suka jika jendela Anda terhalang sekat? Bagaimana jika memindahkan sekat tersebut pada bagian atas jendela dan membiarkan dua sisi jendela yang besar hanya diisi oleh kaca saja? Rasanya model jendela ini akan cocok untuk Anda.

Jika kedua sisinya dibuka secara bersamaan, maka sisi bangunan Anda terkesan terbuka layaknya tanpa pembatas sama sekali. Jika Anda tidak ingin membuka jendela, Anda tetap bisa melihat pemandangan di luar tanpa adanya sekat. Harga yang ditawarkan sekitar 5 sampai 6 juta rupiah.

  1. Tiga Jendela Casement dengan Enam Sisi
Tiga Jendela Casement dengan Enam Sisi
britannica.com

Penggunaan tiga jendela seperti ini juga bisa menjadi pilihan Anda. Terlebih lagi saat digunakan, bisa dengan cara membiarkan jendela di sisi kiri dan kanan terbuka, sedangkan pada bagian tengahnya tetap tertutup. Tertarik menggunakannya? Siapkan budget antara Rp 6-7,5 juta rupiah, ya.

  1. Tiga Jendela Casement dengan Sembilan Sisi
Tiga Jendela Casement dengan Sembilan Sisi
thespruce.com

Jika penggunaan sekat yang banyak adalah favorit Anda, maka gunakan jendela dengan sembilan sisi. Model jendela ini dapat diposisikan pada bagian lantai atas atau bawah bangunan, karena sama-sama mampu memberikan ruang untuk udara masuk dengan jumlah yang banyak. Jendela seperti foto di atas dihargai mulai dari 7 juta rupiah.

Jenis Bahan Baku Bingkai Jendela Casement

Penggunaan jendela casement tidak akan maksimal tanpa menggunakan bingkai (kusen) sebagai perekat sekaligus pelindung setiap sisi kaca. Namun, tahukah Anda? Ternyata terdapat ragam jenis bahan baku untuk dijadikan bingkai jendela casement. Berikut ini daftar jenis bahan bakunya:

  • PVC

Mempunyai sifat yang mudah dibentuk, menjadikan PVC cocok digunakan sebagai bahan baku bingkai jendela. Terlebih lagi dengan keunggulannya yang mampu membatasi sinar ultra violet untuk masuk ke dalam ruangan.

  • Kayu Murni

Penggunaan kayu murni mampu memberikan kesan klasik pada bingkai jendela Anda. Mempunyai daya kekuatan yang sangat baik dan mampu menahan bobot berat, menjadikan bahan baku kayu murni sering digunakan sebagai bingkai jendela.

  • Logam Baja

Meskipun kekurangan mudah rusak akan saat terkena benturan, akan tetapi Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan lapisan khusus supaya daya kekuatannya bertambah. Namun, bahan baku logam baja mudah untuk dibentuk dan memberikan tampilan kokoh pada jendela Anda.

  • Fiberglass

Penggunaan bahan baku fiberglass tidak hanya memberikan kesan modern pada sebuah bangunan, akan tetapi dari segi perawatannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. Selain itu, bobotnya juga cukup ringan, sehingga dapat dengan mudah dibentuk sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan jendela casement pada sebuah bangunan, tidak hanya memberikan kesan unik dan menarik pada hunian Anda, akan tetapi banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dalam jangka panjang. Jadi, apakah Anda tertarik menggunakan jendela jenis casement sekarang juga?